Tak Ada Peningkatan? Kenali 7 Penyebab Bisnis Susah Berkembang Berikut Ini!

Apakah kamu merasa tidak ada perubahan signifikan dari brand kosmetik yang kamu kelola, padahal sudah bertahun-tahun jalan?

Rasanya kerja kerasa dan waktu yang kamu curahkan untuk mengembangkan brand kosmetik tersebut pun enggak memenuhi ekspektasi yang kamu harapkan. Akhirnya, rasa frustasi dan bingung muncul, bikin resah diri sendiri?

Well, pertama-tama tarik napas terlebih dahulu dan tenangkan pikiran kamu. Karena, kondisi bisnis kosmetik yang kamu geluti ini enggak akan bisa terselesaikan dengan baik kalau kamu merasa tertekan dan tidak dapat mengontrol rasa panik yang kamu miliki.

Selain itu, naik turun dalam dunia bisnis memang sangat lumrah terjadi. Kamu hanya perlu mencari dan mengenali apa yang menyebabkan brand kosmetik yang kamu kelola tidak berkembang sesuai ekspektasi.

Karena dengan mengenali penyebab bisnis tidak berkembang ini, kamu dapat mengatur strategi bisnis yang tepat untuk mengurai permasalah tersebut.

Mash Moshem Indonesia menyadari apa yang kamu butuhkan sebagai brand owner kosmetik. Sebab itu kami merangkumkan berbagai penyebab bisnis tidak berkembang dan bagaimana cara mengatasinya dengan efisien.

Yuk, simak penjelasannya dengan teliti agar kamu bisa mengatur ulang strategi bisnis yang tepat untuk brand kosmetik milikmu!

7 Penyebab Bisnis Susah Berkembang Sesuai Ekspektasi

Sebelum membahas tips untuk membuat brand kosmetikmu maju, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengindetifikasi penyebab bisnis tidak berkembang sesuai dengan ekspektasi yang kamu miliki.

Nah, berikut ini tujuh penyebab bisnis tidak berkembang sesuai ekspektasi yang dimiliki. Simak baik-baik ya, Beautypreneurs!

Penentuan Harga Produk yang Kurang Tepat

Salah satu penyebab bisnis tidak berkembang yang pertama adalah penentuan harga produk yang kurang tepat.

Harga produk merupakan aspek yang paling krusial dan snagat berpengaruh pada keputusan konsumen untuk melakukan transaksi.

Sayangnya, memasok harga produk terlalu rendah juga akan berdampak buruk pada brand kosmetik yang kamu buat. Untuk itu, kamu memerlukan sejumlah perencanaan dan strategi untuk dapat menjual produk dengan harga yang bersaing namun tetap bisa menghasilkan keuntungan bagi bisnis kosmetikmu.

Beberapa merek kosmetik baru mungkin bisa berhasil melakukan startegi memasang harga terendah. Namun, keuntungan yang didapatkan akan sangat kecil dan tentu tidak akan menguntungkan untuk kamu yang baru saja mulai.

Kamu bisa saja memberikan harga produk kosmetik yang sangat miring, namun mempertimbangkan juga biaya yang telah dikeluarkan. Dalam hal ini, kamu juga bsia mempertimbangkan seberapa besar harga maklon kosmetik yang telah kamu keluarkan.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Produk Kosmetik yang Bersaing Dan Tetap Menguntungkan!

Selain itu, kosmetik dengan harga yang terlalu murah dan brand yang tidak terlalu dikenal, biasanya memiliki daya saing yang cukup rendah. Karena, orang akan lebih skeptis mengenai kualitas produk kosmetik yang kamu miliki.

Tidak Ada Inovasi atau Nilai Lebih dari Brand Kosmetik Milikmu

Penyebab bisnis susah berkembang lainnya adalah karena tidak ada inovasi atau nilai unik dari brand kosmetik yang kamu buat. Sehingga, tidak ada hal yang memberikan pembeda antara brand kosmetikmu dengan yang dimiliki oleh competitor.

Untuk itu, agar dapat bersaing di pasaran kamu harus berani melakukan percobaan dan inovasi-inovasi pada brand kosmetik yang kamu miliki.

Misalnya dengan meneliti atau melakukan riset terhadap tren kecantikan yang sedang berkembang, riset competitor, juga mendengarkan apa yang dikeluhkan dan dibutuhkan oleh pelanggan brand kosmetik kamu.

Tanpa adanya inovasi bisnis yang kamu rintis akan terasa lebih hambar, karenanya akan terkesan stagnan dan tidak ada perubahan sama sekali.

Tidak Mengawasi Perkembangan Brand Kosmetik dengan Rutin

Selain membuat produk kosmetik sebaik mungkin, tidak mengawasi perkembangan brand kosmetikmu dengan rutin pun bisa membuat bisnismu susah maju.

Kamu harus selalu meninjau setiap aspek dalam brand kosmetikmu. Termasuk, menilai bagaimana strategi pemasaran dan branding yang kamu jalankan, bagaimana penerimaan konsumen terhadap produk yang kamu miliki, serta apakah penjualan produkmu bisa berjalan sesuai ekspektasi.

Untuk mendapatkan data yang akurat, selalu lakukan pendataan dan buat jurnal bisnis secara lengkap. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis perkembangan dari brand kosmetik yang kamu miliki.

Komunikasi Antar Tim yang Tidak Efektif

Untuk menjalankan bisnis apapun, tentu kamu harus memiliki tim yang kompeten. Dan untuk menjaga kerja tim ini jadi efektif diperlukan adanya komunikasi yang baik dan efektif antar individu.

Hal yang sama juga berlaku untuk brand owner, kamu harus bisa mengomunikasikan tujuan, visi, ide-ide, dan apa yang kamu inginkan kepada seluruh anggota tim dengan jelas.

Sehingga, setiap elemen dari perusahaan atau bisnis kamu bisa bersinergi dan saling mendukung untuk mewujudkan tujuan itu bersama-sama.

Kamu bisa membangun komunikasi efektif ini dengan mengadakan pertemuaan atau rapat evaluasi secara rutin. Selain bisa membuat komunikasi antar tim lebih baik, kamu pun dapat meninjau perkembangan dan hasil dari strategi bisnis yang kamu jalankan selama ini.

Tidak  Menggunakan Strategi Pemasaran dan Branding dengan Tepat

Strategi pemasaran dan branding sangat dibutuhkan untuk membuat merk kosmetikmu diterima oleh masyarakat. Karenanya, jika kamu tidak bisa merancang dan mengaplikasikan strategi ini dengan baik, maka perkembangan bisnismu akan terhambat.

Untuk menentukan strategi pemasaran yang ideal, tentu membutuhkan brain storming yang panjang bersama rekan tim kamu. Diskusikan apa saja hal yang perlu dipertimbangkan, dilakukan, dan diusahakan agar brand kosmetik milikmu dapat berkembang dengan cepat.

Kalau pun strategi ini tidak berjalan lancar, kamu tidak boleh berputus asa terlebih dahulu. Karena dalam bisnis pasti ada yang namanya trial and error. Kamu bisa belajar dari kegagalan itu dan menciptakan strategi yang lebih efektif.

Partner Bisnis yang Kurang Menguntungkan

Selain aspek-aspek internal seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak faktor eksternal yang bisa jadi penyebab bisnis susah berkembang.

Salah satunya adalah partner bisnis yang kurang kompeten dan tidak menguntungkan. Misalnya dalam memilih jasa maklon kosmetik pun kamu harus ekstra teliti, ya, Guys.

Kamu harus memperhatikan apa saja penawaran yang mereka berikan dan fasilitas apa yang bisa kamu dapatkan.

Mash Moshem Indonesia bisa memberikan pelayanan dan fasilitas lengkap untukmu dalam membuat produk kosmetik yang berkualitas.

Mulai dari tim RnD yang handal dan berpengalaman di bidang formulasi, bahan-bahan kosmetik yang beragam dan berkualitas, mesin produksi yang canggih dan higenis, juga layanan desain kosmetik.

Tak sampai sana, kami juga bisa memberikan pelayanan untuk mendorong strategi pemasaran yang kamu lakukan. Misalnya dengan menyediakan channel distributor dan reseller, berbagai media promosi, dan banyak lainnya.

Cara Mengatasi Bisnis yang Tidak berkembang Sesuai Ekspektasi

Setelah mengetahui penyebab bisnis susah berkembang di atas, kamu bisa menerapkan tips-tips di bawah ini untuk mengatasi fase stagnan yang kamu alami.

Yuk, simak baik-baik cara mengatasi penyebab bisnis susah berkembang berikut ini!

  1. Dengarkan masukan, keluhan dan kebutuhan pelanggan dari produk kosmetik yang kamu jual. Dengan begitu, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan koreksi saat akan menciptakan inovasi kosmetik baru yang lebih berkualitas.
  2. Menciptakan produk kosmetik dengan teknologi yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  3. Lakukan strategi pemasaran yang lebih fresh dan mungkin lebih berkonsentrasi dengan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan keterikatan antara pelanggan dan brand kosmetik yang kamu buat.
  4. Selalu melakukan evaluasi dan tidak patah semangat untuk melakukan perbaikan pada strategi maupun spesifikasi produk kosmetik.
  5. Optimis bahwa semua masalah yang terjadi dapat diselesaikan dan diperbaiki.

Nah, itu adalah berbagai penyebab bisnis susah berkembang yang perlu kamu ketahui. Untuk mencegah permasalahan ini berlarut-larut, coba terapkan cara mengatasi bisnis yang susah berkembang sesuai ekspektasi yang telah direkomendasikan di atas.

Well, selamat mencoba dan semoga sukses, Beautypreneur!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment