Ssst! Intip 8 Alasan Memproduksi Kosmetik Sendiri untuk Bisnis Berikut Ini

alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis

Ada banyak alasan memproduksi kosmetik dengan brand sendiri untuk bisnis. Misalnya akan lebih mudah bagimu menentukan harga dan mengontrol kualitas produk.

Saat ini industry kosmetik sedang naik daun, ada banyak influencer dan pengusaha baru menjajal peruntungan mereka di sector bisnis ini. Misalnya pada sector kosmetik alami yang memiliki nilai pertumbuhan paling cepat.

Melansir dari AlliedMarketResearch, nilai pasar global untuk kosmetik alami dan organik serta perawatan pribadi diproyeksikan mencapai hanya di bawah $59 miliar pada tahun 2031, mencatat tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 5,3% antara tahun 2022 dan 2031*.

Sayangnya, tak semua pengusaha mau mengembangkan bisnis mereka dengan menciptakan produk sendiri. Padahal ada banyak keuntungan dan alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis yang sangat menarik.

Apa saja? Yuk, ketahui 8 alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis berikut ini!

8 Alasan Memproduksi Kosmetik Sendiri untuk Bisnis

Mulai dari kualitas produk, hingga strategi pemasaran yang cocok dan penetapan harga jual. Ada banyak hal yang dapat menjadi alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis itu menguntungkan.

Kontrol Bahan dan Formula Produk

Dengan memproduksi kosmetikmu sendiri, maka kamu memiliki control penuh terhadap bahan dan formula apa saja yang akan kamu gunakan.

Seperti yang kamu tahu, formula dan bahan kosmetik memegang peranan penting dalam kualitas produk. Untuk itu, ketika kamu memproduksi kosmetik sendiri, kamu bisa memilah bahan mana yang akan kamu gunakan. Sesuai dengan kebutuhan, target pasar, dan manfaat yang ingin kamu tonjolkan.

Selain itu, mengetahui bahan apa saja yang ada dalam formula kosmetikmu tentu akan mempermudahmu dalam menguasai produk knowledge. Yap, artinya akan lebih mudah juga untukmu mempromosikan dan mempresentasikan brand-mu di pasaran.

Di Mash Moshem Indonesia kamu bisa memilih dan menyusun formula kosmetikmu sendiri bersama tim RnD kami. Diskusikan juga spesifikasi produk yang kamu inginkan, misalnya penggunaan minyak esensial lavender sebagai aromatic, vitamin c sebagai antiaging, dan banyak lainnya.

Membuat Kosmetik Sesuai dengan Kebutuhan

Efektivitas kosmetik pada tiap orang tertentu berbeda-beda, karenanya masyarakat suka sekali mencoba berbagai jenis produk untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Nah, ketika kamu membuat produk sendiri, akan lebih mudah bagimu untuk menyesuaikan kosmetik tersebut dengan kebutuhan pasar. Alih-alih mengikuti tren kecantikan luar dengan formulasi yang kurang cocok untuk perempuan Indonesia, kamu bisa menciptakan produk sendiri untuk konsumenmu.

Melansir dari Formula Botanica, faktanya tak sedikit para brand owner kosmetik indie memulai formulasi produk dengan mempertimbangkan kebutuhan pribadi mereka.

Kamu juga bisa melakukan langkah yang sama, Beautypreneurs. Sebagai perempuan Indonesia, kamu pasti tahu tren, kebiasaan, harapan masyarakat akan kecantikan, dan skincare seperti apa yang sebenarnya konsumen butuhkan.

Biaya yang Tak Begitu Besar

Hal utama yang kerap membuat pengusaha ragu untuk memulai atau mengembangkan bisnis mereka dengan produk sendiri adalah biaya. Padahal, membuat produk kosmetik sendiri saat ini tak memakan biaya yang begitu besar.

Selain itu, sebenarnya sebagian besar harga produk kosmetik, utamanya di pasar elite, pengusaha mengeluarkan biaya yang begitu besar di luar biaya produksi. Mark-up untuk distributor dan pengecer dan lainnya dalam rantai pasokan semuanya menambah harga pokok penjualan.

Jika kamu memproduksi skincare sendiri, maka kamu bisa memilih bahan yang kamu inginkan dan menyesuaikannya dengan modal.

Lewat maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia, misalnya. Pembuatan produk kosmetik bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget klien.

Kamu tak perlu khawatir mengenai kualitas dan mutu produk, karena tim RnD kami telah berpengalaman dalam industry kosmetika selama bertahun-tahun.

Produk kami pun memiliki sertifikasi BPOM, Halal, dan klien bisa menambah sertifikat HAKI, Vegan, hingga HSA. Semua sertifikasi ini bisa menjadi penjamin mutu dan kualitas produk yang dipercaya masyarakat.

Dapat Menggunakan Bahan Terbaru dan Mengikuti Tren

Alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis selanjutnya kamu bisa menggunakan bahan terbaru dan mengikuti perkembangan tren.

Di Mash Moshem Indonesia, kami memiliki tim pemasaran yang selalu up to date akan perkembangan industry kosmetik Tanah Air maupun internasional. Dengan begitu, kami bisa membantumu menyusun konsep ide kosmetik terbaik agar bisa bersaing di pasaran.

Selain itu, tim formulator kami pun selalu berkesperimen dan melakukan kajian terhadap bahan-bahan kosmetik terbaru. Agar kami bisa memberikan formula kosmetik terbaik untuk brand kosmetik milikmu.

Memperluas Bisnis Ke Pasar Global

Alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis bersama kami adalah peluang menjangkau pasar internasional. Beneran bisa?

Mash Moshem Indonesia memiliki tim formulator yang ahli di bidangnya, sehingga mampu memproduksi kosmetik terbaik untukmu.

Tak hanya itu, kami juga memiliki kantor di Singapura yang bisa membantumu mengurus sertifikasi HSA kosmetik. Dengan begitu, produkmu bisa dipasarkan di Singapura dan pasar internasional lainnya.

Dapat Menggunakan Bahan Kosmetik Sustainable

Memiliki control bahan adalah salah satu alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis yang sangat menguntungkan. Ini karena kamu dapat memilih bahan apapun ke dalam formula kosmetikmu, serta mencegah penggunaan bahan tertentu di dalamnya.

Salah satu tren kosmetika yang sedang berada pada arus utama sekarang adalah sustainable beauty. Ya, tren yang mengkampanyekan penggunaan bahan-bahan berkelanjutan ini mendukung gerakan mitigasi perubahan iklim.

Misalnya, dari mencegah penggunaan kemasan plastic secara berlebihan, hingga memilih bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

Bersama dengan tim formulator kami, kamu memiliki peluang untuk mengeksplorasi dan mempelopori skincare sustaible. Serta membawa berbagai jenis konsumen kecantikan baru yang mencari merek kecil, lokal, dan didorong oleh etika.

Tak hanya dari bahan formula kosmetik, kamu bisa memilih kemasan ramah lingkungan yang cocok dengan konsep brand kosmetik milikmu.

Tim cosmetic designer kami dapat merepresentasikan ide dan konsep produkmu ke dalam desain yang menarik, serta sangat menggambarkan karakteristik brand-mu.

Memberikan Peluang Lebih Besar untuk Bisnismu

Last but not least, membuat perawatan kulit sendiri bisa mengubah hidupmu dan memberikan peluang lebih besar untuk bisnis yang kamu jalankan.

Sebagai seorang reseller kosmetik, misalnya, kamu telah memiliki customer base yang loyal dan besar. Hanya memasarkan produk orang lain terus menerus tentu sangat disayangkan. Padahal kamu bisa memproduksi satu atau dua jenis produk kosmetik, kemudian memasarkannya di toko online-mu.

Akan ada kemungkinan besar bagai konsumenmu yang loyal untuk membeli dan mencoba produk kosmetik buatanmu.

Pelayanan Pembuatan Kosmetik yang Lengkap dan Mudah

Berkomitmen memberikan pelayanan terlengkap untuk klien kami, Mash Moshem Indonesia menyediakan berbagai kebutuhanmu sebagai beautypreneur.

Mulai dari pembuatan produk, sample, formula, pengurusan legalitas serta sertifikasi produk, desain kemasan dan logo. Hingga memberikan layanan aftersales untuk membuatkanmu media promosi yang menarik.

Nah, itu adalah berbagai alasan memproduksi kosmetik sendiri untuk bisnis yang harus kamu tahu. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu berminat untuk membuat produk kosmetikmu sendiri?

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts