Peluang Berbinis Moisturizing Shampoo & Cara Maklon dengan Brand Sendiri

maklon shampoo moisturizing

Hai, Beauty Preneurs! Tahukah kamu, bahwa beberapa waktu terakhir ini banyak sekali inovasi pada produk-produk perawatan rambut. Salah satu contoh hasil inovasi itu adalah moisturizing shampoo, apakah kamu pernah dengar soal produk ini sebelumnya? Serta bagaimana cara membuat moisturizing shampoo dengan jasa maklon?

Untuk itu, kamu perlu menambah wawasan mengenai moisturizing shampoo, jika kamu memang berniat menjadi brand owner jenis produk ini. Moisturizing shampoo merupakan jenis shampoo yang khusus untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala.

Biasanya bahan-bahan yang digunakan untuk moisturizing shampoo ini menggunakan bahan alami yang berfungsi untuk membantu mengunci kelembaban rambut dan kulit kepala.

Bahan-bahan tersebut seperti shea butter, coconut oil, jojoba oil, gliserin, aloe vera, dan bahan yang bermanfaat lainnya.

Apakah kamu benar-benar ingin memiliki produk moisturizing shampoo dengan brand-mu sendiri? Namun sebelum membahas mengenai cara maklon moisturizing shampoo ini, kamu perlu mendalami tentang produk ini terlebih dahulu agar kamu memahami betul produk yang ingin kamu ciptakan. 

Seorang brand owner tentu membutuhkan product knowledge untuk meyakinkan pembeli bahwa produknya benar-benar bagus, bukan? Kita simak penjelasan selengkapnya, yuk!

cta benzoyl peroxide

Peran Moisturizing Shampoo dalam Merawat Rambut

Moisturizing shampoo memiliki peranan yang penting dalam merawat dan melindungi rambut. Berikut beberapa peran penting tersebut.

  1. Moisturizing shampoo biasanya memiliki formulasi khusus yang bertujuan untuk menghidrasi kulit kepala dan rambut. Bahan-bahan alami akan membantu produk ini agar rambut terasa halus, sehat, dan berkilau.
  2. Rambut yang sering terkena panasnya alat penataan, terkena paparan sinar matahari dan polusi, dapat membuat rambut menjadi kering, kusut, dan rusak. Moisturizing shampoo dapat memberi perlindungan pada setiap helai rambut agar terlindung dari dampak buruk lingkungan.
  3. Kulit kepala yang kering dan iritasi dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi terhambat. Menggunakan moisturizing shampoo secara teratur dapat mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan sehat.
  4. Bahan-bahan alami yang terkandung dalam moisturizing shampoo ini juga dapat menghindarkan rambut dari ketombe.
  5. Kaya akan kandungan yang memberikan kelembaban alami pada rambut, moisturizing shampoo dapat melembabkan, memperkuat, dan menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Bahan Aktif dalam Moisturizing Shampoo

Berikut merupakan kandungan kaya manfaat untuk menciptakan moisturizing shampoo yang akan diterima dengan baik di pasaran.

bahan moisturizing shampoo dengan jasa maklon

Agen Pembersih yang Aman untuk Minyak Alami

Kedua bahan berikut merupakan bahan ideal yang berfungsi sebagai agen pembersih yang aman dan efektif untuk produk shampoo.

Asam Amino

Asam amino berperan sebagai agen pembersih yang ampuh namun tetap lembut pada kulit kepala. Rambut kering dan kusut dapat diatasi secara efektif dengan asam amino. 

Meski asam amino kemungkinan menghasilkan busa yang sedikit dan perlu usaha lebih saat membilasnya dengan air, namun manfaat kandungan ini sangat baik untuk rambut.

Berikut merupakan nama lain asam amino yang biasanya terkandung dalam formulasi shampoo:

  1. Sodium cocoyl glutamate, sodium lauroyl glutamate, 
  2. TEA-cocoyl glutamate, sodium cocoyl sarcosinate, 
  3. sodium lauroyl sarcosinate, 
  4. TEA-cocoyl alaninate, 
  5. sodium cocoyl methyl beta-alanine, 
  6. sodium lauroyl, 
  7. dan dimethylamino propionate.

Betaine

Selain asam amino, agen pembersih yang juga bisa diandalkan adalah betaine. Betaine merupakan jenis agen pembersih yang ringan sehingga minim menimbulkan iritasi. Biasanya bahan ini terdapat dalam produk shampoo bayi karena sifatnya yang lembut di kulit.

Betaine menghasilkan busa yang lembut, ringan, dan padat. Jika digunakan oleh orang dewasa, perlu pemakaian yang berulang karena memiliki daya pembersih yang agak rendah. Namun bahan ini cocok untuk merawat kulit kepala bayi.

Berikut merupakan nama lain dari betaine dalam komposisi shampoo: sodium cocoamphoacetate, cocamidopropyl betaine, dan lauramidopropyl betaine.

Bahan Pelembap (Moisturizer)

Ketiga bahan berikut merupakan bahan ideal yang berfungsi sebagai agen pelembab yang aman dan efektif untuk produk shampoo.

Ceramide

Kandungan ceramide dalam shampoo dapat membantu melembabkan rambut dan kulit kepala. Ceramide mampu mengikat air namun tidak mudah larut dalam air. Jadi, meskipun sudah dibilas pun, ceramide tidak akan hilang semudah itu.

Berikut merupakan nama ceramide yang biasa digunakan dalam komposisi produk shampoo: ceramide NP, ceramide 2, ceramide NS dilaurate, dan cetyl-PG hydroxyethyl palmitamide.

Glycerine

Kandungan glycerine banyak terdapat dalam berbagai produk perawatan kulit. Namun, bahan ini juga layak digunakan untuk formulasi shampoo yang dapat membantu melembabkan kulit kepala dan rambut.

Selain melembabkan, gliserin juga membantu mengatasi masalah ujung rambut yang bercabang, mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, dan melembutkan rambut.

Dimethicone

Dimethicone merupakan zat yang berbasis silikon yang digunakan sebagai agen penghalus pada skincare maupun hair care. Kandungan ini dapat membantu membentuk lapisan pelindung rambut, menyehatkan rambut, melembabkan, dan membuatnya tampak bersinar.

Dimethicone dapat larut dalam air dan aman digunakan. Nama dimethicone yang biasa ada dalam komposisi produk adalah cyclomethicone dan copolyol dimethicone. 

Essential Oil

Essential oil dalam kandungan shampoo biasanya banyak diminati karena produk akan dinilai lebih natural atau organik, sehingga minim menimbulkan iritasi, dan cocok bagi yang memiliki kulit kepala sensitif.

Tambahan kandungan essential oil pada shampoo biasanya seperti argan oil, olive oil, minyak kelapa, dan aloe vera. Namun, kandungan alami ini biasanya lebih mudah hilang atau terbilas. 

Vitamin

Vitamin dapat kamu tambahkan untuk produk shampoo karena dapat memberi nilai lebih di mata pembeli. Misalnya vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, dan vitamin D dapat menjadi pilihan untuk menambah manfaat pada shampoo. 

Selain itu kandungan ini dapat memberi manfaat yang baik seperti melembabkan, mengurangi kerontokan, membantu proses pertumbuhan, dan membuat rambut menjadi lebih sehat.

Membuat Moisturizing Shampoo Sendiri dengan Jasa Maklon

Setelah mengetahui fakta-fakta menarik di atas, kamu mungkin jadi lebih ingin tahu mengenai jasa maklon untuk membuat moisturizing shampoo yang menjanjikan di pasaran. 

Salah satu jasa maklon yang dapat kamu andalkan untuk menciptakan produk adalah Mash Moshem Indonesia. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik dan skincare private label yang telah ada sejak tahun 2011. 

Kami akan mempersiapkan segala keperluan produksi kosmetik dan skincare kamu. Mulai dari bahan baku, kemasan, legalitas, desain produk, hingga pemasaran. Kami memiliki tim ahli serta pabrik dengan fasilitas canggih dan modern, lengkap dengan legalitas dan sertifikasi resmi dari BPOM. 

Kami telah meraih banyak penghargaan sebab produk-produk yang kami hasilkan berkualitas dan mendapat pengakuan di industri kosmetik, salah satunya penghargaan “The Best Cosmetics Manufacturer” pada tahun 2018 dan 2020.

Alur Maklon Moisturizing Shampoo

Jika kamu memang tertarik membuat produk moisturizing shampoo di Mash Moshem Indonesia kamu perlu memperhatikan tahap-tahap berikut.

alur maklon kosmetik

Diskusikan Konsep Produk 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendiskusikan perencanaan produksi moisturizing shampoo bersama tim ahli kami. Melalui proses ini kamu dapat menentukan hal-hal spesifik yang kamu inginkan, seperti jenis aroma, formulasi, bahan, jumlah produk, nama brand, jenis kemasan, dan budget yang kamu sediakan.

Pembuatan Sampel Produk 

Jika semuanya sudah disepakati, langkah berikutnya, tim ahli kami akan membuat sampel produk. Kami akan tetap menjaga komunikasi denganmu selama proses pembuatannya. Kamu dapat mengajukan revisi jika sampelnya belum sesuai keinginanmu. Proses ini akan menghabiskan waktu selama 2-4 minggu.

Pengurusan Legalitas dan Pembuatan Desain Kemasan

Jika sampel yang dibuat telah sesuai dan kamu setujui, langkah berikutnya adalah pengurusan legalitas produk yang meliputi nomor registrasi BPOM, HAKI brand, Halal, Vegan, hingga HSA Singapura.

Kemudian bersama tim kreatif kami, kamu dapat mendiskusikan desain kemasan yang kamu inginkan. Jangan khawatir, tim kami adalah anak-anak muda kreatif yang memahami tren saat ini, jadi desain produkmu pasti kekinian.

Produksi secara Massal

Setelah semua sudah deal, langkah selanjutnya adalah produksi produk secara massal. Pada tahap ini, akan dilaksanakan di pabrik produksi kami dengan perkiraan waktu kurang dari 1 bulan. Tim produksi dan Quality Control (QC) kami akan memastikan produkmu aman dan sesuai standar.

Rencanakan Promosi dan Pemasaran Produkmu

Setelah menciptakan moisturizing sampo yang sesuai dengan kriteria pribadimu, maka sekarang waktunya kamu menyusun strategi pemasaran yang tepat. Berikut petunjuknya:

Buat Marketing Plan yang Rapi

Sebelum memasarkan produkmu, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Seperti, di usia berapakah orang-orang mengalami permasalahan rambut dan membutuhkan moisturizing shampoo. 

Dengan mengetahui segmentasi konsumen secara jelas dan spesifik, kamu dapat menargetkan konsumen dengan strategi yang sesuai.

Manfaatkan Sosial Media dan Buat Lapak Online

Ketika kamu sudah tahu segmentasi target konsumen, tentu kamu akan lebih mudah memilih channel yang sesuai dengan segmentasi konsumen. Kamu dapat menggunakan media sosial dan lapak online untuk menjual produkmu.

Saat ini cara berbelanja melalui online lebih diminati. Menurut sebuah survei, sebanyak 57 persen responden menggunakan e-commerce untuk berbelanja produk perawatan kecantikan, sebanyak 18 persen membeli dari toko fisik seperti minimarket, membeli di supermarket sebanyak 14 persen, dan hypermarket sebanyak 4 persen.

E-commerce yang banyak konsumen gunakan untuk membeli produk perawatan kecantikan adalah Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Sebagian yang lain membeli di tiktok shop dan instagram.

Jika perlu, kamu dapat menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produkmu. Jangan lupa berikan voucher, diskon, giveaway, product knowledge yang menarik, maupun review pelanggan untuk menarik perhatian para konsumen.

Buat Marketing Kit yang Menarik

Selain hal-hal di atas, kamu juga perlu membuat konten marketing yang menarik, agar konsumen aware dengan produk milikmu. 

Beruntungnya jika kamu memilih Mash Moshem Indonesia sebagai partner, kamu akan mendapatkan layanan after sales yakni penyediaan media promosi untuk brand produkmu, seperti Frequently Asked Question (FAQ) alias product knowledge, video promosi, foto produk, serta katalog, sangat menarik, bukan?

Bekerja Sama dengan Jaringan Distributor Kosmetik

Keuntungan lain yang dapat kamu peroleh jika berpartner dengan Mash Moshem Indonesia adalah kami memiliki jaringan distributor dan reseller kosmetik yang dapat membantu memasarkan produk kamu secara online. Hal ini tentu saja akan sangat membantu pemasaran produk moisturizing shampoo milikmu.

Biaya dan Syarat Membuat Moisturizing Shampoo

Berapa Biaya yang Harus Disiapkan untuk Maklon Shampoo?

Minimum Order Quantity (MOQ) produk yang kami tawarkan relatif rendah yakni 1000 pcs per produk berlaku untuk ODM cosmetic, dan 50-100 pcs produk berlaku untuk OEM cosmetic. Sehingga kami bisa menyesuaikan biaya produksi ini dengan budget klien semaksimal mungkin.

Syarat Maklon Moisturizing Shampoo

Kamu berminat berpartner dengan jasa maklon moisturizing shampoo Mash Moshem Indonesia? Jika tertarik, kamu harus melengkapi beberapa data sebagai persyaratan. KTP, jika bisnis perorangan. Jika bisnis kamu sudah berupa badan usaha seperti PT atau CV maka data yang perlu kamu siapkan meliputi:

  1. Akte pendirian perusahaan.
  2. KTP dari CEO atau direktur perusahaan PT atau CV.
  3. Alamat lengkap dari perusahaan PT atau CV.
  4. Kontak yang bisa dihubungi, yakni nomor handphone dan email. 

Manfaatkan Peluang Jadi Brand Owner Hair Care dengan Maklon di Mash Moshem Indonesia

peluang berbisnis hair care dengan brand sendiri

Pertumbuhan bisnis perawatan kecantikan dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan yang berarti. Potensi pasar kecantikan dunia juga terbilang menjanjikan, lho. Bahkan pendapatan industri kecantikan di seluruh dunia bahkan mencapai angka $100 miliar! Wow!

Pertumbuhan bisnis kosmetik ini dipengaruhi oleh kebiasaan konsumen yang berubah dari offline menjadi online. Selain lebih praktis, pembelian online juga konsumen minati karena banyaknya ecommerce yang banyak menawarkan hal menarik, seperti voucher gratis ongkir, voucher diskon, hadiah, dan yang lainnya.

Pendapatan dari bisnis perawatan kecantikan mencapai $7,5 miliar atau setara dengan Rp. 19 triliun pada tahun 2021 dan terproyeksikan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan mencapai 6,5% hingga tahun 2025. Sangat potensial, bukan?

Dari fakta-fakta di atas, apakah minatmu makin besar untuk berbisnis produk perawatan kecantikan? 

Jika iya, ayo segera diskusikan produk perawatan kecantikan yang ingin kamu ciptakan bersama tim kami melalui tombol WhatsApp di bawah. Kamu juga dapat menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera di Contact Us.

cta exfoliating shampoo

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading