Cara Membuat Video Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

video marketing adalah

Tak melulu via tulisan, menggunakan video marketing ke dalam kegiatan pemasaranmu terbilang cukup efektif untuk mendatangkan pembeli baru. Kok bisa?

Berdasarkan data survei oleh APJII, terdapat sekitar 69,64% masyarakat Indonesia memanfaat internet untuk mengakses video secara online. Pengaksesan ini melalui platfrom-platfrom sosial media yang telah di sediakan.

Kebiasaan menonton video secara online ini lambat laun diprediksi dapat menggeser kebiasaan menonton video melalui televisi, dimana menjadi salah satu medium sumber iklan utama di Indonesia.

Rata-rata waktu menonton video melalui TV di Indonesia 7,8 jam dalam kurun waktu satu minggu. Sedangkan rata-rata waktu menonton video melalui platfrom onlin sekitar 7,7 jam dalam kurun waktu satu minggu. Hal ini sesuai dengan riset dan temuan dari Kadence international dan Akamai Technologies.

Dari sini dapat disimpulkan, bahwa tidak sedikit kelompok pemilik bisnis di Indonesia mulai melakukan investasi pendanaan untuk periklanan melalui video online, atau biasa disebut video marketing.

Periklanan melalui video marketing saat ini telah menjadi bagian dari strategi pemasaran masyarakat di Indonesia. Karena dengan hadirnya video marketing, pelanggan atau customer dapat menjangkau kampanye dari brand yang dipasarkan.

Selain itu, dari pernyataan yang dilontarkan oleh pihak Google menyatakan membuat konten video marketing merupakan salah satu langkah genius untuk perusahaan yang sedang melakukan proses pemasaran produknya.

Dari adanya mesin telusur Google ini, keyword yang mengarah ke konten video kerap kali mendapatkan rating yang cukup tinggi, lho!

Nah, agar kamu bisa mengetahui seberapa penting sih video marketing untuk brand dan perusahaan kamu? Yuk, mulai kenali langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuatnya.

Tapi, sebelum itu kamu wajib pahami dulu definisi dari video marketing seperti berikut ini.

Apa Itu Video Marketing?

Video marketing merupakan sebuah strategi atau metode untuk melakukan kegiatan pemasaran yang baru, terutama dalam dunia marketing online yang mempergunakan medium berupa video.

Video yang telah dibuat ini kedepannya akan didistribusikasecara online, lewat Instagram, Tik-tok, Facebook, Twitter dan Youtube.

Di era sekarang ini, video marketing menjadi pilihan terbaik untuk menjalankan strategi pemasaran brand/bisnis yang kamu miliki lho!

Hadirnya video marketing yang sudah terkonsep dengan baik akan menghasilkan sebuah hasil yang menarik.

Jenis-jenis Video Marketing

Jika kamu akan membuat video marketing, ada baiknya kamu menentukan dahulu jenis-jenis video apa yang akan kamu buat sebelum eksekusi. Ada berbagai macam jenis video marketing yang dapat kamu gunakan, seperti dalam penjelasan berikut.

Video Demo

Jenis video marketing pertama adalah, video demo merupakan jenis video marketing yang menginformasikan perihal bagaimana produk yang kamu tawarkan bekerja. Dari sini kamu bisa menampilkan untuk unboxing produk yang ditawarkan kemudian mencoba produk tersebut untuk tetimoni.

Dengan adanya video demo ini kamu dapat menekankan kelebihan nilai yang ada di dalam produk kamu bahwa lebih berkualitas dibandingkan produk milik kompetitor.

Video Event

Sementara itu, video event merupakan jenis video marketing yang berisi rekaman dokumentasi saat perusahaan atau usaha bisnis kamu sedang mengadakan sebuah diskusi produk, aksi sosial, seminar dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Jadi ketika kamu sedang mengadakan sebuah kegiatan/acara seperti diatas, usahakan kamu melakukan kegiatan dokumentasi serta mengabadikan momen tersebut dalam wujud video. hal ini dapat kamu jadikan untuk bahan pembuatan Video Event.

Video Petunjuk/Edukasi

Video Petunjuk atau Edukasi ini merupakan jenis video marketing yang dapat kamu gunakan untuk mengedukasi calon pelanggan atau calon customer kamu yang tertarik untuk menggunakan brand yang kamu tawarkan.

Dari sini kamu bisa membuat semacam tutorial, yang berisi petunjuk untuk membangun pengetahuan dasar yang calon customer butuhkan.

Video Branding

Video Branding merupakan jenis video marketing yang dipergunakan untuk membantu calon customer kamu agar dapat memahami kenapa mereka memerlukan produk yang kamu tawarkan.

Tidak sedikit dari beberapa brand ternama membuat video branding dengan menampilkan pesan khusus, seperti memberikan sebuah solusi untuk mengatasi kesulitan yang konsumen hadapi.

Studi Kasus dan Testimonial Pelanggan

Jenis video marketing selanjutnya adalah testimonial pelanggan dan studi kasus. Dalam proses pembuatannya, kamu perlu mengumpulkan aset testimonial yang pelanggan buat terhadap produk maupun brand kamu.

Namun, perhatikan juga apa pesan yang ingin kamu sampaikan dan tonjolkan dalam video tersebut. Sehingga, nantinya kamu bisa mendulang kepercayaan dan keuntungan saat video ini benar-benar kamu distribusikan di media sosial.

Dengan adanya video testimonial, kamu dapat mamerkan kualitas produk kamu kepada calon customer lainnya untuk membangun kepercayaan dengan mereka.

Kamu bisa memulai pembuatan video testimonial ini dengan cara mengajak salah satu customer brand kamu. Kemudian meminta mereka untuk merivew perihal bagaimana brand dan produkmu dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah yang mereka alami.

Video Interview Pakar

Selanjutnya, ada video interview pakar merupakan jenis video marketing yang menampilkan pendapat atau opini dari para pakar di bidang tertentu terhadap brand yang kamu pasarkan. Dengan adanya Video Interview Pakar ini, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari para calon customer.

Kamu bisa memulai pembuatan video ini dengan cara melakukan wawancara dengan pakar yang terkait dengan isi brand yang akan kamu pasarkan.

Video Webinar

Video Webinar merupakan jenis video marketing yang berisi kegiatan seminar yang diadakan secara daring/online. Pada video ini, kamu dapat mengajak peserta, calon customer dan lainnya untuk mengikuti seminar tanpa harus bertemu secara fisik.

Kamu bisa memulai pembuatan video ini dengan cara membuat poster webinar dan menyediakan link webinar kemudian menyebarkan kepada audiens di sosial media.

Cara Membuat Video Marketing yang Menarik

Jika kamu sudah mengetahui bermacam-macam jenis video marketing diatas, kamu dapat memilih dan membuat video marketing untuk keperluan pemasaran brand yang kamu miliki.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat video marketing yang menarik yang perlu kamu tahu. Apa saja? Langsung simak langkah-langkahnya, ya!

Rencanakan Video dengan Metode Inbound

Mungkin disini ada yang belum mengetahui apa sih metode inbound itu? Jadi, metode inbound merupakan usaha penjualan dan pendekatan pemasaran yang berfokus untuk mendapatkan pelanggan melalui video konten.

Tujuan dari inbound marketing ini untuk menciptakan interaksi yang relevan dan juga bermanfaat dengan para calon customer.

Di tahap ini kamu wajib untuk merumuskan sebuah konsep video. Paling penting di setiap video yang kamu produksi nantinya harus memuat tantangan yang sedang calon customer hadapi. Setelah itu tempatkan brand atau produk kosmetikmu sebagai solusi masalah mereka.

Hasil akhir metode inbound ini akan memberikan kesadaran pada audience mengenai pentingnya produk tersebut untuk mereka.

Membuat Storyboard Video

Pada tahap ini kamu harus memulainya dengan cara menulis skrip. Kamu bisa memulai penulisan skrip ini dengan cara membuat daftar berupa poin-puin utama yang akan kamu tampilkan di dalam video, sesuai dengan urutan pesan yang sudah disusun sedemikian logis.

Kemudian di tahap ini kamu juga dapat memilih opsi siapa yang akan menjadi pengisi suara, artist atau bahkan host yang memiliki penampilan serta suara yang menarik untuk mendukung kualitas isi video.

Siapkan Studio atau Tempat Rekaman

Adanya studio atau tempat rekaman akan menjadi sangat penting untuk keberlangsungan proses pembuatan video. Pada poin ini kamu akan sangat membutuhkan tempat rekaman dengan beberapa insfraktuktur pendukung seperti mikrofon, lampu, tripod dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika kamu memiliki anggaran yang terbatas untuk membuat atau bahkan menyewa studio untuk rekaman, kamu bisa mempelajari beberapa trik-trik atau DIY di YouTube. Tujuannya untuk menggantikan beberapa alat rekaman yang mahal dengan alat yang lebih murah namun hasil bagus.

Kemudian untuk ruangan, kamu bisa memilih tempat sesuai dengan keinginan kamu. Jika kamu tidak bisa menyewa ruangan, kamu bisa mendekor atau memodifikasi ruangan yang kamu miliki untuk proses pembuatan video.

Rekam dan Lakukan Penyuntingan

Jika konsep, stroyboard sampai studio rekaman sudah tersedia, tahap selanjutnya adalah melakukan prses perekaman. Mulai rekamlah visual yang sesuai dengan storyboard yang kamu buat, perhitungkan komposisi dan penyampaian pesan yang sudah kamu pertimbangkan dan catat.

Jika rekaman sudah selesai, selanjutnya kamu tinggal melakukan proses penyuntingan dari setiap hasil video yang telah kamu rekam. Kemudian susun hasil penyuntingan seusai dengan konsep yang telah disusun dengan metode inbound yang sudah kamu buat.

Tambahkan SEO Video

Tahap ini merupakan tahap terakhir, dan merupakan tahap paling penting yang tidak boleh kamu lewati. Agar kamu bisa mendapatkan calon customer/pelanggan sebanyak-banyaknya, kamu bosa melakukan Wearch Engine Optimization Video.

Keuntungan Membuat Video Marketing

Dengan hadirnya video marketing dalam bisnis yang kamu jalankan akan sangat membantu kamu dalam ranah pemasaran. Adapun beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan setelah membuat video marketing untuk bisnis kamu, seperti berikut ini.

Membantu Konsumen Memahami Visi dan Misi Perusahaan

Tidak sedikit dari calon customer/pelanggan kamu yang kadang malas untuk membaca dengan detail mengenai brand dan produk yang kamu tawatkan.

Akan tetapi akan menjadi bahaya juga jika mereka tidak mengetahui kelebihan produk kamu, sebab aspek ini masuk ke dalam pertimbangan konsumen ketika bertransaksi.

Dengan hadirnya video marketing, akan sangat membantu bisnis kamu untuk meningkatkan aktivitas pembelian karena setiap pelanggan telah memahami produk kamu dengan baik.

Meningkatkan Conversion

Hadirnya video marketing juga akan meningkatkan conversion. Melansir dari Wyzowl, terdapat total 72 persen pelaku bisnis yang memaparkan bahwa hadirnya video marketing berperan besar terhadap bisnis mereka. Khususnya dalam meningkatkan konversi binis mereka dengan sangat signifikan.

Konsumen Lebih Suka Membagikan Video

Pastinya setiap pelaku bisnis sangat menginginkan kalau kampanye marketing yang mereka lakukan bisa tersebar dan viral di seluruh sosial media. Setiap kampanye marketing yang menjadi viral akan mengundang banyak orang menjadi tertarik dengan brand dan produk yang kamu tawarkan.

Hal ini akan membuatmu kegiatan promosi kian efektif, sebab iklan produkmu akan dibagikan berkali-kali. Dan tak menutup kemungkinan dapat menjangkau konsumen baru yang potensial.

Nah, Beautypreneurs, menyadari betapa pentingnya membuat konten video promosi ini dan efeknya untuk penjualan produkmu. Mash Moshem Indonesia memberikan layanan aftersales menarik di luar pembuatan produk kosmetik kami.

Yap! Kami menawarkan layanan pembuatan video produksi yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dalam video marketing brand kosmetikmu. Dengan begitu, kamu bisa menyajikan konten yang berkualitas dan kredibel. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap brand kosmetikmu.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment