23+ Tools Cek Keamanan Website Toko Online, Apa Saja?

tools cek keamanan website

Rincian pembayaran, data transaksi penjualan, serta informasi pribadi pelanggan adalah hal-hal yang sifatnya sensitif dalam sebuah bisnis online. Sebab jika data-data itu bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka sesuatu yang buruk bisa saja terjadi pada bisnimu.

Oleh karena itu, penting bagi para pengusaha untuk melindungi aset tersebut dengan cara apa pun. Mengingat di zaman yang sudah semakin canggih ini, popularitas online shop kian tumbuh pesat, sehingga keamanan menjadi hal yang wajib diutamakan. Dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan agar bisnis yang kamu jalankan juga minim risiko.

Pasalnya akhir-akhir ini banyak laporan dari para pelanggan toko online yang mengaku jadi korban hacker. Data pribadi mereka dicuri dan disalahgunakan, sehingga tak sedikit yang merugi. Salah satu penyebabnya karena tingkat keamanan pada website perusahaanmu tidak cukup kuat.

Lantas apa yang terjadi? Perusahaanmu yang akan tercoreng namanya karena dianggap tidak becus menjaga data pribadi para pelanggan.

Akibatnya, pelanggan lari ke toko online lain atau bahkan beralih pada kompetitormu karena menganggap website mereka jauh lebih aman. Jika sampai hal ini terjadi, maka penjualan perusahaanmu akan mengalami penurunan.

Dengan demikian, keamanan toko online sangat penting dalam membantu bisnis mengatasi ancaman terhadap situs atau virus yang mampu menghilangkan data pribadi para pelanggan atau melakukan hal-hal merugikan lainnya.

Untuk membuat website menjadi tempat yang aman untuk melakukan transaksi jual beli, maka kamu perlu melakukan pengecekan rutin dengan bantuan tools.

Di bawah ini ada 23 tools yang bisa digunakan untuk cek keamanan website toko online. Simak penjelasannya lebih lanjut!

23+ Tools Cek Keamanan Website Toko Online

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini kumpulan tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek keamanan web toko online. Mari cek satu per satu, yuk!

Sucuri Sitecheck

Kamu tidak perlu membayar alias gratis jika ingin menggunakan tool populer yang satu ini. Kaya akan fitur keren, tool ini cukup lengkap dan memiliki tampilan yang sederhana sehingga cocok digunakan untuk para pemula.

Cara kerja Sucuri Sitecheck adalah dengan memastikan bahwa website-mu tidak mengalami eror atau pun dihujani spam. Selain itu, tool ini juga akan memberi tahu jika situsmu terkena blacklisting atau dimasukkan daftar hitam oleh sistem keamanan sebagai berikut: Opera, Yandex, PhishTank, ESET, Sucuri Labs, McAfee, Norton Safe Web, Google Safe Browsing.

Cara menggunakan tools cek keamanan website toko online ini pun cukup mudah. Kamu tinggal memasukkan alamat domain website perusahaan dan tinggal klik “Scan Now”.

Tunggu beberapa saat, maka hasil analisis yang dilakukan Sucuri Sitecheck akan terdeteksi. Dengan demikian, kamu bisa mengatasi potensi bahata yang mengancam website perusahaan.

Qualys

Qualys adalah tool cek keamanana yang juga berguna untuk mengetahui kesehatan website­ lewat aspek konfigurasi SSL atau TLS. Alat yang satu ini akan memberikan analisis mendalam mengenai URL website termasuk mengecek tanggal kedaluwarsanya.

Selain itu, Qualys juga memberi informasi lain yang tak kalah penting seperti overall rating, simulasi handshake, dan detail protokol.

Jika kamu baru mengubah pengaturan SSL website, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu melalui Qualys. Jika diperhatikan, masih saja ada website yang belum memiliki sertifikat SSL.

Padahal SSL sangat berperan penting dalam mengamankan situs perusahaan. Bukan hanya itu, tanpa SSL, website perusahaanmu akan sulit bersaing di mesin pencari karena dinilai tidak aman.

Quttera

Tak jauh berbeda dengan Sucuri Sitecheck, Quttera juga menyajikan tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan oleh pengguna baru.

Tool ini membantu mendeteksi file yang berpotensi terkena malware, file mencurigakan, hingga upaya phising. Selain mudah digunakan, tool ini juga tidak dipungut biaya dalam pengoperasiannya alias gratis.

UpGuard

Tools cek keamanan website selanjutnya yang bisa digunkan adalah UpGuard. Tak seperti tiga alat sebelumnya, UpGuard merupakan tool berbayar. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena tool ini juga menyediakan versi gratisnya yang sangat mudah digunakan. Berdasarkan pemeriksaan, UpGuard akan menampilkan dua kategori, yaitu website risks dan email risks.

Dalam kategori website risks akan diberi tahu perihal aspek-aspek website yang tidak aman. Semisal protokol SSL yang kurang aman dan versi CMS yang outdated atau perlu kamu perbarui.

Sementara dalam kategori email risks, informasi yang akan diberikan tool ini meliputi DMARC policy, SPF policy, dan lain sebagainya.

Sayangnya, kamu harus berlangganan terlebih dahulu jika ingin melihat laporan keamanan website secara lengkap dan detail solusinya. Jika tidak, maka kamu hanya bisa menikmati versi gratisnya yang fiturnya sederhana.

SiteGuarding

SiteGuarding adalah salah satu tool populer yang dinilai mampu melakukan cek keamanan website dengan sangat baik. Tool ini membantu perusahaanmu untuk mendeteksi website apabila terkena blacklist, deface, malware, spam, serta masih banyak lagi.

Lagi-lagi seperti Sucuri Sitecheck, SiteGuarding juga bisa digunakan di semua platform situs web, seperti WordPress, Joomla, Drupal, Magento, Bulletin, dan lain sebagainya. Kelebihan dari tool ini adalah kamu bisa menghapus malware dari website. Tentu ini sangat berguna jika website-u diserang virus.

Observatory

Observatory merupakan tool pemeriksa keamanan gratisyang dikelola dan dikembangkan oleh Mozilla. Tool ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Di mana alat ini tidak dapat kamu gunakan untuk mendeteksi malware di website-mu, tapi bisa membantu dalam hal menganalisis dan menilai seberapa berkualitas situs web milik perusahaan.

Ketimbang kekurangan, Observatory lebih banyak kelebihannya. Selain dapat menilai kualitas website dilihat dari segi keamanan dan kecepatan, tool ini juga bisa dimanfaatkan untuk merangkum data dari SSL Labs dan ImmuniWeb sebagai pihak-ketiga.

Menariknya, kamu juga bisa mempelajari tips meningkatkan keamanan website dari hasil pengecekan Observatory. Caranya mudah, kamu tinggal memasukkan nama tesnya pada hasil pemeriksaan.

Detectify

Detectify bukanlah tool yang bisa digunakan secara gratis. Kamu hanya diberi kesempatan untuk menikmatinya secara gratis selama 14 hari saja. Selebihnya jika ingin merasakan kecanggihan tool ini, kamu harus membayarnya.

Tak rugi meskipun kamu harus membayar untuk menggunakan Detectify sebagai alat cek keamanan website. Pasalnya tool ini benar-benar dilengkapi dengan berbagi fitur canggih lebih dari tool yang gratis. Bahkan Detectify menjamin dapat mengenali lebih dari 1.500 jenis ancaman keamanan pada website-mu.

Probely

Jika kamu adalah seorang developer aplikasi web yang baru merintis dan belum memiliki dana lebih, maka menggunakan Probely sebagai tool pemeriksa keamanan merupakan langkah yang tepat. Meski merupakan layanan premium, tool yang satu ini juga menyediakan versi gratis.

Versi gratisnya pun tak kalah dengan yang premium. Dengan versi ini, kamu sudah bisa melakukan pemeriksaan security headers, cookie flags, dan SSL/TLS.

Menariknya, kamu bisa mengatur sendiri jadwal pemeriksaannya secara berkala. Apabila belum puas dengan layanan pada versi gratis, kamu bisa mencoba yang berbayar yang tentunya akan memberikan hasil lebih.

Pentest-Tools

Ada dua jenis layanan pada Pentest-Tools, yakni light scan dan full scan. Sayangnya kamu harus membayar jika ingin menggunkan full scan. Tapi untuk light scan, kamu bisa menggunakan layanan ini untuk cek keamanan website secara cuma-cuma alias gratis.

Meski layanannya didapat secara gratis, tapi dengan light scan, kamu sudah bisa memeriksa cukup banyak aspek website. Diantaranya Versi software server, Cookies, HTTP headers, Status SSL, Miskonfigurasi pada server.

WPSec

Sesuai namanya, WPSec merupakan tool untuk memeriksa sistem keamanan WordPress. Cukup mudah penggunaan tool ini. Kamu hanya perlu memasukkan URL pada situs yang telah tersedia. Namun, pemeriksaannya tidak akan secara menyeluruh.

Agar lebih optimal, kamu bisa mendaftarkan versi gratis untuk WPSec. Ada tiga kemungkinan yang bisa kamu dapatkan setelah mendaftarkan WPSec. Mulai dari pemeriksaan dijadwalkan secara otomatis seminggu sekali, pengecekan situs dapat melalui dashboard, serta mendapat 20 laporan pemeriksaan tiap bulannya.

WordPress Security Scan

WordPress Security Scan merupakan salah satu tool pemeriksa keamanan website yang ditawarkan oleh Hacker Target. Tool ini bekerja secara gratis, yang tugasnya meliputi beberapa pemeriksaan seperti pengecekan 20 situs WordPress sekaligus, cek versi WordPress, blacklisting, eksternal link, keamanan server hingga keamanan plugin.

First Site Guide

First Site Guide seringkali dijadikan alternatif lain dari dua tool sebelumnya untuk mengecek keamanan situs WordPress. Ada banyak aspek yang diperiksa oleh tool gratis satu ini. Meliputi celah keamanan pada file-file penting WordPress, versi PHP di header, dan tingkat keamanan database username.

ScanWP

Bertambah lagi satu tool pemeriksa keamanan yang bisa digunakan secara gratis. Yakni ScanWP yang cara kerjanya cukup sederhana dengan memindai celah keamanan pada file-file website-mu.

Tidak  hanya itu, Free Online WordPress Scan juga memeriksa generator tag pada halaman utama. Jika menggunakan tool ini, kamu wajib memasukkan alamat email karena laporan akan dikirim di kotak inbox.

Wprecon

Penulisan tool ini menggunakan huruf “w” kecil di awal. Dengan wprecon, kamu dapat memeriksa sejumlah URL sekaligus untuk mengecek versi WordPress dan status SSL. 

Selain itu, tool yang satu ini juga memberi peluang untuk memeriksa celah keamanan pada plugin dan tema, serta mencari tahu status blacklist website WordPress.

VirusTotal

VirusTotal adalah piliha tool yang tepat apabila kamu ingin memindai malware yang ada pada website. Fitur-fitur dan cara pengerjaannya tampak sederhana memang, tapi tool ini bisa disebu cukup bermanfaat.

Tools cek keamanan website ini akan memeriksa situsmu menggunakan 60 lebih database malware ternama seperti Avira, Comodo, BitDefender, dan lain sebagainya.

Google Transparency Report

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak, bahwa tool cek keamanan website ini tergabung dalam aplikasi Google. Tool yang sederhana ini pada dasarnya cara kerjanya mencari celah keamanan pada situs berdasarkan standar yang dimiliki perusahaan mesin pencarian tersebut.

ZeroCERT

Tak jauh berbeda dengan tool yang disediakan Google di atas, fitur Website Check pada ZeroCERT juga memungkinkan kamu untuk memeriksa keberadaan malware pada website.

Agar website-mu aman dari serangan virus dan segala macamnya, kamu bisa menggunakan tool yang satu ini. Tidak berhenti di situ, ZeroCERT juga menampilkan data Whois dan ranking URL situs di pencarian Google.

Scanurl

Tidak perlu khawatir apabila website-mu dilaporkan atas phishing, malware, atau reputasi keamanan yang buruk. Dengan Scanurl maka segala permasalahan bisa dicek dengan terperinci.

Tool inimemeriksa status keamanan website dengan menggunakan database milik Google Safe Browsing, PhishTank, dan Web of Trust.

URLVoid

Fitur yang terdapat pada URLVoid nyatanya tidak jauh berbeda dengan milik Scanurl. Tool ini menawarkan lebih dari 20 database layanan keamanan yang dapat digunakan untuk melakukan cek keamanan.

Selain itu, kamu juga dapat mempelajari beragam aspek yang diperiksa oleh masing-masing layanan keamanan dengan cara meng-klik tautan yang ada.

PCrisk

PCrisk menawarkan paket pemeriksaan yang cukup lengkap tanpa menarik biaya sepeser pun. Selain berguna untuk memindai malware pada website, PCrisk juga memeriksa iFrame, external link, dan status blacklisting.

Menariknya, tool ini menunjukkan laporan tes yang cukup detail. Contohny, kamu dapat mengetahui file apa saja yang telah terinfeksi malware.

Themecheck.info

Tak jarang user tertarik dengan sebuah tema WordPress yang terlihat keren dan langsung buru-buru menginstalnya. Tapi, kamu perlu berhati-hati jika ingin melakukan hal ini. Apalagi jika tema tersebut berasal dari developer yang kurang terpercaya.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk memeriksanya terlebih dahulu. Caranya dengan mengunggah file .zip tema yang telah diunduh ke halaman themecheck.info. Dengan tool ini, kamu akan diberitahu apakah tema tersebut mengandung malware atau memiliki celah keamanan pada kodenya.

Theme Check

Ingin memeriksa keamanan tapi enggan beranjak dari WordPress? Tidak masalah! Kamu tinggal menginstal plugin Theme Check. Setelah dijalankan, plugin ini secara otomatis akan langsung memberi kode tema yang sedang aktif di WordPress milikmu. Mudah bukan?

ImmuniWeb

ImmuniWeb merupakan salah satu tool penyedia layanan keamanan berbasis kecerdasan buatan yang ternama. Kelebihan lainnya, tool ini juga menawarkan versi gratis.

Meski gratis, nyatanya pemeriksaan yang aplikasi ini lakukan cukup menyeluruh. Diantaranya ada enam tes yang dilakukan oleh ImmuniWeb, yakni:

  1. Mencari celah keamanan pada content management system (CMS) serta komponen-komponen lainnya
  2. Cek keamanan server
  3. Pemeriksaan terhadap HTTP headers
  4. Menganalisa library JavaScript yang digunakan untuk website-mu
  5. Mencari situs website perusahaanmu di daftar blacklist keamanan
  6. Dan yang terakhir, menentukan apakah situsmu sudah lolos GDPR dan PCI DSS compliance atau belum

Beautypreneurs, memastikan pengunjung website toko online-mu nyaman bertransaksi adalah hal yang sangat penting. Mengingat, pengalaman belanja sangat berpengaruh pada keputusan konsumen membeli produk dan loyalitas mereka terhadap tokomu.

Mengetahui 23 rekomendasi tools cek keamanan Website di atas bisa membantumu meningkatkan peforma toko online dan membuat pelanggan semakin nyaman bertransaksi.

Nah, selain memenuhi faktor keamanan website toko online, kamu juga harus bisa menyediakan penawaran produk yang menarik untuk konsumen agar mereka tetap setiap pada brand kosmetikmu.

Bersama Mash Moshem Indonesia misalnya, kamu bisa mengembangkan produk kosmetik baru yang unik dan unggul di pasaran. Kamu bahkan bisa menyesuaikan bahan, manfaat, dan berbagai spesifikasi lainnya dengan kebutuhan dan minat konsumenmu.

Pabrik kosmetik kami pun telah mengantongi CPKB golongan A dari BPOM. Sehingga secara legal, kami dapat memproduksi berbagai produk kosmetik dari berbagai jenis sediaan dan aman buatmu.

Menarik, bukan? Yuk, langsung konsultasi bersama tim pemasaran kami lewat Contact Us untuk informasi lebih lengkap!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment