Berbisnis Kosmetik dengan Sistem Pre-Oder, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Kini perkembangan bisnis kosmetik online terbilang sangat pesat. Ditambah pandemic covid-19 yang masih membuat kita berjaga-jaga, banyak kegiatan belanja yang dilakukan secara online. Termasuk pemesanan dan pembayaran produk yang akan dibeli.

Berbagai kalangan masyarakat pun tak sedikit yang mencoba peruntungan untuk membuka bisnis online, dari menjadi reseller, dropshipper, atau membuat produk sendiri dan menjualnya di e-commerce.

Jumlah pebisnis kecil ini sebenarnya sangat banyak dan kian hari bermunculan. Ini dikarenakan sekarang untuk memulai usaha online, kamu tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar.

Benarkah begitu? Lantas bagaimana cara agar kita bisa memulai bisnis dengan modal kecil?

Well, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk menekan besarnya modal awal bisnis online adalah dengan melakukan sistem pre-order.

Karena dengan sistem ini, kamu tidak perlu membeli banyak produk untuk stok, berfokus pada pembeli yang melakukan pemesanan, dan dapat mengatur seberapa banyak produk yang ingin kamu jual.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuka bisnis kosmetik online dengan sistem pre-order, simak dulu ulasan berikut ini sampai habis!

Apa Itu Sistem Pre-Order?

Sistem pre-oder atau yang lebih sering dikenal dengan PO, merupakan sistem pembelian produk yang dilakukan oleh penjual sebelum produk tersebut telah benar-benar tersedia.

Dengan kata lain, pembeli akan memesan produk yang diinginkan terlebih dahulu sebelum produk benar-benar tersedia. Sistem pembayarannya juga cukup fleksibel, bisa dimuka atau dalam rentan waktu tertentu sampai barang datang.

Sistem ini dianggap menguntungkan karena penjual dapat mengontrol dan memastikan produk yang mereka jual habis. Jadi tidak aka nada stock produk kosmetik yang tersisa karena tak laku tejual.

Waktu pemesanan barang juga cukup bervariasi beberapa penjual mungkin menerapkan batas pemesanan produk sampai 2-3 minggu lamanya.

Keunggulan Berbisnis Kosmetik dengan Sistem Pre-order

Sebelum benar-benar memutuskan untuk berbisnis kosmetik dengan sistem pre-order, ada baiknya untukmu mencari tahu terlebih dahulu apa saja keunggulannya.

Nah, kita-kita apa saja keunggulan berbisnis kosmetik dengan sistem pre-order? Langsung simak penjelasan super lengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Bisa Menawarkan Berbagai Jenis Pilihan Produk Kosmetik

Keunggulan pertama yang kamu peroleh ketika berbisnis kosmetik dengan sistem pre-order adalah dapat menawarkan banyak pilihan produk kosmetik kepada para calon konsumen.

Ketika dapat menawarkan produk kosmetik dengan berbagai varian, akan memabntu calon pembeli untuk mendapatkan lebih banyak opsi untuk memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Di sisi lain, kamu juga tidak perlu khawatir akan kehabisan modal karena sistem pre-order tidak mengharuskanmu membeli semua produk ini terlebih dahulu.

Produk Kosmetik yang Kamu Jual Pasti Laku

Karena penjualan pre-order dilakukan berdasarkan pesanan awal, maka kemungkinan produk akan terjual habis sangatlah besar.

Berbeda dengan ketika kamu membeli stok terlebih dahulu, jumlah pesanan dan pembeli mungkin tidak dapat diprediksi. Akhirnya ada beberapa jenis produk yang mungkin kurang diminati dan tidak laku terjual.

Kalau kamu masih belum memiliki pelanggan tetap atau belum memiliki modal yang besar, sistem pre-order bisa menjadi langkah awal bisnis kosmetik yang bisa kamu andalkan.

Tidak Akan Ada Penumpukan Stok

Kengggulan berbisnis kosmetik dengan sistem pre-order lainnya adalah meminimalisir penumpukan produk atau stok kosmetik yang akan kamu jual.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam sistem pre-order kamu hanya membeli produk yang telah dipesan terlebih dahulu. Kamu tidak perlu menyiapkan stok barang yang besar untuk dijual kembali.

Dengan begini, tidak akan produk kosmetik yang menumpuk sebagai stok yang tidak terjual dan malah menambah kerugian pada bisnis kamu.

Modal yang Dikeluarkan Tidak Terlalu Besar

Sering kali orang takut mulai berbisnis karena modal yang diperlukan terlalu besar. Namun, sebenarnya hal ini bisa diakali dengan banyak cara, termasuk lewat penggunaan sistem pre-order.

Dalam memulai bisnis kosmetik dengan sistem pre-order, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Bahkan, kamu bisa mengira-ira dan menentukan seberapa banyak modal yang ingin kamu keluarkan.

Ini dikarenakan, pembeli biasanya akan memberi pembanyaran untuk uang muka, atau mungkin bisa membayar barang sepenuhnya sejak awal.

Selain itu, kamu juga dapat mengontrol seberapa banyak pesanan produk yang akan kamu layani. Artinya, kamu bisa menyesuaikan modal yang akan kamu keluarkan nantinya sama dengan besaran modal yang kamu miliki saat ini.

Risiko Kerugian Dapat Diminimalisir Semaksimal Mungkin

Selain modal yang tidak terlalu besar, berbisnis kosmetik dengan sistem pre order pun akan semakin memudahkanmu untuk meminimalisir resiko kerugian semaksimal mungkin.

Ini dikarenakan, kamu sudah tahu persis siapa saja pembeli yang memesan produk, berapa jumlah yang harus dibeli, serta seberapa besar modal awal untuk membeli produk-produk tersebut.

Bila ada pembatalan di pertangan orderan, kamu bisa memberlakukan kebijakan tertentu atau mengopernya kepada pembeli lain.

Dapat Memberikan Pelayanan Optimal pada Konsumen

Keunggulan berbisnis kosmetik dengan sistem pre-order selanjutnya adalah dapat memberikan pelayanan secara optimal kepada konsumen.

Karena kamu tahu siapa saja konsumen yang memesan, kamu bisa memberikan pelayanan dengan lebih baik. Bahkan, kamu bisa membantu mereka dengan memberikan berbagai varian produk yang dicari.

Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan akan berpikiran untuk kembali memesan produk yang sama (atau bahkan lebih) pada jasa pre-ordermu.

Kekurangan Berbinis Kosmetik dengan Sistem Pre-order

Kalau ada kelebihan, pasti juga ada sisi kurang yang ditemukan dalam sistem pre-order. Well, semua bisnis memiliki dua sisi ini sekaligus.

Dengan menyadari apa saja kelemahan dari sistem atau jenis bisnis yang kamu lakukan nantinya. Kamu bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk tidak merugi dan dapat mengembangkan bisnis yang kamu rintis agar lebih maju.

Nah, berikut ini ada beberapa kekurangan berbisnis kosmetik dengan sistem pre-order yang perlu kamu ketahui.

Pemesanan Produk Membutuhkan Waktu yang Lama

Kelemahan sistem pre-order yang pertama adalah waktu yang lama. Bagi para penjual ini mungkin tidak terlalu meresahkan, tapi bagi para pembeli tentu beda perkara.

Karenanya, tak jarang juga pembeli yang kerap membatalkan pesanan karena jangka waktu kedantangan produk yang cukup lama.

Beberapa toko yang menerapkan sistem PO umumnya mematok lama kedatangan pesanan antara dua hingga tiga minggu lamanya.

Kemungkinan Stok Produk yang Diinginkan Habis

Kelemahan dari sistem PO selanjutnya adalah sebagai penjual, kamu tidak bisa mengontrol stok barang yang ada di supplier atau reseller.

Seringnya, karena menunggu konfirmasi pesanan dari pembeli, barang yang diincar bisa saja kehabisan sebab telah dibeli orang lain terlebih dahulu.

Jika sudah begini, sebagai penjual kamu pun harus mengembalikan uang pesanan yang sebelumnya telah diberikan oleh pembeli.

Untuk itu, pastikan kamu memilih supplier kosmetik yang tepat dan bisa diandalkan. Sehingga kesalahan dan keterlambatan pemberitahuan stok barang pun bisa diminimalisir.

Agar kamu enggak salah pilih supplier kosmetik yang ideal, baca ulasannya di sini.

Nah, itu adalah berbagai hal soal bisnis kosmetik dengan sistem pre-order, khususnya kelebihan dan kekurangannya.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis dengan sistem pre-order? Well, jangan lupa untuk membagikan pikiran dan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment