18 Rekomendasi Aplikasi untuk Mind Mapping Terbaik untuk Brainstorming!

rekomendasi aplikasi mind mapping

Proses brainstorming adalah proses yang sangat krusial ketika akan menciptakan pengembangan maupun penciptaan produk baru dari brand kosmeitkmu. Nah, proses ini akan lebih mudah untuk kamu jalankan ketika menggunakan aplikasi mind mapping terbaik yang bisa memvisualisasikan peta pikiran dan ide dari tim kreatifmu.

Sebelum membahas soal rekomendasi aplikasi tadi, kamu pasti sudah tak asing dengan mind mapping. Yap! Kegiatan pemetaan pikiran ini mempermudah proses brainstorming dengan menampilkan keterkaitan ide dalam bentuk visual.

Mind mapping biasanya dimulai dengan ide sentral, yakni topik yang akan dieksplorasi dan dikembangkan menjadi pecahan-pecahan konsep.

Ide yang digambarkan dalam mind mapping pun biasanya mengalir dengan bebas. Karenanya, pemetaan terdiri dari yang sederhana hingga yang rumit. Dapat berupa gambar tangan alias manual atau hasil komputer.

Mind mapping ini seringkali digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa agar dapat memahami materi yang disampaikan pengajar secara komprehensif. Namun tidak jarang pula mind mapping kerap digunakan dalam dunia kerja professional seperti saat meeting.

Dalam dunia bisnis misalnya, pengusaha bersama tim kerjanya memerlukan mind mapping untuk memudahkan pekerjaan mereka. Contohnya saat mereka tengah merencanakan konten promosi untuk bisnis yang sedang perusahaanmu jalankan.

Pelaku bisnis tentunya butuh alat yang bisa memudahkannya dalam memahami ide dalam pikirannya sendiri, agar dia tahu konten promosi seperti apa yang ingin disampaikan kepada tim.

Begitu pula jika dilihat dari sisi karyawan. Mereka juga memerlukan mind mapping untuk mengetahui lebih jelas tentang konten promosi yang ingin disampaikan si bos.

Karena pada dasarnya, tujuan utama dari mind mapping adalah agar siapa pun yang menggunakan metode ini mampu memahami materi secara menyeluruh, dan bukan hanya sebagai hafalan saja.

Dengan adanya mind mapping, tidak dipungkiri mampu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan memori seseorang. Mereka juga bisa lebih bebas mengekspresikan ide yang ada dalam pikiran lewat gambar, garis melengkung dengan berbagai ketebalan dan warna.

18 Rekomendasi Aplikasi Untuk Mind Mapping

Di atas telah dibahas mengenai apa itu mind mapping, tujuan, serta manfaatnya untuk sebuah bisnis. Selanjutnya akan dipparkan mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat mind mapping.

Menurut laman Emereald Publishing, terdapat ide sentral yang dihubungkan dengan konsep-konsep kunci menggunakan gambar, garis, dan link.

Dahulu peta pikiran ini dirancang pada kertas dengan menggunakan pena berwarna. Seiring berkembangnya teknologi, cara membuat mind mapping tentunya ikut berubah.

Tidak lagi menggunakan cara manual dengan menggoreskan gambar pada sebuah kerta, melainkan kini ada aplikasi.

Berikut 18 rekomendasi aplikasi mind mapping terbaik yang bisa membantumu untuk merancang ide-ide kreatif menjadi sebuah bagan yang mudah dipahami orang lain.

Ayoa

Pertama kamu akan dikenalkan dengan aplikasi mind mapping yang bernama Ayoa. Aplikasi ciptaan Chris Griffiths ini disebut-sebut memperkenalkan masa depan melalui mind mapping. Pengguna bisa secara langsung menuliskan ide lewat aplikasi ini dan dikelola dari awal hingga akhir. 

Ayoa sendiri menawarkan platform lengkap yang memungkinkan pengguna untuk merancang peta pikiran yang indah. Beberapa fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah pembuatan ide yang cepat, pemilihan format, font, dan berbagai warna menarik.

Usut punya usut, Ayoa mempunyai gaya mind mapping yang terinspirasi dari model tradisional yang digambar tangan.

Ayoa terhubung dengan Google Drive, Dropbox, dan Google Kontak. Pengguna juga bisa langsung memindahkan catatan dari Evernote menjadi tugas yang dikerjakan dengan Ayoa.

Selain itu, pengguna juga dapat secara otomatis menyinkronkan proyek Ayoa dengan kalender Google dan dan menerima email via Email2Task.  

XMind

XMind termasuk aplikasi mind mapping yang kaya fitur. Kamu bisa membuat berbagai jenis grafik, sebab terdapat banyak template dengan desain struktur yang unik.

Bahkan kamu bisa mencampurkan berbagai struktur dalam satu mind map. Plus, adanya mode pitc, yang membuat aplikasi ini bisa menampilkan mind map dalam tayangan slideshow.

Dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi ini memudahkan pengguna dalam menulis ide, kreativitas juga semakin terasah, dan membuat kamu jadi lebih produktif.

Menariknya, XMind mengklaim bahwa aplikasinya berbeda dengan aplikasi mind mapping lainnya. Pasalnya, mereka dilengkapi dengan beberapa desain chart mulai dari Fishbone Chart, Matrix, Timeline, hingga Organizational Chart.

Bukan hanya itu, masih ada hal menarik lainnya dari aplikasi mind mapping yang satu ini. Di mana XMind tidak hanya sekadar digunakan menulis ide.

Pengguna juga dapat melakukan analisa mendalam serta melihat kronologi dari penyampaian idenya. Jadi, bisa disebut aplikasi ini adalah paket lengkap yang pasti akan membuatmu jadi lebih kreatif.

SimpleMind

SimpleMind termasuk aplikasi mind mapping yang cukup populer karena telah di-download lebih dari 1 juta pengguna di PlayStore.

Satu hal yang menjadi keunggulan aplikasi ini adalah karena kemudahannya saat digunakan. Pengguna bisa langsung menuliskan ide pada aplikasi ini kemudian mendesainnya dengan menarik.

Aplikasi ini mengklaim telah melakukan pengembangan selama 7 tahun, sehingga fitur yang ditawarkan sangat lengkap dan cukup unik.

Beberapa fitur unik yang dimaksud adalah dengan menyediakan gambar, video, hingga voice note, sehingga mind map yang dibuat jadi lebih lengakap.

Selain itu, fitur menarik lainnya adalah pengguna bisa langsung mengimpor file PDF yang akan secara otomatis langsung diterjemahkan dalam mind map.

Ini bisa menghemat waktu pekerjaan manual setiap kali pengguna ingin memetakan ide-ide dalam sebuah buku atau artikel. Setelah peta pikiran dibuat, barulah pengguna bisa bebas mengedit dan mengubahnya sesuai yang diinginkan.

MindMeister

MindMeister adalah aplikasi mind mapping online yang sudah digunakan oleh lebih dari 13 juta orang. Bermacam-macam tujuannya, mulai dari untuk membuat rencana mingguan kantor, brainstorming, atau untuk membuat karya kreatif lainnya.

Menariknya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur kolaborasi. Jika kamu ingin membuat mind map bersama orang lain, maka MindMeister adalah pilihannya.

Caranya, kamu bisa memanfaatkan fitur obrolan serta komentar untuk berdiskusi dengan partnermu kala merancang peta pikiran kalian.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pelacakan perubahan. Jadi, kamu bisa memantau setiap perubahan yang terjadi pada baganmu dari waktu ke waktu.

Kendati aplikasi ini memiliki banyak kelebihan, tapi juga ada kekurangannya. Yakni versi gratis dari MindMeister cukup terbatas, hanya ada 3 dokumen setiap kali kamu membuatnya.

Coggle

Coggle merupakan salah satu aplikasi mind mapping yang sangat mudah digunakan, bahkan bagi para pemula. Hal itu karena tampilannya yang simpel, sehingga pengguna tidak akan merasa kebingungan saat merancang peta pikiran sesuai keinginan.

Aplikasi yang satu ini digunakan untuk membuat dan berbagi mind mapping dengan menggunakan diagram alir.

Siapa pun pengguna yang memanfaatkan Coggle, maka mereka akan dengan mudah membuat catatan ide. Kemudian ide tersebut juga bisa didiskusikan bersama orang lain secara real time. Jadi, kamu bisa mengubah idemu sewaktu-waktu.

ClickUp

Kemudian berlanjut pada aplikasi mind mapping ClickUp. Yang mana aplikasi ini dapat digunakan untuk merencanakan dan mengatur proyek dengan mudah.

Kelebihannya, ada fitur dalam ClickUp memungkinkan pengguna menggambar korelasi antara proyek dan tugas masing-masing karyawan secara jelas.

Tak berhenti di situ, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk memvisualkan alur kerja sebah proyek dan mengelola tugas secara langsung dari mind map yang diciptakan.

ClickUp sendiri juga menawarkan hubungan khusus dengan sejumlah aplikasi seperti Slack, G Suite, hingga Dropbox, yang membuatnya efektif untuk kepentingan kolaborasi.

Milanote

Jika kamu sedang mencari aplikasi mind mapping dengan fitur-fitur yang mudah digunakan, maka Milanote adalah jawabannya.

Dengan memanfaatkan software ini, kamu bisa membuat peta konsep yang nantinya akan kamu gunakan untuk mengatur alur perencanaan ide dan kinerja proyek tanpa repot.

Seperti halnya aplikasi yang lain, Milanote juga memiliki kelebihan yang tidak biasa. Yakni kamu bisa menambahkan media seperti gambar dan link, saat kamu sedang menyusun peta konseptualnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat level hierarki sebanyak yang dibutuhkan untuk masuk lebih dalam ke topik yang sedang dibahas.

Miro

Semua aplikasi mind mapping yang sudah dibahas sebelumnya memang rekomendasi yang terbaik, tapi Miro bisa disebut sebagai satu-satunya yang terpercaya.

Menurut data, Miro merupakan aplikasi whiteboarding online yang paling banyak digunakan untuk keperluan kolaborasi antar tim.

Aplikasi ini memiliki halaman yang tidak terbatas dan memungkinkan lebih dari 20 juta penggunanya untuk memimpin sesi brainstorming, merancang produk, mengatur proyek, serta banyak kegiatan lainnya.

Terlebih lagi, fitur kolaborasi yang ditawarkan juga memungkinkan tiap pengguna bisa menuangkan idenya secara mudah.

MURAL

Selanjutnya ada MURAL, aplikasi mind mapping terkemuka yang mampu mendorong kolaborasi visual di perusahaan. Kebanyakan perusahaan yang bergantung pada aplikasi ini lantaran untuk keperluan problem solving atau pengambilan keputusan dengan metode visual.

MURAL juga bisa dikatakan memiliki manfaat yang lebih dari sekadar whiteboarding online karena menyediakan tool perencanaan dan metodologi perencanaan mind map yang gesit serta mumpuni.

Microsoft Visio

Microsoft Visio adalah software visualisasi bagan yang digunakan untuk membuat mind map beserta representasi grafik lainnya.

Aplikasi ini cocok dipakai jika kamu menggunakan Office 365. Pasalnya, kamu bsia langsung menarik data dari Office 365 untuk divisualisasikan secara real time dengan bagan yang telah tersedia.

Kemampuan ini membedakan Visio dengan aplikasi mind mapping lainnya. Karena sekali lagi, aplikasi ini mampu menghidupkan data di dashboard dan menampilkannya dalam bagan yang terhubung data. Hal ini nyatanya lebih dari sekadar membantumu mengilustrasikan ide-ide yang ditampilkan di layar.

Mindomo

Nah, aplikasi mind mapping yang satu ini cukup unik, yakni Mindomo. Merupakan aplikasi freemium atau gabungan antara gratis dan berbayar. Software ini bisa digunakan pada mac OS, Windows, dan Linux. Bisa juga digunakan pada iPad dan aplikasi sinkronisasi Andorid, sehingga memudahkan jika ingin bekerja menggunakan mind map ketika bepergian.

Mindomo ini menawarkan tiga mind mapping gratis dengan fitur yang terbatas. Jika kamu ingin mem-backup peta pikiran ini ke dropbox, menambahkan video atau audio, serta mengeskpornya ke format lain. Maka kamu akan lebih baik untukmu meningkatkan layanan berbayar. Karena memang Mindomo ini adalah perpaduan aplikasi gratis dan berbayar.

Freemind 

Untuk kalian para pemula, Freemind adalah aplikasi mind mapping yang wajib untuk kamu coba. Pasalnya, aplikasi ini akan memudahkanmu saat melakukan brainstorming.

Selain itu, Freemind juga menawarkan berbagai kemudahan integrasi. Aplikasi ini bisa membaca kode HTML untuk pengalihan URL. Tak heran jika perusahaan seringkali menggunakannya untuk keperluan kolaborasi antar tim dan manajemen peroyek.

Stormboard

Stormboard adalah aplikasi mind mapping modern yang mengubah fungsi nades dan branches dalam bentuk sticky notes untuk memudahkan proses brainstorming.

Aplikasi ini bahkan memiliki mode “rapid fire” yang akan langsung memunculkan sticky notes baru jika kamu mem-post ide baru.

Fitur ini tentunya sangat berguna apabila kamu perlu menuliskan ide-ide secara cepat. Stormboard juga memudahkan seluruh anggota tim untuk terlibat dalam proses kolaborasi.

Masing-masing peserta dapat merekam komentar, membuat tugas, dan menambahkan suara ke setiap ide yang ditulis. Terakhir, aplikasi ini juga semakin terlihat canggih lantaran kamu bisa mengotomatisasikan proyek kolaborasi dengan fitur Zapier Stormboard

LucidChart

LucidChart memiliki fitur dan tools yang terbilang lengkap dan cocok digunakan dalam kegiatan project management.

Aplikasi yang satu ini menyediakan semua jenis kebutuhan mind mapping, mulai dari bagan alur sederhana sampai yang kompleks. Pun dilengkapi dengan banyak template, sehingga lebih mudah ketika ingin membuat bagan professional dan berkolaborasi dengan tim.

Software ini juga memiliki fitur kuat lainnya, yakni kemampuan dalam menghubungkan data. Dengan menautkan data, pengguna bisa menghubungkan bentuk dan bagan yang telah kamu rancang ke data langsung dalam spreadsheet.

Tidak hanya itu, mind map yang telah kamu buat juga bisa langsung kamu ekspor ke berbagai tipe file extension. Ini yang akan membuatnya mudah diakses di berbagai perangkat.

Bubbl.us

Di antara aplikasi mind mapping mudah lainnya yang telah kita sebutkan di atas, agaknya Bubbl.us adalah yang berada di tingkat pertama alias paling mudah.

Bagaimana tidak? Aplikasi ini langsung menyediakan diagram mind map simpel yan bisa langsung kamu gunakan. Tidak ada yang namanya tool kompleks untuk menyusun atau merapikan ide-ide.

Kamu hanya akan menemukan kemudahan saat menggunakan aplikasi mind mapping yang satu ini. Diagram yang ada bisa kamu buat, atur sedemikian rupa, hingga disimpan dalam bentuk gambar yang nantinya akan dibagikan pada anggota tim.

Scapple

Jika kamu menginginkan flesibilitas dalam penggunaan aplikasi mind mapping, maka Scapple adalah pilihan yang cocok. Tools dalam aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendesain peta pikiran sebebas apa pun, seperti halnya saat kamu membuatnya pada kertas.

Plus, dengan interface yang sifatnya drag and drop, maka kamu akan lebih memudahkanmu dalam menghubungkan ide pada mind map. Tampilan saat kamu membuat mind map pun fullscreen, dengan alas an supaya memudahkanmu untuk fokus saat mendesain.

MindManager

Aplikasi MindManager ini paling populer di antara yang lain. Contoh perusahaan besar yang memanfaatkan MindManager untuk membuat mind mapping adalah Proctor dan Gamble. Yang mana terintegrasi dengan baik ke Microsoft Office.

Di aplikasi ini, kamu selaku pengguna bisa menambahkan link, notes, hingga files ke dalam mind map yang telah kamu buat. Dengan maksud untuk membuat rekan kerjamu menjadi lebih paham dengan konsep peta pikiran yang kamu sampaikan.

Bukan hanya itu, MindManager juga akan memberitahu tim tentang deadline serta mengatur prioritas apa dulu yang harus mereka kerjakan dalam mind map.  

SmartDraw

SmartDraw menjadi penutup dari 18 rekomendasi aplikasi yang kita bahas dalam artikel ini. Software yang satu ini terbilang mudah untuk digunakan karena UI-nya yang simpel.

Selain itu, terdapat lebih dari 5.000 template yang bisa kamu gunakan, sehingga tidak akan menyusahkan pengguna ketika mendesain mind map. Selain itu, dengan adanya lebih dari 35.000 simbol dan ikon yang bisa kamu input dalam desain peta pikirmu. 

Baca Juga:

Nah, Beautypreneurs, itu adalah 18 rekomendasi aplikasi Mind Mapping yang bisa kamu gunakan saat melakukan brainstorming bersama tim kreatifmu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan dan memvisualisasikan berbagai ide menarik dari timmu dengan lebih baik. Setelah mendapatkan ide produk yang akan kamu buat, akan lebih mudah bagimu melalui berbagai proses produksi dan pemasaran nantinya.

Namun ketika maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa mendiskusikan produk yang kamu inginkan bersama tim pemasaran kami. Jangan khawatir kalau kamu belum memiliki ide spesifik mengenai produk tersebut. Karena tim kami dapat membantumu dan merekomendasikan konsep produk terbaik berdasarkan tren dan kebutuhan pasar.

Selain itu, harga maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia juga cukup variatif dan fleksibel. Kami bisa menyesuaikan spesifikasi produk dengan budget yang kamu miliki, lho.

Enggak percaya, nih? Langsung hubungi tim kami via Contact Us untuk pertanyaan lebih lanjut.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment