Apa Itu Inbound Link? Ini Definisi, Ciri, dan Manfaatnya

inbound link adalah

Di era yang serba konten ini, Seacrh Engine Optimization atau SEO menjadi salah satu indicator penting dalam digital marketing. Dengan memahami dan menggunakan SEO, konten yang dibuat akan berpotensi menjadi rujukan pertama dalam search engine.

Itulah mengapa SEO sangat penting untuk diterapkan. Salah satu unsur yang tidak boleh ditinggalkan dalam SEO adalah menggunakan inbound link. Penggunaan strategi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengunjung serta traffic website.

Mungkin sebagian dari kamu masih cukup asing dengan istilah yang satu ini. Biasanya strategi untuk mendapatkan link ini juga bisa populer dengan nama backlink. Yakni situs wesbsite yang mencantumkan link website kita. Sehingga nantinya pengunjung tersebut bisa mengunjungi situs kita.

Adanya inbound link membawa beragam keuntungan bagi pemilik website. Nah, untuk mengetahui keuntungan tersebut, alangkah baiknya kamu menyimak artikel ini hingga selesai. Sebab kali ini kita akan membahas tentang inbound link berserta manfaanya dalam digital marketing. Selamat membaca!

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa inbound link merupakan link pada website lain yang nantinya akan mengarah pada websitemu. Dalam penyebutannya sehari-hari, inbound link bisa disebut dengan backlink.

Sebab fungsinya mengembalikan pengunjung ke websitemu. Tak hanya melalui website lain, kamu juga bisa melakukan inbound link dengan websitemu sendiri. Misalnya kamu mencantumkan link pada salah satu artikel.

Kemudian link yang kamu cantumkan akan menuju pada artikel lain di websitemu. Dengan begitu kamu sudah melakukan inbound link. Dalam SEO sendiri inbound link memegang peranan yang cukup penting.

Bahkan menurut beberapa penelitian, sekitar 50 persen untuk membuat konten berada pada halaman utama search engine sangat tergantung pada kualitas dan kuantitas pada link. Semakin banyak link yang kamu dapatkan, akan sangat berpengaruh pula pada traffic website.

Hingga saat ini ada dua jenis inbound link yang bisa kamu gunakan. Yakni link yang bisa langsung ke situsmu dan anchor text. Link merupakan laman URL yang dicantumkan website untuk menuju langsung ke situsmu.

Sedangkan anchor text merupakan link yang disisipkan pada kata atau kalimat. Biasanya akan terlihat dengan highlight.

Lantas apa sih perbedaan inbound dan outbound link? Apakah penggunaannya sama saja? Untuk menjawab pertanyaan berikut, simak artikel selengkapnya ya.

Sekilas mungkin inbound dan outbound link terdengar sama. Namun dua strategi SEO ini merupakan dua hal yang berbeda. Outbound link merupakan link yang tercantum di websitemu untuk menuju website lain.

Tujuannya untuk meningkatkan kredibilitas artikelmu dengan sumber terpercaya. Sedangkan inbound link adalah link yang tercantum pada website lain untuk menuju ke websitemu. Semakin banyak link yang kamu dapat dan gunakan, maka akan sangat berpengaruh pada peningkatan traffic wesite.

Tentu saja ini sangat berbeda dengan outbound link. Penggunaan outbound link tidak terlalu memberi pengaruh besar terhadap traffic website, tidak sebesar apa yang diberikan oleh inbound link.

Itulah perbedaan yang signifikan antara inbound dengan outbound link. Selanjutnya simak manfaat menggunakan link ini untuk peforma SEO dan peranannya dalam Digital Marketing berikut ini.

Ingin tahu lebih lengkap tentang outbound link? Kamu bisa simak penjelasannya di sini.

Penggunaan inbound link dalam strategi SEO memang dinilai sangat efektif. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa semakin banyak situs yang menautkan link websitemu, akan semakin banyak pula pengunjung di situsmu.

Selain itu masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan inbound link. Apa saja? Berikut daftar manfaatnya.

Meningkatkan SEO

Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan Search Engine Optimization atau yang biasa  disebut dengan SEO. Berada di peringkat paling atas dan di halaman pertama Google merupakan impian dan tujuan pemilik website.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka berbondong-bondong menerapkan SEO di dalamnya. Nah, dengan menggunakan inbound link, itu berarti juga akan menambah traffic website dan berpengaruh dengan SEO.

Semakin banyak link yang kamu gunakan, semakin mudah pula algoritma Google untuk mengidentifikasi websitemu. Tak hanya itu, semakin banyak website yang menautkan link ke websitemu, kredibilitas website juga diperhitungkan.

Menambah Traffic

Tak hanya bisa meningkatkan SEO, namun dengan menerapkan inbound link juga akan menambah traffic website. Semakin berada di halaman teratas, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Sebab pengguna internet cenderung akan memilih website di urutan pertama untuk mencari jawaban dari apa yang mereka cari. Selain efesiensi waktu, situs yang berada di urutan pertama juga sudah terbukti kredibilitasnya oleh Google. Jadi orang tidak akan ragu lagi untuk berkunjung.

Selain itu, dengan menautkan link di website lain untuk mengarah ke website kita, itu juga berarti mengundang pengunjung website tersebut untuk mengunjungi website. Sehingga kamu juga akan mendapatkan pengunjung organic dari website tersebut. Traffic website pun akan semakin meningkat.

Meningkatkan Brand Awareness

Fungsi selanjutnya dari inbound link adalah meningkatkan brand awareness. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa semakin banyak website yang menautkan link ke websitemu, itu berarti semakin banyak pula pengunjung yang akan datang.

Nah, secara tidak sadar orang juga akan semakin mengenal websitemu. Selain itu juga dapat meningkatkan kredibilitas. Jika website lain mencantumkan link websitemu, itu berarti websitemu menjadi rujukan bagi mereka.

Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap website dan perusahaan yang sedang kamu kembangkan akan semakin tinggi. Sebab hanya website berkualitas yang akan dijadikan sebagai rujukan.

Semakin banyak link yang kamu dapatkan, semakin bagus pula untuk meningkatkan traffic pada website. Meskipun demikian tetap tidak boleh asal-asalan dalam menggunakan inboundlink. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk mendapatkan link dari website yang berkualitas.

Berikut adalah ciri-ciri inbound link yang baik dan bagus untuk meningkatkan kualitas website.

Berasal oleh Situs yang Kredibel

Tidak semua website itu kredibel. Kamu perlu mengeceknya. Sebab jika website yang kamu gunakan sebagai inboundlink tidak kredibel, itu akan sia-sia. Hal tersebut sama saja tidak memberi pengaruh apapun.

Jika website tersebut tidak kredibel, search engine akan memperhitungkan pula apakah websitemu layak untuk berada di peringkat pertama atau tidak. Sebab website yang berkualitas juga akan memberi kualitas pula pada link tersebut. Begitu juga sebaliknya.

Menggunakan Anchor Text yang Sesuai

Ciri link yang baik selanjutnya adalah menggunakan anchor text. Anchor text ini akan mempermudah algoritma mesin pencarian untuk mengidentifiaksi websitemu. Oleh katena itu jika link menggunakan anchor text yang sesuai, bisa dipastikan bahwa link yang akan kamu tanamkan pada websitemu tersebut kredibel dan baik.

Selain menggunakan anchor text, backlink yang baik juga datang dari beragam website. Tidak hanya satu jenis saja. Mulai dari website review, website/blog dengan tema yang sesuai hingga portal berita. Dengan datang dari beragam website, itu berarti backlink yang kamu gunakan berkualitas.

Itulah pengertian inboud link yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu sudah siap menerapkannya dalam strategi optimasi Website-mu?

Selain jenis link ini, kamu bisa mendapatkan berbagai tips menarik dalam mempromosikan dan branding bisnis kosmetikmu di laman Berita Terkini. Atau kamu bisa pantau terus media sosial dan akun YouTube Mash Moshem Indonesia.

Well, see you, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment