Branding Kosmetik

Kenali Apa Itu Brand Platform dan Manfaatnya untuk Merek Kecantikan Milikmu!

brand platform adalah

Promosi dan branding adalah kegiatan yang sangat penting untuk membuat merek kecantikanmu dikenal serta diterima dengan baik oleh pasar. Namun sebelum benar-benar melakukan kedua hal ini, kamu terlebih dahulu harus menyiapkan brand platform. Sudah pernah dengar?

Tak sedikit pebisnis baru yang tak memiliki strategi atau perencanaan khusus ketika akan melakukan promosi. Padahal langkah ini sangat penting demi tujuan branding dapat menghasilkan efek yang perusahaan inginkan.

Salah satu bagian dari perencanaan itu adalah menilai kondisi pasar dan juga kompetitior. Selain itu, pebisnis juga perlu mengetahui posisi merek di mata konsumen. Dengan begitu, kamu bisa merumuskan strategi dan konten pemasaran yang tepat untuk memikat target konsumenmu.

Nah, untuk mengetahui berbagai informasi tersebut, kamu bisa membuat brand platform untuk menjelaskan poin-poin penting dari merek maupun produk kosmetikmu.

Penasaran apa itu brand platform dan manfaatnya untuk bisnis serta merek kecantikanmu? Langsung simak ulasan lengkap soal brand plaform di bawah ini, ya, Beautypreneurs!



Apa itu Brand Platform?

Mengutip dari laman MarketPoint, brand platform merupakan dokumen yang disusun untuk menjelaskan berbagai macam fitur yang khas di dalam suatu brand. Baik itu dalam bentuk ideologis maupun visual.

Dokumen ini mempunyai peranan yang sangat penting lho untuk membentuk citra di dalam bisnis yang kamu jalankan secara menyeluruh, serta memberikan penawaran yang unik dan juga menarik untuk target audiens.

Kemudian dokumen ini juga akan menjadi suatu kerangka komunikasi pada suatu brand secara eksternal dan juga internal.

Selain itu dokumen ini juga dapat menjadi pedoman dasar untuk setiap pegawai untuk melakukan kegiatan operasionalnya setiap hari.

Maka dari itu, seperti yang dilansir laman Appvizer, dokumen ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjadi titik referensi bagi para stakeholder eksternal maupun internal.

Dokumen ini kedepannya juga akan mensentralisasikan elemen branding. Sehingga dapat membentuk brand value untuk perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Brand Guideline untuk Bisnis Kosmetik, Yuk Simak Baik-Baik!

Manfaat Brand Platform untuk Merek Kosmetik dan Kecantikanmu

Nah, setelah memahami definisi dari bran platform lewat penjelasan di atas, apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai manfaat dari dokumen ini?

Yap! Pembuatan dokumen ini bertujuan untuk memastikan bahwa manajemen bisnis dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan efektif.

Kemudian dokumen ini juga sangat membantu kamu untuk meraih niche market serta meningkatkan pendapatan dengan cara menarik perhatian para konsumen.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari membuat brand platform untuk merek kecantikan dan kosmetik milikmu. Apa saja?

Membantu Brand Membuat Pesan yang Jelas

Mengutip dari laman SendPulse, dokumen tersebut dapat memastikan pada setiap kompenen identitas yang terdapat di dalam brand, di mana akan membantu kegiatan marketing menjadi selaras.

Hal ini kedepannya akan menciptakan suatu asosiasi yang sangat kuat di antara keduanya. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikan pesan promosi, karakter brand, dan nilai penting lainnya dari merek kosmetikmu pada target audiens yang ingin kamu raih.

Sehingga merek kosmetikmu akan memiliki posisi yang kuat dan jelas di pasaran. Well, hal ini juga akan membantu merek kosmetikmu standout dari kompetitor.

Membantu Brand Menjadi Lebih Menonjol Dari Kompetitor

Suatu brand yang memiliki brand platform efektif dapat menarik perhatian konsumen secara luas dan juga lebih banyak.

Hal ini dikarenakan brand akan memiliki sesuatu yang lebih unik di mata audiens. Kemudian brand tersebut kedepannya dapat memberikan pengalaman yang baik untuk konsumen.

Dari sini para konsumen berpeluang akan menjadi lebih loyal untuk brand yang kamu miliki. Lebih dari itu, kamu juga dapat menyampaikan pesan yang sesuai untuk audien melalui via dokumen ini, lho!

Sehingga brand milikmu kedepannya akan terlihat lebih menonjol dari pada kompetitor brand lain.



Membantu Brand Mencari Cara Baru untuk Berkembang

Dokumen ini juga dapat membantu suatu brand untuk lebih memperjelas serta juga memahami brand value yang dimiliki menjadi lebih unggul, lho!

Sehingga kamu dapat memanfaatkan brand value tersebut untuk dimasukan kedalam rencana pemasaran yang baik dan unggul serta konsisten.

Memungkinkan Komunikasi yang Efektif Antar Staf

Suatu brand platform yang baik pastinya dapat membantu perusahaan untuk Menyusun petunjuk bagi para karyawannya. 

Dokumen ini kedepannya dapat memberikan informasi terkait dengan visi perusahaan secara jelas serta juga dapat menjelaskan tujuan kerja dari suatu brand tersebut.

Dari sini para karyawan yang terlibat di dalamnya akan memiliki tujuan yang sama dan lebih terdorong kinerjannya.

Hal tersebut akan menciptakan rasa kesatuan diantara para karyawan agar menjadi lebih solid dengan berpedoman pada nilai yang ditetapkan.

Dokumen ini juga memungkinkan terjadinya kolaborasi antara brand dengan pihak eksternal dengan porsi nilai yang sama. Jadi tidak hanya berhenti di karyawan internal saja.

Komponen dalam Brand Platform

brand platform adalah

Membuat suatu brand platform dapat menjadi awal langkah yang bagus untuk menciptakan brand yang menarik dan juga sukses di mata calon pelanggan.

Dokumen ini pastinya mempunyai beberapa komponen penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Mengutip dari laman SendPulse, terdapat beberapa komponen utama dari brand platform seperti berikut ini:

Tujuan

Kamu harus menentukan alasan utama terkait eksistensi dari merek kosmetik yang kamu miliki tersebut. Usahakan kamu menjelaskannya secara rinci mulai dari dampak yang ingin kamu buat sebagai pemilik brand kepada dunia, atau bahkan minimal lingkungan sekitar.

Kamu juga harus memastikan untuk meng-highlight tujuan brand beserta tujuan kecilnya juga, ya! Agar tujuan dapat tersampaikan kepada audiens.

Target Audience

kemudian kamu juga harus menentukan audiens yang kedepannya akan menjadi fokus utama dari kegiatan branding perusahaan kamu.

Selain itu kamu juga harus menjelaskan hal apa saja yang penting untuk suatu brand, mulai dari visual sampai ideologi brand agar sesuai dengan target audiens yang kamu tentukan.

Brand Value

Selanjutnya kamu juga harus memastikan brand value perusahaan sudah selaras dengan nilai yang dipegang oleh para target audiens.

Kamu bisa menjelaskan hal apa saja yang penting dari merek kosmetik dan produk milikmu, agar terkesan memiliki nilai lebih di mata mereka.

Baca Juga: 8 Tahapan Pengembangan Produk Baru untuk Tingkatkan Value Brand

Personality

Kamu juga harus menentukan kepribadian brand serta juga pikirkanlah karakteristik kemanusiaan yang akan dihargai oleh para target audiens yang kamu tuju. Dengan begitu, kamu tak hanya menjual produk pada konsumen, tapi dapat menjalin hubungan emosional dan membuat mereka jadi pelanggan setia dari merek kosmetikmu.

Ingin tahu bagaimana cara membentuk identitas dan personalitas merek kosmetikmu? Simak langkahnya di sini!

Tone of Voice

Dalam poin ini kamu harus menentukan juga karakteristik yang dapat membentuk pesan dari brand. Kemudian kamu pikirkan berbagai kata yang akan kamu gunakan serta bagaimana cara menyampaikan informasi brand kamu kepada audiens.

Unique Proposition

Kamu juga harus mencoba untuk menyoroti keuntungan brand dengan berpedoman pada karakteristik fungsional produk.

Selain itu pastikan juga brand kamu bisa mampu memberikan pengalaman yang baik sehingga bisa membuat brand kamu berbeda dengan milik competitor.

Selain beberapa komponen yang disebutkan di atas, kamu juga harus memastikan bahwa dokumen brand platform milikmu sudah dilengkapi dengan beberapa hal lain.

Seperti logo brand, packaging, nama brand, slogan dan juga hal lainnya yang bisa dikembangkan dengan berpedoman pada brand positioning milikmu.

Baca Juga: Kenali Manfaat Audio Branding dan 4 Elemen Pembentuknya

Jadi itulah penjelasan terkait brand platform yang harus kamu ketahui. Dokumen ini pastinya hanya satu dari berbagai macam unsur yang harus kamu perhatikan dengan betul, agar kegiatan branding kamu bisa berjalan dengan lancar.

Tak hanya soal brand platform, kamu juga bisa menemukan berbagai tips pemasaran dan branding untuk merek kosmetik milikmu di laman News. Atau ikuti terus informasi terbaru seputar maklon dan tren industri kosmetik di laman media sosial Mash Moshem Indonesia.

Kamu juga bisa meninggalkan pendapat atau pertanyaanmu seputar bisnis dan maklon kosmetik di kolom komentar, ya. See you in the next article, Beautypreneurs!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011