Sodium Palmate dalam Skincare, Apa Saja Fungsi dan Efeknya Buat Kulit?

Produk kosmetik yang sering kali kamu temui di berbagai ritel kecantikan dan toko kosmetik lainnya, mengandung berbagai jenis bahan sekaligus. Yang mungkin, ada dari bahan-bahan tersebut yang tidak cocok untuk jenis kulit wajahmu.

Inilah yang menjadikan adanya pengetahuan mengenaikandungan-kandungan skincare sangat penting. Dengan begitu, kamu bisa tahu kandungan mana saja yang harusnya dihindari dan man saja yang aman digunakan.

Beberapa bahan yang menggunakan nama kimia mungkin terdengar menakutkan, padahal enggak selalu begitu. Justru ada juga kandungan kimia ini sebenarnya merupakan komponen penting dari produk kesayangan yang kamu gunakan, misalnya sodium palmate.

Apakah kamu sudah pernah dengar tentang kandungan ini sebelumnya?

Well, sodium palmate merupakan bahan yang sangat sering digunakan dalam produk perawatan kecantikan kulit. Bahan ini pun diklaim aman digunakan setiap hari dan pada rutinitas skincare yang kamu lakukan tiap malam hari.

Namun, tak sedikit dari kita yang kurang mengenal sodium palmate ini dengan baik, bukan? Maka, kami merangkumkan berbagai info mengenai kandungan tersebut, baik manfaatnya pada kulit, efek samping yang mungkin saja muncul, juga cara penggunaannya yang benar dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Sodium Palmate?

Karena tidak familiar terhadap bahan-bahan kosmetik, banyak dari kita yang akhirnya sering berasumsi bahwa bahan skincare dengan nama terlalu ilmiah terasa cukup menyeramkan dan harus diwaspadai.

Well, Ladies, jangan keburu nethink, ya. Karena enggak sedikit juga bahan-bahan kimia aktif dan pendukung yang justru berperan dan berefek baik pada kulit wajahmu, seperti halnya sodium palmate.

Sodium palmate adalah sejenis garam natrium yang diturunkan secara alami dari asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa.

Dengan kata lain, bahan ini disintesis dengan mereaksikan minyak sawit dengan natrium hidroksida dalam proses yang disebut saponifikasi, yang terjadi ketika asam lemak bereaksi dengan alkali.

Sodium palamte biasanya digunakan saat membuat sabun dan kosmetik lainnya sebagai bagian dari dasar, yang merupakan bagian paling murni dari sabun sebelum pewarna atau aroma ditambahkan.

Kandungan ini bekerja untuk membantu menghilangkan minyak berlebih dan menyegarkan kulit, serta dapat bertindak sebagai pengemulsi yang membantu menjaga formulasi agar tidak pecah.

Singkatnya, bahan ini membuat produk kesayangan kamu benar-benar terasa seperti produk kesayanganmu. Karena tanpa palmate, kemungkinan formulasi dari produk tersebut tidak akan stabil.

Meskipun biasanya aman untuk digunakan setiap hari atau bahkan beberapa kali sehari, sangat penting untuk menerapkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit malam hari yang kamu lakukan.

Karena pada malam hari, setelah kamu beraktivitas di luar ruangan seharian, terpapar polusi, debu, dan berbagai radikal lain. Kulit wajahmu membutuhkan perawatan kebersihan menyeluruh, dan pembersih wajah berkandungan sodium palmate akan memberikan manfaat yang kamu butuhkan.

Bahan ini akan membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih pada wajah kamu, juga membuatnya tampak lebih terawat.

Beragam Manfaat Sodium Palmate untuk Kulit Wajah

Salah satu alasan utama sodium palmate ada dalam begitu banyak produk adalah untuk memastikan formulasi yanga da bekerja dengan semestinya. Namun, tahukah kamu kalau bahan ini memiliki manfaat lain untuk kulit wajahmu?

Kamu pasti penasaran, kan? Langsung baca manfaat sodium palmate dalam skincare berikut ini, yuk!

Dapat Menghilangkan Kotoran dan Minyak Berlebihan

Sodium palmate banyak ditemukan pada sabun wajah atau clenser, karena memang kandungan ini dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari wajah kamu.

Seperti yang kamu tahu, menjaga kebersihan wajah merupakan syarat utama untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Karena polusi dan minyak berlebih ini bisa menumpuk, menyumbat pori-pori dan mengakibatkan banyak masalah kecantikan.

Seperti muncul jerawat, komedo, hingga masalah-masalah lain yang bisa jadi tidak menyenangkan sama sekali.

Sodium palmate secara harfiah mengangkat minyak, residu makeup dan berbagai jenis kotoran lainnya dari kulit sehingga mereka dapat dibersihkan.

Bersifat Lembut pada Kulit

Manfaat lainnya dari sodium palmate untuk kecantikan kulit wajah kamu adalah sifatnya yang lembut, sehingga tidak akan membuat kulit teriritasi dand dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Nah, kamu bisa sedikit mengendurkan kewaspadaanmu bahan dengan nama yang sangat ilmiah ini dong, ya.

Dapat Digunakan untuk Perawatan Kulit Harian

Karena sifatnya yang cenderung lembut dan ramah untuk semua jenis kulit, para ahli pun menyebutkan bahwa kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan ini setiap hari, bahkan boleh beberapa kali dalam sehari, lho!

Meski begitu, tentu ada waktu terbaik kapan produk ini bisa digunakan. Yap! Jawabannya adalah di malam hari, karena pada saat itulah kamu perlu menjaga kulit wajahmu tetap bersih sehingga kulit akan dapat beregenerasi dengan optimal di malam hari.

Dapat Digunakan Berbarengan dengan Kandungan Apapun

Tidak hanya natrium palmat yang dipasangkan dengan bahan lain dalam produk, tetapi juga dapat dipasangkan dengan produk lain dalam rejimen perawatan kulit wajah kamu.

Faktanya, kedua ahli merekomendasikan untuk memasangkannya dengan sesuatu yang menambahkan sedikit kelembapan kembali ke rutinitas perawatan wajah harian kamu.

Menjaga Emulsi Formula Produk

Yang satu ini termasuk ke dalam manfaat utama dari kandungan sodium palmitat dalam skincare. Ya, bahan ini bekerja untuk menjaga formula produk agar tetap bisa bekerja optimal dan membuat tekstunya bertahan sebaik mungkin.

Ini sebabnya, kandungan ini menjadi begitu penting dalam komposisi suatu produk perawatan kecantikan.

Efek Samping Sodium Palmate pada Kulit

Meski sifatnya lembut dan tidak akan mengiritasi kulit, namun kamu harus ingat juga bahwa kandungan ini bekerja untuk mengangkat kotoran dan minyak dari wajah.

Ini artinya, jika digunakan dalam kadar berlebih bisa memicu kulit kering dan mungkin membuat wajah jadi rentan kusam.

Karenanya jika kamu memiliki kulit normal atau kombinasi, kamu masih boleh menggunakannya. Namun, jika kamu memiliki kulit yang cenderung berjerawat, hypersensitive dan kerap dehidrasi, harus membatasi jumlah penggunaan produk ini.

Meskipun ini adalah agen pembersih yang sangat efektif dan menghilangkan kotoran dengan cukup baik, individu yang memiliki kulit sensitif atau rawan jerawat berpotensi mengalami iritasi dan kemerahan pada kulit mereka.

Sebenarnya, reaksi kulit seseorang terhadap bahan-bahan tertentu tidaklah sama. Meski kadang mereka memiliki jenis kulit yang sama, tetap saja reaksi yang terjadi pun akan berbeda-beda.

Untuk itu akan sangat penting bagimu mengenali apa yang paling dibutuhkan dan bagaimana kondisi dari kulit wajahmu sekarang. Sehingga kamu bisa memilih produk yang tepat dan aman untuk kamu gunakan setiap hari.

Nah itu adalah berbagai hal yang mungkin belum kamu ketahui soal sodium palmate. Apakah kamu pernah menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan ini sebelumnya?

Well, memahami apa yang kita gunakan dan isi dari produk kosmetik tersebut merupakan  hal yang harus dilakukan. Mengingat dalam satu produk tidka hanya ada satu atau dua bahan penyusun yang digunakan dalam formulanya.

Karena itu, kamu juga harus berusaha mencari tahu mana kandungan yang akan cocok untuk kulitmu? Ataukah komposisi itu telah dibuat dengan seimbang, sehingga aman digunakan?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment