Podcast Marketing: Sebuah Panduan untuk Menumbuhkan Audiensmu

strategi podcast marketing

Hai, Beautyprenuers! Belakangan ini podcast menjadi konten terpopuler di kalangan milenials. Gimana enggak? Konten ini dikemas dengan gaya bahasa yang santai, diselipi berbagai humor, dan membahas topik-topik menarik. Namun, selain konten hiburan, ada juga yang namanya strategi podcast marketing. Apa itu?

Sebelum terlalu jauh membahas soal podcast marketing dan pengaruhnya untuk bisnismu. Kita bahas dulu soal jenis konten audio satu ini. Yap, sebenarnya bentuk konten audio dan berisi percakapan ini bukan hal baru lagi.

Kita bisa mengingat kembali bagaimana radio menjadi media massa yang sangat digandrungi dulu. Adanya podcast seolah membangkitkan suasana tersebut, bedanya podcast bisa diciptakan oleh siapa saja dan hampir tak ada batasan topik dalam praktiknya.

Mulai dari cerita-cerita lucu mengenai kehidupan sehari-hari, keadaan sosial-politik-budaya, membicarakan tren terbaru dan banyak lainnya.

Nah, saking banyaknya topik dan peminat podcast. Kamu bisa menggunakan konten ini sebagai bagian dari strategi pemasaranmu. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan podcast marketing untuk mengiklankan produk yang kamu jual.

Jadi, agar podcastmu bisa bersaing dengan podcast lain dan mendapatkan audiens yang banyak, ketahui bagaimana strategi penerapan podcast marketing pada artikel ini.

Apa Itu Podcast Marketing?

Podcast marketing adalah strategi pemasaran yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kesadaran merek dan jumlah audiens dengan sebuah podcast. Lalu, bagaimana cara mengembangkan podcast untuk bisnis?

Hal pertama yang harus kamu mengerti adalah perkembangan podcast untuk bisnis membutuhkan waktu. Tidak ada yang instan karena podcasting adalah permainan jangka panjang, khususnya podcast marketing.

Dalam hal ini, kamu membutuhkan kesabaran, dedikasi, dan strategi ketika menerapkan podcast marketing untuk bisnismu.

Ada banyak sekali taktik yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan podcastmu, tetapi kamu tidak perlu menerapkan semua taktik itu sekaligus. Seiring berjalannya waktu, mulailah melihat podcast seperti apa yang berhasil bagi audiensmu.

Manfaat Podcast Marketing untuk Bisnis

Podcast marketing tidak hanya bermanfaat untuk podcastmu, tetapi juga brandmu. Dengan menggunakan strategi yang tepat, kamu bisa melakukan podcast advertising dengan lebih mudah dan mengundang banyak audiens untuk menggunakan atau membeli produk  yang kamu tawarkan.

Berikut ini beberapa manfaat podcast marketing untuk bisnismu.

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu manfaat dari penerapan podcast marketing sebagai strategi pemasaran adalah meningkatnya brand awareness atau kesadaran merek para audiens terhadap brand podcastmu.

Tidak hanya terhadap podcast itu sendiri, tetapi juga produk atau layanan yang kamu iklankan di dalamnya. Terlebih lagi, apabila konten yang kamu sajikan unik, menarik, dan juga mudah dicari oleh banyak orang. Hal ini juga didukung dengan diselipkannya iklan pada waktu atau saat yang tepat.

Membangun Koneksi

Dalam segala urusan bisnis, membangun koneksi dan hubungan dengan berbagai pihak akan sangat menguntungkan bisnismu. Dalam dunia podcasting, kamu juga harus paham bahwa membangun hubungan yang erat dan dalam dengan para audiensmu sangat penting hukumnya.

Dengan adanya hubungan yang baik tersebut, kamu akan lebih mudah memasarkan produk lain di sela-sela podcastmu.

Meningkatkan Authority

Manfaat lain dari penerapan podcast marketing adalah meningkatkan authority atau otoritas dari podcastmu di antara podcast-podcast lainnya.

Artinya, makin banyak audiens yang mendengarkan dan menyukai kontenmu, makin mudah bagi kamu untuk memengaruhi para audiens untuk melakukan pembelian atas produk atau layanan yang kamu iklankan.

Meningkatkan Traffic

Selain meningkatkan authority, kamu juga bisa meminta audiens podcastmu untuk meningkatkan traffic dari website produkmu snediri atau dari pihak pengiklan.

Dengan meningkatkan traffic, tentu saja akan makin banyak orang yang mengenali podcastmu. Sehingga, secara tidak langsung hal tersebut bisa membantumu untuk meningkatkan revenue bisnismu.

Bagaimana Cara Konten Podcast Memengaruhi Pertumbuhan Bisnis?

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa podcast marketing bisa memberikan pengaruh terhadap bisnismu. Padahal, kalau dipikir-pikir, konten podcast populer yang berkembang di kalangan anak muda agaknya kurang bisa mendukung kegiatan promosimu. Apa benar begitu?

Nah, agar kamu tak makin penasaran, simak cara konten podcast memengaruhi pertumbuhan bisnis berikut ini.

Melalui Content Marketing

Sesuai dengan definisinya, podcast marketing adalah salah satu bentuk content marketing. Content marketing hanyalah penciptaan informasi yang membangun otoritas dan kepercayaan dalam bisnis yang kamu jalankan di mata konsumen potensialmu.

Secara singkat, makin banyak konten yang kamu hasilkan yang menambah nilai bagi kehidupan konsumen potensialmu, makin sukses pula pemasaranmu.

Hal ini karena jika kamu mengajari calon pelangganmu suatu hal, mereka akan mulai menyukai dan memercayai kamu serta meningkatkan kemungkinan mereka akan melakukan pembelian.

Dengan Menghasilkan Lebih Banyak Traffic

Salah satu cara agar konten podcast yang kamu buat bisa memengaruhi pertumbuhan bisnis adalah dengan menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Bagaimanakah cara menghasilkan lebih banyak lalu lintas?

Kamu bisa mencoba memengaruhi para audiensmu untuk melakukan sesuatu, misal mendaftar ke daftar email bisnismu, membaca kontenmu, atau membeli produk yang kamu iklankan.

Ketika para audiens mendengarkan podcastmu, kamu bisa mendapatkan perhatian mereka. Selain menambahkan nilai pada kehidupan para audiensmu, kamu juga bisa mengarahkan perhatian mereka ke situs web bisnismu.

Melalui Membangun Komunitas yang Loyal

Apa yang dimaksud dengan komunitas di sini? Yang dimaksud dengan komunitas adalah sekelompok orang dengan minat dan misi serupa yang berkumpul untuk mewujudkan tujuan yang sama.

Jika kamu bisa menginspirasi misi dengan podcast yang kamu buat, kamu akan menarik perhatian para audiens yang berpikiran sama.

Para audiens tersebut kemudian akan menarik audiens lain yang merupakan bagian dari komunitas mereka sehingga secara tidak langsung podcastmu akan dipromosikan dari mulut ke mulut.

Dengan Meningkatkan Pendapatan

Bagaimana kamu bisa mentransisikan audiens podcastmu menjadi konsumen atas produk atau layanan yang kamu iklankan?

Hal ini sebenarnya cukup sulit dilakukan, terutama jika kamu baru memulai podcast marketingmu. Jadi, kamu harus berfokus pada perspektif audiens di awal-awal kamu memulai podcast marketingmu.

Kemudian, ketika kamu sudah memiliki basis audiens yang cukup besar, kamu mungkin akan mengalami kenaikan pendapatan. Dalam upaya mencapai hal tersebut, sebaiknya kamu mengembangkan hubungan dengan para bintang tamu yang kamu undang ke podcastmu untuk bisa menghasilkan pendapatan.

Dalam hal ini, kamu bisa mewawancarai bintang tamu tersebut dengan undang mereka untuk melakukan uji coba gratis terhadap produk atau layanan yang kamu iklankan.

Setelah itu, kamu bisa mengajukan kesepakatan dengan mereka untuk mengiklankan produk atau layanan tersebut di dalam podcasr yang akan disiarkan.

Strategi Podcast Marketing

Jika kamu sudah menyadari bahwa audiensmu tidak begitu tertarik dengan podcast yang kamu buat, sementara kamu telah memberikan segala perhatian dan waktu yang dibutuhkan audiensmu, lepaskan cara itu dan coba taktik yang lain.

Nah, kira-kira apa saja ya metode atau cara yang bisa dipakai untuk memaksimalkan konten podcast marketing?

Manfaatkan Media Sosial

Strategi pertama yang bisa kamu praktekkan ketika ingin menerapkan podcast marketing adalah dengan memanfaatkan media sosial. Seperti yang kita tahu, media sosial dapat diakses dengan gratis dan mudah digunakan oleh siapa pun. Dengan menggunakan media sosial, kamu pun bisa menjalin hubungan secara langsung dengan target audiensmu.

Di media sosial, kamu bisa membagikan informasi menarik yang berkaitan dengan podcastmu, termasuk membagikan informasi tentang episode terbaru yang akan kamu rilis serta update informasi tentang bintang tamu (guest star) yang akan hadir di podcastmu. Oleh sebab itu, engagement, konsistensi, dan topik relevan yang menarik perhatian adalah kunci dalam podcast marketingmu.

Ketika berbicara tentang media sosial, keterlibatan dan konsistensi adalah kuncinya. Jika kamu merasa tidak memiliki waktu atau kapasitas untuk secara konsisten membagikan konten dengan pengikut kamu dan terlibat dengan audiensmu, mungkin taktik ini bukan untukmu.

Media sosial sangat bagus untuk berbagai informasi mengenai episode baru podcastmu dan mempelajari lebih lanjut tentang audiensmu. Konten yang kamu bagi harus memicu munculnya percakapan antara kamu dan audiensmu.

Ketahui Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Cocok untuk Branding Bisnis Kosmetik

Promosi di Komunitas

Selain mempromosikan podcastmu melalui media sosial, masih ada cara efektif lain untuk mempromosikan podcastmu, yaitu melalui berbagai komunitas. Dengan bergabung di berbagai komunitas tertentu, hal ini memungkinkanmu untuk membangun komunitas podcastmu sendiri.

Coba kamu lihat di berbagai grup di Facebook, WhatsApp, Line, Discord, atau Telegram dan cari tahu apakah target audiensmu ada di sana. Jika ada, kamu bisa membagikan beragam episode podcastmu di grup tersebut. Akan tetapi, jangan lupa untuk meminta umpan balik, ulasan, atau rekomendasi topik dari para audiens di grup tersebut, ya.

Menjadi Tamu di Podcast Lain

Pernahkah kamu melihat ada seorang podcaster yang dapat sebagai bintang tamu di acara podcast lain? Menurutmu, apakah hal tersebut akan merugikan atau justru menguntungkan? Sebenarnya, hal tersebut justru menjadi strategi podcast marketing yang ampuh loh. Pasalnya, kamu juga bisa memasarkan podcastmu di podcast milik orang lain.

Dalam hal ini, yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset ke podcast yang telah memiliki komunitas dan audiens yang setia. Setelah itu, kamu harus membuat sebuat pitch dan permintaan kolaborasi dengan pemilik podcast tersebut. Jangan segan untuk menunjukkan pengalaman dan pengetahuan yang bisa kamu sampaikan dalam topik podcast nantinya.

Misalkan kamu adalah seorang podcaster di bidang ilmu kecantikan, sedangkan podcaster yang akan berkolaborasi denganmu berada pada bidang kesehatan tubuh, kamu bisa memberikan pandangan dan pengetahuanmu mengenai korelasi kecantikan dan kesehatan tubuh.

Dengan pengetahuan yang kamu miliki dan sampaikan kepada para audiens podcast tersebut, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan tertarik untuk menjadi audiens pada channel podcastmu.

Mengundang Tamu untuk Berkolaborasi di Podcastmu

Nah, setelah berkolaborasi dan datang ke podcast lain sebagai bintang tamu, kamu juga bisa mengundang podcaster lain untuk hadir dan menjadi bintang tamu di salah satu episode podcastmu. Kedatangan mereka di podcastmu tidak hanya menambah insight dan berbagai pengalaman atau pengetahuan, tetapi juga membawa calon audiens baru. Hal ini karena audiens setia mereka cenderung mengikuti kemana pun podcaster favoritnya melakukan podcasting.

Apalagi jika dalam podcast tersebut kamu berkolaborasi dengan seorang podcaster yang membawakan genre atau topik yang mirip dengan podcast yang biasa kamu siarkan. Hal ini juga bisa menjadi strategi podcast marketing karena kamu bisa mempromosikan podcastmu melalui podcaster yang kamu undang tersebut. Para audiens juga bisa menambahkan judul podcast ke dalam konten yang sehari-hari didengarnya.

Memperhatikan SEO

Sama halnya dengan konten atau artikel yang ada di Google, podcast juga bisa dilengkapi dengan search engine optimization (SEO). Oleh karena itu, memperhatikan SEO menjadi salah satu strategi podcast marketing yang patut kamu coba. Memiliki SEO yang bagus bisa meningkatkan kesempatan orang lain untuk menemukan podcastmu.

Penerapan SEO pada podcast sama saja dengan penerapannya pada artikel di mana kamu harus menyelipkan kata kunci (keyword) yang sesuai dengan tema podcastmu. Dalam hal ini, ada banyak cara untuk mengoptimalkan konten untuk SEO podcast seperti di bawah ini.

Tampilkan catatan

Tampilkan catatan adalah cara untuk memberikan informasi tambahan tentang podcastmu kepada para audiens. Saat membuat catatan podcast, pastikan kamu menambahkan kata kunci yang relevan, memformatnya dengan tajuk, teks tebal atau miring, berisi poin-poin penting, dan lain-lain. Tujuan menampilkan catatan podcast adalah untuk membuatnya mudah dibaca oleh audiens.

Deskripsi podcast

Deskripsi podcast adalah paragraph pendek yang memberikan gambaran umum tentang podcastmu kepada audiens. Saat menulis deskripsi podcast, identifikasi beberapa kata kunci yang relevan untuk ditulis dalam paragrafmu.

Namun, secara keseluruhan, saat menulis deskripsimu, ambil pendekatan yang mengutamakan audiens sehingga mereka tertarik untuk mendengarkan podcastmu.

Deskripsi episode

Deskripsi episodemu harus mengikuti proses pemikiran dan format yang cukup mirip dengan deskripsi podcastmu, tetapi kali ini untuk episode tertentu. Hal ini akan memberi kamu kesempatan untuk mengidentifikasi kata kunci spesfik untuk topik yang dibahas pada episode itu.

Judul podcast

Dalam hal ini, kamu harus menamai judul podcastmu dengan kreatif. Misalnya, ketika kamu akan memulai podcast tentang liptint dan kamu menyebutnya “liptint transferproof”, audiensmu mungkin tidak sespesifik itu ketika melakukan pencarian.

Mereka mungkin akan mentik kata “liptint bagus” dan tidak bisa langsung mengarah ke podcastmu. Jadi, pastikan kamu membuat judul podcast yang mengarahkan mereka lebih mudah menemukan podcastmu.

Judul episode

Kamu perlu memberi judul episode yang menarik agar audiens tidak bisa menolak untuk mengklik episode yang kamu rilis karena mereka sangat tertarik dengan judulnya. Tetapi, pada saat yang sama, judul adalah tempat yang bagus untuk menambahkan kata kunci atau pernyataan yang biasanya dicari untuk meningkatkan visibilitas.

Transkripsi

Transkripsi adalah bentuk tertulis dari podcastmu, kata demi kata. Elemen ini bisa menjadi penguat SEO yang luar biasa karena kemungkinan besar ada banyak area di mana kamu bisa menyatakan istilah dan kata kunci yang relevan di seluruh podcastmu secara alami.

Dalam hal ini, kamu juga bisa menambahkan tag atau deskripsi meta ke transkripsi saaat kamu mengunggahnya ke situs web yang juga bisa membantu pengoptimalan.

Blog

Blog bukanlah suatu keharusan, tetapi memiliki blog menjadi hal yang penting juga. Dengan memiliki blog, kamu memiliki kesempatan untuk mendalami topik podcast atau memperluas beberapa percakapan yang sudah kamu lakukan.

Akan tetapi, sama dengan transkripsi, blog sangat bagus untuk menambahkan kata kunci, pemformatan, dan tag atau deskripsi meta.

Baca Juga: Cara Menjadi Beauty Blogger dari Nol Hingga Sukses, Simak Ya!

Situs podcast

Selain memiliki blog, akan sangat bagus sekali jika kamu memiliki situs podcastmu sendiri. Situs web podcast adalah tempat di mana kamu bisa menyematkan pemutar podcastmu, menautkan ke platform lainnya, menghost transkripsi, blog, dan konten lainnya.

Ini berarti kamu memiliki domain untuk podcastmu. Misalnya, seorang audiens mencari “rekomendasi makeup” pada pencarian Google. Di sini jika kamu telah memiliki situs web www.rekomendasimakeup.com, kemungkinan besar situs webmu akan muncul.

Itulah dia penjelasan singkat tentang podcast marketing dan manfaatnya untuk pertumbuhan bisnis. Di sini kamu telah belajar beberapa hal tentang strategi podcast marketing dan cara membuat konten yang bisa memengaruhi pertumbuhan bisnismu. Perlu kamu ingat bahwa startegi podcast marketing ini bukanlah hal yang mudah dilakukan, hasilnya pun tidak dapat dinikmati secara instan.

Kamu membutuhkan kesabaran, dedikasi, dan strategi jitu dalam menerapkan podcast marketing ini. Teruslah melakukan riset untuk mengetahui apa yang konsumenmu butuhkan dan inginkan.

Selain itu, kamu juga harus belajar dari podcaster lain untuk mendapatkan ilmu tentang podcasting. Pastikan kamu menerapkan strategi podcast marketing yang telah kita bahas di atas. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau audience yang kamu inginkan dan menarik konsumen potensial,

Nah, selain strategi podcast marketing ini, kamu bisa menemukan berbagai tips branding dan pemasaran digital lainnya di laman Berita Terkini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment