Bayak Untungnya! Cek Syarat dan Cara Daftar Tokopedia Official Store Ini

E-commerce merupakan media penjualan dan promosi online yang bisa memberikan manfaat besar pada perkembangan suatu bisnis. Salah satu jenis e-commerce yang belakangan menarik perhatian masyarakat adalah Tokopedia.

Kamu pasti udah pernah dengar soal e-commerce ini, bukan? Yap! E-commerce dengan logo berwarna hijau ini bisa memberikan banyak keuntungan pada penjual atau pengusaha yang melebarkan lapak mereka di sana.

Tokopedia menawarkan berbagai kemudahan dalam berjualan secara online, bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, demi meningkatkan kualitas, kredibilitas, serta professional dari seluruh akun penjual Tokopedia, E-commerce ini mengembangkan fitur Official Store.

Memang apa sih yang dimaksud dengan Tokopedia Official Store ini? Apa manfaatnya untuk penjual dan bagaimana cara daftar Tokopedia Official Store?

Untuk menjawab semua pertanyaanmu itu, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

Sekilas Soal Tokopedia Official Store

Sebelum terlalu jauh membahas cara daftar Tokopedia Official Store dan apa saja keuntungan yang kamu dapatkan sebagai penjual. Enggak ada salahnya untuk mengenal konsep dasar dari Tokopedia Official Store ini terlebih dahulu.

Fitur Tokopedia Official store ini merupakan sebuah fitur khusus yang diberikan untuk toko terverifikasi. Umumnya label ini diberikan pada toko yang menjual produk dari merk resmi atau asli.

Selain membuat transaksi konsumen menjadi lebih nyaman dan aman, toko official ini bertujuan untuk membantu mengembangkan usaha atau brand tersebut secara eksklusif.

Mengapa begitu? Yap! Tentu jika memperhatikan perilaku konsumen, pasti kamu tahu bahwa ada banyak risiko membeli barang secara online. Apalagi kalau nominal yang harus dikeluarkan cukuplah besar, pasti banyak pembeli yang juga berpikir dua kali sebelum melakukan transaksi.

Nah, di sinilah peran official store sesungguhnya. Dengan jaminan khusus untuk pembeli dari toko official di Tokopedia, yaitu jaminan keaslian produk, ketersediaan produk, juga garansi kerusakan selama seminggu.

Pelanggan akan lebih merasa aman dalam bertransaksi. Akhirnya, toko dengan label Official Store ini pun akan selalu menjadi pilihan pertama dari pengguna Tokopedia.

Tak hanya itu, ketika telah terdaftar dengan label official Store, toko atau brand milikmu pun akan berada di tampilan terdepan dan bisa ditemukan di homepage official store Tokopedia.

Kewajiban Official Store

Sebelum membahas detil cara daftar Tokopedia Official Store, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa saja persyaratan dan kewajiban yang harus dilakukan untuk mendapatkan label tersebut.

Berbeda dengan Shopee, Official Store Tokopedia dibagi menjadi empat jenis yang masing-masingnya memiliki syarat berbeda-beda.

Meski begitu, kewajiban keempat jenis official Store tersebut pada dasarnya adalah sama. Yakni dengan memberikan tiga jaminan kepastian berikut ini.

  1. Memberikan kepastian akan ketersediaan produk, atau ready stock. Ketika kamu mendaftar sebagai official Store Tokopedia, maka kamu harus memastikan persediaan produk selalu ada.
  2. Menjamin orisinalitas atau keasilian produk. Sesuai dengan jaminan yang dikonsepkan sejak awal, Official Store Tokopedia haruslah bisa menjamin bahwa produk yang dijual adalah barang asli.
  3. Memberikan harga yang bersaing. Selain ketersediaan dan orisinalitas, harga juga menjadi hal yang diperhitungkan. Kamu perlu memastikan bahwa harga jual produk di toko online milikmu sama kompetitifnya dengan di pasar.

Syarat Daftar Tokopedia Official Store

Selain memberikan ketiga jaminan di atas, sebagai cara daftar Tokopedia Official Store selanjutnya kamu juga  perlu melengkapi persyaratan yang diberikan.

Telah disinggung sebelumnya, bahwa Tokopedia membagi empat jenis official store. Yakni official store untuk brand ternama, distributor resmi, penjual terpilih, dan penjual lokal.

Lantas apa saja persyaratan untuk mendaftarkan toko dan brand kamu di masing-masing jenis official Store Tokopedia tersebut? Langsung cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Persyaratan Official Store Brand Ternama

Jenis official store Tokopedia yang pertama adalah untuk brand ternama. Well, sama seperti namanya jenis ini dapat dimiliki kalau kamu adalah pemilik usaha dari brand yang dimaksudkan tersebut.

Dalam hal ini, sebagai brand owner cosmetics, kamu juga tegolong dalam katergi tersebut lho.

Persyaratan untuk daftar Tokopedia Official Store brand ternama antara lain:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  3. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  4. Menyiapkan dokumen SKPPKP (Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak), serta SKT (Surat Keterangan Terdaftar)
  5. Haki (Hak Merek Dagang)

Official Store Distributor Resmi

Jenis Official Store selanjutnya adalah yang diperuntukkan untuk toko distributor resmi. Maksudnya, distributor resmi ini ditunjuk secara resmi oleh produsen untuk memasarkan produk tersebut lewat toko online mereka.

Nah, untuk mendaftarkan usaha distribusi kamu di Tokopedia Official Store, penuhi beberapa syarat berikut ini, ya.

  1. KTP
  2. NPWP
  3. SIUP
  4. Bukti keabsahan sebagai distributor resmi: Surat Resmi Penunjukkan Distributor

Official Store Penjual Terpilih

Selanjutnya adalah Official Store dari penjua terpilih. Artinya, Tokopedia akan menyeleksi peforma dan kelayakan toko online yang kamu ajukan. Kemudian berhak menentukan apakah toko tersebut layak mendapatkan label official store.

Cara daftar Tokopedia Official Store untuk penjual pilihan harus melampirkan beberapa dokumen berikut.

  1. KTP
  2. NPWP
  3. SIUP
  4. Jumlah produk minimal dalam toko online sebanyak 5 SKU
  5. Reputasi toko minimal Gold 1
  6. Toko online aktif selama lebih dari 6 bulan

Official Store Pengusaha Lokal

Salah satu kelebihan Tokopedia adalah komitmennya dalam mendukung pelaku usaha lokal dalam mengembangkan bisnis mereka. Dalam program Tokopedia Official Store ini memungkinkan semua seller untuk mendapatkan kesempatan yang sama.

Begitu pula dengan pengusaha-pengusaha lokal, kamu hanya perlu melampirkan beberapa persyaratan berikut ini.

  1. KTP
  2. NPWP
  3. SIUP

Cara Daftar Tokopedia Official Store dengan Mudah dan Benar

Setelah melengkapi berbagai dokumen yang dipersyaratkan di atas sesuai dengan jenis official store yang kamu butuhkan. Maka kita akan langsung beranjak ke step by step cara daftar Tokopedia official store berikut ini.

Mulai Proses Pendaftaran

Langkah pertama adalah memulai prosedur pendaftaran lewat laman resmi yang diberikan oleh Tokopedia.

Pada halaman itu, kamu bisa langsung meng-klik ‘Daftar Jadi Official Store’. Secara otomatis kamu akan dialihkan untuk login terlebih dahulu dan kemudian melanjutkan alur pendaftaran yang ada.

Konfirmasi Syarat & Ketentuan

Ketika telah memasuki halaman pendaftaran, kamu akan diminta untuk membaca seluruh persyaratan dan ketentuan. Well, ada baiknya untukmu membacanya dengan teliti agar terhindar dari kesalahan penggunaan atau melakukan pelanggaran tanpa sengaja.

Beberapa kriteria penting yang ada dalam syarat dan ketentuan pendaftaran antara lain:

  1. Menjual produk original dan dapat dibuktikan keasliannya
  2. Memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang dibutuhkan dari Tokopedia
  3. Memenuhi ketentuan yang ada di website Tokopedia
  4. Memiliki semua dokumen legal mengenai bisnis kosmetik yang kamu jalankan, serta dapat diunggah ketika proses pengajuan menjadi official store di Tokopedia. Kategori yang dimaksud misalnya, flagship store, authorized distributor, dan specialized toko.

Ketika semua kritetria tersebut telah sesuai dan kamu miliki, maka kamu bisa langsung menuju tahapan selanjutnya dengan meng-klik ‘Lanjutkan’.

Melengkapi Identitas

Cara daftar Tokopedia official store selanjutnya adalah dengan melengkapi identitas yang diminta, baik itu identitas pribadimu maupun toko atau brand yang kamu miliki. Seperti nama, alamat email, alamat perusahaan, nomor telpon, dan lain sebagainya.

Data-data ini nantinya akan disesuaikan dengan jenis Official Store apa yang kamu daftarkan. Well syarat dan ketentuan ini telah kita bahas di point sebelumnya, ya, Guys!

Kelengkapan Data Pihak Kedua

Selain data pribadi kamu, data yang harus dilengkapi selanjutnya adalah data pihak kedua. Maksudnya, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pihak kedua dari toko atau brand milikmu.

Pihak kedua ini merupakan orang lain yang bertanggung jawab terhadap toko tersebut selain dirimu.

Kelengkapan Informasi Toko

Setelah melengkapi data pribadi dan pihak kedua, kamu juga harus memperhatikan kelengkapan informasi tokomu. Mulai dari nama, domain, kategori utama dari toko tersebut, juga berbagai legalitas toko.

Kelengkapan Informasi untuk Detail Pembayaran

Untuk mendaftar Tokopedia Official Store ini kamu juga harus mengisi kelengkapan informasi detail pembayaran. Maksudnya melengkapi informasi akun pembayaran serta pencairan untuk tiap pemasukan.

Seperti nama bank, cabang, identitas pemilik, serta nomor rekening yang akan digunakan untuk transaksi bersama Tokopedia.

Unggah Seluruh Berkas Persyaratan

Cara daftar Tokopedia official store selanjutnya adalah mengunggah seluruh berkas atau dokumen yang telah dipersyaratkan sebelumnya. Pastikan enggak ada yang tertinggal, ya.

Menunggu Konfirmasi dari Tokopedia

Setelah kamu menyelesaikan cara daftar Tokopedia official store di atas dan mengirim semua yang dibutuhkan. Maka langkah selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Tokopedia yang tentunya masih memeriksa kelayakan pengajuan tersebut.

Umumnya, waktu yang diperlukan untuk mendapatkan pemberitahuan adalah selama 7 hari kerja. Namun, bila kamu tidak kunjung mendapat jawaban hingga masa itu terlewat, berarti toko atau brand milikmu masih belum memenuhi kriteria Tokopedia official store.

Biaya Official Store Tokopedia

Sama halnya dengan Shopee Mall, fitur Tokopedia Official Store ini juga perlu biaya. Tokopedia akan memberlakukan baiaya admin yang langsung dipotong dari komisi, sebanyak 2 persen dari produk yang telah terjual.

Meski perlu mengeluarkan biaya tambahan, keuntungan yang didapat dengan memiliki label official store Tokopedia ini enggak bisa dianggap remeh, lho.

Karena bisa membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, dan berpengaruh besar pada besaran transaksi atau pembelian produk.

Keuntungan Tokopedia Official Store Bagi Pelaku Bisnis

Meski banyak dokumen yang harus disiapkan, proses seleksi yang mungkin agak pelik, dan biaya admin tambahan untuk menjadi toko official. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pelaku bisnis.

Lantas apa saja keuntungan dengan bergabung menjadi Tokopedia Official Store? Simak kedelapan manfaat tersebut berikut ini!

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Keuntungan pertama adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko yang kamu miliki.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Tokopedia official store ini memberikan tiga jaminan khusus kepada pelanggannya. Yakni keaslian, ketersediaan, dan garansi produk selama tujuh hari.

Dengan jaminan-jaminan ini, pembeli akan merasa nyaman dan tidak ragu untuk melakukan transaksi mereka pada toko tersebut.

Relasi Bisnis yang Luas

Salah satu hal yang sangat penting untuk menjadi pebisnis yang handal adalah memiliki jaringan relasi yang luas. Nah, dengan mendaftarkan tokomu sebagai Tokopedia Official Store kamu bisa mendapatkan benefit ini.

Ya! Kamu bisa menjalin relasi bisnis dengan manager Tokopedia, yang terdiri dari lebih dari 4000 manager. Dengan begitu, kamu bisa berkonsultasi mengenai strategi pemasaran, bisnis, dan branding yang kamu inginkan.

Dapat Mempromosikan Produk secara Maksimal

Pada dasarnya dengan menjadi bagian dari official store ini, kamu pun secara langsung akan menikmati sistem promosi dari Tokopedia.

Sebab, ketika masuk dalam mesin pencarian dengan kata kunci relevan dengan bisnis kamu, maka brand atau toko kosmetik dengan label official store ini akan muncul sebagai hasil teratas.

Tak hanya itu, label dan nama tokomu pun akan dipajang di halaman landing website official store Tokopedia, lho!

Statistik Toko yang Transparan

Keuntungan selanjutnya adalah statistic perkembangan toko yang transparan. Kamu bisa melihat bagaiaman transaksi dan pertumbuhan toko kamu dengan rinci.

Pengaturan Toko yang Lebih Mudah

Ketika toko online-mu telah menjadi official store, kamu secara langsung akan mendapatkan akses ke sistem API Tokopedia.

Dalam sistem itu terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan sebagai alat dan tolok ukur perkembangan bisnis kamu. Seperti alat analisis pertumbuhan toko, pengaturan lokasi pengirima, hingga cara pengelolaan stok produk yang kamu miliki.

Kebebasan dalam Memilih Ekspedisi Pengiriman

Keuntungan satu ini telah disinggung sebelumnya. Karena kamu secara otomatis dapat mengakses sistem API Tokopedia ketika menjadi official store, maka kamu pun mendapatkan kebebasan dalam menentukan ekspedisi pengiriman.

Tak hanya itu, pembeli pun bisa dengan leluasa memilih jenis ekspedisi yang mereka inginkan saat akan melakukan pembayaran pesanan.

Kebebasan dalam Mengatur Diskon (Promo)

Selain bisa menentukan jenis ekspedisi sesuai keinginan, kamu pun bebas mngatur penggunaan diskon atau promo jika terdaftar sebagai official store.

Bahkan, di dalamnya pun akan tersedia alat untuk membantu menganalisis keuangan dan anggaran toko. Sehingga diskon yang diberikan tidak akan membuat jumlah keuntungan ataupun laba yang kamu dapatkan berkurang.

Nah, itu adalah berbagai cara daftar Tokopedia Official Store yang bisa kamu aplikasikan untuk usaha atau brand kosmetik yang kamu miliki.

Ketahui juga cara meningkatkan peforma Official Store lewat iklan TopAds di sini.

Mash Moshem Indonesia merupakan penyedia jasa maklon kosmetik murah dan lengkap, yang berkomitmen mendukung perkembangan brand kosmetik klien secara optimal.

Salah satunya dengan menyediakan layanan aftersales berupa pembuatan media promosi dan pelatihan digital marketing lewat Webinar Online.

Media promosi ini termasuk foto produk, brosur dan katalog produk, juga video promosi dan company profile. Semuanya dapat kamu gunakan untuk menunjang konten iklan dan branding di berbagai sarana promosi, termasuk lewat Tokopedia Official Store.

Sementara itu, lewat webinar kamu akan diajari bagaimana cara mengoptimalkan penjualan di berbagai e-commerce, meningkatkan brand awareness, dan berbagai tips-trick menarik lainnya.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera buat brand kosmetik impianmu bersama Mash Moshem Indonesia!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment