Definisi Brand Affinity, Manfaat dan Cara Menumbuhkannya

brand affinity adalah

Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapat sebagai pebisnis, ketika mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Salah satunya dengan menciptakan brand affinity yang dapat membuat loyalitas konsumen meningkat.

Beautypreneurs, kamu pasti sudah menyadari betapa pentingnya loyalitas konsumen. Namun, hal ini tentu tidak bisa begitu saja terbentuk secara alami. Kamu perlu memberi para pelanggan alasan untuk tetap membeli dan menggunakan brand kosmetikmu.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membangun brand affinity. Strategi ini dilakukan dengan menganalisis seberapa dekat hubungan suatu brand dengan pelanggan.

Terlihat mudah, namun sulit untuk dijalankan karena banyak perusahaan atau suatu brand yang hanya mampu mencapai tingkat loyalitas brand saja. Meski begitu, strategi ini cukup worth it untuk kamu coba.

Penasaran, kan, apa yang dimaksud dengan brand affinity ini? Serta bagaimana manfaat dan strategi penerapannya pada bisnismu? Cek penjelasan lengkapnya lewat uraian berikut ini, ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Brand Affinity

Sebelum lebih jauh membahas tentang manfaat brand affinity, mari pahami dahulu pengertiannya. Brand affinity adalah kecenderungan setiap individu terhadap sebuah brand.  

Hal ini menggambarkan pelanggan yang percaya bahwa brand tertentu memiliki dan memegang nilai-nilai tertentu yang sama dengan mereka (pelanggan).

Nilai-nilai yang dianut sebuah brand ini nantinya akan menjadi fondasi hubungan antara brand dengan pelanggan setia atau pelanggan lama dan saling mengguntungkan.

Namun, pada dasarnya yang akan merasakan keuntungan besar ialah perusahaan brand tersebut. Hal ini dikarenakan semua pembelian pelanggan nantinya akan terjadi berdasarkan keputusan emosional, rasional, dan perilaku.

Ketika pelanggan telah merasakan kedekatan dengan suatu brand maka aspek emosional tentu lebih memungkinkan berperan dalam pengambilan keputusan tersebut.

Hal ini membuktikan bahwa brand affinity merupakan hubungan emosional yang dimiliki seorang pelanggan kepada suatu brand berdasarkan kepribadian brand, pengalaman brand, nilai brand, dan penawaran brand.

Dengan kata lain, brand affinity adalah pola pikir positif dari pelanggan yang ditetapkan untuk brand tersebut.

Hubungan emosional anatara sebuah brand dengan pelangganya, umumnya terjadi dan berproses melalui kesadaran brand, kemudian diperdalam dalam bentuk loyalitas brand. Pada akhirnya, berubah menjadi afinitas merek (brand affiniy).

Manfaat Brand Affinity Pada Bisnis

Saat ini banyak brand atau perusahaan yang memiliki kesan terlalu formal dan terlihat hanya berorientasi pada bisnis. Hal ini membuat para pelanggan memiliki anggapan bahwa bran tidak lagi mementingkan kebutuhan dan keinginan mereka.

Well, kondisi ini tentu berbahaya karena pelanggan lebih suka menggunakan brand yang menunjukkan rasa kepedulian dan mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Salah satu manfaat brand affinity yaitu sebagai cara perusahaan atau brand untuk menyatakan loyalitas mereka kepada para pelanggan. Dari mendorong kepercayaan secara mendalam hingga membangun hubungan yang lebuh kuat, brand affinity memiliki berbagai manfaat.

Adapun manfaat lain yang bisa didapatkan dalam penerapan brand affinity dijelaskan sebagai berikut.

Membentuk Brand Image yang Baik

Membentuk brand image yang baik berarti menciptakan citra positif suatu brand. Citra positif suatu brand dapat diciptakan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menentukan karakter atau nilai positif suatu brand.

Brand image yang baik perlu dibentuk untuk menjadi identitas pembeda brand milikmu dengan kompetitor. Adanya citra bisnis yang positif dan berbeda akan membuat brand dan perusahaan lebih menonjol, terlebih lagi, jika brand tersebut memiliki karakter yang unik.

Para konsumen setia Kamu, nantinya tentuk akan mempromosikan brandmu ketika mereka memiliki pengalaman positif terhadap setelah menggunakan produknya.

Fenomena ini juga kita kenal sebagai testimoni dari mulut ke mulut. Testimoni dari mulut ke mulut inilah yang akan mencipataan citra positif suatu brand.

Meningkatkan Kepribadian Suatu Brand

Setelah brand image positif terbentuk, manfaat lain dari strategi brand affinity adalah meningkatkan kepribadian dari brand tersebut.

Ini sangat penting, mengingat suatu brand yang membosankan, tidak ada fitur khusus, desain unik, atau keunggulan lainnya tidak akan menguasai pasar.

Dalam membangun brand affinity dengan pelanggan, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengembangkan kepribadian brand kosmetikmu. Apabila brand tersebut merupakan seorang individu, seperti apakah dia? Apa tujuan dan ambisi yang mereka (brand/produk) miliki?

Setelah kepribadian brand ditentukan, kamu perlu memasukkannya pada bagian lain dari strategi pemasaran produk atau brand. Gunakan karakter unik brand-mu untuk membuat konten yang menarik agar dapat menggaet pelanggan.

Membangun Kepercayaan antara Pelanggan dan Perusahaan

Ketika menjalin sebuah hubungan yang kuat dengan pelanggan, tentu ada tingkat kepercayaan tertentu. Banyak alasan mengapa pelanggan memilih mempercayai suatu brand juga menjadi alasan mereka tertarik kepada brand tersebut. Hal ini merupakan hubungan symbiosis, yang artinya hubungan yang saling menguntungkan.

Lebih banyak kepercayaan yang dimiliki pelanggan makan lebih banyak pula brand affinity-nya. Banyak pelanggan memberikan laporan bahwa mereka mempercayai suatu brand jika mereka tahu brand tersebut memperlakukan pelanggannya dengan baik.

Ada juga beberapa pelanggan yang menunjukkan alasan sosial untuk mendorong kepercayaan terhadap suatu brand.

Hasil survey menunjukkan bahwa para pelanggan setuju suatu brand yang memperlakukan karyawannya dengan adil akan mendapatkan kepercayaan mereka.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan perlu ditingkatkan. Hal ini karena memberi pengalaman positif terhadap pelanggan dapat mengingkatkan brand affinity bahkan kepada seseorang yang belum pernah menggunakan produk dari brand tersebut.

Ketika seseorang menyukai apa yang kamu lakukan atau memiliki hubungan emosional yang kuat dengan brand kosmetikmu, mereka pasti ingin membicarakannya kepada orang lain.

Hal ini memungkinkan pesan ini menyebar luas sehingga secara langsung maupun tidak akan meningkatkan penjualan.

Semakin banyak pelanggan yang mendengar tentang kepuasan yang diberikan kepada brand maka semakin mereka percaya bahwa brand Kamu yang layak digunakan.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perusahaan

Brand affinity juga bermanfaat bagi penigkatan kualitas pelayanan perusahaan. Pelanggan setia brand Kamu tentu tidak segan memberikan kritik dan saran yang membangun jika kamu minta. Hal ini tentu dapat dilakukan jika hubungan antara pelanggan dengan suatu brand telah terjalin dengan baik.

Jadi, perusahaan perlu memanfaatkan momen ini  

Pada akhirnya brand affinity yang hebat mampu merayu dan membujuk pelanggan untuk menggunakan brand Kamu. Mengapa demikian? Kamu memberi mereka (pelanggan) alasan emosional untuk menyukai dan menggunakan brand kosmetikmu.

Oleh karena itu, pelanggan cenderung tidak mencoba brand lain atau brand milik kompetitor, bahkan mereka (pelanggan) tidak mencoba untuk membandingkan brand Kamu dengan brand lain.

Cara Menumbuhkan Brand Affinity

Meningkatkan brand affinity berarti memahami pelanggan dan sifat-sifatnya. Pelanggan dan sifat-sifatnya yang dimaksud disini yaitu sifat-sifat pelanggan yang dikaitkan dengan brand kosmetikmu. Lalu, memastikan setiap bagian dari bisnis memperkuat pesan kepribadian dan nilai-nilai brand.

Kepribadian brand harus menonjol dan menjadi pusat dari siapa brand tersebut. Terdapat beberapa cara yang dapat menumbuhkan brand affinity sebuah perusahaan. Adapun cara-cara tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Kenali Target Pasar Bisnismu

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan brand affinity yaitu mengenali target pasar dari brand kosmetikmu.

Kamu perlu mengumpulkan sebanyak mungkin sumber data untuk mendapatkan gambaran yang paling akurat dan lengkap. Sumber data dapat ditemukan dari hasil wawancara, survey, data penjualan, ulasan, anekdot karyawan, dan data sosial.

Semua sumber data tersebut akan memberikan informasi kepadamu tentang target pasar yang kamu butuhkan. Keuntungan dari data sosial yaitu memungkinkanmu untuk meneliti seseprang ketika mereka bukan pelanggan brand-mu.

Hal ini berkaitan dengan apa yang mereka lakukan di waktu luang? apa yang mereka minati? Dan apa yang mereka pedulikan? Semakin detail kamu mengenal target pasar tersebut, maka semakin mudah juga untukmu membangun kepribadian dan kedekatan bersama mereka.

Dari demografi, bahasa umum, saluran komunikasi, dan sebaginya, kamu dapat memperoleh data yang akan membantu menyempurnakan kepada siapa brand kosmetikmu akan dipromosikan.

Pada proses penyusunannya akan tercipta beberapa segmentasi yang berbeda. Jadi, mengembagkan beberapa persona pelanggan yang akurat dapat sangat membantu dalam hal ini.

Pahami Brand Associations

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan brand affinity yaitu memahami brand assosiations. Kecerdasan sosial dapat memberi tahumu tentang bagaimana para konsumen melihat karakter brand-mu dan brand associations yang mereka buat.

Terdapat dua cara yang dapat kamu lakukan. Cara pertama, yaitu membuat pencarian untuk semua penyebutan brand kosmetikmu. Dengan melihat topik, kamu akan dapat mengidentifikasi tema atau topik umum yang saat ini banyak orang bicarakan.

Cara yang kedua, yaitu jika ada kualitas khusus yang ingin kamu tunjukkan melalui brand, maka kamu dapat merangkai kata-kata tentang hal tersebut di dalam semua penyebutan brand. Kamu juga dapat melakukan hal ini secara komparatif untuk melihat bagaimana kompetitor bekerja.

Buat Konten Pemasaran yang Bermakna

Konten pemasaran yang bermakna dapat dilakukan dengan penyampaian pesan dari brand. Setelah mengetahui target pasar brand-mu dan memahami asosiasi brand-nya, maka selanjutnya kamu harus bisa membuat konten yang bermakna untuk mereka.

Dalam cara membangun brand affinity, kamu memerlukan kepribadian merek yang diwujudkan oleh merek. Hal ini berarti bahwa setiap media komunikasi dan titik sentuh pelanggan perlu mencerminkan kepribadian brand yang ingin kamu bangun dan sampaikan.

Membangun brand affinity juga meningkatkan kemungkinan konsumen berbagi konten di media sosial. Menurut penelitian, orang berbagi untuk memberi orang lain perasaan yang lebih baik tentang siapa mereka dan apa yang mereka pedulikan.

Dengan berfokus pada ciri-ciri kepribadian brand kosmetikmu, bisnismu dapat menyelaraskan dengan target pasarnya.

Bahkan, kemungkinan besar konten akan dibagikan di mesia sosial oleh para pelanggan. Pemasaran dari mulut ke mulut lebih dipercaya sehingga mampu menguntungkan bagi suatu brand.

Hal tersebut juga tidak mungkin untuk dihentikan. Pastikan brand kosmetikmu mewakili sesuatu dan didefinisikan dengan baik. Jika kamu mengomunikasikan pesan tersebut dengan baik, kamu dapat membuat konsumen membeli nilai brand tersebut.

Berikan Layanan Pelanggan yang Selalu Siaga

Untuk meningkatkan brand affinity, kamu harus mengupayan layanan pelanggan yang selalu siap siaga. Menyediakan layanan pelanggan yang baik dan responsif merupakan hal yang dapat membedakan brand milikmu dengan brand kompetitor.

Umumnya, pelanggan berani untuk membayar lebih mahal jika mereka yakin akan menerima pengalaman layanan yang baik. Pelanggan menyadari bahwa kamu dan tim akan bekerja lebih keras jika hal tersebut diperlukan untuk mencapai tujuan mereka yang berupa kepuasan.

Kamu tidak akan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan jika layanan yang kamu berikan kepada mereka di bawah standar.

Sebagian besar pelanggan mengharapkan layanan pelanggan yang lebih baik hari ini daripada yang mereka lakukan tahun lalu. Hal ini merupakan bagian yang membutuhkan peningkatan terus-menerus pada brand milikmu.

Pelanggan tidak akan mengambil tindakan apa pun sebelum membaca ulasan, jadi sebaiknya ciptakan ulasan yang bagus untuk brand milikmu. Pastikan layanan pelanggan siap untuk mendorong basis pelanggan yang setia.

Berupayalah untuk meningkatkannya secara konsisten, karena layanan pelanggan yang sangat baik benar-benar dapat membantu membangun hubungan yang kuat antara suatu bran dengan pelanggan.

Selalu Memberikan Update Terkait Brand pada Konsumen

Langkah terkahir yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan brand affinity yaitu selalu memebrikan update terbatu terkait brand pada pelanggan atau konsumen. Jadi, hal ini mengharuskan brand-mu tetap terhubung dengan konsumen.

Dalam prosesnya dapat kamu lakukan dengan mengirimkan pesan melalui email yang menarik untuk memberi mereka pembaruan tentang produk, ataupun promo yang berlansgung.

Kamu juga dapat mengirimkan pesan melalui broadcast di media sosial tentang brand. Hal lain yang dapat kamu lakukan yaitu mengirim notifikasi berupa teks dan gambar tentang brand.

Ada banyak cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Kamu dapat memilih pemasaran media sosial, strategi pemasaran konten, pemasaran email, media cetak, dan juga panggilan telepon langsung untuk tetap terhubung dengan pelanggan kamu.

Brand Affinity dan Brand Loyalty, Apa Bedanya?

Brand affinity dan brand loyalty sering digunakan secara bergantian. Keduanya memang sangat mirip dan terlihat hampir sama. Namun, seseorang dapat setia pada suatu brand tanpa merasakan ketertarikan terhadap brand tersebut hanya karena mereka percaya bahwa brand tersebut menjual produk terbaik.

Pada brand loyalty, seringkali tidak ada hubungan pribadi yang kuat yang dapat mengikat pelanggan terhadap suatu brand. Pelanggan setia pada brand tersebut karena mereka menganggap brand tersebut memberi mereka beberapa nilai.

Hal ini dapat membuat pelanggan tetap setia pada brand tersebut terlepas dari harga atau tindakan yang kompetitor lakukan.

Pelanggan yang loyal terhadap suatu brand akan tetap loyal karena mereka yakin brand tersebut menawarkan pengalaman terbaik dan kualitas yang lebih tinggi dari brand kompetitor.

Hal ini merupakan keputusan rasional, bukan keputusan emosional. Hal ini juga dapat menjadi keputusan perilaku, di mana pelanggan mungkin akan terus membeli merek yang sama karena apatis, bukan loyalitas. Perbedaan antara keduanya bisa jadi cukup sulit untuk kamu pahami.

Sifat kebiasaan pembelian setia ini dapat kamu perkuat dengan mengadakan program loyalitas pelanggan. Mendorong loyalitas melalui penawaran khusus tidak menumbuhkan loyalitas pelanggan yang nyata.

Afinitas merek (brand affinity) adalah tingkat hubungan pelanggan yang paling berharga dan dapat  bertahan lama karena terdapat hubungan antara brand dengan pelanggan, serta produk dengan konsumen.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah penjelasan mengenai definisi, manfaat, dan cara menumbuhkan afinitas merek yang perlu kamu tahu. Kamu bisa menerapkan strategi ini untuk membuat pelanggan brand kosmetikmu kian loyal.

Selain strategi branding satu ini, kamu bisa menemukan tips promosi digital dan branding lainnya dalam laman Berita Terkini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment