Jenis Asuransi Bisnis dan Manfaatnya untuk Usaha Kosmetik Milikmu!

asuransi bisnis (2)

Ketika sedang asyik menonton konten kesukaan di televisi, YouTube, atau sekadar scroll medos, kamu mungkin kerap menemukan iklan dari prdouk asuransi.

Bukan hanya satu dua jenis, kini ada banyak sekali jenis asuransi yang tersedia. Bukan tanpa alasan, pada dasarnya asuransi ini memiliki banyak manfaat penting bagi kehidupan di masa mendatang.

Nah, salah satu jenis asuransi yang sangat penting untuk kamu pelajari sebagai seorang pebisnis adalah asuransi bisnis. Apakah kamu pernah dengar soal jenis asuransi ini sebelumnya?

Well, sebagai pebisnis yang baik, kamu harus tahu bagaimana cara melindungi usaha yang kamu rintis. Misalnya dengan menggunakan asuransi bisnis yang bisa dijadikan perlindungan usaha di masa mendatang.

Lantas apa sih yang dimaksudkan dengan asuransi bisnis dan apa saja manfaatnya untuk bisnis yang kamu rintis sekarang?

Langsung cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini ya, Beautipreneur!

Apa Itu Asuransi Bisnis?

studi kelayakan bisnis (1)

Asuransi bisnis merupakan produk perlindungan untuk bisnis yang dapat membantu mengendalikan risiko secara finansial, misalnya meminimalisir atau mencegah adanya kerugian besar.

Ketika kamu mengajukan asuransi bisnis ini biasanya ada tiga perlindungan yang akan ditawarkan, yakni asuransi jiwa, kesehatan, serta property perusahaan.

Asuransi jiwa dan kesehatan ini enggak hanya bisa digunakan oleh pemilik bisnis saja, lho. Melainkan dapat digunakan untuk seluruh karyawan atau tim yang kamu miliki.

Kamu tak perlu lagi dipusingkan dengan perkara karyawan sakit, kecelakaan atau bahkan meninggal karena sudah ditanggung dengan asuransi.

Sementara asuransi property untuk bisnis ini dapat membantu menanggaung kerugian seputar property yang dimiliki. Misalnya Gedung, sarana prasarana kantor, hingga barang-barang berharga milik usaha.

Pentingnya Mengurus Asuransi Bisnis Bagi Pelaku Usaha

pentingnya asuransi bisnis (1)

Banyak dari kita yang merasa asuransi merupakan hal yang terlalu penting untuk diperhatikan. Apalagi, belum tentu kemalangan yang kita asuransikan tersebut akan benar-benar terjadi. Well, setidaknya tidak dalam jangka waktu dekat.

Pemikiran seperti ini sebenarnya lumayan berbahaya, karena sebagai seorang pengusaha kamu harus punya pandangan jauh ke depan. Termasuk untuk memperhitungkan kendala dan masalah yang berpotensi membawa kerugian.

Nah, karena pada dasarnya ketika berbisnis kita seperti melakukan trial, maka kita tidak tahu apa yang akan terjadi usaha kita di masa mendatang.

Meskipun kamu telah mengukur, memprediksi, dan menyediakan dana ataupun strategi cadangan. Tetap aka nada hal-hal di luar perkiraan dan kendalimu yang bakalan datang secara tiba-tiba, contoh yang paling riil adalah pandemic covid-19.

Seperti yang kamu tahu, di awal pandemic covid-19 banyak perusaahan dan UMKM yang gulung tikar. Karena masalah ini merupakan persoalan yang sebelumnya tidak mereka perkirakan, dan harus diakui strategi bisnis yang ada belum bisa digunakan secara efisien dalam keadaan tersebut.

Nah, pada saat seperti inilah, perlindungan asuransi dapat membantu kamu dalam meminimalisir kerugian yang akan ditanggung.

Terlebih, jika kerugian dan dampaknya sangat besar, sehingga mengganggu keuangan dan pertumbuhan bisnis.

Beberapa contoh masalah tak terduga yang bisa membawa kerugian besar, antara lain:

  1. Pencurian dan perampasan
  2. Kebakaran
  3. Bencana alam
  4. Kecelakaan
  5. Pemogokan
  6. Pandemic
  7. Resesi ekonomi

Manfaat dan Kelebihan Memiliki Asuransi Bisnis

manfaat asuransi bisnis (3)

Asuransi bisnis bisa memberikan banyak keuntungan pada usaha yang kamu jalankan. Apa saja? Lansung simak berbagai manfaat dan kelebihan memiliki asuransi bisnis berikut ini!

Melindungi Aset Perusahaan

Salah satu manfaat mengurus asuransi bisnis ini adalah untuk melindungi aset perusahaan, baik aset yang berupa sumber daya manusia maupun kebendaan yang kamu miliki.

Yang dimaksudkan sebagai sumber daya manusia ini adalah seluruh tim dan karyawan yang kamu miliki. Asuransi ini dapat digunakan untuk biaya pengobatan akibat kecelakaan kerja, dan lain sebagainya.

Sementara itu, asuransi bisnis juga bisa digunakan untuk membantu meminimalisir kerugian akibat kehilangan benda, kebakaran, dan berbagai peristiwa tak terkontrol lainnya.

Mengganti Kerugian Bisnis

Manfaat asuransi bisnis lainnya adalah dapat mengganti kerugian bisnis yang mungkin dapat terjadi. Khususnya pada hal-hal yang masuk dalam pertanggungan yang dicantumkan dalam asuransi.

Misalnya, ketika rumah produksi atau toko kosmetikmu mengalami kebakaran, pencurian, kecelakaan, kerusakan karena bencana, hingga kehilangan aset penting.

Maka, untuk sementara kerugian yang berhubungan dengan perdagangan umumnya tak dapat masuk dalam peranggungan.

Sementara itu, kerugian yang berhubungan atau disebabkan oleh karyawan dapat dimasukkan dalam pertanggungan asuransi tersebut.

Jaminan Pengiriman Barang

Seperti yang kamu tahu, pasar penjualan online sekarang sedang banyak diminati karena kemudahannya. Namun, enggak jarang juga banyak keluhan yang muncul dari konsumen akibat pengiriman yang buruk.

Kalau kamu menggerakkan bisnis kosmetik di online dan harus melibatkan proses pengiriman ataupun distribusi, maka asuransi bisnis ini sangat diperlukan.

Asuransi ini akan memberikan jaminan perlindungan dan kemaanan produk hingga sampai di tangan karyawan. Jaminan yang dimaksudkan adalah untuk mengganti kerusakan dan kehilangan barang konsumen yang terjadi pada masa pengiriman.

Baik karena bencana ataupun kondisi alam yang buruk, maupun karena adanya tindak kejahatan seperti pencurian.

Sebagai Fondasi Perusahaan

Manfaat lainnya adalah membantu para pemilik usaha untuk dapat lebih focus pada strategi pengembangan perusahaan.

Karena kamu enggak perlu lagi melakukan kelola keungan yang berlapis-lapis, demi memastikan setiap aset perusahaan terlindungi dengan baik.

Sebab masalah perlindungan aset ini akan dibantu dan dipermudah oleh perusahaan asuransi bisnis yang kamu pilih.

Jenis-Jenis Asuransi Bisnis yang Harus Kamu Tahu

cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik (1)

Ada banyak jenis asuransi bisnis yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Mengingat tiap perusahaan asuransi ini memiliki penawaan perlindungan yang berbeda-beda, karanya banyak pengusaha yang harus membeli premi berbeda-beda untuk aset.

Misalnya, premi untuk perlindungan gedung ataupun aset fisik perusahaan, berbagai jenis elektronik, serta sumber daya manusia yang dimiliki.

Nah, di Indonesia, setidaknya ada lima jenis asuransi bisnis yang bisa kamu coba dan gunakan untuk menjamin kebutuhan perusahaan. Apa aja? Yuk simak daftarnya!

Asuransi Kewajiban Publik

Jenis asuransi bisnis yang perlu kamu tahu adalah asuransi kewajiban public. Jenis asuransi ini merupakan poin mendasar kalau bisnis kosmetik yang kamu jalankan ini memiliki interaksi dengan masyarakat luar.

Artinya asuransi kewajiban public bisa memberikan perlindungan pada bisnis kosmetikmu, utamanya dari klaim pengembalian atas kerusakan yang dilakukan oleh penggan, klien, pemaok, atau bahkan pihak ketiga.

Kamu bisa menggunakan jenis asuransi bisnis ini pada toko kosmetik, salon kecantikan, hingga kantor utama brand kosmetik kamu.

Jaminan Asuransi Profesional

Jenis asuransi bisnis yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah asuransi professional. Asuransi ini bisa menawarkan ganti rugi professional yang sangan penting untuk memberikan konsultasi professional pada strategi bisnis.

Manfaat asuransi ini dapat dirasakan ketika perusahaan dituntut atas kekayaan intelektual, atau yang berkaitan dengan professional lainnya. Maka, ganti rugi biaya yang dituntut tersebut dapat ditutupi dari asuransi tersebut.

Asuransi Kewajiban Pengusaha

Jenis asuransi selanjutnya adalah asuransi kewajiban usaha, apalagi kalau kamu mengerjakan stag karyawan. Maka, kamu berkewajiba untuk memberikan polis asuransi kesehatan atau kejiwaan pada karyawan.

Nah, asuransi kewajiban perusahaan ini akan membantu menutupi biaya klaim yang dibuat oleh karyawan ketika mereka mengalami kecelakaan atau kurang sehat saat sedang melakukan pekerjaannya.

Asuransi Properti Bisnis

Jenis asuransi ini termasuk salah satu yang sifatnya sangat penting. Karena bisa memberikan perlindungan terhadap aset perusahaan, seperti lahan / bangunan tempat bisnismu di jalankan, barang-barang elektronik, dan banyak lainnya.

Asuransi Perlindungan Hukum Bisnis

Selanjutnya adalah asuransi perlindungan hukum bisnis, serta biaya hukum komersial. Hal ini akan membantu menjaga bisnis kamu dari kemungkinan membayar biaya hukum yang dilakukan pada bisnis kosmetikmu.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui soal asuransi bisnis. Termasuk manfaatnya untuk bisnis kosmetik yang kamu jalankan, serta apa saja jenis dari asuransi bisnis terserbut.

Apakah sebagai brand owner kosmetik kamu sudah memiliki beberapa asuransi bisnis di atas?

Jangan lupa untuk menuliskan pendapatmu dan pengalamanmu menggunakan asuransi bisnis di atas dalam komentar, ya!

Sampai jumpa lagi, Beautypreneur!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment