Studi Kelayakan Bisnis: Manfaat dan Cara Melakukannya untuk Brand Kosmetik

studi kelayakan bisnis (5)

Holaa, Pejuang Cuan! Tahu enggak sih, kalau saat ingin mendirikan sebuah bisnis, punya ide dan konsep yang cemerlang aja enggak cukup untuk membuat bisnis yang akan dirintis sukses.

Selain menyusun bisnis plan yang tepat dan rinci, kamu juga perlu mempertimbangkan banyak faktor ketika akan memulai bisnis. Salah satunya dengan melakukan studi kelayakan bisnis.

Sayangnya meski sangat penting untuk dilakukan, enggak sedikit pengusaha yang justru mengabaikan studi kelayakan bisnis ini. Akibatnya, usaha yang dirintis pun terkadang menemui jalan buntu ataupun gulung tikar dini.

Nah, apakah kamu sendiri sudah memahami apa yang dimaksudkan dengan studi kelayakan bisnis? Lantas apa saja manfaat dan perananannya untuk bisnis yang kamu miliki?

Menyadari betapa pentingnya bagi kami untuk mendukung perkembangan bisnis kosmetik yang kamu rintis, Mash Moshem Indonesia merangkumkan berbagai hal soal studi kelayakan bisnis khusus untuk kamu.

Well, langsung simak ulasan mengenai studi kelayakan bisnis, manfaat, dan cara melakukannya di bawah ini, yuk!

Studi Kelayakan Bisnis Adalah …

studi kelayakan bisnis (1)

Bagi kamu yang baru mau mulai terjun dalam dunia bisnis, studi kelayakan bisnis mungkin masih terdengar asing atau awam. Padahal, peranan dari studi ini sangatlah penting untuk kelangsungan dan perkembangan suatu usaha.

Karena itu, kamu perlu mempelajari studi ini terlebih dahulu sebelum benar-benar akan merintis usaha yang diinginkan.

Studi kelayakan bisnis adalah bentuk kegiatan yang dilakukan demi menentukan dan menganalisis, apakah ide bisnis yang dimiliki layak dijalankan atau tidak.

Dalam studi ini kamu akan mengidentifikasi masalah dan urgensi, peluang bisnis, membangun tujuan dari bisnis, juga menggambarkan bagaimana situasi bisnis tersebut dan menilai adakah manfaat yang dihasilkan.

Dengan kata lain, kegiatan ini sangat membantumu sebagai pengusaha untuk mengambil strategi dan keputusan yang tepat. Khususnya, sebagai seorang pemula, studi ini bisa membantu mengurangi atau meminimalisir bisnis dari kerugian.

Studi ini mencangkup lima bidang yang akan diteliti, termasuk deskripsi pasar, deskripsi bisnis, teknologi yang digunakan, juga detail finasial dan managemen perusahaan.

Tujuan Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

studi kelayakan bisnis (4)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, studi kelayakan bisnis berperan penting dalam menentukan keberhasilan bisnis yang kamu jalankan. Pertanyaannya, sebenarnya apa sih tujuan utama dari kegiatan ini?

Tujuan utama adanya studi kelayakan bisnis ini adalah untuk mengukur seberapa besar peluang keberhasilan, kelanjutan, dan perkembangan suatu usaha yang dilakukan.

Tak hanya itu, dengan analisis ini pun kamu bisa memperkirakan apa saja kelemahan dan halangan yang nantinya akan muncul.

Meski banyak hal di luar kontrol kamu yang bisa berpengaruh pada perkembangan bisnis atau brand kosmetik kamu, namun mencoba memulai usaha tanpa benar-benar melakukan studi kelayakan adalah hal yang sembrono.

Sebab, kamu tidak akan dapat mengetahui apa saja kelemahan dan potensi bisnis tersebut, proses pengambilan keputusan juga akan semakin mudah. Sehingga keberlanjutan bisnis pun akan terkesan abu-abu dan kurang pasti.

Aspek-Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

aspek dalam studi kelayakan bisnis

Saat melakukan studi kelayakan bisnis ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan baik-baik. Meski begitu, aspek-aspek ini bersifat fleksibel karenanya kamu bisa menambah atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Well, langsung simak beberapa aspek dasar yang umumnya ada dalam analisis studi kelayakan bisnis berikut ini!

Aspek Hukum atau Legalitas Usaha

pentingnya HKI untuk brand kosmetik (1)

Aspek utama yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan dalam melakukan studi kelayakan bisnis adalah hukum dan legalitas usaha. Yang dimaksud adalah semua hal yang berhubungan dan membutuhkan legalitas atau izin hukum.

Dalam aspek hukum usaha, misalnya kamu bisa memasukkan izin lokasi, surta tanda daftar perusahaan, akta penderiaan perusahaan, NPWP, surat izin usaha perdagangan, Nomor Induk Berusaha (NIB), dan banyak lainnya.

Selain itu, ketika akan membuka bisnis kosmetik kamu juga perlu memastikan keamanan dan legalitas produk. Misalnya, adanya izin edar dari Badan POM, sertifikasi halal, dan banyak lainnya.

Hal yang sama juga perlu kamu lakukan ketika akan bekerja dengan jasa maklon kosmetik. Perusahaan tersebut juga harus memiliki perizinan lengkap sesuai dengan persyaratan kelayakan oleh Badan POM.

Mash Moshem Indonesia telah mengantongi berbagai sertifikat dan perizinan yang telah dipersyaratkan. Mulai dari CPKB tingkat A, Halal, hingga Vegan Certified.

Kami pun bisa membantumu mengurus keperluan legalitas dari produk yang akan kamu buat bersama kami, lho!

Aspek Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Aspek selanjutnya adalah ekonomi dan buaya, yang di dalamnya menganalisis bagiamana dampak perusahaan pada kondisi sekitar. Khususnya pada faktor kebiasaan dan ekonomi masyarakat sekitar.

Sisi budaya ini berkaitan dengan kebiasaan, perilaku, dan adat istiadat dari masyarakat. Sementaara sisi ekonomi akan menganlisis dampak perusahaan pada tingkat pendapat per kapita di wilayah usaha.

Aspek Pasar dan Pemasaran

Setelah meneliti bagaimana dampak yang bisa kamu berikan pada masyarakat, baik secara ekonomi, sosial dan buaya. Hal lain yang harus kamu teliti adalah bagaimana aspek pasar dan pemasaran.

Analisis ini dilakukan untuk mengetahui sebegrapa besar penerimaan produk yang diciptakan oleh masyarakat.

Untuk mendapatkan hasil analisis yang tepat, kamu bisa memperhatikan potensi pasar yang ingin dijangkau, jumlah konsumen, daya beli masyarakat dan target pasar, juga daya saing pasar.

Aspek Manajemen

Aspek selanjutnya yang perlu diteliti dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek management, atau yang berkaitan dengan sistem internal perusahaan.

Baik sumber daya manusia yang dimiliki, alat dan media pemasaran, sistem produksi kosmetik, juga berbagai jenis operasional perusahaan lainnya.

Aspek Keuangan

Hal lain yang termasuk dalam aspek krusial dan perlu dibahas dalam studi kelayakan produk adalah aspek keuangan. Dalam aspek ini yang akan dibahas adalah besaran modal yang harus kamu miliki, bagaimana cara pengolahan dan penganggarannya.

Langkah Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

studi kelayakan bisnis (3)

Setelah mengetahui apa saja aspek penting yang baiknya dimasukkan dalam studi kelayakan bisnis, kemudian menggolongkan beberapa data sesuai aspek-aspek tersebut.

Maka kamu bisa langsung mencoba menerapkan langkah melakukan kelayakan bisnis, sesuai dengan step by step dalam uraian berikut ini!

Lakukan Analisis Awal

Untuk langkah awal, kamu bisa memulaid engan menguraikan rencana dan ide bisnis yang kamu milki. Namun, kamu harus focus pada kebutuhan pada segmen yang belum terpenuhi dengan baik.

Artinya, kamu harus menyadari di mana ada permintaan pasar yang belum terealisasikan dengan baik, juga produk-produk kosmetik yang mungkin belum memenuhi tren terbaru dan manfaat tertentu yang belum ada di pasaran.

Setelah itu, kamu harus menentukan apa saja kelemahan dan rintangan untuk mewujudkan konsep bisnis tersebut. Serta memperhitungkan bagaimana cara mengatasinya, tanpa memicu kerugian pada perusahaan.

Siapkan Proyeksi Laporan Laba Rugi

Setelah merinci segala aspek dari ide atau konsep bisnis yang kamu miliki. Kamu, bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya dengan menyiapkan proyeksi laporan laba rugi.

Kamu bisa merinci, ketika akan menggunakan jasa maklon kosmetik berapa besar biaya yang dibutuhkan, fasilitas apa yang kamu lakukan, hingga dana pemasaran yang harus dianggarkan.

Jangan lupa juga untuk menuliskan proyeksi pendapatan yang ingin kamu capai, termasuk untuk menutup modal dan mengganti alat, serta banyak lainnya.

Lakukan Segmentasi dan Riset Pasar

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset dan menentukan segmentasi pasar. Kalau kamu masih belum percaya diri untuk menghasilkan riset yang tepat, maka tidak ada salahnya untuk menyewa konsultan bisnis atau bekerja sama dengan perusahaan terkait.

Hal yang perlu diteliti adalah aspek demografis pasar, geografis, kebiasaan, ketertarika, juga psikologi target pasar yang akan dituju.

Untuk mempermudah penyusunan strategi, kamu bisa menggolongkan pasar ke dalam kelompok-kelompok khusus. Metode ini akan lebih kita kenal dengan nama segmentasi pasar.

Baca Juga: Segmentasi Pasar, Manfaatnya untuk Bisnis dan Cara Menyusunnya!

Siapkan Neraca

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan neraca kewajiban, misalnya meneliti hal-hal yang berkaitan dengan sewa atau pembelian lahan, bagunan dan peralatan. Serta bagaimana pembiayaan untuk asset dan piutang yang dimiliki.

Tinjau dan Analisis Semua Data

Sebelum kamu benar-benar mengambil keputusan, ada satu langkah lagi yang perlu kamu lakukan. Yap! Tinjau ulang dan menganalisis semua data yang telah dikumpulkan di atas.

Tak hanya memastikan bahwa analisis dan data yang kamu lakukan sudah benar dan sesuai dengan semestinya. Langkah ini memungkinkan untuk menilai risiko, menganalisis dan menata strategi bisnis kamu.

Buat Keputusan untuk Melanjutkan atau Tidak Melanjutkan

Kedengarannya sederhana, tetapi semua langkah yang telah kamu lalui di awal bisa membantumu untuk mengambil keputusan.

Sebelum membuat keputusan untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan ide bisnis tersebut, kamu juga harus mempertimbangkan waktu, tenaga, serta modal yang kamu miliki. Sesuaikan juga dengan strategi dan aspirasi jangka panjang yang kamu dan tim miliki.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis untuk Brand Kosmetik

cara menaikkan repeat order (3)

Studi kelayakan bisnis merupakan satu langkah yang selalu direkomendasikan untuk dilakukan. Utamanya bagi para pengusaha muda yang baru memulai perjalanan bisnis mereka.

Nah, pertanyaannya apakah studi kelayakan bisnis ini benar-benar memiliki banyak manfaat, khususnya pada industri kosmetik?

Tentu saja! Dengan melakukan studi kelayakan bisnis untuk brand kosmetikmu, kamu bisa memperoleh beberapa manfaat berikut ini.

Meminimalisir Risiko Kerugian

Untung dan rugi merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita ketahui dengan pasti ketika memulai suatu usaha. Karena itu, sebagai brand owner kosmetik kamu perlu mempersiapkan segala hal untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

Ketika kamu melakukan uji kelayakan bisnis, maka kamu bisa memperkecil risiko adanya kerugian pada perusahaan. Baik risiko yang bisa maupun tidak bisa dikendalikan.

Karenanya, ketika kamu mengalami kegagalan, kerugian yang kamu alami bisa diminimalisir dan tidak dalam jumlah yang besar.

Mempermudah Perencanaan Bisnis

Manfaat kedua dari studi kelayakan bisnis akan membantu mempermudah penyusunan bisnis plan. Karena ketika melakukan metode ini kamu akan mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan ide bisnis kamu.

Termasuk apa saja kekurangan dan kelebihan ide tersebut, pasar dan startegi pemasaran yang harus dicoba, penganggaran dana dan modal, serta banyak lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Bisnis Plan untuk Brand Kosmetik, Mudah dan Sederhana!

Melancarkan Eksekusi Perencanaan Bisnis

Ketika melakukan studi kelayakan bisnis, maka kamu bisa mendapatkan data yang lebih akurat mengenai kelebihan serta kelemahan dari brand kosmetikmu.

Dengan begitu, kamu juga pasti bisa dengan mudah melaksanakan program-program promosi dan bsinis yang telah kamu rencanakan sebelumnya.

Dari hasil analisis studi kelayakan bisnis kosmetik ini kamu bisa menilai dan mengevaluasi mana saja program yang menguntungkan, serta menilai apa saja yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

Pengawasan Juga Jadi Lebih Mudah

Ketika bisnis kamu telah berjalan dan berkembang dengan pesat, maka aka nada masanya perusahaan akan mendapatkan pengawasan eksternal.

Nah, untuk memperlancar dan mempermudah proses ini, studi kelayakan bisnis kosmetik pasti sangat membantu. Sebab, dalam prosesnya, studi kelayakan bisnis memungkinkan kegiatan analisis dari berbagai aspek perusahaan.

Hasil-hasil analisis inilah yang kemudian akan mempermudah kegiatan pengawasan eksternal, karena mereka bisa berpedoman pada laporan analisis studi kelayakan bisnis yang kamu buat tadi.

Lebih Mudah Mengendalikan Laju Perusahaan

Ketika menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis kosmetik, tentu ada banyak hal yang mungkin datang dan di luar kendalimu. Bisa saja keuntungan yang tidak terduga, atau justru masalah yang sama sekali tidak kamu perhitungkan sebelumnya.

Nah, untuk meminimalisir dampak dari masalah ini, kamu harus bisa mengendalikan situasi dengan cepat dan mengatur strategi yang tepat.

Dalam hal ini, studi kelayakan bisnis bisa berperan sangat besar lho, Beautypreneurs! Karena dalam analisisnya, kamu bisa memperoleh berbagai informasi yang dapat digunakan untuk menentukan aspek mana yang akan menjadi masalah dan menyusun pencegahannya.

Tak hanya itu, ketika ada masalah yang tak disangka muncul, studi kelayakan bisnis juga bisa berperan penting. Karena kamu bisa mengetahui seluk beluk perusahaan serta dapat mengoptimalkan potensi bisnismu.

Dengan begitu, kerugian yang kamu tanggung nantinya tidak akan terlalu besar atau bahkan bisa diminimalisir pada angka yang paling kecil.

Kesimpulan

Setelah membaca uraian di atas, kamu pasti setuju bahwa studi kelayakan bisnis untuk brand kosmetik sangat perlu dilakukan.

Terlebih, sekarang ini persaingan di pasar kosmetik Indonesia sangatlah ketat. Karena kamu enggak hanya bersaing dengan produk-produk lokal, melainkan dengan merk global yang telah lama eksis dan memiliki kelompok konsumennya sendiri.

Meski begitu, bukanlah hal yang tidak mungkin untukmu mengembangkan brand kosmetik milikmu sampai sukses. Kamu hanya memerlukan strategi promosi yang tepat dan dapat memberikan hasil yang diinginkan.

Menyadari kebutuhan brand cosmetic owner ini, Mash Moshem Indonesia mengadakan Webinar dan pelatihan online terkait pengembangan bisnis dan strategi digital marketing kepada klien.

Harapannya, Webinar yang dilakukan secara rutin tiap bulan ini akan dapat memberikan banyak manfaat dan bisa mendukung perkembangan brand kosmetik milikmu.

Kapan lagi ya, bisa bikin produk kosmetik pakai brand sendiri, plus diajari cara mengembangkannya sampai sukses?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment