15 Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Marketing Terbaik untuk Bisnis Online

aplikasi omnichannel marketing terbaik

Menggunakan aplikasi omnichannel marketing terbaik untuk bisnis online-mu bisa memberikan banyak keuntungan. Apalagi dalam menjangkau dan memberikan pelayanan pada target pasarmu, sehingga perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Memperbaiki kualitas produk atau jasa memang jadi salah satu strategi untuk meningkatkan bisnis. Tapi bukan hanya itu saja yang bisa kamu lakukan, melainkan mengembangkan berbagai strategi pemasaran dan penjualan yang kamu miliki.

Misalnya bagaimana caranya membuat pelanggan bisa tertarik pada bisnisnya. Strategi yang fokus pada hal tersebut lebih populer dengan nama Omnichannel marketing.

Mungkin banyak dari kalian yang masih belum familier dengan istilah Omnichannel. Tapi asal kalian tahu, strategi ini memiliki peranan penting dalam menjalankan bisnis.

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas sedikit tentang Omnichannel dan lebih terfokus pada aplikasinya. Berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Soal Omnichannel Marketing

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Omnichannel adalah strategi yang wajib diterapkan jika ingin bisnis kamu berkembang. Omnichannel diartikan sebagai sebuah saluran komunikasi yang universal.

Tujuannya untuk menciptakan pengalaman yang konsisten serta menarik bagi konsumen lewat berbagai platform.

Strategi ini memungkinkan konsumen mengetahui perkembangan sebuah brand secara real time. Pelanggan pun akan lebih dimudahkan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Jadi, fokus strategi Omnichannel bukan terletak pada platform yang digunakan, melainkan pengalaman konsumen secara keseluruhan.

Oleh karena itu, demi menciptakan customer experience yang baik, kamu sebagai pelaku bisnis membutuhkan aplikasi atau sistem yang bisa menghubungkan dengan pelanggan.

Aplikasi Omnichannel inilah yang nantinya akan menjawab semua kebutuhan pelanggan dan pemilik bisnis. Yang akan pula membuat penjual dan pembeli berinteraksi.

Lantas, apa sih aplikasi Omnchannel itu?

Aplikasi Omnichannel adalah perangkat lunak atau software yang menggabungkan beberapa macam saluran komunikasi bisnis ke dalam satu platform.

WhatsApp, Instagram, Telegram, Messenger, Line, dan lainnya merupakan platform yang sering pelanggan gunakan untuk berinteraksi dengan pemilik bisnis.

Aplikasi Omnichannel sengaja dirancang untuk menghubungkan berbagai saluran bisnis ke dalam satu platform. Misalnya pelanggan yang mulanya berinteraksi lewat Instagram lantas berpindah ke WhatsApp.

Nantinya tim perusahaan akan mengakses riwayat interaksi sebelumnya tanpa perlu berpindah platform. Jadi, mereka tidak perlu menanyakan pertanyaan yang sama kepada pelanggan.

Software Omnichannel ini juga berguna membuat seluruh data pelanggan tersinkronisasi dengan baik. Sehingga pelaku bisnis pun bisa menciptakan interaksi yang mulus dengan pelanggan dan meningkatkan pengalaman mereka.

Lalu apa saja software Omnichannel terbaik yang bisa digunakan? Yuk, intip 15 rekomendasi aplikasi Omnichannel marketing terbaik di bawah ini!

15 Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Marketing Terbaik

Mengingat banyak manfaat yang bisa didapat dalam menerapkan aplikasi Omnichannel marketing terbaik pada bisnis, para pengusaha tentu akan semakin tergiur untuk mencobanya.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul dalam benak adalah, aplikasi Omnichannel marketing terbaik seperti apa yang baik digunakan dan dapat mendatangkan keuntungan?

Untuk itu, inilah 15 rekomendasi aplikasi Omnichannel marketing terbaik yang bisa digunakan dalam mengelola bisnis.

Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan salah satu penyedia aplikasi Omnichannel terbaik yang mampu mendorong pertumbuhan bisnis. Aplikasi yang satu ini dirancang secara special untuk meningkatkan pelayanan pelanggan.

Kelebihan lainnya dari Mekari Qontak adalah memudahkan pebisnis untuk mengukur dan meningkatkan produktivitas pelanggan, menyelesaikan percakapan, mempercepat closing deal, serta masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menguntungkan, diantaranya:

  1. Fitur integrasi yang memungkinkan banyak saluran dalam satu panel (platform), sehingga lebih mudah membalas pesan dan juga cepat.
  2. Ticketing system yang membantu membagikan pesan berdasarkan prioritas secara otomatis.
  3. Kontak dan riwayat percakapan akan secara otomatis tersimpan ke tim terkait.
  4. Dashboard canggih yang memudahkan dalam memonitor aktivitas bisnis melalui pesan masuk, waktu krusial, dan status percakapan.
  5. Pencapaian tiap agen bisa diatur melalui waktu resolusi, bebas pesan, dan lainnya.
  6. Laporan CSAT yang komprehensif digunakan untuk mengetahui seberapa puas pelanggan.
  7. Bot WhatsApp untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis.
  8. Proses pesanan dan complain pelanggan secara otomatis akan terangkum dalam satu panel.

SAP Hybris

SAP Hybris adalah aplikasi yang menggunakan pendekatan MDA (Model Driven Architecture) agar bisa disesuaikan dengan bisnis yang dijalankan. Tujuan software ini untuk menyederhanakan integrasi data antara sistem SAP Hybris dan sistem penyimpanan eksternal lainnya. Selain itu, SAP Hybris juga membantu menganalisis penjualan, pasar, produk dan pipeline yang aksesnya bisa lewat mana saja, smartphone, laptop, maupun desktop.

Berikut beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Omnichannel SAP Hybris:

  1. SAP Commerce Cloud
  2. SAP Customer Data Platform
  3. SAP Marketing Cloud
  4. Sales Solutions cloud
  5. Service solutions cloud

CommBox

Aplikasi Omnichannel memang berguna untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berinteraksi dengan suatu perusahaan.

Nah, CommBox adalah pilihan yang tepat, di mana software ini dirancang untuk membuat pelanggan memiliki pengalaman tak terlupakan saat berbelanja.

Ribuan perusahaan mengaku berhasil secara signifikan meningkatkan pengalaman pelanggan berkat dukungan salah satu teknologi dari CommBox, yakni Al ChatBots.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai saluran komunikasi seperti SMS, Messenger, WhatsApp, dan platform media sosial lainnya. Inilah fitur-fitur yang terdapat pada CommBox:

  1. Automated Routing
  2. Chatbot
  3. Live Chat

Smooch

Dengan adanya aplikasi Smooch, memungkinkan bisnis menyatukan pesan pelanggan dari berbagai channel ke satu percakapan. Langkah menyederhanakan komunikasi ini membuat pelanggan lebih mudah membangun pengalaman chat interaktif di mana saja.

Satu yang perlu diketahui, bahwa aplikasi Onichannel ini didukung teknologi kecerdasan buatan (AI), ChatBots dan layanan perpesanan interaktif.

Smooch juga menawarkan fitur-fitur menarik di dalamnya:

  1. Communication Management
  2. Mobile Access
  3. Live Chat
  4. Reporting/Analytics

VTiger

VTiger adalah penyedia aplikasi Omnichannel yang menyediakan fitur untuk memudahkan perusahaan mengorganisir dan mengenalisis informasi pelanggan secara efisien.

Dengan adanya VTiger, pelaku bisnis akan jauh lebih mudah memahami kebutuhan pelanggan. Di samping itu, ada beberapa fitur lainnya yang terdapat pada VTiger, yaitu:

  1. Customer Relationship Management
  2. Otomatisasi Sales Force
  3. Pelaporan Analitis
  4. Manajemen Material
  5. Sinkronisas dengan aplikasi email

BigCommerce

BigCommerce salah satu pilihan penyedia aplikasi Omnichannel yang memiliki fitur canggih dan lengkap. Sehingga yang mana membuat perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga penjualan pun meningkat.

Dengan menggunakan BigCommerce, kamu mampu menciptakan pengalaman tanpa batas dan mengonversi lebih banyak pelanggan. Fitur penting lainnya yang dimiliki oleh BigCommerce antara lain:

  1. Peningkatan kemampuan agar ditemukan pengoptimalan feed dan sindikasi yang disesuaikan untuk tiap saluran.
  2. Hemat waktu dengan memanfaatkan umpan terpadu dan manajemen pesanan.
  3. Kesalahan daftar mampu dikurangi dengan tatak kelola data yang baik.
  4. Pendapatan dan jejak global akan meningkat dengan cara mendaftar di lebih banyak saluran.
  5. Dukungan khusus dapat didapat dengan pakar feed.

Sugar

Sugar bisa dikatakan sebagai penyedia aplikasi Omnichannel yang membantu perusahaan menjalin hubungan dekat dengan pelanggan.

Bukan hanya itu, software ini juga berfungsi mengotomatisasi tenaga penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan, serta dalam bidang pelaporan. Adapun fitur yang ditawarkan oleh Sugar diantaranya:

  1. Otomatisasi pemasaran
  2. Otomatisasi sales force
  3. Customer support
  4. Laporan analisis penjualan

Pipedrive

Selanjutnya ada perusahaan Pipedrive yang menawarkan aplikasi berbasis cloud, di mana fokusnya untuk hubungan pelanggan. Aplikasi Pipedrive ini terintegrasi dengan sistem Omnichannel terbaik untuk meningkatkan hubungan layanan antara pemilik bisnis dengan pelanggan.

Sayangnya aplikasi Omnichannel ini tidak menyediakan versi gratis, tapi mereka menawarkan uji coba gratis. Berikut ini beberapa fitur yang ada pada Pipedrive:

  1. Manajemen Leads dan Penjualan
  2. Pelacakan Komunikasi
  3. Sitem Otomatisasi
  4. Pelaporan dan Wawasan Bisnis
  5. Teknologi Keamanan
  6. Akses Mobile Apps

Vend

Vend termasuk software yang menawarkan solusi manajemen hubungan pelanggan dengan interface minimalis yang dapat disesuaikan oleh pelaku bisnis.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pemindaian batang yang terhubung dengan sistem lainnya seperti manajemen inventaris dan titik penjualan. Hal ini memungkinkan pelaku bisnis memindai informasi kode batang produk langsung dari kamera ponsel pelanggan.

Berikut adalah fitur yang dimiliki oleh Vend:

  1. Loyalty Program
  2. Inventory Management
  3. Employee Management
  4. E-commerce Integration
  5. Reporting

Oracle

Oracle adalah penyedia Omnichannel yang menawarkan fitur transaksional, analitis, dan keterlibatan mengelola semua kegiatan dalam menghadapi pelanggan. Adapun fitur yang ditawarkan oleh Oracle antara lain:

  1. Mengurangi proses lead-to-cash
  2. Meningkatkan produktivitas seluruh tim
  3. Mengembangkan kinerja penjualan dengan forecasting, upsell, dan manajemen komisi
  4. Membantu mengelola penjualan

Magento

Beda dari lainnya, Magento termasuk platform e-commerce milik eBay. Yang mana fungsinya untuk menghubungkan beberapa saluran penjualan online suatu perusahaan dalam satu aplikasi.

Dengan ini, akan mendorong perusahaan memiliki komunitas yang kuat dan dinamis. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi omnichannel Magento antara lain:

  1. Content Management
  2. Product Search and Filtering
  3. User Management
  4. Performance and Reliability
  5. Customization

Shopify

Jika kalian para pelaku bisnis membutuhkan aplikasi yang mudah dipasang dan digunakan, maka disarankan untuk menilik Shopify. Aplikasi Omnichannel yang satu ini mempelopori penggunaan teknologi internet yang paling baru dan canggih untuk dihubungkan ke dalam situs web.

Selain itu, Shopify memiliki tim professional yang berpengalaman dengan bekal pengetahuan mendalam tentang e-commerce dan teknologi internet.

Lantas fitur yang dimiliki oleh Shopify antara lain:

  1. Content Management
  2. Product Configuration
  3. Reporting / Analytics
  4. Performance and Reliability
  5. Shipping Options
  6. Payment Processing

Fynd

Fynd biasa dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis ritel untuk membuatnya berkembang lebih cepat. Platform Omnichannel asal India ini mampu mengurangi kerumitan penambahan merek baru, saluran, lokasi toko, pusat pemenuhan, serta masih banyak lagi.

Hal itu mendorong peningkatan penjualan pada bisnis hingga tiga kali lipat dalam setahun di seluruh pasar.

Berikut fitur yang ada dalam aplikasi omnichannel oleh Fynd:

  1. Reports & Analytics
  2. Brand Website Integrations
  3. m-POS
  4. Fynd Store
  5. Uniket

Cin7

Cin7 merupakan aplikasi Omnichannel lainnya yang berbasis cloud. Di mana aplikasi manajemen inventaris ini mampu memperkecil operasi di beberapa saluran dalam satu platform. Rekomendasi aplikasi omnichannel marketing ini juga memungkinkan perusahaan memiliki hubungan yang mulus dengan e-niaga, 3PL pilihan, dan gudang.

Tanpa memperdulikan berapa banyak pelanggan ritel besar yang perusahaan miliki. Beberapa fitur yang ada dalam Cin7 dan dapat kamu gunakan adalah:

  1. Centralized Inventory Database
  2. Stock History Reporting
  3. Bundles, Kits, & Variants
  4. Inventory Forecastinge
  5. Commerce Integrations
  6. Accounting Integrations

Linnworks

Linnworks adalah aplikasi yang menghubungkan, mengelola, dan mengotomatiskan operasi perdagangan. Kamu selaku pemilik bisnis bisa berjualan di mana pun pelangganmu berada.

Dengan software ini, kamu mengelola inventaris, pesanan, dan pemenuhan multisaluran dari platform pusat, yang kemudian mengakses wawasan di seluruh saluran penjualan dan operasi.

Linnworks memberikanmu satu platform yang berguna untuk mengontrol semua e-commerce milikmu. Adapun fitur-fitur yang ditawarkannya adalah:

  1. Multichannel Inventory Syncing
  2. Inventory Level Dashboards
  3. Stock History Reporting
  4. Low Stock Notifications
  5. Bundles, Kits, & VariantsAsset Tracking
  6. Commerce Integrations

Fitur yang Wajib Ada dalam Software Omnichannel

Dari 15 rekomendasi aplikasi Omnichannel di atas, tampak fitur yang mereka tawarkan pun berbeda-beda. Namun yang perlu kamu ketahui, bahwa Omnichannel sendiri wajib memiliki fitur-fitur yang bermanfaat untuk kelangsungan bisnismu.

Berikut fitur-fitur yang wajib ada dalam setiap aplikasi Omnichannel:

Ordering & Ticketing System

Fitur yang pertama ini bertugas mencatat pesanan atau tiket pelanggan masuk secara otomatis. Kemudian lanjutkan dengan memberikan tag yang sesuai oleh yang bertugas mengelola. Setelahnya, kamu bisa melihat hasilnya secara visual pada pipeline.

Task & Activities Management

Sama seperti sebelumnya, fitur yang satu ini juga secara otomatis mengelola tugas yang sudah timmu kerjakan sebelumnya. Pemilik usaha bisa memantaunya secara real time melalui dashboard yang interaktif.

Report & Analytics

Aplikasi Omnichannel wajib memiliki fitur yang dinamakan dashboard laporan. Nah, fitur yang satu ini akan otomatis membuat laporan dari semua aktivitas bisnis dan kinerja tim. Hal ini tentunya akan memudahkan perusahaan memantau pencapaian bisnis secara real time.

Omnichannel & IP PBX

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah IP PBX. Akan menjadi sangat pas apabila Omnichannel terintegrasi dengan IP PBX, terutama di era saat ini, hampir semua pelayanan pelanggan melalui telepon telah berganti melalui layanan cloud atau IP PBX. Ini karena, tentu saja karena lebih efisien dan efektif.

Database Management

Database Management sama pentingnya dengan fitur-fitur Omnichannel sebelumnya. Bukan tanpa alasan, fitur ini bisa disebut sebagai tulang punggung keberhasilan usaha. Tanpa adanya pengelolaan database yang rapi, pelaku bisnis akan kesusahan dalam mengatur usahanya.

Open API System

Fitur yang terakhir ini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan berbagai macam platform yang akan bisnis gunakan kedepannya. Open API System sangat penting ada dalam Omnichannel untuk memastikan semua platform yang perusahaan butuhkan dapat saling terhubung.

Nah, itu adalah 15 rekomendasi aplikasi omnichannel marketing yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk menjalankan bisnis kosmetikmu. Untuk memilih yang terbaik, kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan dan budget yang kamu miliki.

Tak hanya itu, perhatikan sumber daya manusianya juga, apakah ada tim ahli yang dapat mengoperasikan ataukah tidak. Dengan begitu, ketika menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, kamu bisa mendapatkan manfaaat maksimalnya.

Selain rekomendasi aplikasi omnichannel marketing terbaik ini, kamu juga bisa menemukan ulasan dan tips digital marketing menarik lainnya di laman Berita Terkini. Atau simak YouTube official Mash Moshem Indonesia agar kamu dapat materi digital marketing dan branding khusus untuk brand kosmetikmu.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment