Wajib Tahu! Manfaat Kandungan Sodium PCA dalam Skincare

Asam hialuronat, gliserin, squalane—ini semua adalah bahan penghidrasi umum yang pastinya sudah sering kamu dengar atau gunakan sebelumnya.

Namun, ada satu lagi bahan pelembap yang bisa dibilang underrated, tapi menurut klaim ahli enggak kalah kerennya dengan humektan andalan dalam produk kosmetik milikmu.

Yap! Apalagi kalau bukan sodium PCA yang sangat layak untuk mendapatkan panggung di Industri kecantikan. Pada dasarnya natrium PCA, merupakan humektan yang bekerja mirip dengan banyak bahan lain sejenisnya, namun tentunya dengan beberapa sifat yang unik.

Buat kamu yang belum tahu banyak soal sodium PCA dalam skincare, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Sodium PCA?

Sebelum pembahasan soal sodium PCA menjadi begitu jauh dan rumit, hal pertama yang harus kamu tentang kandungan ini adalah asal-usulnya dan posisinya dalam formulasi skincare.

Sodium PCA adalah bentuk garam dari PCA, alias asam pirolidon karboksilat, atau yang juga dikenal dengan asam piroglutamat. Kamu bisa menyebutnya dengan kapanpun yang kamu inginkan, tapi kandungan ini dapat digolongkan sebagai asam amino.

Kandungan ini sebenarnya secara alami ada dalam jaringan kulit kita. Bahkan, sodium PCA bisa bekerja untuk membentuk sekitar 12 persen dari kandungan pelembap alami pada kulit.

Bahkan, sodium PCA juga mengambil peranan penting untuk menjaga elastisitas, hidrasi, dan keremajaan kulit wajah kamu.

Dalam industri kosmetik, sodium PCA sering diproduksi secara sintetis, meskipun juga dapat diekstraksi dari kedelai, minyak kelapa, buah-buahan, dan beberapa rumput.

Kamu bisa menemukan kandungan sodium PCA dalam formulasi produk perawatan dengan sangat mudah, termasuk untuk merawat kulit dan rambut kamu.

Berbagai Manfaat Sodium PCA untuk Kulit

Telah disinggung sebelumnya bahwa Sodium PCA sebenarnya cukup banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam produk kosmetik, baik untuk perawatan kulit maupun rambut.

Pertanyaannya, memang apa saja manfaat sodium PCA dalam skincare untuk kulit, sampai banyak sekali produk yang menggunakan kandungan ini dalam formulasinya?

Dapat Bertindak Sebagai Humektan

Sama halnya dengan asam hialuronat dan gliserin, sodium PCA dapat bertindak sebagai bahan humektan dalam skincare. Artinya, kandungan ini bisa membantu meningkatkan kadar iar di bagian atas kulit dan menarik kelembapan dari udara di sekitarnya.

Meski tidak bisa menandingi kemampuan Hyaluronic Acid, kemampuan Sodium PCA untuk menahan hidrasi kulit diyakini dua kali lebih efektif dari gliserin. Sodium PCA dapat menahan hingga 250 kali beratnya dalam air, sedangkan asam hialuronat menahan sekitar 1.000 kali.

Sayangnya, harga kandungan satu ini terbilang lebih mahal. Karenanya asam hialuronat selalu menjadi piliha pertama para produsen kosmetik ketika akan meracik produk andalan mereka.

Ini dikarenakan, banyak manfaat sodium PCA dalam skincare untuk kulit yang tidak bisa diberikan oleh asam hialuronat pada wajah kamu.

Membantu Mengurangi Kemunculan Kerutan dan Garis Halus

Manfaat sodium PA dalam skincare untuk kecantikan kulit selanjutnya dalah memabntu mengurangi kemunculan kerutan dan garis halus di wajah.

Ini dikarenakan sodium PCA mampu menjaga kadar hidrasi pada kulit. Sehingga wajah akan selalu tampak lebih sehat dan awet muda.

Membuat Rambut Jadi Lebih Lembut dan Halus

Manfaat sodium PCA dalam skincare untuk kecantikan enggak hanya buat kulit, tapi juga bisa kamu gunakan pada rambut, lho.

Karena kamampuannya dalam menahan air begitu tinggi, kandungan ini pun secara tidak langsung dapat membantu memperbaiki masalah rambut yang terasa kering, kasar, bahkan rusak akibat panas alat styling.

Meningkatkan Kemampuan Skin Barrier

Tak hanya membantu meningkatkan kelembapan kulit, kandungan ini juga akan membantu membuat skin barrier bekerja lebih optimal.

Seperti yang kamu tahu, skin barrier berguna untuk membantu melindungi kulit dari dampak buruk faktor lingkungan. Misalnya dari paparan sinar matahari berlebiha, angin kencang dan perubahan cuaca yang ekstrem, juga dari polusi udara.

Dengan membuat skin barrier lebih kuat, kamu pun bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit jadi lebih optimal. Dampak buruk radikal bebas pun akan bisa diminimalisir, lho!

Membantu Meredakan Gejala Peradangan

Nah, tak hanya menghidrasi, sodium PCA dalam skincare bisa bekerja sebagai antiinflamasi alami. Sehingga ketika diaplikasikan ke wajah secara topikal, kandungan ini akan membantu meringankan gejala peradangan, seperti kemerahan, perih, maupun bengkak.

Enggak heran, kalau kandungan ini banyak ditemukan dalam formulasi pelembap wajah, shooting gel, dan produk calming lainnya.

Membantu Meringankan Eksim

Tak hanya meredakan peradangan, sodium PCA juga diketahui dapat meringankan gejala eksim, Ladies. Yap! Bahkan kemampuannya ini telah diakui oleh para ahli, ajaib banget ya!

Ramah untuk Semua Jenis Kulit

Karena sifatnya yang melembapkan dan menenangkan, manfaat sodium PCA untuk kecantikan selanjutnya adalah bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Selain itu, sodium PCA pun diklaim tidak akan menyebabkan iritasi dan aman untuk digunakan dengan semua jenis kulit.

Dapat Ditemukan dengan Mudah

Tidak seperti beberapa bahan perawatan kulit yang cukup langkah dan susah dicari, produk yang mengandung sodium PCA tersedia di sebagian besar toko kecantikan serta toko obat-obatan, lho.

Jadi, kamu enggak perlu susah payah mencari produk berkandungan Sodium PCA kalau mau memasukkannya ke dalam rangakaian perawatan kecantikan harianmu.

Efek Samping Sodium PCA untuk Kesehatan Kulit

Hingga kini, para ahli mengatakan masih belum ada penelitian yang menyebukan adanya efek samping dari sodium PCA dalam skincare untuk kulit.

Namun, untuk berjaga-jaga, orang dengan alergi terhadap minyak kelapa dan kedelai, direkomendasikan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu dapat memastikan bagaimana reaksi kulit kamu terhadap kandungan sodium PCA yang ada dalam formula skincare.

Membuat Hydrating dan Calming Skincare dengan Brand Sendiri

Bagi Mash Moshem Indonesia, sodium PCA dalam skincare bukanlah barang baru lagi. Seluruh tim RnD kami telah banyak melakukan riset dan membuat sampel produk dari bahan satu ini.

Mulai dari berbagai jenis krim wajah, mulai dari yang memiliki kemampuan melembapkan, meningkatkan skin barrier, mencerahkan, bahkan yang bertindak sebagai antiaging.

Tak hanya itu, sodium PCA juga banyak digunakan dalam berbagai produk lain. Seperti toner wajah, losion, serum, essence, dan berbagai jenis lainnya.

Nah, karena kami sudah sangat familiar akan kandungan ini, kami bisa membantumu menciptakan produk hydrating dan calming skincare lewat brand kosmetik sendiri dengan cukup mudah.

Enggak cuma satu atau dua jenis skincare, kamu bisa membuat satu set skincare lengkap bersama tim kami.

Karena jumlah minimum order quantity (MOQ) kami cukup rendah dibandingkan perusahaan maklon lain, maka biaya yang kamu keluarkan pun akan cenderung lebih redah juga.

Lantas apa yang harus kamu lakukan saat ingin membuat brand kosmetik sendiri bersama Mash Moshem Indonesia?

Well, kamu hanya perlu menghubungi tim marketing kami dan membuat janji temu untuk mendiskusikan produk yang akan kamu buat. Setelah itu, proses pembuatan sample, pengurusan legalitas, pembuatan desian produk, proses produksi massal, hingga distribusi, kami bisa mengurusnya untukmu!

Menarik bukan? Sudah tunggu apalagi, kami tunggu telephone darimu ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment