Membership Marketing, Strategi untuk Bangun Loyalitas Konsumen

strategi membership marketing (1)

Adanya digital marketing tak hanya memberi keuntungan bagi penjual, lebih dari itu konsumen juga akhirnya memiliki pilihan lebih beragam ketika berbelanja. Terlebih, banyak juga toko online yang menawarkan berbagai promo dan layanan praktis. Nah, untuk memikat konsumen dan membuat pelanggan lama loyal, strategi membership marketing adalah pilihan yang tepat untuk kamu coba.

Membership marketing adalah bentuk strategi pemasaran yang menggunakan program membership dalam prosesnya. Dalam hal ini, konsumen akan mendapatkan keuntungan tertentu ketika sudah menjadi anggota. Sementara perusahaan pun bisa mengumpulkan berbagai informasi penting tentang pelanggan mereka.

Adanya program membership ini bisa membantu kamu, sebagai pengusaha untuk mempelajari minat, preferensi, dan keinginan konsumen pada produkmu. Dengan begitu kamu bisa menciptakan strategi pemasaran terefektif dan mampu merancang produk inovatif sesuai keinginan mereka.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan membership marketing ini? Apa saja keuntungannya untuk bisnismu dan bagaimana cara penerapannya?

Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Membership Marketing?

Ketika suatu perusahaan memulai program keanggotaan agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan, menghasilkan peluang bisnis, dan memenuhi tujuan organisasi lainnya, hal ini disebut sebagai membership marketing.

Membership marketing membutuhkan pertumbuhan anggota yang konsisten serta membuat anggota tetap terlibat. Dengan membuat anggota tetap terlibat, kamu berpeluang untuk memiliki kekuatan dan modal dalam jumlah besar untuk mencapai pencapaian bisnis.

Semakin banyaknya anggota untuk berbagai mengenai bisnis kamu akan semakin cepat juga peningkatan kehadiran acara serta aliran pendapatan lainnya.

Sebelum kamu memulai membership marketing, kamu harus memastikan dulu apakah paket membership kamu sudah jelas dan bisa pelanggan pahami. Dengan cara memberikan opsi khusus untuk memilih durasi membership akan memberikan dampak positif untuk pelangganmu.

Membership marketing adalah metode penjualan yang digunakan untuk mendapatkan pelanggan baru serta juga untuk mempertahankan pelanggan lama. Adanya sistem membership berfungsi untuk menawarkan tingkat konversi yang dapat diprediksi untuk menjadikannya strategi marketing yang ideal agar penjualan layanan dapat meningkat.

Membership juga memungkinkan pelanggan tertarik untuk membeli lagi produk yang kamu pasarkan. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu. Selain itu adanya membership marketing juga menyediakan kumpulan strategi jitu yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan potensial, prospek keuntungan dan juga retensi pelanggan tanpa biaya.

Keuntungan Menerapkan Membership Marketing

Berdasarkan survei pertumbuhan membership yang belum lama ini dilakukan, kesulitan terbesar yang akan dihadapi anggota membership adalah memperoleh calon anggota baru.

Dari sini kehadiran strategi marketing akan membantu kamu untuk memperolehnya. Strategi marketing yang kuat bisa membantu kamu terhubung dan menemukan calon anggota baru dan menjaga hubungan baik dengan perusahaan kamu.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, strategi membership marketing yang solid menawarkan berbagai keuntungan bahkan lebih dari sekedar menemukan tujuan bisnis.

Berikut ini adalah keuntungan dari menerapkan membership marketing:

  1. Mengembangkan basis membership perusahaan kamu. Hal ini merupakan fokus utama agar mencapai strategi marketing. Strategi marketing bisa membantu anggota membership terhubung dan juga menjangkau dengan calon anggota baru.
  2. Bangun hubungan yang baik dengan anggota membership kamu. Strategi membership marketing tidak hanya berkonsentrasi untuk mendatangkan anggota baru. Kamu juga bisa membuat strategi yang dapat mendorong anggota membership yang ada untuk menjadi terlibat. Ketika anggota membership kamu terlibat, secara tidak langsung mereka akan menjadi cenderung memperbarui komitmen mereka terhadap perusahaan kamu dan akan mengajak orang-orang disekitarnya.
  3. Meningkatkan citra perusahaan dan membership. Strategi marketing yang terencana dengan baik akan sangat membantu visibilitas perusahaan dengan calon anggota dan kelompok industri kamu.

Tools yang Harus Disiapkan

Jika kamu sudah memahami apa saja keuntungan yang kamu dapatkan setelah membuat strategi membership marketing. Selanjutnya kamu perlu menggunakan beberapa tools penting untuk menunjang keberhasilan strategi marketing kamu seperti berikut ini:

Platform Penjadwalan Konten Media Sosial

Di tahun ini kurang lebih pengguna media sosial mencapai 4 miliar orang, jadi sangat masuk akal jika kamu mendistribusikan  informasi seputar keuntungan menjadi membership di dalam perusahaan kamu media sosial.

Gunakan platform media sosial penjadwalan untuk mendapatkan pengikut baru, terhubung dengan calon anggota baru serta mempromosikan acara dan webinar.

Kamu bisa menggunakan tools penjadwalan seperti Buffer atau Hootsuite untuk mempersiapkan postingan di media sosial kamu.

Email Marketing

Berdasarkan laporan terbaru, email marketing merupakan salah satu dari tiga strategi teratas untuk mendorong keanggotaan secara umum.

Dari hasil survey asosiasi terdapat 76% mengatakan email marketing sangat efektif ketika melibatkan kembali anggota yang sudah tidak ada.

Jadi email marketing harus dapat menjadi salah satu pilar strategi membership marketing. Kamu bisa menggunakan tools email marketing yang tepat agar termudahkan ketika membuat email yang apik bagi membership dan calon membership bisnismu.

Email marketing juga merupakan salah satu alat yang ampuh untuk mempromosikan kelebihan menjadi membership, acara dan juga banyak lagi. Kamu bisa menggunakan platform email marketing seperti Mailchimp, Campaign Monitor dan Hubspot.

Ingin tahu soal apa itu Email Marketing dan cara buatnya? Simak di sini, ya!

Direct Mail Marketing

Direct Mail merupakan salah satu platform komunikasi yang sering diremehkan namun sering memberikan keuntungan.

Lebih dari tiga perempat (76%) anggota membership dengan usia relatif muda mengatakan bahwa Direct Mail yang mereka terima dari membership sangat efektif. Beberapa platform Direct Mail Marketing seperti Anchor Addres Quality, Postal.io, and Banjo.

Platform Desain Grafis

Mungkin kamu tidak memiliki anggaran lebih untuk memiliki desainer grafis yang dapat membantu kamu membuat desain untuk keperluan postingan sosial media.

Untuk membantu hal di atas, kamu dapat menggunakan platform desain grafis untuk bdapat membuat flyer, direct mail, postingan sosial media, slide deck dan juga banyak lagi.

Kamu dapat menggunakan platform desain grafis sederhana seperti Canva dan Venngage yang sangat mudah digunakan untuk pengguna baru.

Aplikasi Manajemen Konsumen

Menghemat waktu dengan menggunakan aplikasi manajemen konsumen yang mudah untuk kamu integrasikan dengan tools pemasaran yang tercantum di atas. Ketika tools tersebut dikerjakan secara bersamaan, hal tersebut dapat mengurangi kesalahan kerja dan merampingkan proses marketing campaigns. Aplikasi manajemen konsumen seperti MemberClicks dapat menjadi solusi kamu untuk mempermudah kegiatan marketing.

Langkah Menarik Member Baru dengan Strategi yang Tepat

strategi membership marketing

Meningkatkan jumlah membership tidak semudah yang kamu bayangkan. Ada studi yang mengatakan bahwa terdapat 68% perusahaan banyak menghadapi tantangan saat berusaha meningkatkan jumlah member baru.

Walaupun mendapatkan anggota baru banyak melalui rintangan, berikut beberapa strategi pemasaran utama yang bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran kamu.

Tentukan Target Audiens

Ketika kamu sudah mantap menentukan target untuk menarik anggota member baru, kamu harus mengetahui siapa yang akan menjadi lawan bicara kamu.

Hal ini akan memungkinkan kamu untuk menyesuaikan diri dengan mereka agar kedepannya bisa menjadi lebih efektif. Dari sini lah anggota member baru berpeluang untuk bergabung. Buatlah persona perusahaan untuk mencakup calon member baru yang kamu targetkan.

Sertakan juga detailnya seperti demografi, tingkat pendidikan, industri dan juga peran profesionalnya. Lalu sesuaikan pendekatan pemasaran kamu untuk  beresonansi dengan audien tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Demografis Target Audience? Ini Definisi dan Segmentasinya!

Bentuk Pitch yang Meyakinkan

Bagaimana perusahaan kamu dapat berkontribusi untuk anggota member yang kamu miliki? lalu bagaimana calon anggota member kamu akan menjawab pertanyaan tersebut?

Ketika anggota member kamu sudah memahami proporsi keuntungan perusahaan kamu, ini akan sangat membantu persona tingkat pembaruan keanggotaan yang jauh lebih tinggi.

Akan menjadi sangat penting untuk anggota baru untuk memahami dan mengartikulasikan keuntungan yang mereka dapatkan saat bergabung menjadi anggota member baru di perusahaan kamu.

Ingin tahu soal apa itu Elevator Pitch dan manfaatnya untuk bisnis? Baca di sini.

Pilih Strategi dan Saluran Pemasaran

Untuk mendapatkan calon member baru yang hanya melalui email atau media sosial tidaklah cukup, kamu harus dapat menyebarkan pesan lebih jauh dan luas lagi. Jadi kamu harus memiliki opsi media lain untuk memperluas jangkauan kamu.

Sebagai bagian dari peningkatan citra profil anggota membership perusahaan, kamu harus teliti dan mengetahui di mana mereka sering berkumpul, chanel apa yang paling sering konsumenmu gunakan. Jika kamu sudah mengumpulkan info berharga ini, selanjutnya kamu harus memanfaatkannya untuk bertemu dengan calon anggota member baru tersebut di mana mereka sering berkumpul.

Berikut ini beberapa saluran berkumpul para calon membership yang paling sering digunakan dan bisa kamu manfaatkan seperti:

  1. Media Sosial
  2. E-Mail
  3. SEO
  4. Direct Mail
  5. Word-of-mouth referrals
  6. Media lokal (Koran, Radio dan blog)

Optimasi Website Bisnismu

Situs website yang kamu miliki adalah salah satu modal untuk merekrut membership baru. Saat ini kehadiran situs web dan email merupakan dua channel yang dapat meningkatkan jumlah membership.

Jadi akan menjadi sangat penting untuk memastikan situs web kamu menjadi lebih mudah untuk calon anggota dan membantu para member mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Situs website perusahaanmu pun harus mudah untuk audiens jangkau dan temukan. Kamu juga harus menampilkan misi perusahaan, manfaat untuk membership kamu dan acara yang bermanfaat.

Kamu juga harus memastikan bahwa aplikasi membership-nya mudah untuk untuk konsumen gunakan. Dan jika bisa, usahakan kamu meletakan aplikasi di beranda depan website. Cobalah buat form aplikasi sesederhana mungkin, jangan meminta form yang tidak diperlukan.

Baca Juga: Panduan Optimasi SEO Off Page untuk Tingkatkan Peforma Website Bisnis

Promosikan Intensif Pendaftaran Member Baru

Seringkali menawarkan biaya tambahan untuk menjadi membership baru bisa mengubah keputusan mereka yang awalnya berminat bergabung.

Kamu harus memastikan di dalam promosi yang kamu lakukan memuat informasi sedetail mungkin termasuk biaya tambahan untuk menjadi anggota baru. Contohnya setiap orang menyukai barang gratis dan bermerek, apalagi bila menjadikannya sebagai hadiah seperti T-shirt, pena, tupperware dan lain-lain dengan berlogo brand milikmu.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang dapat kamu tawarkan untuk membership baru seperti:

  1. Diskon iuran seperti (“promo anggota baru” diskon 10% untuk iuran tahunan)
  2. Tiket gratis ke seminar di perusahaan kamu
  3. Memberikan giveaway untuk semua anggota baru.
  4. Berikan hadia sertifikat untuk bisnis lokal, kafe dan juga restoran.

Ciptakan Timeline Pemasaran

Tidak sedikit perusahaan memiliki timeline pemasaran yang akan diluncurkan sepanjang tahun. Untuk menyusun timeline yang baik dan efektif, kamu bisa memulainya dengan mencatat tanggal-tanggal terpenting untuk melakukan kegiatan pemasaran sehingga kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Jangan lupa sertakan tanggal dimulainya kegiatan kampanye agar daftar materis sudah siap dan bisa menjadi lebih efektif. Dengan begitu, tim pemasaran dari perusahaanmu pun akan lebih mudah dalam menjalankan strategi tersebut.

Analisis Progres Membership Marketing

Mengukur progres pemasaran secara teratur merupakan salah satu cara yang bagus untuk memahami keberhasilan strategi membership marketing yang kamu lakukan. Misalnya dengan menyimak apakah strategi ini mampu membawa hasil yang kamu inginkan, berapa jumlah orang baru yang bergabung, dan pelanggan lama yang turut dalam program tersebut.

Proses analisis ini akan membuatmu memahami bagaimana efisiensi strategi yang kamu terapkan. Jika hasilnya belum memuaskan atau kamu tidak mendapat data yang kamu ingin, maka lakukan perbaikan dan ciptakan strategi lain.

Cara Mempertahankan Member Lama

Mempertahankan anggota member yang sudah ada merupakan salah satu bagian terpenting dari strategi membership marketing. Hal ini akan menjaga hubungan antara perusahaan dengan member agar aliran pendapatan tetap stabil, dan juga dapat menciptakan basis anggota member yang lebih beragam.

Berikut ini adalah 5 cara untuk menjaga anggota member lama. Simak, yuk!

Libatkan Member dalam Pengambilan Keputusan lewat Feedback

Ketika kamu akan menyusun strategi marketing untuk perusahaan, kamu mempunyai sumber daya yang sangat berharga untuk diajak berkonsultasi dan memberi masukan. Sumber daya itu adalah anggota member kamu saat ini.

Kamu dapat meminta saran dalam pengambilan keputusan lewat feedback sesuai dengan penilaian kebutuhan anggota member kamu sendiri. Pendapat dan masukan mereka akan sangat berfungsi untuk memperlancar kegiatan membership marketing kamu kedepannya.

Ciptakan Program Referral

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara paling efisien untuk meningkatkan kinerja membership kamu adalah melalui program referral. Dengan ini kamu akan melibatkan anggota member untuk menyebarkan informasi melalui program referral.

Agar setiap anggota member kamu loyal untuk selalu berpartisipasi, kamu dapat menawarkan intensif untuk mereka yang membawa rekrutan anggota member baru. Selain itu kamu juga dapat memberikan hadiah atau diskon tertentu.

Baca Juga: Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis, Mudah dan Efisien

Luncurkan Apresiasi untuk Member Aktif

Mulailah mengapresiasi untuk member aktif yang kamu miliki dengan menunjukkan betapa pentingnya mereka untuk perusahaan kamu.

Hal ini adalah salah satu dari strategi marketing perusahaan kamu. Agar dapat berjalan lancar, kamu bisa menunjukkan kalau mereka adalah bagian inti dari perusahaan. Berikan ucapan terimakasih atau menyelenggarakan minggu apresisasi anggota di setiap tahunnya.

Rencanakan Event yang Menarik dan Berharga

Gaet anggota member yang ada saat ini untuk berjejaring dan berhubungan dengan industri influencer. Kemudian rencanakan event yang menarik dan berharga. Event ini bisa berupa pameran, workshop kecantikan, dan banyak lainnya.

Dengan menciptakan event yang menarik, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness produk serta bisnismu. Juga bisa menjalin hubungan baik dengan calon konsumen maupun pelanggan lama.

Selalu Update dengan Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Last but not least, cara mempertahankan pelanggan lama adalah dengan selalu update mengenai kebutuhan dan keinginan mereka. Dalam hal ini kamu bisa membagikan kuesioner sederhana dan meminta feedback mereka selama menggunakan produkmu maupun berbelanja di toko online-mu.

Dari feedback ini kamu bisa mencari tahu kekurangan pelayanan maupun produkmu. Kemudian ciptakan solusi khusus untuk pelanggan, dengan begitu mereka akan merasa bahwa kamu mengerti dan memahami kebutuhan mereka.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal strategi membership marketing, yang juga cocok kamu gunakan pada toko kosmetik online maupun Website brand kosmetikmu. Dengan begitu, kamu bisa menjaring konsumen baru yang potensial dan membuat pelanggan lama makin setia dengan brand-mu.

Selain strategi membership ini, kamu juga bisa menyimak berbagai tips pemasaran digital lainnya di laman Berita Terkini. Ketahui juga informasi terbaru soal maklon kosmetik dan tren bisnis kecantikan terbaru di media sosial Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts