WhatsApp Marketing: Peranan dan Strategi Penggunaannya
Sebagai salah satu aplikasi komunikasi terbesar dan paling banyak digunakan di Indonesia, WhatsApp juga akan sangat cocok untuk kamu gunakan sebagai strategi marketing. Apa benar begitu?
Melansir dari Databoks Kata Data, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna dan pengundung aplikasi WhatsApp nomor dua terbesar di dunia. Sebagai gambaran perhatikan grafik di bawah ini!
Dari grafik tersebut dapat kamu simak bahwa lebih dari 73 juta masyarakat mengunduh aplikasi WhatsApp per Juni 2022. Posisi Indonesia ini berada satu tingkat di bawah India yang memiliki jumlah unduhan sebanya 291,58 juta kali.
Dengan jumlah pengguna yang besar ini, tak heran bahwa peluang menggunakan WhatsApp Marketing juga akan tinggi. Terlebih adanya fitur WhatsApp Business yang bisa membantu mengelola hubungan bisnis, khususnya antara penjual dan pelanggan.
Dalam praktiknya, pelaku bisnis perlu inovasi dalam melakukan promosi karena WhatsApp tidak menjual ruang iklan seperti media sosial lain. Maka dari itu, pelaku bisnis perlu memahami strategi marketing menggunakan WhatsApp marketing.
Apa itu WhatsApp (WA) Marketing?
WhatsApp (WA) merupakan aplikasi media sosialgratis untuk melakukan chatting yang bisa digunakan hanya dengan koneksi internet. Media sosial ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar, video, audio, fail, melakukan panggilan suara, maupun panggilan video.
Semua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara gratis, hanya perlu menyambungkan perangkat baik laptop maupun ponsel dengan internet. Adanya WhatsApp ini, pengguna dapat menutupi biaya SMS yang sebelumnya diketahui cukup tinggi.
Ketika berbicara tentang layanan pemasaran digital atau digital marketing dengan menggunakan sosial media, mungkin yang terpikirkan dibenakmu adalah media sosial seperti Facebook dan Instagram.
Namun, ketika memikirkan tentang aplikasi chatting, mungkin yang ada dibenakmu adalah WhatsApp. Saat ini WhatsApp merupakan pemimpin di antara aplikasi chatting yang lain. Hal yang perlu kamu tau bahwa WhatsApp juga dapat digunakan dalam kegiatan digital marketing.
Aplikasi WhatsApp ini didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pelaku bisnis untuk lebih focus dalam melayani pelanggan. Selain itu, WhatsApp bisnis juga cukup aman sehingga pelau bisnis dapat menggunakan aplikasi dua aplikasi WhatsApp sekaligus, satu untuk bisnis dan satu lagi untuk akun pribadi.
WhatsApp marketing adalah alat atau tools pada aplikasi media sosial WhatsApp yang membantu bisnismu untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa.
WA menjadi platform chatting yang paling banyak digunakan, khususnya masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, banyak bisnis yang memanfaatkan WA sebagai media marketing.
Adanya aplikasi komunikasi ini akan membantu pelaku bisnis untuk mengorganisasi pesan dari pelanggan agar tidak tercamput dengan pesan pribadi.
Fitur WhatsApp Business juga khusus dibuat bagi pelaku bisnis yang ingin memasarkan produknya ke pelanggan dan berinteraksi dengan pelanggan. Dengan fitur ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi utamanya.
WA bisnis memiliki tools yang dapat memudahkan pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran (marketing), penjualan, dan customer service. Semua layanan ini dikelola secara terpadu dalam satu platform yaitu WA bisnis.
Baca Juga: Cara Membuat WhatsApp Business Serta Keuntungannya untuk Bisnis
Peranan WhatsApp dalam Mengembangkan Bisnis
Kegiatan marketing dalam sebuah bisnis merupakan elemen yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam hal ini, WA marketing memiliki peran penting dalam kegiatan pemasaran. Penasaran apa saja perannya? Berikut peranan WhatsApp dalam mengembangkan bisnis.
Mengimprovisasi Sistem Pengiriman
Dalam menjalankan sebuah bisnis online tentu akan memiliki pelanggan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. WA dapat membantu pelaku bisnis dalam melakukan pengiriman barang dengan hanya melalui titik koordinat lokasi yang dikirimkan pelanggan. Karena aplikasi ini memiliki fitur berbagi lokasi.
Hal ini tentu akan memudahkan kurir dalam melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilig rute paling cepat atau paling pendek sehingga dapat mengotimalkan waktu dan biaya pengiriman.
Lebih Dekat dengan Para Customer
Pada dasarnya WhatsApp merupakan aplikasi media sosial perpesanan atau chatting. Dalam hal digital marketing pun WA memberikan kemudahan bagi customer yang ingin melakukan chat dengan penjual untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan produk yang dijual.
Dengan demikian, pelaku bisnis akan dapat lebih cepat dan efisien dalam menjangkau dan melayani customer. Selain itu, penjual atau pelaku bisnis juga bisa lebih dekat dengan para customernya untuk memasarkan produk.
Membuat Grup Untuk Mendorong Pemasaran Lebih Mudah
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aplikasi WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan kita dapat membuat grup chat. Grup chat ini dapat diisi dengan maksimal 100 anggota. Grup WhatsApp ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai informasi dan promosi kepada customer.
Manfaat lainnya yaitu pelaku bisnis dapat tetap menjangkau dan terhubung dengan customer dengan mudah. Selain itu, grup WhatsApp ini juga bisa digunakan untuk reseller dalam membantu menjualkan produk agar lebih terkontrol.
Meminimalisir Biaya Marketing
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa biaya untuk kegiatan marketing umumnya relative mahal. WhatsApp merupakan saluran pemasaran yang sangat terjangkau. Hal ini karena kamu hanya perlu memastikan perangkatmu baik laptop maupun handphone agar tetap terhubung dengan internet.
WhatsApp marketing dapat meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang baik dengan customer. Semua keuntungan tersebut bisa didapatkan melalui aplikasi WhatsApp yang gratis.
Progres Penjualan Lebih Baik
Pada umumnya, bisnis online dilengkapi dengan situs website, nah pada situs website ini pelaku bisnis dapat menambahkan nomor WhatsApp. Hal ini tentu memperbesar peluang untuk menjangkau para calon customer sekaligus menumbuhkan kepercayaan pada calon customer.
Menjadikan WhatsApp sebagai saluran penjualan yang berdiri sendiri untuk sebuah bisnis merupakan hal yang lebih baik. Hal ini karena seiring dengan meningkatnya kecenderungan customer untuk membeli produk melalui aplikasi perpesanan.
Strategi Menggunakan WhatsApp Marketing Agar Untung
WhatsApp marketing menjadi salah satu tools pilihan banyak pelaku bisnis yang dapat memberikan keuntungan bagi para pebisnis. Terlepas dari keutungannya, tentu pebisnis perlu strategi yang tepat dalam memasarkan produk kepada customer.
Bagaimana strategi marketing menggunakan WhatsApp agar menghasilkan keuntungan? Mari simak artikel berikut ini agar kegiatan pemasaran di WhatsApp dapat berjalan dengan lancar.
Mulai Kumpulkan Kontak Pelanggan
Hal pertama dalam memasarkan produk melalui WhatsApp marketing adalah dengan mengumpulkan kontak pelanggan. Kontak pelanggan ini bisa kamu dapatkan dari media sosial lain, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram jika pelanggan tersebut menghubungimu.
Selain itu, juga bisa kamu dapatkan melalui pameran, jadi jangan sampai tidak mengumpulkan kontak calon pelanggan ketika menggelar pameran.
Kamu dapat mengumpulkan kontak nomor pelanggan dengan memberikan promo bersyarat contohnya calon pelanggan harus mengisi identitas diri agar mendapatkan promo tersebut.
Dalam hal ini mungkin belum terjadi pembelian saat itu juga, tetapi paling tidak kamu sudah memiliki nomor WhatsApp pelanggan untuk memberikan pesan broadcast yang berisi pemasaran produk.
Minta Pelanggan Menyimpan Nomor CS-mu
Langkah kedua yaitu meminta pelanggan menyimpan nomor kontas customer service bisnismu. Jadi, seterlah kamu mendapatkan nomor WhatsAppa calon pelanggan tadi, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu meminta calon pelanggan tersebut untuk menyimpan nomor CS bisnismu.
Hal ini memiliki tujuan agar kamu dapat mengirimkan pesan broadcast yang berisi tentang promo produk dan membuat grup untuk mempromosikan produk. Perlu diingat bahwa pesan broadcast tidak akan masuk jika calon pelanggan tidak menyimpan nomor CS bisnismu.
Buat Persona Merk yang Menarik
Dalam upaya membangun engagement dengan calon pelanggan agar menghendaki melakukan pembelian produk, mempromosikan produk yang menarik dengan pesan broadcast saja tidak cukup.
Terdapat strategi penting dalam menggunakan WhatsApp marketing untuk bisnismu yaitu mempromosikan bisnis dengan menyesuaikan dan membuat persona merek yang menarik.
Dengan demikian, bisnismu akan lebih mudah untuk terlibat dengan pelanggan di WhatsApp. Hal ini juga akan membantu bisnismu dalam membangun kepercayaan dan tentu akan menghasilkan keuntungan untuk bisnismu.
Tawarkan Konten yang Relevan kepada Pelanggan
Pesan broadcast adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk membagikan pesan ke beberapa orang sekaligus. Pesan broadcast ini dapat berupa informasi produk dan promosi produk yang ditawarkan serta dijual. Membagikan pesan broadcast ini perlu dilakukan secara rutin, tetapi tidak harus setiap hari, misalnya dapat dilakukan selama 2 kali dalam satu pekan.
Aplikasi Whatsapp ini memiliki keterlibatan pengguna yang lebih tinggi dibanding dengan aplikasi Facebook. Hal ini seharusnya bisa menjadi peluang besar.
Namun, mengirim pesan broadcast secara terus-menerus dengan penawaran yang tidak relevan, tidak akan membuahkan hasil dan akan mengganggu target konsumen. Jadi, kamu perlu berhati-hati dan mempertimbangkannya dengan matang.
Kamu juga perlu menerapkan teknis hypnoselling, hypno writing, dan copywriting yang baik. Penjual harus membangun engagement terlebih dahulu dengan calon pelanggan dengan cara berkomunikasi yang baik.
Selain itu, kamu perlu menawarkan konten yang menarik, seperti hadiah, gratis, promo, diskon, dan lain-lain kepada target konsumen tentang topik yang relevan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka (target konsumen) terlibat denganmu.
Bangun Grup dan Bentuk Interaksi
Langkah yang kelima yaitu bangunlah grup dan bentuklan interaksi. Kamu juga bisa bergabung dalam suatu grup untuk dapat melakukan promosi produk.
Dalam hal ini, sebaiknya kamu sebagai pelaku bisnis perlu mengenal anggota grup tersebut terlebih dahulu jika grup tersebut bukan kamu yang membuat agar tidak ada anggota grup yang merasa terganggu dan tidak nyaman dengan konten promosimu.
Bangun interaksi sesering mungkin dan jadilah anggota grup yang aktif, jangan pasif untuk mengenal anggota grup yang lain. Hal ini memang membutuhkan waktu, tetapi kamu bisa mencoba mempromosikan produkmu secara bertahap, kemudian secara konsisten.
Begabung di grup dapat membantu pelaku bisnis mendapatkan calon pelanggan atau bahkan pelanggan baru dengan mudah. Jika sudah mengenal beberapa atau bahkan semua anggota grup, lakukan promosi produk melalui private chat agar anggota grup yang lainnya tidak merasa terganggu.
Fast Respon ketika Membalas Chat
Membalas chat dengan cepat ini merupakan salah satu hal paling penting dalam WhatsApp marketing. Kamu bisa menyediakan layanan pelanggan real-time untuk mengatasi hal ini. Dengan WhatsApp kamu dan karyawan perusahaanmu dapat menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh pelanggan.
Dalam hal ini kamu perlu memastikan untuk memiliki sumber daya yang cukup untuk mengatasi permintaan dan chat dari pelanggan. Rekrut atau tunjuk orang yang sudah ada, yang kamu anggap mampu meng-handle hal ini.
Buat Kalimat Promosi yang Pas
Seorang pelaku bisnis penting dan sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara membuat suatu kalimat promosi yang pesuasif untuk menarik pelanggan. Kalimat promosi harus dibuat semenarik mungkin agar calon pelanggan tertarik untuk membeli produk yang sedang dijual.
Pada umunya, pelaku bisnis menggunakan teknik hypnotic writing pada judul sehingga hal ini membuat rasa penasaran calon pelanggan untuk membuka dan membaca pesan tersebut.
Pada isi pesan, pelaku bisnis dapat menggunakan teknik copywriting dalam meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Jadi, pelaku bisnis juga perlu mempelajari teknik copywriting dan hypnotic writing seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Konsisten Promosikan Produk
Hal yang perlu diingat dan dipraktikkan yaitu konsisten dalam memasarkan produk. Konsisten dalam mempromosiakn produk sangat diperlukan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
Jika pelaku bisnis mencoba memasarkan produknya melalui WhatsApp tentu saja sikap konsisten adalah kuncinya. Pelaku bisnis perlu sesekali, tidak terlalu sering, untuk berinteraksi dengan calon pelanggan.
Misalnya dengan bergabung di grup atau hanya sekadar mengirimkan pesan broadcast dengan tujuan untuk mempromosikan produk.
Bangun Grup Khusus untuk Jaringan Reseller
Jika ingin meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan, menerima reseller untuk menjualkan kembali produk yang sedang kamu pasarkan juga bisa dilakukan.
Pelaku bisnis dapat membuat grup khusus untuk reseller. Dalam hal ini, tugas pelaku bisnis yaitu mengarahkan reseller yang ada di dalam grup tersebut agar mereka lebih mahir dalam mempromosikan dan menjual produkmu.
Reseller ini bisa kamu dapatkan dari database kontak yang ada di handphonemu. Dari sekian banyak pelanggan, tentu ada beberapa orang yang ingin bergabung untuk menjadi reseller produkmu. Setelah itu masukkan mereka ke dalam satu grup yang khusus untuk reseller, kemudian arahkan mereka melalui grup tersebut.
Dalam hal ini, kamu sebagai pelaku bisnis perlu focus pada pengembangan kemampuan reseller dalam menjual produk. Hal ini betujuan agar penjualan dan penghasilan mereka meningkat. Selain itu, bisnis yang sedang kamu jalankan juga akan ikut berkembang.
Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui soal WhatsApp Marketing, termasuk peranannya untuk bisnis dan bagaimana cara penerapannya yang tepar. Kamu bisa menggunakan strategi ini untuk mengembangkan brand dan bisnis kosmetik yang kamu miliki.
Selain informasi dan tips seputar WhatsApp Marketing, kamu bisa menyimak berbagai tips bisnis dan branding produk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Jangan lupa untuk meninggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya!