Pakai Tawas untuk Merawat Kulit Ketiak, Apakah Efektif?

tawas untuk merawat kulit ketiak

Bau badan yang tidak sedap adalah salah satu mimpi buruk yang sangat dihindari oleh banyak orang. Selain bikin enggak nyaman karena biasanya juga diikuti dengan ketiak yang lembap, bau badan pun bikin enggak pede.

Untunya masalah bau badan ini bisa diatasi dengan cukup mudah dan sederhana. Bukan dengan memakai parfum sebanyak mungkin, melainkan memberikan perawatan yang tepat untuk menjaga agar kulit ketiap tidak mudah lembap dan selalu sehat.

Kulit ketiak memang terkenal rawan lembap, namun di sisi lain juga bisa sangat sensitif dan mudah teriritasi. Karenanya, kamu perlu merawat kulit ketiak sebaik mungkin dan menghindari bahan-bahan dalam deodorant yang bisa saja membuat kulit iritasi.

Nah, sebenarnya ada salah satu cara tradisional untuk merawat kulit ketiak. Yap! Dengan menggunakan tawas.

Untuk lebih tahu soal efektifitas, keamanan, dan cara pakai tawas yang tepat, kamu bisa cari penjelasan lengkapnya lewat ulasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Tawas untuk Merawat Kulit Ketiak

penyebab ketiak hitam

Tawas merupakan bahan alami yang tebuat dari garam mineral bernama kalium alum, bentuknya serupa bongkahan kristal.

Tawas dapat dengan mudah dengan larut dalam air, serta terbilang aman bila digunakan secara langsung. Hal ini didukung oleh pernyataan dari Food and Drug Administration di Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa tawas aman untuk kulit.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya tawas sudah alam diguankan untuk merawat kulit ketiak dan mampu membantu mengurangi bau badan.

Ini dikarekan tawas mengandung berbagai senyawa yang mendukung kebersihan tubuh, sehingga efektif untuk menjaga kesehatan ketiak.

Nah, kira-kira apa saja manfaat tawas untuk merawat kulit ketiak? Langsung cek dan baca ulasannya di bawah ini sampai habis, ya!

Dapat Mencerahkan Kulit Ketiak

Salah satu problem kesehatan dan kecantikan kulit ketiak adalah warnanya yang tampak kusam hingga menggelap. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kulit ketiak teriritasi, sehingga tubuh merespon dan memproduksi melanin untuk memulihkan iritasi.

Nah, kalau kamu bermasalah dengan kulit ketiak hitam tawas bisa jadi jawaban yang ideal untuk dicoba. Karena bahan alami ini diklaim dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit ketiak, dan area di sekitarnya.

Manfaat tawas untuk merawat kulit ketiak ini didukung karena kemampuannya yang bisa membantu mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit.

Selain  itu, tawas pun bekerja sebagai antiinflamasi yang mencegah terjadinya peradangan. Sehingga tak hanya mencerahkan, penggunaan tawas untuk merawat kulit ketiak secara teratur pun bisa membantu mencegah kulit ketiak kembali kusam dan menghitam.

Bisa Membuat Kulit Ketiak Lebih Halus

Manfaat tawas untuk merawat kulit ketiak selanjutnya adalah membantu menghaluskan kulit ketiak kamu, lho!

Lagi-lagi, karena kemampuannya dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati, tawas bisa memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi masalah kulit ketiak yang kasar.

Apalagi kalau kondisi kulit ketiak yang kasar ini disebabkan karena sering mencukur bulu ketiak, menggunakan skincare dengan bahan iritatif, dan faktor sejenis.

Efektif Mengurangi Bau Badan

Apakah kamu memiliki masalah dengan bau badan yang tak sedap dan kulit ketiak yang terasa lembap? Well, coba pakai tawas untuk untuk merawat kulit ketiak mengurangi masalah tersebut, deh.

Ketiak merupakan bagian tubuh yang sangat rawan mengalami penimbunan sebum, karena produksi keringat pada daerah ini pun terhitung lebih banyak.

Nah, karena kondisinya yang lembap inilah bakteri dan kuman bisa berkembang biak. Karena bakteri sudah bersarang dan menginfeksi kulit, maka hal itu akan membuat tubuh berbau tak sedap.

Dilansir dari Hellodokter, tawas bisa berfungsi sebagai pengganti deodoran dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri di ketiak kamu.

Karenanya secara otomatis, kulit ketiak akan terbebas dari bakteri ataupun jamur dan bau badan bisa dikurangi secara signifikan.

Merawat Kulit Ketiak Sehabis Proses Cukur

Terlalu sering mencukur bulu ketiak, ataupun menggunakan wax bisa membuat kulit teriritasi. Hal ini bisa menyebabkan peradangan pada ketiak, dan akhirnya memicu penggelapan kulit pada area tersebut.

Nah, agar kulit ketiak bisa terhindar dari kondisi tersebut, cobalah mengganti deodorant degan menggunakan tawas. Kandungan antibakteri dalam bahan alami ini bisa mencegah adanya iritasi dan menghambat pertumbuhan bakteri di ketiak.

Selain itu, kelembapan kulit ketiak pun akan tetap terkontrol dengan baik ketika kamu menggunakan tawas sebagai bagian dari peralatan.

Cocok untuk Merawat Kulit Sensitif

Apakah kamu memiliki kulit ketiak yang tergolong cukup sensitif dan mudah mengalami iritasi? Kulit ketiak yang sensitif biasanya dapat ditandai dengan adanya kemerahan, rasa perih, dan gatal ketika menggunakan produk tertentu.

Sebenarnya, penggunaan deodorant untuk kulit ketiak sensitif bisa berisiko memicu reaksi iritasi. Karena enggak sedikit produk yang mengandung senyawa kimia bersifat keras, yang dapat membuat kulit terlau kering sehingga rentan iritasi.

Nah, kalau kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa mengganti deodorant yang kamu gunakan dan beralih memakai tawas. Efek yang dihasilkannya ini bisa kamu rasakan setelah beberapa hari penggunaan tawasuntuk merawat kulit ketiak secara rutin.

Cara Menggunakan Tawas untuk Ketiak Dengan Tepat

krim pencerah wajah

Setelah mengetahui berbagai manfaat tawas untuk merawat kulit ketiak di atas, kamu pasti tergoda dan ingin segera menggunakan bahan alami ini ke dalam rangkaian perawatan yang biasa kamu lakukan bukan?

Tawas biasanya hadir dalam bentuk bongkahan batu atau serupa kristal, namun kini banyak juga sediaan dalam bentuk lain, seperti spray, bubuk, balm, hingga cair.

Denagn banyaknya pilihan dan inovasi tawas, kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit ketiakmu dan selera pribadimu.

Meski banyak inovasinya, namun secara umum penggunaan tawas dengan tepat bisa dilakukan sesuai dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Setelah mandi, keringkan tubuh dan ketiak Anda dengan handuk.
  2. Basahi batu tawas dengan air secukupnya.
  3. Oleskan batu yang basah pada ketiak secara merata. Gosok dengan gerakan atas-bawah atau memutar.
  4. Pastikan tidak ada bagian yang tajam atau retak pada batu tawas yang kamu gunakan supaya tidak melukai kulit.
  5. Biarkan ketiak mengering dengan sendirinya, kemudian kenakan pakaian Anda seperti biasanya.

Namun perlu diketahui bahwa deodorant alami seperti tawas, tidak memiliki kandungan antiperspirant sama sekali. Sehingga tidak akan bisa mencegah atau menghambat keringat berlebihan.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin mencari solusi ketiak basah, tawas bukanlah produk yang tepat untuk kamu.

Dari ulasan lengkap mengenai kemampuan tawas untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Produk ini terbilang ampuh untuk menghilangkan bau badan, tapi tidak dengan meredakan keringat berlebihan.

Meski begitu beberapa ahli menyebutkan penggunaan deodorant alami ini bisa dibilang lebih aman dan bermanfaat, jika dibandingkan dengan deodorant antiperspirant.

Sebab, antiperspirant akan membuat kelenjar keringat tertutup. Yang tak hanya menghambat pembuangan keringat, tapi juga berpotensi menyebabkan bakteri jahat penyebab bau badan lebih mudah tumbuh dan menyebabkan bau badan yang lebih buruk dari sebelumnya.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu ingin menggunakan tawas untuk menghilangkan bau badan ataukah tetap menggunakan deodorant yang sekarang kamu pakai?

Well, apapun itu, tetap perhatikan kesehatan kulit ketiak dan tubuhmu, ya! Jadi jangan asal membeli atau menggunakan produk yang berbahan terlalu keras ataupun berbahaya bagi kulit.

About Author

Related posts

Leave a Comment