Skincare untuk Mengatasi Melasma, Pasti Ampuh! 

skincare untuk mengatasi melasma

Melasma yang muncul di kulit wajah cukup mengganggu penampilan kamu? Sudah saatnya berganti ke produk skincare untuk mengatasi melasma. 

Saat memilih produk skincare melasma, sebaiknya kamu perhatikan juga kandungan yang ada di dalamnya. Cara ini perlu kamu lakukan supaya terhindar dari kondisi kulit yang semakin parah. 

Lalu, bagaimana caranya menentukan produk skincare yang tepat untuk menghilangkan melasma di kulit kamu? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek ulasan berikut ini! 

Mengenal Apa Itu Melasma 

Melasma adalah suatu kondisi kulit yang ditandai oleh munculnya bercak coklat gelap atau keabu-abuan pada wajah. Utamanya, area kulit yang sering terpapar sinar matahari akan lebih rawan mengalami masalah kulit semacam ini. 

Umumnya, melasma disebabkan oleh peningkatan produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Penyebabnya bisa juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar ultraviolet (UV), perubahan hormon, dan faktor genetik. 

Melasma sering terjadi pada wanita selama masa kehamilan. Kerap muncul juga sebagai respons atas kontrasepsi hormonal atau perubahan hormon lainnya. 

Meskipun melasma tidak bersifat berbahaya, namun dapat memberikan dampak psikologis negatif pada individu yang mengalaminya. Itu sebabnya, penting untuk memahami faktor-faktor pemicu melasma. 

Segera ambil langkah untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari dan kelola stres dengan baik.  Tapi, kalau terlanjur kamu bisa kok pakai produk skincare untuk mengatasi melasma

Penyebab Munculnya Melasma di Kulit 

Penyebab melasma masih belum sepenuhnya kamu pahami, tetapi perkiraannya kondisi ini terjadi saat melanosit. Kondisi ini terjadi saat sel penghasil pigmen di kulit memproduksi pigmen secara berlebihan. 

Pemicu utama munculnya melasma bisa akibat radiasi, baik dari sinar ultraviolet (UV) maupun inframerah, serta perubahan hormon dalam tubuh. 

Sinar ultraviolet yang berasal dari paparan sinar matahari dapat merangsang aktivitas melanosit. Bahkan, sejumlah kecil paparan dapat memicu kambuhnya melasma setelah menghilang. 

Itu sebabnya, paparan matahari secara berlebihan sering teridentifikasi sebagai pemicu utama dalam kambuhnya melasma. Selain itu, perubahan hormon juga menjadi faktor penting, terutama pada wanita hamil. 

Peningkatan kadar hormon seperti estrogen, progesteron, dan hormon perangsang melanosit turut berperan memicu melasma. Dengan begitu, penyebab melasma bisa dari kombinasi faktor-faktor tersebut, yang memunculkan kompleksitas dalam pemahaman tentang akar penyebab kondisi ini.  

Baca juga “Produk Skincare Penghilang Komedo: Bahan & Tipsnya

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Melasma 

Kojic Acid  

Asam kojic, atau yang dikenal juga dengan sebutan kojic acid, merupakan salah satu bahan yang sering dipakai dalam produk skincare untuk mengatasi melasma di wajah. 

Menurut penelitian di tahun 2013, bahwasanya kombinasi asam kojic dengan konsentrasi sebanyak 0,75 persen dan hydroquinone sebanyak 4 persen telah terbukti efektif ampuh mengatasi melasma. 

Meskipun memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam menghilangkan melasma, perlu kamu perhatikan bahwa penggunaan asam kojic cukup berisiko. Terutama pada individu dengan jenis kulit yang sensitif, asam kojic dapat menyebabkan iritasi. 

Oleh karena itu, tidak semua orang dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung asam kojic.  Sebaiknya lakukan uji sensitivitas terlebih dulu sebelum mengaplikasikan produknya secara rutin. 

Keberhasilan penggunaan asam kojic dalam mengatasi melasma sebaiknya sesuai dengan kondisi kulit masing-masing individu. Cara ini guna mencapai hasil yang optimal dan menghindari potensi efek samping yang tidak kamu mau.

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Melasma: Azelaic Acid 

kandungan skincare untuk mengatasi melasma

Senyawa aktif yang disebut azelaic acid, bisa kamu temukan dengan mudah di biji-bijian gandum. Zat ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa memberikan manfaat signifikan dalam proses perawatan kulit. 

Ketika kamu aplikasikan dalam produk perawatan kulit, terutama yang berbahan dasar asam azelaic. Formulasi tersebut memiliki potensi untuk mengatasi sejumlah masalah kulit, termasuk peradangan akibat jerawat, dan mengurangi noda hitam. 

Bahkan, membantu mengendalikan kondisi kulit seperti jerawat rosacea yang seringkali ditandai dengan kemerahan. Namun, perlu diingat bahwa asam azelaic sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil atau menyusui. 

Bahan ini bisa menimbulkan efek samping dan berpotensi menyerap ke dalam ASI. Alhasil, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam azelaic sebaiknya kamu hindari selama periode kehamilan atau menyusui. 

Dalam menjalani perawatan kulit, pemahaman menyeluruh tentang bahan-bahan yang digunakan dan konsultasi dengan tenaga medis profesional adalah langkah bijak untuk memastikan keselamatan dan efektivitas perawatan kulit yang dipilih. 

Vitamin C

Vitamin C telah lama dianggap sebagai ‘holy grail’ dalam perawatan kulit untuk mengatasi masalah melasma, seperti flek hitam, kulit kusam, dan ketidakmerataan warna kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C yang kamu pakai secara rutin selama 16 minggu memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi tampilan flek hitam di wajah.

Selain kemampuannya dalam mengatasi melasma, vitamin C juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang efektif, membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Dengan demikian, penggunaan produk skincare untuk mengatasi melasma berbahan dasar vitamin C bisa menyamarkan flek hitam. Di samping itu, produk skincare ini juga bisa melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Dengan begitu, pengintegrasian vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit dapat memberikan manfaat yang holistik, mencakup perbaikan tampilan kulit yang tidak merata serta perlindungan terhadap kerusakan kulit yang disebabkan oleh faktor-faktor eksternal. 

Kandungan Skincare untuk Mengatasi Melasma: Retinol 

Kehadiran retinol membawa manfaat signifikan dalam proses penghilangan flek hitam, karena substansi ini memiliki kemampuan untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Dengan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, retinol secara perlahan namun efektif dapat mengurangi intensitas bintik-bintik gelap pada kulit.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan retinol memerlukan perhatian khusus terhadap paparan sinar UV. Retinol cenderung menjadi lebih sensitif saat terpapar sinar matahari, oleh karena itu, penggunaannya harus kamu imbangi dengan produk tabir surya.

Penggunaan tabir surya adalah langkah yang tidak kamu abaikan, karena dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV yang dapat memperburuk kondisi melasma.

Meskipun retinol memiliki manfaat yang signifikan dalam merawat kulit, perlu kamu ingat bahwa produk ini tidak recommended untuk kamu gunakan, apalagi di saat hamil. Oleh karena itu, bagi wanita yang sedang hamil atau berencana hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli dermatologi sebelum memakai skincare berbahan ini.

Dengan pemahaman yang baik tentang manfaat dan penggunaan yang tepat, retinol dapat menjadi salah satu komponen efektif dalam mengatasi masalah melasma dan meningkatkan kesehatan serta tampilan kulit secara keseluruhan. 

Baca juga “Skincare Minyak Almond: Manfaat & Jenis Produknya

Yuk, Bikin Skincare untuk Mengatasi Melasma Pakai Brand Sendiri! 

Sudah tahu ‘kan apa saja khasiat dari produk-produk skincare untuk mengatasi melasma? Selain bermanfaat untuk mengatasi melasma, produk semacam ini juga cocok buat mengatasi masalah kulit lainnya.

Untungnya, sekarang kamu bisa pakai jasa maklon untuk bikin brand skincare melasma sendiri. Kamu bisa bekerjasama bareng Mash Moshem Indonesia sebagai partner bisnis yang siap membuat brand kamu sendiri.

Jangan ragu! Sekuruh produk skincare yang kami buat sudah terjamin aman dan bersertifikat BPOM. Bahkan, kami juga tmembantu menguruskan sertifikat HSA buat produk kamu.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, buruan bikin produk skincare melasma pakai brand kamu snediri dan jadilah BeautyPreneur sukses bersama kami!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading