12+ Rekomendasi Aplikasi Live Chat untuk Website dan Toko Online

aplikasi live chat untuk toko online

Tingginya persaingan mengharuskan kamu untuk selalu meningkatkan pelayanan dan fitur agar lebih dibanding kompetitor. Salah satu fitur yang kini menjadi wajib dalam pengelolaan website dan toko online adalah live chat. Oleh karena aplikasi live chat untuk website juga harus bagus.

Ada banyak jenis aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menambahkan fitur live chat pada website dan toko online. Sayangnya, belum tentu semua jenis aplikasi tersebut sesuai.

Belum lagi jika kamu memanfaatkan penyedia jasa untuk membuat fitur tersebut di websitemu. Maka kamu akan membutuhtkan lebih banyak pertimbangan.

Memastikan agar fitur berfungsi secara maksimal adalah kewajiban perusahaan. Tentu saja agar pelanggan merasa puas dan transaksi berjalan lancar.

Oleh karena itu, kamu harus tahu cara yang tepat untuk menambahkan fitur chat pada website dan toko online yang kamu kelola. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan beberapa rekomendasi aplikasi live chat terbaik yang mungkin bisa kamu gunakan.

Pentingnya Aplikasi Live Chat untuk Toko Online

Pelayanan yang nyaman, komunikasi yang mudah dan cepat menjadi hal yang wajib diberikan perusahaan untuk pelanggan. Lalu apa hubungannya dengan Live Chat? Mengapa ini menjadi penting untuk mengembangkan website dan toko online?

Dengan menambahkan fitur Live Chat pada website dan toko online yang kamu kelola, kamu akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam bertransaksi. Semakin mudah komunikasi maka akan semakin cepat juga proses transaksi berjalan.

Ini menjadi solusi yang menguntungkan baik bagi perusahaan maupun bagi pelanggan. Bukan hanya transaksi, dengan kecepatan komunikasi ini kamu bisa lebih mudah dalam menilai respons pelanggan dan melakukan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan.

Dengan begitu, kamu bisa dengan pasti menentukan apa saja yang perlu ditingkatkan atau diubah. Maka pelayanan yang kamu berikan bisa semakin maksimal.

Baca Juga: Manfaat Fitur Live Chat Untuk Toko Online dan Cara Memasangnya

12+ Rekomendasi Aplikasi Live Chat untuk Website dan Toko Online

Setelah memahami pentingnya aplikasi live chat untuk website dan toko online kamu juga bisa melihat beberapa rekomendasi aplikasi live chat terbaik berikut ini. Rekomendasi di bawah ini akan membantumu agar lebih mudah dalam memilih aplikasi.

Untuk membantu perkembangan website dan toko online yang kamu kelola, kamu bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi aplikasi di bawah ini. Perhatikan kelebihan masing-masing aplikasi agar kamu bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan perusahaanmu.

1. LiveChat

Aplikasi pelopor yang memungkinkan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan agar lebih praktis adalah aplikasi Live Chat. Dalam penerapannya, aplikasi ini akan berperan sebagai plugin pada website berbasis WordPress.

Beberapa fitur yang bisa kamu nikmati dari aplikasi ini adalah Messenger, WhatsApp, dan lainnya.

2. Provide Support

Jika perusahaanmu sudah berada di tahap yang lebih besar, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk mendukung website perusahaan. Aplikasi Provide Support ini memiliki tingkat yang berbeda dari aplikasi lainnya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah mudah dalam penggunaannya, handal, menawarkan fitur kemanan yang canggih dan kelebihan lainnya. Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat aplikasi ini sesuai untuk mendukung website milik perusahaan-perusahaan besar.

Selain keunggulan tersebut, ada lagi kelebihan dari aplikasi ini yaitu bisa memungkinkan perusahaan dan pelanggan untuk mengirim file secara langsung dari jendela percakapan. Sehingga penanganan dan pelayanan terhadap pelanggan bisa semakin maksimal.

3. Olark

Aplikasi rekomendasi ketiga bernama Olark. Aplikasi ini populer untuk toko online. Salah satu alasan utamanya adalah widget-widgetnya yang sederhana sehingga mudah digunakan. Misalnya, penggunaannya yang hanya perlu menyalin dan menempelkan kode ke widget WordPress.

Fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah sistem otomatisasi dan chatbox, laporan obrolan realtime dan transkrip obrolan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi pengunjung situs web yang lengkap beserta obrolannya dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi ini.

4. Live Person

Yang keempat adalah aplikasu Live Person. Aplikasi ini adalah aplikasi live pertama yang ada di internet. Oleh karena itu, aplikasi ini sudah menjadi aplikasi yang tidak asing bagi pengguna website. Cara daftarnyapun mudah, bisa melalui situs resminya di liveperson.com.

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah kemudahan integrasi dengan Facebook dan Salesforce. Selain itu, kamu juga bisa menemukan tools analisis yang optimal pada aplikasi ini.

5. Comm100

Aplikasi yang dirancang khusus untuk kemudahan bagi penggunanya ini juga tidak bisa kamu lewatkan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa kamu modifikasi agar sesuai dengan karakter dan strategi branding perusahaan.

Bukan hanya itu, aplikasi ini menyediakan plugin yang bisa kamu pakai untuk sistem e-commerce dan manajemen konten seperti Joomla!, Virtuemart, Shopify hingga WordPress Store. Sangat menarik untuk dicoba bukan!

6. BoldChat

Selanjutnya adalah aplikasi BoldChat. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa memilih paket yang ingin kamu jalankan sesuai kebutuhan website dan toko online yang kamu kelola.

Setiap paket terdiri atas fitur-fitur tertentu yang sangat mendukung untuk perkembangan bisnismu. Kelebihan menarik dari aplikasi ini adalah kamu bisa memastikan bahwa chat dari pelanggan akan terdistribusi dengan baik.

Selain itu, setiap pesan yang masuk tidak akan terlewat dan bisa ditangani secara maksimal.

7. Kayako Fusion

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menyediakan live chat pada website ataupun toko online adalah Kayako Fusion. Kayako Fusion merupakan software yang dibuat bagi para enterprise.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur los. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengetahui chat klien yang sudah lalu. Atau bisa kamu sebut sebagai fitur yang merekam jejal klien.

8. WGChat

Aplikasi selanjutnya yang bisa menjadi pertimbanganmu adalah WGChat. Alasan untuk mempertimbangkan aplikasi ini adalah fiturnya yang lengkap. Beberapa fitur tersebut antara lain log chat, automatic greeting, statistic chat dan fitur menarik lainnya.

Fitur semacam ini akan sangat cocok untuk kamu manfaatkan pada toko online yang kamu kelola. Selain itu, dalam aplikasi ini sudah terintegrasi dengan GTalk, Tayoo Messenger, Chat via web, hingga Facebook Fanpage. Fitur-fitur tersebut bisa kamu kendalikan cukup dari satu jendela saja.

9. LiveHelpNow

Ini dia aplikasi yang sudah terintegrasi menuju Google Analytics, Google Adsense hingga Salesforce untuk membantu mengembangkan platform yang ada. Ini menjadikan platform tersebut sebagai sebuah opsi dalam kebutuhan bisnis online yang kamu kelola menggunakan website.

10. Zopim

Jika mencari aplikasi live chat untuk website atau toko online, akan kurang jika belum menyebutkan Zopim. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi dengan prospek yang baik sehingga sangat kompetitif di pasaran.

Alasan aplikasi ini disebut memiliki prospek yang bagus adalah tawaran fiturnya yang menarik. Salah satunya adalah fitur percakapan dari aplikasi ini bisa disinkronkan dengan berbagai perangkat.

Fitur ini memungkinkanmu untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai jenis perangkat bahkan perangkat mobile sekalipun. Membuat pekerjaanmu semakin praktis dan cepat.

11. Intercom

Kelebihan yang menonjol dari aplikasi Intercom adalah powerfull dan terintegrasi. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur menarik untuk diterapkan pada website ataupun toko online.

Beberapa fitur tersebut antara lain popup, pengumpulan email dan database, pengumuman dan lainnya. Fitur-fitur ini bisa sangat membantu pekerjaan Customer Service Website yang kamu kelola. Pelayanan untuk pelanggan jadi lebih mudah, pelangganpun akan merasa lebih nyaman untuk menjelajah.

12. Qontak.com

Aplikasi ini bisa kamu manfaarkan untuk website yang kamu kelola. Qontak.com menawarkan fitur lengkap yang bisa kamu terapkan pada websitemu seperti pesan dua arah, laporan dan analitik, dan chatbot.

Kelebihan lain yang aplikasi ini tawarkan untuk penggunanya adalah kemudahan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin menggunakan aplikasi namun masih dalam tahap belajar.

13. Chaport

Aplikasi rekomendasi terakhir adalah Chaport. Aplikasi ini adalah aplikasi penyedia live chat yang memungkinkanmu untuk bisa membalas pesan pelanggan pada WordPress. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah gratis.

Chaport menawarkan berbagai macam paket. Salah satunya bisa kamu manfaatkan secara gratis yaitu ngobrol selamanya tanpa batas secara gratis.

Beberapa fitur lain yang ada pada aplikasi ini dan bisa kamu manfaatkan adalah auto invitation, typing insights, grup obrolan, dan fitur lainnnya.

Tips Memilih Aplikasi Live Chat untuk Website dan Toko Online

Sebelumnya kamu sudah tahu beberapa rekomendasi aplikasi live chat yang bisa kamu terapkan untuk website ataupun toko online yang kamu kelola. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu harus bisa menentukan mana yang paling sesuai.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar bisa menentukan manakah aplikasi live chat yang sesuai untuk kamu terapkan di website atau toko onlinemu.

Dengan pilihan aplikasi yang sesuai, website dan toko onlinemu akan terkesan lebih profesional. Pelanggan atau pengunjungpun akan merasa puas menjelajah dan terkesan dengan pelayanan yang mereka terima.

Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Tentukan terlebih dahulu apakah kamu akan menerapkan aplikasi live chat secara individu atau memanfaatkan jasa pembuat live chat berbayar. Jika kamu ingin memanfaatkan jasa pembuat live chat, kamu bisa menemukannya melalui internet.

2. Jika kamu akan memanfaatkan jasa pembuat live chat berbayar, pastikan jasa pembuat live chat yang kamu ajak kerjasama adalah jasa profesional. Kamu bisa melihat dari penilaian yang diberikan oleh customer pembuat jasa.

3. Sebelum menentukan jasa pembuat live chat yang akan kamu manfaatkan, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu mana jasa terbaik. Bisa dengan membandingkan antara satu penyedia jasa dengan penyedia jasa lainnya. Pastikan pelayanannya baik, kualitas hasil kerja dan baik dan profesional.

Jika kamu bisa memaksimalkan manfaat live chat pada website atau toko online yang kamu kelola. Aplikasi ini bisa sangat membantu untuk mengembangkan bisnismu lebih cepat.

Salah satu alasannya adalah pelayanan yang kamu berikan menjadi lebih profesional. Komunikasi yang terjalin antara perusahaan dan pelanggan bisa menjadi lebih cepat sehingga kepuasan pelanggan jadi lebih terjamin.

Sebelum kamu menentukan jenis aplikasi atau jasa yang akan kamu manfaatkan, pastikan kamu memilih yang paling sesuai dengan jenis website atau toko online-mu, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

cream penghilang bekas jerawat punggung

10 Kandungan Cream Penghilang Bekas Jerawat Punggung yang Efektif

Jerawat yang muncul di punggung seringkali menjadi masalah membingungkan dan mengganggu. Bekas jerawat yang meninggalkan jejak di punggung dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, banyak orang beralih pada cream penghilang bekas...

Continue Reading

Leave a Comment