15 Jenis Aplikasi Manajemen Toko yang Harus Dimiliki Oleh Pemilik Bisnis Ritel

jenis aplikasi manajemen toko

Para pemilik usaha tentu saja ingin selalu dimudahkan dalam menjalankan bisnisnya. Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai jenis-jenis aplikasi manajemen toko alias program software toko yang bisa membantu meringankan pekerjaan bisnismu.

Penasaran? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!

Mengapa Penting Memiliki Aplikasi Management Toko?

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis aplikasi manajemen toko, kamu wajib tahu terlebih dahulu mengenai pengertiannya.

Aplikasi manajemen toko atau yang juga dikenal dengan sebutan Point of Sales (POS) merupakan sebuah program yang bisa membantumu mengelola transaksi di toko.

Keberadaan program atau software toko ini sangat menguntungkan para pelaku bisnis. Mengapa? Karena aplikasi toko ini bisa mengotomatiskan banyak aktivitas yang sebelumnya biasa kamu kerjakan sendiri seperti memperbarui data stok, membuat invoice, serta lain sebagainya.

Berkat kemampuan aplikasi toko tersebut, tim pemasaran bisa lebih fokus melakukan penjualan dan hal-hal lain yang mampu meningkatkan penjualan bisnis.

Tak heran jika banyak pemilik bisnis retail (ritel) mulai memanfaatkan aplikasi manajemen toko ini. Selain memudahkan, tentu manfaat lainnya bisa meningkatkan performa para pebisnis untuk lebih getol mengembangkan usahanya.

Berbagai Jenis Aplikasi Manajemen Toko

Ada beberapa jenis yang ditawarkan oleh aplikasi manajemen toko untuk memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Berbeda jenis, tentunya lain berbeda pula kegunaan dan manfaatnya. Berikut jenis software toko yang bisa kamu pilih untuk binismu:

  1. Payment ProcessingSoftware: Menyambungkan toko dengan bank dan sistem pembayaran lainnya.
  2. Inventory management: Mengelola inventaris toko sekaligus mengotomatiskan beberapa proses dari pembelian hingga berakhir dijual.
  3. Customer Relationship Management (CRM): Meningkatkan hubungan dengan konsumen, menemukan konsumen baru serta calon konsumen.
  4. Employee Management: Memudahkan karyawan melakukan pekerjaan terbaik untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.
  5. Reporting and Analytics: Menyediakan alat analitik untuk mendapatkan informasi terkait bisnis ritel.
  6. Point of Sales (POS) atau Aplikasi Kasir: Mengonfrontasikan alias menyatukan berbagai fungsi keuangan, kontrol inventaris, pengelolaan diskon, serta pembayaran dan pengembalian.  
  7. Enterprise Resource Planning (ERP): Mengintegrasikan bisnis ritel dengan bantuan sistem pihak ketiga.
  8. Omnichannel Retail Platforms: Menghubungkan berbagai saluran penjualan, baik yang online maupun offline.

15 Rekomendasi Jenis Aplikasi Manajemen Toko Terbaik

rekomendasi aplikasi manajemen toko terbaik
business owner working at home office packaging on background. online shopping SME entrepreneur working Young Women happy after new order from customer.

Sebenarnya ada banyak macam aplikasi manajemen toko yang bisa kamu coba dalam pengelolaan bisnis ritelmu. Namun, 15 aplikasi yang akan disajikan berikut ini adalah yang terbaik. Kamu bisa membandingkan fitur yang ditawarkan pada masing-masing aplikasi berikut:

Mekari Qontak

Mekari Qontak termasuk ke dalam jenis aplikasi CRM yang berfungsi sebagai manajemen toko. Aplikasi ini mampu mendorong pertumbuhan bisnismu secara cepat dengan melacak tim penjual, KPI, aktivitas dan penyimpanan database dalam platform terpadu.

Setiap aplikasi tentunya menawarkan fitur-fitur menarik yang bisa dipertimbangkan oleh pelaku bisnis akan menggunakannya atau tidak. Begitu pula dengan aplikasi Mekari Qontak ini, mereka menawarkan fitur lengkap yang dapat memenuhi semua kebutuhan bisnismu mulai dari pemesanan, pembayaran hingga pengiriman barang.

Selain itu, aplikasi kasir Qontak juga dapat diintegrasikan pada sistem dan saluran lain. Hal ini jelas menguntungkan, karena pemilik usaha bisa memastikan semua transaksi yang dilacak dari satu dasbor. Harga berlangganan aplikasi ini mulai dari Rp200.000 per dengan uji coba selama 14 hari.

Berikut ini keunggulan fitur pada aplikasi toko Mekari Qontak:

  • Database 360 derajat yang menampilkan detail lengkap interaksi konsumen.
  • Aktivitas & pelacakan KPI meliputi pencapaian penjualan, tren penjualan serta aktivitas leads, melihat kinerja tim secara keseluruhan dan lainnya.
  • Pengelolaan semua database dalam sistem CRM mudah diakses di mana pun dan kapan pun.
  • Dashboard dan laporan membangun analisis yang kuat agar bisa diakses secara real time untuk meningkatkan produktivitas.
  • Pelacakan GPS secara langsung untuk memudahkan untuk mudah memantau progres kinerja karyawan.
  • Tim bisa berkolaborasi dengan mudah hanya menyebutkan @mention.
  • Integrasi dengan omnichannel seperti WhatsApp, Instagram, Email dan lain sebagainya untuk memastikan tidak ada pesanan tumpang tindih.

EQUIP POS

Jenis aplikasi selanjutnya yang sangat direkomendasikan adalah EQUIP POS. Aplikasi ini dirancang khusus untuk digunakan pada Mac atau PC dan iPad.

Jika kamu menggunakan aplikasi toko ini, maka memudahkanmu menyederhanakan alur penjualan dalam bisnis.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan otomatisasi seluruh proses atau manajemen toko seperti akuntansi, penjualan, pembelian, stok, hingga pengelolaan SDM.

Fitur yang ditawarkan oleh EQUIP POS diantaranya:

  • Penyelarasan produk dan harga
  • Multi akses dari beberapa perangkat
  • Penangguhan penjualan
  • Riwayat penjualan secara otomatis tersimpan
  • Pengembalian barang pada sistem back end

Springboard Retail

Springboard Retail merupakan cloud-hosted POS yang komprehensif, tapi mudah digunakan oleh toko. Aplikasi yang satu ini dapat disesuaikan penggunaannya sehingga memaksimalkan sumber daya ritel, meningkatkan efisiensi dan boost sales.

Aplikasi ini juga memiliki fitur pemantauan inventaris, pelaporan yang ekstensif, serta fitur API dan profitabilitas dari berbagai saluran.

Harga yang ditawarkan aplikasi ini mulai dari $80 per bulan. Pun ini fitur-fitur yang dimiliki oleh springboard retail diantaranya:

  • Pelacakan penjualan
  • Multi-store inventory look-up
  • Kartu hadiah, promosi, dan kupon
  • Real-time sales dasbor

True POS

True POS jadi salah satu aplikasi manajemen toko yang juga berbasis point of sales (POS). Aplikasi ini sengaja dirancang hanya untuk membantu satu agen ritel dengan transaksi dibatasi 100 setiap bulannya. Aplikasi ini biasanya cocok digunakan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM).

Sementara untuk untuk skala bisnis kompleks yang membutuhkan fitur retail management software lengkap, lebih dianjurkan menggunakan aplikasi dengan versi berbayar.

Harga True POS mulai dari $30 per bulan/pengguna. Ada 3 macam fitur yang ditawarkan oleh aplikasi manajemen toko ini, diantaranya:

  • Kustomisasi aplikasi
  • Back office
  • E-receipts

Robotill

Robotill termasuk salah satu jenis aplikasi yang mungkin dapat menarik minat para pemilik usaha karena gratis dalam penggunaan. Seiring dengan itu, tentunya aplikasi ini juga memiliki kekurangan, yakni tidak terdapat fitur backup data.

Namun jika kamu ingin menikmati fiturnya lebih lengkap, maka kamu tinggal meng-upgrade ke versi berbayar.

Software toko ini menggunakan database SQL server lokal berbasis cloud. Robotill juga didukung hardware POS termasuk layar sentuh, pemindai barcode, electronic cash drawers, customer pole displays, POS till printer, dan card reader (untuk toko, supervisor dan pelanggan). Lantas ini fitur-fitur yang dimiliki oleh Robotill:

  • Supplier Orders
  • Management Stock
  • Reports
  • Multiple payment methods per sale
  • Customize security levels for tasks

LS Nav

LS Nav adalah aplikasi manajemen toko yang lengkap untuk mengelola bisnis secara efisien dari kantor pusat hingga terminal POS.

Dengan LS Nav, kamu memegang kendali penuh atas proses bisnis dengan akses real-time ke database dan alat analisis. Tak ketinggalan pula aplikasi ini memenuhi kebutuhan ritel seperti akuntansi, pelaporan, merchandising hingga operasional toko dan POS.

Fitur yang ada pun tak kalah menarik seperti aplikasi toko lainnya. Sebagai berikut:

  • In-Store Management
  • Inventory Management
  • Staff ManagementStaff
  • Management
  • Product Management
  • Reporting & Analysis
  • Mobile & E-Commerce
  • Procurement Management

Oktopus Solution

Bukan hanya menguntungkan untuk kamu si pelaku bisnis, aplikasi manajemen toko yang satu ini juga sangat memikirka konsumen. Sebelumnya, Oktopus Solution adalah sistem POS inovatif yang memberikan pengalaman efisien dan produktif untuk tim dan konsumenmu.

Aplikasi ini mendukung pembayaran transaksi lebih efisien dan cepat, program pengelolaan inventaris dan bisa menerima pembayaran kartu kredit.

Tidak sampai di situ, Oktopus Solution juga menyediakan program pengelolaan inventaris, laporan mengenai penjualan yang dapat kamu lihat langsung, serta display produk yang mudah untuk digunakan. Harga Oktopus Solution mulai dari $199 per bulan, berikut adalah fitur manajemen toko yang ada dalam aplikasi ini.

  • Customization
  • Accessible
  • Integration

Retail Pro

Rekomendsi aplikasi selanjutnya menuju kepada Retail Pro yang diakui di seluruh dunia karena 3 keunggulannya, yakni kaya akan fungsionalitas, kemampuan multinasional dan fleksibilitas.

Software toko ini menampilkan manajemen inventaris, promosi, manajemen pelanggan, back office, kinerja agen dan kemampuan pelaporan KPI.

Selanjutnya kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi API di Retail Pro untuk menghubungkan dan menyinkronkan data ritel dengan solusi ketiga seperti ERP, CRM, HR dan lainnya. Dan inilah fitur yang ditawarkan oleh Retail Pro:

  • Intuitive, tailorable POS
  • Robust pricing & promotions
  • Store operations & back office
  • Performance & KPI reporting
  • Replenishment & inventory management
  • Customer & employee management
  • Available on iOS, Android, and Windows
  • For mobile, laptop, and desktop devices

Mekari Jurnal

Sebagai software toko, Mekari Jurnal juga menawarkan aplikasi kasir Jurnal Touch untuk perangkat android. Meski mudah dalam penggunaan, namun ini tak mengurangi fungsi utama untuk membuat nota, faktur (invoice), bahkan purchase order secara online.

Keuntungan lainnya, aplikasi ini secara otomatis menyimpan semua transaksi yang terjadi dalam toko online milikmu. Selain itu, kamu juga mengintegrasi Mekari Jurnal dengan solusi pihak ketiga. Harga aplikasi ini dimulai dari Rp359.000 per bulan dengan fitur-fitur sebagai berikut:

  • Invoice dan PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  • Laporan cepat dan tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan satu klik.
  • Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  • Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  • Online live chat tiap saat untuk membantu kesulitan yang dialami oleh para pelaku bisnis di mana pun dan kapan pun.

Floreant

Floreant merupakan aplikasi yang cocok kamu gunakan untuk bisnis apa saja, terutama dalam bidang makanan dan minuman. Dengan menggunakan aplikasi ini, klien bisa lebih mudah ketika ingin memisahkan tagihan dengan konsumen lainnya.

Floreant memungkinkan kamu untuk mengatur supaya pesanan grup dibayarkan per-orangan maupun pesanan berbeda dibayarkan oleh satu orang saja.

Fitur yang ditawarkan diantaranya:

  • Delivery Management
  • Tips Management
  • Gift Card Management
  • Order Management
  • Table Management
  • Inventory Management
  • Separate Checks

Vend

Rancangan aplikasi Vend ini hanya cocok kamu gunakan untuk bisnis berskala kecil karena cuma mampu meregistrasi 10 produk aktif saja.

Meski begitu, aplikasi ini juga memiliki sejenis fitur pemindaian batang yang terintegrasi dengan sistem lainnya seperti manajemen inventaris dan sistem titik penjualan. Sehingga memungkinkan pekerja ritel memindai informasi kode batang produk langsung dari aplikasi kamera ponsel mereka.

Vend pun menawarkan harga langganan dan biaya pelayanan yang cukup terjangkau, yakni mulai dari $59/bulan per pengguna. Sementara ada enam fitur yang patut kamu perhitungkan:

  • Loyalty Program
  • Email Marketing
  • Inventory Management
  • Employee Management
  • Reporting
  • E-commerce Integration

Arionum

Aplikasi yang satu ini bisa kamu download secara gratis melalui Playstore. Menariknya lagi, aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa kamu akses tanpa menggunakan internet alias offline.

Fitur yang dimaksud diantaranya dasar aplikasi kasir, serta fitur tambahan laiknya footer struk transaksi yang bisa dikustomisasi, laporan penjualan dalam grafik yang interaktif.

Harga Aronium gratis dengan fitur terbatas, untuk fitur tambahan akan dikenai biaya. Berikut rincian fitur-fiturnya:

  • Inventory management
  • Network environment PAID
  • Custom payment types
  • Split payments
  • Split order
  • Promotions & Happy hour
  • Credit payments

Moka POS

Selanjutnya tiba pada Moka POS, aplikasi kasir berbasis cloud yang mampu meringankan beban tim pemasaran dalam mengelola penjualan. Aplikasi ini juga dapat kamu fungsikan ntuk mengelola bisnis dengan melihat transaksi, membuat menu, dan juga cek stok barang. Selain itu, Moka POS juga memiliki dasbor pelaporan yang dapat kamu pantau secara real time.

Nilai lebihnya lagi, kamu tak harus menggunakan Laptop atau memantaunya lewat desktop. Dasboard pelaporan ini juga dapat kamu akses lewat smartphone.

Aplikasi ini menawarkan harga yang cukup mahal, yakni $20.87 per bulan bulan untuk setiap pengguna. Jika sudah berlangganan, kamu bsia menikmati berbagai fitur berikut ini dari Moka POS:

  • Dasbor & Laporan Penjualan
  • E-Wallet
  • Manajemen penjualan
  • CRM basic
  • Manajemen karyawan

Omega POS

Omega POS memang memiliki desain sedemikian mungkin untuk mempermudah karyawan dalam bekerja sehingga menghemat waktu. Ini adalah salah satu keunggulan yang selalu menarik pergatian pelaku bisnis dari Omega POS.

Belum lagi aplikasi ini dilengkapi dengan manajemen item yang mudah dipahami, jenis pembayaran, dan diskon yang bervariasi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Omega POS untuk menganalisa karakter pelanggan malalui pesanan yang terjual.

Di banderol dengan harga $8.54 per bulan untuk yang ingin berlangganan, maka kamu sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur ini:

  • Saler Order
  • Invoice
  • Retur jual
  • Packing list
  • POS Retail
  • POS Touchscreen

Pawoon

Pawoon termasuk jenis aplikasi kasir sederhana yang bisa kamu akses melalui perangkat android. Karena memiliki teknologi interface yang sederhana, pengguna awam akan lebih mudah untuk mengaplikasikannya.

Selain itu, jenis aplikasi manajemen toko ini juga bisa kamu akses tanpa jaringan alias secara offline. Menarik kan, Beautypreneurs!

Harga penggunaan aplikasi ini mulai dari $20.67 per bulan saja, Beautypreneurs. Pun ada empat fitur yang bisa kamu nikmati jika berlangganan aplikasi yang satu ini.

  • Tetap bisa beroperasi meski sedang offline
  • Proses transaksi yang terakselerasi
  • Menyediakan produk digital
  • Manajemen meja

Cara Memilih Aplikasi Manajemen Toko Terbaik

Jika ingin bisnis ritelmu berkembang dalam penjualan dan produktivitasnya, maka jangan lupa menggunakan aplikasi manajemen toko. Untuk menikmati manfaat dari aplikasi manajemen toko secara optimal, kamu perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Mencari Vendor

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari beberapa penyedia atau vendor aplikasi manajemen toko yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan ritel milikmu.

Tak boleh asal, pilihlah vendor yang melayani pasar ritel secara khusus karena mereka akan berbicara dalam bahasa yang sama denganmu, sehingga meminimalisir kesalahphaman. Tentu sebelum itu, kamu perlu memeroleh referensi valid terkait untuk dipelajari terlebih dahulu.

Perencanaan dan Anggaran

Selanjutnya buatlah rencana terperinci termasuk fitur apa saja yang perlu ada dalam aplikasi manajemen tokomu. Semisal, apakah bisnis ritelmu memerlukan solusi omnichannel, fungsi apa yang harus kamu jalankan, dan sistem pihak ketiga apa yang ingin kamu integrasikan.

Setelahnya, barulah kamu akan tahu solusi yang pas untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Jangan lupa jika solusi ini harus kamu sesuaikan dengan anggaranmu.

Pengembangan dan Implementasi

Selama proses implementasi, kamu akan mengalami perubahan signifikan. Agar bisa berkembang ke arah yang lebih baik, kamu perlu menyiapkan tim yang ahli dalam menjelaskan manfaat dan memberikan pelatihan yang penjual perlukan.

Kemudian tim bisa mulai melakukan pembersihan data, buat keputusan terkait dokumen dan item lain di sistem lama, hapus akun dan catatan tidak aktif untuk menyederhanakan migrasi.

Uji Coba Secara Rutin

Implementasi aplikasi manajemen toko membutuhkan kontrol dan pengujian. Kamu bisa melakukan pengujian secara terus-menerus beriringan dengan integrasi.

Siap-siap kamu akan menemukan berbagai masalah. Tapi tidak perlu panik, tugasmu hanya harus melakukan penyesuaian.

Melakukan Perawatan

Terakhir, langkah yang tidak boleh kamu lewatkan dalam memanfaatkan aplikasi manajemen toko ini adalah memberikan peawatan. Software ritel yang berhasil diimplementasikan membutuhkan dukungan dan pemeliharaan lebih lanjut.

Perawatan retail management software dapat disediakan oleh penyedia perangkat lunak atau teknisi dari pihakmu.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai jenis aplikasi manajemen toko yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kosmetikmu. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu mempermudah proses pengaturan tokomu, mulai dari arus kas, stok barang, dan banyak lainnya.

Sampai sini dulu tips bisnis kita kali ini, kamu bisa lihat update artikel terbaru lewat Berita Terkini. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

Leave a Comment