Apa Itu Market Share? Definisi, Fungsi, dan Cara Hitungnya
Market share atau pangsa pasar merupakan istilah yang cukup familiar di dalam dunia bisnis. Saat mendengar istilah pangsa pasar (target pasar) hal yang yang melintas di benakku pertama kali kemungkinan adalah persaingan dunia usaha.
Di dalam dunia bisnis kamu pasti akan menjumpai di mana setiap perusahaan akan saling berkompetisi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
Kompetisi tersebut terjadi dikarenakan faktor satu bidang usaha yang sama, dimana terdapat beberapa perusahaan yang menjalankan bisnis serupa. Perusahaan yang berkompetisi akan menjual layanan dan produk dengan wujud fungsi yang sama, kemudian dijual kepada target pasar yang sama pula.
Selain itu setiap layanan dan produk juga akan bersaing. Kondisi ini pada akhirnya akan memicu munculnya persaingan di dalam dunia bisnis. Fenomena persaingan bisnis memang tidak dapat dihindari oleh perusahaan, hal ini dikarenakan setiap pihap memiliki tujuan untuk mendapatkan market share (pangsa pasar) sebanyak mungkin.
Agar kamu dapat memahami apa itu market share, berikut adalah ulasan mengenai market share yang ternyata sangat penting di dalam bisnis. Yuk, simak penjelasan berikut!
Apa itu Market Share?
Mengutip dari investopedia, market share atau pangsa pasar merupakan persentase dari total penjualan di dalam dunia industri yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
Dalam hal inipangsa pasar akan dihitung berdasarkan pengambilan data dari jumlah penjualan perusahaan di dalam periode tertentu. Kemudian membaginya dengan total penjualan industru dalam satu periode yang sama.
Market share mengacu pada persentase pasar yang berhasil dikuasai oleh perusahaan tertentu dalam dunia industri yang dijalani. Pemimpin pasar di dalam suatu industri merupakan perusahaan dengan pangsa pasar yang terbesar.
Market share akan berkaitan dengan jumlah total penjualan dari suatu industri di mana perusahaan tersebut sedang beroperasi. Contohnya seperti ketika kamu mempunyai bisnis yang bergerak dalam ranah industri cepat saji.
Agar dapat mengetahui pangsa pasar dari bisnis yang sedang kamu jalankan, kamu perlu untuk mencari tahu berapa total pendapatan atau penjualan industri yang sedang kamu jalankan dalam waktu tertentu.
Lalu kamu perbandingkan dengan total penjualan yang berhasil kamu selesaikan. Hasil dari perhitungan tersebut akan menunjukkan seberapa besar pangsa pasar yang sudah kamu kuasai dari total penjualan industri makanan cepat saji.
Fungsi Market Share
Setelah membaca ulasan mengenai apa itu market share, apakah kamu sudah memahami perihal fungsi dari market share di dalam dunia bisnis?
Yups! Market share merupakan formula yang bisa menunjukan keterpurukan dan juga kejayaan perusahaan di dalam dunia bisnis. Inilah fungsi dare market share.
Berikut ini adalah fungsi-fungsi lain dari pangsa pasar seperti:
Tolok Ukur Keberhasilan Bisnis
Market share merupakan salah satu tolak ukur paling sederhana untuk mengukur pencapaian suatu bisnis. Disini siapa yang berhasil menguasai pangsa pasar lebih luas, maka perusahaan tersebut berhasil menyaingi kompetitornya.
Gambarnya seperti kamu mendirikan bisnis kosmetik, dengan kompetitor 70 perusahaan. Di tahun 2021 bisnis kamu berhasil menguasai 16% pasar kosmetik.
Saingan bisnis kamu hanya mampu menguasai 10% sementara sisa 74%-nya dibagi ke 48 perusahaan lain. Artinya perusahaan ini mendapatkan pangsa pasar sebesar 1,54%.
Berdasarkan perhitungan ini bisa disimpulkan bahwa perusahaan kamulah yang menguasai industri kosmetik di tahun 2021.
Membandingkan Ukuran antar Perusahaan
Fungsi market share lainya adalah memperbandingkan ukuran antar perusahaan. Jika perusahaan kamu bisa berhasil mendapatkan pangsa pasar terbesar, makan kamu akan mendapatkan revenue yang lebih tinggi.
Jika kamu ingin listing ke dalam bursa efek, perusahaan kamu juga harus bisa lebih menjadi menarik di mata para investor karena berhasil menguasai pangsa pasar yang besar di dalam industri.
Akan tetapi jika kamu tidak masuk di dalam tiga besar, maka sangat memungkinkan pihak investor tidak akan melirik perusahan tersebut.
Bahan Evaluasi Perusahaan
Market share juga berfungsi sebagai bahan evaluasi di dalam perusahaan. Contohnya seperti mengevaluasi perbandingan pangsa pasar kamu dengan pangsa pasar kompetitor seperti berikut:
Kamu dan kompetitor bisnis tersebut akan menyerang target konsumen dan pasar yang sama. Kamu dapat meninjau apa keunggulan kompetitif di mata konsumen. Kenapa produk kompetitor lebih laku? Apa yang harus kamu dan tim lakukan untuk mengejar keunggulan kompetitor tersebut?
Membantu Mengetahui Posisi Brand
Fungsi dari pangsa pasar yang terakhir adalah membantu perusahaan kamu untuk mengetahui posisi brand di pasaran.
Mengetahui posisi bisnis di dalam pasaran dapat membantu kamu untuk menentukan strategi penjualan berikutnya.
Penentuan posisi di dalam dunia bisnis juga dapat menunjukkan keunikan produk yang kamu buat dibandingkan dengan produk pesaing, kemudian mendapatkan tempat tersendiri di mata konsumen.
Mengetahui pangsa pasar akan membantu kamu apakah bisnis dan produkmu berhasil mencapai pencapaian pasar atau sedang berada di posisi lain.
Jenis-jenis Market Share
Jika kamu sudah mengetahui apa saja fungsi dari pangsa pasar, selanjutnya kamu harus mengetahui apa saja jenis-jenis market share seperti berikut.
Common Market Share
Common market share merupakan jenis pangsa pasar yang pada umumnya dimana semua bisnis di dalam satu industri akan bersaing satu sama lain.
Jika ingin menjadi pemimpin dan pemenang di dalam common market share, maka perusahaan tersebut perlu mengatur strategi penjualan sedemikian rupa agar bisa mendominasi perusahaan lainnya.
Preferred Market Share
Preferred market share merupakan jenis pangsa pasar yang bisa didapatkan perusahaan karena mengakuisisi pasar atau merger. Agar dapat memahami bagaimana preferred market share tersebut berikut ini adalah contohnya seperti:
Misalnya PT. D menguasai 15 % pasar, kemudian PT. E memenangkan 7,5% pasar. Pada kemudian hari si PT.A melakukan proses akuisisi terhadap PT.E sehingga bisa mendapatkan tambahan pangsa pasar menjadi naik 22,5%.
Mutual Fund Share
Mutual fund share merupakan jenis pembagian pangsa pasar berdasarkan saham yang dimiliki oleh para investor.
Contohnya seperti ketika kamu memiliki saham 5% di 10 perusahaan kosmetik online di Indonesia. Sepuluh perusahaan ini berhasil menguasai pangsa pasar industri sebanyak 80%.
Maka mutual pangsa pasar kamu adalah sebesar 4% di industri kosmetik online.
Cara Menghitung Market Share
Sekarang kamu bisa mulai untuk mengetahui cara menghitung market share kamu sendiri. Sebelum itu, terdapat beberapa hal yang wajib kamu perhatikan seperti:
- Tentukan cakupan pasar. Cakupan ini termasuk jenis produk, area geografis, segmen pasar dan jenis industri. Semakin spesifik batasan pasar yang kamu miliki, maka data yang diperoleh juga akan semakin akurat.
- Tentukan periode penghitungan. Contohnya di dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Pastikan dulu periode penghitungan penjualan dalam bisnis milikmu dengan periode penghitungan sektor industri secara umum.
- Pilih metode penghitungan. Berdasarkan satuan pendapatan atau berdasarkan pada jumlah unit yang sudah terjual.
Cara menghitung market share dapat kamu lakukan dengan cara membagi semua total penjualan pada suatu perusahaan dengan total penjualan industri yang berkaitan. Lalu kalikan hasilnya dengan 100 persen.
Market share = total penjualan industri x 100%
Contohnya seperti, total pendapatan suatu perusahaan selama tahun 2022 adalah Rp.50.000.000, sedangkan total pendapatan industri di dalam waktu yang sama dengan total senilai Rp. 300.000.000, cara menghitungnya seperti berikut ini:
Market share = (50.000.000 / 300.000.000) x 100%, maka hasilnya adalah 16.67%. Dari perhitungan ini ternyata suatu perusahaan berhasil menguasai 16.67% pangsa pasar di dalam bidang industrinya.
Tips Menaikkan Market Share Bisnismu
Untuk kamu yang sedang berusaha untuk menaikkan pangsa pasar perusahaan, berikut ini adalah beberapa tips untuk menaikan pangsa pasar seperti:
Bidik Kompetitor dengan Market Share Terbesar
Tips pertama untuk menaikkan pangsa pasar adalah membidik kompetitor pangsa pasar terbesar. Jadikan perusahaan kompetitor ini sebagai rival terbesar kamu yang menjadi target perusahaan milikmu apa pun caranya.
Walaupun sulit dan tidak jarang mustahil, menerapkan tips ini bisa memotivasi kamu agar dapat menjadi lebih giat lagi untuk menggerakan perusahaan.
Gunakan Strategi ATM
Terdapat istilah market follower dan juga market leader di alam dunia bisnis. Jika kamu saat ini belum dapat menjadi pemimpin pasar, maka tidak masalah kamu menjadi pengikut terlebih dahulu.
Selama kamu menjadi pengikut ini, coba kamu amati bagaimana pemimpin pasar sedang beroperasi. Apa saja sistem yang bisa kamu gunakan? Lalu bagaimana strategi pemasaran yang mereka pakai?
Kemudian setelah itu kamu lakukan strategi mengamati, tiru, kemudian modifikasi (ATM), jadikan pemimpin pasar kamu teladan sebelum dikalahkan.
Buat Gebrakan Inovasi di Industri
Selanjutnya kamu susun inovasi di dalam industri. Buatlah gebrakan yang belum pernah siapapun susun sebelumnya, termasuk kompetitor bisnis terbesar kamu. Lakukan kinerja riset konsumen secara mendalam kemudian pahami apa yang mereka perlukan. Kemudian olah lah kebutuhan konsumen kamu menjadi satu produk baru.
Terapkan Strategi Harga
Selama kamu belum dapat berinovasi, strategi harga dapat kamu terapkan agar pangsa pasar perusahaan dapat meningkat. Coba gali lah lebih jauh lagi pengeluaran bisnis kamu dan kemudian cari tahu bagian mana yang bisa dimanfaatkan dan defisiensi. Setelah perhitungan selesai, tekan harga sampai produk agar mampu bersaing dengan lebih mudah dengan kompetitor bisnis di pasaran.
Variasi Produk
Variasi produk merupakan tips menaikkan pangsa pasar cukup banyak diterapkan perusahaan di Indonesia. Perusahaan akan memproduksi produk berjenis sama dengan brand yang tidak sama, kemudian memasarkannya kepada target konsumen. Hasilnya konsumen yang tidak dapat memahami pun bisa mengira bahwa brand-brand tersebut berasal dari perusahaan yang berbeda.
Bangun Loyalitas Konsumen
Membangun loyalitas konsumen merupakan langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan. Perlakukan pihak konsumen sebaik mungkin agar mereka bisa bertahan menggunakan produk kamu kemudian merekomendasikannya kepada orang lain. Semakin banyak rekomendasinya, semakin besar juga potensi kamu untuk menguasai pangsa pasar.
Tingkatkan Brand Awareness
Dalam artian secara harfiah, pangsa pasar merupakan suatu hal yang konsumen tentukan dan bukan dari perusahaan.
Daya beli konsumen terhadap produk yang kamu jual akan menjadi penentu besarnya pangsa pasar. Maka dari itu kamu harus sering melakukan interaksi dengan calon konsumen, kemudian tingkatkan juga brand awareness di mata konsumen agar tertarik untuk menggunakan produk.
Nah, itu adalah hal yang perlu kamu tahu soal market share. Kamu juga bisa menemukan berbagai informasi seputar bisnis kosmetik dan tren industri kecantikan terbaru di laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa langsung menghubungi tim kami dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini untuk mulai konsultasi soal maklon kosmetik. See you!