Mengenal Strategi CPA Marketing: Definisi dan Peluangnya Untuk Bisnis

strategi cpa marketing

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kegiatan bisnis tidak bisa dipisahkan dengan website. Selain menjadi tempat berjualan, website juga dianggap menjadi aspek penting untuk promosi. Oleh karena itu  wajib hukumnya bagi pebisnis untuk mempunyai website.

Namun tahu nggak sih, ternyata website tidak hanya digunakan untuk berjualan dan promosi saja. Tapi kamu juga bisa menghasilkan uang dari website dengan action yang dilakukan oleh pengunjung. Hal ini dinamakan dengan Cost per Action atau CPA Marketing.

Strategi ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan bisnis. Sebab kamu juga bisa mendapatkan pemasukan selain dari penjualan. Jika kamu menerapkan CPA Marketing dalam bisnis juga dapat menghemat biaya modal.

Seperti apa sih detail mengenai strategu CPA Marketing ini? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang CPA Marketing. Mulai dari definisi, keuntungan hingga rekomendasi CPA Marketing terbaik untuk bisnismu. Ikuti sampai selesai ya.

Apa Itu CPA Marketing?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Cost Per Action atau CPA Marketing merupakan sebuah strategi yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan komisi dari action yang dilakukan pengunjung di website.

Sistem CPA Marketing ini menggunakan Pay Per Leads atau PPL. Jadi kamu bisa mendapat banyak keuntungan di sini.

Action yang dilakukan oleh pengunjung pun sangat beragam. Mulai dari download, mengisi form hingga melakukan pembelian. Setiap action pun memuliki nilai yang berbeda pula. Bisa 1-10 persen.

System CPA Marketing bisa dibilang mirip dengan affiliate marketing. Komisinya tergantung dari seberapa besar action yang dilakukan oleh pengunjung.

Namun komisi yang didapat dari CPA Marketing cenderung lebih kecil dari affiliate. Jika affiliate kamu bisa mendapat komisi hingga 70 persen, CPA Marketing hanya 1-10 persen.

Tapi jangan khawatir. Sebab potensi membuat orang untuk melakukan action di website lebih besar ketimbang meminta orang untuk membeli sebuah barang.

Jadi kemungkinan besar mendapatkan komisi pun lebih tinggi. Misalnya dengan affiliate marketing, kamu meminta orang membeli sebuah produk. Mereka membeli dengan menggunakan kode referral yang kamu gunakan.

Kamu pun akan mendapat 70 persen dari harga barang. Misalnya harga barang tersebut Rp100 ribu. Maka kamu bisa mendapatkan komisi Rp70 ribu dari affiliate tersebut.

Sedangkan jika kamu memasang iklan di website dan ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut dan melakukan action yang diminta, kamu akan mendapatkan komisi 1-10 persen. Misalnya action tersebut adalah mengisi email. Nah, dari pengisian tersebut kamu bisa mendapatkan komisi.

Jika harga produk Rp100 ribu  dan kamu mendapatkan komisi satu persen, maka kamu akan dapat Rp1000 per action. Namun jika pengunjung di website mencapai 1000 per hari, maka kamu akan mendapat seribu kali lipat dari CPA Marketing.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan dalam CPA Marketing

Bagaimana, sudah tertarik menggunakan CPA Marketing? Tapi tunggu dulu, sebelum menggunakan CPA Marketing, ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa istilahnya:

Publiser

Orang yang mempromosikan produk atau bisnis di websitenya.

Advertiser

Perusahaan atau partnership yang meminta CPA untuk mempromosikan bisnisnya.

CPA Network

Platform yang mempertemukan publisher dan advertiser.

Affiliate Manager

Orang yang bertugas membimbing dan mengarahkan publisher untuk menjalankan tugas CPA marketing.

Komisi

Keuntungan yang didapat oleh publisher dari memasang iklan di website.

Action

Tindakan yang dilakukan oleh pengunjung atau user.

Nah, itulah defisi dan pengentian dari CPA Marketing yang wajib kamu ketahui. Lantas apa saja sih keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan strategi marketing yang satu ini? Berikut penjelasan selengkapnya.    

Keuntungan Memasang Iklan Menggunakan CPA Marketing

Sebelumnya telah disinggung bahwa CPA marketing dapat mendatangkan berbagai keuntungan bagi pemilik website. Maka tak heran jika banyak pebisnis yang sudah menerapkan strategi yang satu ini. Memang apa saja sih keuntungannya?

Mudah Dijalankan

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan strategi ini adalah mudah dijalankan. Yakni kamu cukup mempunyai website yang aktif dan mendaftarkannya ke CPA Network.

Setelah itu kamu akan mendapat bimbingan dari Affiliate Manager. Barulah langkah selanjutnya kamu harus berusaha meningkatkan traffic website.

 Supaya pengunjung menjadi lebih banyak dan potensi untuk mendapatkan komisi pun lebih tinggi. Oleh karena itu promosi harus giat dilakukan. 

Modal Minim

Tak hanya mudah dijalankan, CPA Marketing juga tidak perlu modal yang besar. Bahkan kamu bisa menjalankan strategi yang satu ini dengan gratis. Yang kamu butuhkan hanyalah website yang aktif. Apalagi pendaftaran CPA Network juga tidak dipungut biaya sepeser pun.

Peluang Untung Semakin Besar

Selain modal yang minim, keuntungan selanjutnya yang akan kamu dapatkan adalah peluang untung dalam berbisnis pun semakin besar. Sebab kamu akan mendapat komisi dari action yang dilakukan oleh user.

Pendapatan komisi pun bergantung dari apa yang dilakukan oleh user. Semakin besar action yang dilakukan. Maka semakin tinggi pula komisi yang akan kamu dapatkan. Oleh karena itu, mendapatkan banyak pengunjung juga sangat wajib hukumnya bila menggunakan strategi yang satu ini.

Jam Kerja Lebih Fleksibel

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah jam kerja yang fleksibel. Tentu hal ini menjadi impian banyak orang. Bekerja tidak terikat oleh waktu. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten yang menarik sesuai minat dan konsep dari website yang kamu miliki.

Kamu juga perlu terus mengupdate konten-konten yang ada di website. Jangan lupa juga untuk mengikuti trend agar websitemu dilirik banyak orang. Jika websitemu mendapat banyak pengunjung, kemungkinan mendapat komisi pun lebih tinggi.

Itulah beberapa kelebihan dan manfaat yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan CPA Marketing. Nah, selanjutnya bagaimana sih cara melacak CPA ini? berikut penjelasannya.

Cara Melacak CPA

Setelah mengetahuii kelebihan dari strategi CPA marketing ini pasti kamu akan semakin tertarik untuk menggunakan. Tak ada salahnya, namun ketika menggunkan strategi yang satu ini kamu juga harus sering mengecek serta melacaknya.

Caranya dengan menggunakan Google Analytics. Dari tools Google tersebut kamu akan mengetahui segala aktifitas yang dilakukan oleh pengguna saat berada di websitemu. Seperti halaman apa saja yang diklik, action apa saja yang dilakukan dan masih banyak lainnya. Tentu saja data ini akan sangat penting di kemudian hari.

Lantas bagaimana sih cara mengoptimalkan CPA Marketing ini? Well, kamu nggak perlu khawatir, simak penjelasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan CPA Marketing.

Cara Mengoptimalkan Strategi CPA Marketing

CPA Marketing memang sangat menggiurkan dan berpotensi untuk mendatangkan profit yang lebih besar. Oleh karena itu kamu perlu mengoptimalkannya. Berikut adalah beberapa langkah dan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan strategi CPA Marketing.

Membuat Kampanye Iklan yang Unik

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat kampanye iklan yang unik. Buatlah semenarik dan unik mungkin. Supaya tidak terkesan pasaran dan meniru. Namun perlu ditekankan lagi, meskipun kamu ingin bersifat original, jangan sampai mengesampingkan tren.

Itu semua dilakukan untuk menumbuhkan rasa penasaran dan ketertarikan pelanggan kepada konten yang kamu buat. salah satu tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan bahasa yang bersuasif. Jangan lupa juga untuk menggunakan CTA dengan copywriting yang menarik.

Baca Juga: 13+ Jenis Marketing Campaign Untuk Lejitkan Bisnismu, Apa Saja?

Perbaiki Landing Page

Salah satu hal yang harus kamu perbaiki adalah landing page. Landing page ini akan membawa tujuan dari pelanggan ketika melakukan action Landing page yang kamu buat harus sesuai dengan CTA yang telah kamu buat pula.

Misalnya kamu membuat iklan dengan CTA untuk membeli sesuatu. Nah, landing page yang kamu berikan harus langsung menuju produk yang akan dibeli tersebut. Atau toko onlinemu. Dengan begitu pengguna bisa langsung tertuju dengan apa yang mereka mau.

Ingin tahu lebih detail soal landing page? Simak di sini!

Lakukan Analisis

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan analisis. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa melakukan analisis merupakan hal yang cukup penting. Sebab dengan mengetahui performa pengguna di websitemu, kamu akan dapat melakukan dan menemukan strategi baru.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengoptimalkan CPA Marketing. Jika kamu ingin menggunakan strategi yang satu ini, berikut adalah rekomendasi CPA Marketing yang tepat untuk kamu.

Rekomendasi CPA Network Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa CPA marketing merupakan sebuah platform yang bisa mempertemukan kamu dengan pemilik bisnis. Jika kamu belum mempunyai atau CPA marketing, kamu bisa mendaftarkan diri di CPA Network untuk pemula. Setelah mahir, kamu bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Yakni dengan mendaftar CPA Network yang lebih besar.

Setelah mendaftar sebagai Publiser di CPA Network, kamu akan dibimbing oleh Affiliate Manager atau AM. Gunakanlah kesempatan ini dengan baik, komunikasikan segala hal dengan AM. Sebab AM akan membimbingmu untuk sukses menjalankan bisnis yang satu ini.

Nah, untuk kamu yang masih bingung. Berikut kami rekomendasikan CPA Network terbaik yang bisa kamu gunakan. Berikut daftar selengkapnya:

Peerfly

CPA network yang satu ini sudah cukup popular. Bahkan perusahaan besar dunia seperti Uber, Agoda, Booking.com juga menggunakan platform yang satu ini. Saking populernya, Peerfly menjadi CPA Network dengan pertumbuhan paling pesat.

Bahkan saat ini penggunanya mencapai 30.000 publisher yang tersebar di 165 negara di seluruh dunia. Kamu juga akan mendapat bimbingan khusus jika menggunakan Peerfly. Selain itu juga akan mendapat tips-tips untuk meningkatkan performa CPA Marketing. Jadi akan sangat efektif bagi kamu yang baru saja memulai bisnis ini.

Maxbounty

Platform selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Maxbounty. Bahkan perusahaan berkelas dunia seperti Microsoft, Apple, Shutterstock, Alibaba, American Express, dan lain-lain juga menggunakannya. Tak heran jika platform yang satu ini sangat mudah berkembang.

Apalagi kamu juga akan mendapat komisi per minggu jika menggunakan Maxbounty. Sangat menarik sekali bukan?

ClickDealer

CPA yang satu ini sangat cocok untuk pemula. AM akan membantu dan membimbingmu secara perlahan hingga kamu bisa. Yang lebih menariknya lagi ada beberapa cara pembayaran yang bisa kamu pilih jika menggunakan ClickDealer. Yakni dengan pembayaran secara langsung maupun deposit.

Globalwide Media

CPA Marketing yang satu ini juga dikenal sebagai Never Blue. Saat menggunakan platfor yang satu ini kamu akan diberikan penawaran yang cukup menarik. Seperti mendapatkan produk dan servis yang menarik seperti tool analytic and measurement, email marketing, dan Brand Safety.

Apalagi jika kamu mencaptar CPA yang satu ini, kamu bisa mendaftar sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Seperti E-Commerce, Education, Entertainment, Health Care, Telecommunication, dan lain-lain.

Clickbooth

Clickbooth merupakan CPA yang paling terfavorit bagi para publisher. Sebab Clickbooth mengklaim telah membayar lebih dari 100 miliar dolar per tahun untuk publishernya. Tak hanya itu, platform yang satu ini juga merupakan CPA Network yang paling tua.

Berbagai keuntungan pun juga ditawarkan melalui CPA yang satu ini. Salah satunya adalah bimbingan dari AM ketika kamu baru memulai.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang CPA Marketing. Tertarik untuk mencoba?

Selain penjelasan soal stratgei CPA marketing tersebut, kamu juga bisa menemukan berbagi tips bisnis dan pemasaran digital untuk brand kosmetikmu lainnya di laman Berita Terkini.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment