Serum Vitamin C dalam Perawatan Kulit, Manfaat dan Cara Membuatnya dengan Brand Sendiri

manfaat serum vitamin c dalam kosmetika (1)

Mempunyai kulit yang cerah dan sehat tentunya jadi dambaan banyak kalangan wanita. Berbagai cara tak ragu untuk dicoba. Salah satunya dengan rutin menggunakan serum vitamin C untuk wajah.

Tapi tahukah kamu? Fungsi vitamin C nggak hanya sekedar mencerahkan wajah saja, loh. Sebab vitamin C adalah bahan aktif yang banyak direkomendasikan oleh dermatologis untuk mengatasi masalah kulit seperti kusam, berjerawat, dan mengurangi penuaan dini.

Di artikel kali ini, kami ingin mengajakmu untuk mengetahui seputar kandungan vitamin C dari A sampai Z. mulai dari manfaatnya, efek samping, hingga cara membuat skincare dengan vitamin C. Yuk, simak artikelnya hingga akhir.

Peran Vitamin C untuk Perawatan Kulit

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan beauty enthusiast jika vitamin C memiliki manfaat bagus untuk mencerahkan kulit. Namun peran vitamin untuk perawatan kulit tak hanya soal mencerahkan saja.

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu nutrisi penting untuk tubuh dan berperan sebagai antioksidan. Manfaatnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin C.

Sebagai produk perawatan kulit, vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, merangsang produksi kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, sekaligus mencerahkan kulit. Nah, manfaat selengkapnya akan kita bahas di bawah ini ya.

Apa itu Serum Vitamin C?

Sebelum membahas vitamin C lebih lanjut, mari kita berkenalan dengan senyawa yang disebut-sebut sebagai “the holy grail” yang satu ini.

Serum vitamin C adalah salah satu produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dengan konsentrasi tertentu, yang tersedia dalam bentuk cair sehingga lebih mudah terserap oleh pori-pori kulit. 

Produk ini memiliki formulasi khusus untuk memperbaiki masalah-masalah kulit yang terjadi karena kekurangan antioksidan. Biasanya, serum ini juga memiliki kombinasi bahan yang kompleks, sehingga dapat memberikan nutrisi tambahan pada kulit wajah.

Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit

Menggunakan serum vitamin C sebagai daily skincare bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kulit. Berikut di antaranya:

manfaat serum vitamin c dalam kosmetika (3)

Melawan Radikal Bebas

Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan yang kuat dan bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan efek buruk sinar UV. Sehingga kulit terhindar dari resiko penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Membantu Mencerahkan Kulit

Vitamin C yang diformulasikan dengan tepat dapat membantu mengurangi produksi melanin berlebihan. Sekaligus mengurangi hiperpigmentasi seperti bintik-bintik hitam dan noda bekas jerawat. Kandungan vitamin C juga terbukti mampu meratakan warna kulit dan membuatnya kelihatan lebih cerah.

Perlindungan Terhadap Sinar UV

Sinar matahari bukan sahabat yang baik untuk kulit. Sebab pancaran ultraviolet dan radikal bebas akibat paparan sinar matahari adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada kulit.

Keberadaan antioksidan dalam serum vitamin C mampu melawan dampak buruk tersebut sekaligus melindungi wajah dari kerusakan akibat sinar matahari.

Melawan Tanda Penuaan Dini

Selain retinol, penggunaan vitamin C secara rutin dengan dosis yang tepat juga bisa melawan tanda penuaan dini seperti kerutan halus dan kulit kusam. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat merangsang produksi kolagen alami dan mempertahankan elastisitas kulit.

Adakah Efek Samping dari Serum Vitamin C?

Pada dasarnya, vitamin C murni merupakan bahan yang aman dan bisa ditoleransi oleh kulit dengan baik. Namun, seringkali formulasi serum yang tidak tepat membuat beberapa orang merasakan reaksi alergi pada kulitnya.

Selain racikan formula yang harus tepat, konsentrasi yang digunakan dalam sebotol serum vitamin C juga mempengaruhi efek yang muncul pada kulit. Beberapa efek vitamin C yang sering muncul adalah sensasi kering atau terbakar dan rasa gatal.

Cara Menggunakan Serum Vitamin C yang Tepat

Sebagian wanita mungkin masih memiliki pertanyaan ini, “bagaimana menggunakan vitamin C yang benar agar efeknya bisa maksimal?”

Ada beberapa tips dari para dermatologis yang bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan tersebut. Pertama, vitamin C sebaiknya kamu gunakan setiap pagi hari dengan tetap mengaplikasikan pelembab dan sunscreen.

Kedua, menggunakan serum vitamin C dengan takaran yang cukup. Untuk serum, cukup 2-3 tetes saja dan ratakan ke seluruh wajah. Terlalu banyak memakai serum, justru membuatnya sia-sia karena tidak terserap sempurna oleh kulit.

Serum vitamin C juga tak bisa pengguna simpan di sembarang tempat. Sebab senyawa asam askorbat mudah teroksidasi ketika terkena panas berlebih. Jadi, serum vitamin C harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Misalnya di dalam lemari atau rak kamar mandi yang tidak terjangkau sinar matahari.

Terakhir, jangan menggunakan serum vitamin C yang sudah melewati masa kadaluarsa. Sebab kandungan di dalamnya sudah rusak dan bisa memicu efek negatif untuk kulit.

Serum Vitamin C Berkualitas Menurut Ahlinya

Anda akan menemukan vitamin C dalam beberapa bentuk yang berbeda, termasuk asam L-askorbat, ascorbyl-6-palmitate, dan magnesium ascorbyl phosphate, catatan dari penelitian. Asam L-askorbat adalah yang paling banyak diteliti dan paling aktif secara biologis (atau efektif), menurut penulis studi tersebut.

Vitamin C yang beredar di pasaran biasanya tidak hanya menggunakan satu bentuk tunggal saja. Kamu mungkin akan menemukan vitamin C dalam beberapa bentuk seperti L-askorbat, ascorbyl-6-palmitate, dan magnesium ascorbyl phosphate. Namun mana yang paling efektif digunakan sebagai bahan serum?

Memilih bahan berkualitas menjadi kunci penting dalam menciptakan produk terbaik untuk pelanggan.

Menurut para dermatologis, turunan vitamin C dalam bentuk L-ascorbic acid (LAA) adalah yang paling stabil dan tidak mudah teroksidasi. Namun LAA tetap harus disimpan di ruangan sejuk dan tidak terpapar sinar matahari agar tidak merusak molekulnya. 

Selain bahan utama, kandungan lainnya juga menjadi faktor penting agar serum dapat bekerja dengan maksimal. Vitamin E menjadi salah satu kandungan tambahan yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya vitamin E mengandung antioksidan yang bisa memperkuat perlindungan untuk kulit.

Kabar baiknya, kamu bisa memproduksi serum vitamin C berkualitas dengan bahan-bahan terbaik dengan menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia.

Perusahaan kami didukung oleh formulator dan tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya masing-masing selama hampir 12 tahun. Serta telah mengantongi sertifikasi keamanan mulai dari BPOM, Kemenkes RI, dan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) yang akan memastikan produk kami terjaga mutunya.

Mash Moshem Indonesia siap membantu kamu untuk menciptakan serum vitamin C berkualitas sesuai standar keamanan. Termasuk menyediakan segala kebutuhan produksi kosmetik, mulai dari perencanaan desain produk, sumber bahan baku, pengemasan, hingga proses perizinan produk kosmetik (BPOM). Menguntungkan sekali, bukan?

Buat Serum Vitamin C yang Aman dan Berkualitas di Mash Moshem Indonesia

manfaat serum vitamin c dalam kosmetika (2)

Membuat formulasi untuk menghasilkan serum vitamin C yang berkualitas, tentu tak semudah menuang air ke dalam gelas.

Namun kamu bisa mewujudkannya bersama dukungan dan kolaborasi para ahli di Mash Moshem Indonesia.

Selain itu, kami pun selalu berusaha memberikan layanan after sales terbaik karena kami ingin setiap brand dapat berkembang dengan maksimal. 

Dengan menggunakan jasa maklon kosmetik kami, produkmu akan dipromosikan oleh berbagai reseller dari PT. Mash Moshem Indonesia lewat berbagai marketing channel  dan platform. Sehingga produkmu nantinya dapat dijangkau lebih luas oleh calon konsumen.

Jadi tunggu apalagi? Jangan lewatkan kesempatan membuat serum vitamin C paling beda bersama Mash Moshem Indonesia.

Dapatkan konsultasi gratis dengan menghubungi kami via Contact Us, atau langsung isi formulir di bawah ini untuk mengajukan sampel serum wajah milikmu sendiri!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading