Tips Menggunakan Instagram Video Ads Agar Iklan Kian Efektif

tips menggunakan instagram video ads

Pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 99,4 juta jiwa. Jumlah yang fantastis tersebut menjadikan Indonesia sebagai Negara dengan pengguna Instagram paling banyak nomor empat di dunia. Bayangkan, jika kamu menerapkan tips menggunakan Instagram Video Ads dengan tepat, seperti apa hasil yang kamu terima? Boom!

Tak heran bila sosial media yang satu ini menjadi sasaran empuk para pebisnis sebagai wadah untuk promosi. Selain jumlah yang banyak juga karena bentuk konten yang beragam.

Mulai dari gambar, meme, microblog hingga video. Keberagaman ini membuat pebisnis bisa bebas mengeksplore bentuk promosi mereka.

Jika dulu Instagram hanya berkutat pada konten foto, kini tidak lagi. Instagram juga sangat mendukung konten-konten berbasis video. Mulai dari story, feed hingga reels. Bahkan, konten dalam bentuk video mendapat algoritma tinggi daripada konten berbasi foto.

Itulah sebab mengapa Instagram Video lebih diminati saat ini. Apalagi kini Instagram juga mempunyai fitur Video Ads yang bisa kamu jadikan untuk sarana beriklan agar lebih efektif. Instagram Video Ads saat ini juga menjadi pilihan utama bagi para pebisnis untuk sarana promosi.

Ingin tahu seperti apa Instagram Video Ads ini? Dan bagaimana cara menggunakannya? Tenang, sebab artikel ini akan membahas tuntas mengenai tips menggunakan Instagram Video Ads. Selamat membaca, Beautypreneurs!

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Instagram Video Ads

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa instagram memiliki beragam tempat untuk konten berbasis video. Mulai dari feed, story, reels, hingga explore. Tentu saja kamu bisa mempublish beragam konten tersebut di berbagai tempat itu.

Setiap fitur Instagram tersebut akan menghasilkan insight yang berbeda pula. Tidak bisa disamakan satu sama lain. Meskipun berbeda, namun semua fitur tersebut memiliki tujuan yang sama. Yakni untuk promosi.

Untuk melakukan Video Instagram Ads, kamu harus terhubung dengan Facebook terlebih dahulu. Seperti yang diketahui bahwa Instagram adalah salah satu anak perusahaan dari perusahaan Facebook atau saat ini lebih dikenal dengan Meta.

Melakukan iklan untuk semua anak perusahaan tersebut harus melalui satu jalur, yakni Facebook. Nah, untuk melakukan video Instagram Ads, kamu harus mengunjungi Facebook Ads Manager terlebih dahulu. Setelah itu klik Ad Center, kemudian pilih Manage Page. Lalu pilih All Ads dan kemudian Ads Manager.

Setelah itu kamu bisa memilih jenis iklan yang kamu inginkan. Namun perlu diketahui bahwa promosi dalam bentuk video di Instagram tidak dapat dilakukan dengan begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga: Cari Tahu Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Efisien

Tentukan Objektif

Dalam melakukan promosi tentu saja ada hal yang ingin kamu capai. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui tujuan dari promosi tersebut. Pada tips menggunakan Instagram Video Ads sendiri terdapat beberapa objektif yang bisa kamu pilih.

Seperti brand awareness, reach, traffic, engagement, aps installs, video views, lead generation, messages, conversion, catalog share dan store traffic. Dengan menentukan objektif terlebih dahulu, kamu bisa mengetahui dimana tempat kamu akan memposting video tersebut.

Akankah di reels, feed ataukah story. Sebab di setiap tempat tersebut memiliki objectif yang berbeda pula. Oleh karena itu tentukan terlebih dahulu apa yang ingin kamu tuju dengan promosi video tersebut. Dengan begitu target insight yang ingin kamu capai akan berpotensi terwujud. Lantas apa sih pengertian dari beberapa objectif tersebut?

Brand Awareness dan Reach

Dengan brand awareness dan reach kamu bisa mengetahui seberapa besar brand atau produk yang kamu promosikan dikenal oleh orang. Jika kamu ingin meningkatkan dua objektif tersebut, kamu bisa memposting video di segala platform Instagram.

Mulai dari reels, feed hingga story. Sebab di setiap platform Instagram tersebut memiliki objectif brand awareness dan reach.

Traffic dan Video Views

Tak hanya brand awareness dan reach saja yang terdapat dalam setiap platform Instagram. namun traffic dan video views juga. Jadi kamu bisa memanfaatkan semua platform Instagram untuk meningkatkan dua metric yang ini.

Engagement

Engagement merupakan faktor yang cukup penting bagi sebuah promosi iklan. Semakin tinggi engagement, semakin besar pula potensi promosi yang kamu lakukan sukses di pasaran. Sebab engagement ini dapat mengukur seberapa besar respon yang diberikan audience terhadap konten yang kamu buat.

Beberapa faktor yang dihitung sebagai engagement adalah like, komen hingga share. Interaksi ini akan dengan mudah kamu dapatkan dalam dua platform Instagram. Yakni feed dan reels.

App Installs, Lead Generation dan Messages

Tiga objektif kali ini akan sangat mudah kamu dapatkan dalam platform story. Sebab dengan story, kamu bisa menambahkan link untuk CTA. Selain itu kamu juga bisa langsung mengarahkan audience untuk melakukan action. Bahkan kamu juga bisa langsung berinteraksi dengan audience secara private di messages.

Conversions dan Catalog Sales

Dua objektif ini bisa langsung menghasilkan rupiah dan meningkatkan penjualan. Sebab kamu kamu bisa mengubah audiene menjadi pelanggan. Yakni dengan melalui catalog sales. Untuk meningkatkan dua objektif ini akan sangat efektif jika kamu menggunakan video reels. Sebab bisa langsung terhubung dengan katalog. Sehingga audience bisa langsung melakukan pembelian.

Store traffic

Jika tujuanmu adalah meningkatkan pengunjung toko, maka dua platform yang cocok untuk meingkatkan store traffic adalah feed dan story. Dengan dua platform tersebut, audience bisa langsung melakukan action sesuai dengan CTA yang kamu berikan.

Tentukan Spesifikasi Instagram Video Ads

Selain menentukan objektif, hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin beriklan video di Instagram adalah menentukan spesifikasi iklan. Sebab setiap platform yang ditawarkan oleh Instagram memiliki jenis iklan yang berbeda pula. Berikut beberapa jenis Instagram Ads yang perlu kamu ketahui.

Instagram Story Ads

Yang pertama adalah Instagram Story Ads. Jenis iklan Instagram yang satu ini bisa berupa foto atau pun video. Bentuknya pun full screen dan vertical. Jadi sangat efektif dan memberi kepuasan tersendiri pada audience.

Namun perlu diketahui bahwa Instagram story ads ini hanya bersifat 24 jam. Jadi durasi yang singkat membuatmu harus menguploadnya berulangkali. Selain itu durasi yang disediakan adalah 15 detik. Untuk kamu yang ingin membuat iklan promosi singkat, Instagram Story bisa jadi solusinya.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat Instagram Story Ads:

  • Resolusi: 1080 × 1080 piksel.
  • Rasio aspek: 9:16.
  • Semua format file yang kamu unggah harus berupa MP4 atau MOV.
  • Durasi maksimum: 2 menit.
  • Ukuran video maks: 4MB.
  • Suara dan teks video bersifat opsional, tetapi sangat berpengaruh pada minat audience, lho.

Instagram Reels Ads

Spesifikasi selanjutnya adalah Reels Ads. Reels merupakan platform terbaru Instagram yang baru saja diluncurkan pada 2021 lalu. Cara kerjanya pun hampir sama dengan Insragram story. Namun bedanya Reels tidak hilang dalam waktu 24 jam.

Durasi video yang diberikan pun sampai 2 menit. Bentuknya vertical dan juga full screen. Interaksinya juga memiliki perbedaan dengan story. Reels bisa menampung komen, like, simpan hingga share. Untuk membuat video Instagram reels ads, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yakni sebagai berikut:

  • Resolusi yang disarankan: 1080 × 1080.
  • Rasio aspek: 4:5.
  • Baiknya gunakan format MP4 dan MOV untuk semua kontenmu.
  • Ukuran video maksimal adalah 30GB.
  • Durasi video maksimal adalah 2 menit.

In-Stream Video Ads

In-Stream Video Ads atau lebih populer dengan istilah IG TV. Instagram TV ini memiliki format yang hampir sama seperti video lainnya. Namun yang membedakan, pada IG TV ini memiliki durasi video yang cukup panjang daripada jenis video iklan yang lainnya.

Berikut kualifikasi yang harus kamu penuhi ketika ingin menggunakan iklan Instagram Ads:

  • Resolusi yang disarankan: 1080 × 1080.
  • Rasio aspek: 4:5.
  • Baiknya gunakan format MP4 dan MOV untuk semua kontenmu.
  • Ukuran video maksimal adalah 30GB.

Instagram Explore Ads

Instagram Explore ads menjadi salah satu spesifikasi yang  perlu kamu coba. Sebab setiap harinya terdapat lebih dari 200 juta akun yang aktif di eksplore. Nah, jika videomu masuk di eksplore, maka akan berpotensi untuk meningkat beragam engagement. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan melakukan Instagram Explore ads:

  • Sementara untuk resolusi, upload konten dengan resolusi paling tinggi.
  • Pastikan panjang video 1 hingga 120 detik saja.
  • Gunakan caption, meski sebenarnya bersifat optional.

Nah, itulah beberapa spesifikasi yang harus kamu tentukan sebelum ingin beriklan video. Agar video Instagram Ads-mu berpotensi sukses besar, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan. Apa saja? Berikut detail dan penjelasan selengkapnya.

Tips Menggunakan Instagram Video Ads

Tak bisa dipungkiri bahwa konten berbentuk video kini lebih banyak diminati daripada konten berbasis foto. Oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pebisnis untuk menggunakan video Instagram Ads dalam promosi. Berikut beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar video iklanmu sukses dipasaran.

Optimalkan Iklan Video Untuk Seluler

Hampir sebagian besar orang menggunakan ponsel dalam kehidupan sehari-hari. Karena ponsel dinilai lebih mudah dan efektif daripada computer. Jadi penting sekali untuk membuat video iklan sesuai dengan tampilan untuk seluler.

Umumnya orang akan lebih menikmati video tersebut dengan bentuk vertical. Dengan ukuran 1080×1920. Perlu diketahui juga resolusi video harus sebagus mungkin. Kualitas video yang bagus akan membuat audience semakin percaya dengan produk yang kamu buat.

Langsung ke Intinya

Seperti yang diketahui bahwa video di Instagram tidak memiliki durasi yang cukup panjang seperti di Youtube. Jadi buatlah sesingkat dan seinformatif mungkin. Jangan terlalu bertele-tele dan langsung saja pada inti dari promosi yang ingin kamu sampaikan.

Apalagi pengguna Instagram juga cenderung tidak menyukai sesuai yang basa-basi. Usahakan pada tiga detik pertama videomu harus menarik perhatian audience. Jika tidak, potensi videomu akan dilewati pun semakin besar.

Gunakan Caption

Tak hanya visual saja yang perlu diperhatikan pada video Instagram Ads, namun caption pada konten tersebut juga sangat berpengaruh. Buatlah caption seinteraktif mungkin agar audience merasa terlibat dengan konten yang kamu buat.

Selain itu juga gunakan diksi yang bersifat persuadif. Supaya mengundang audience untuk melakukan komen. Sehingga engagement juga akan lebih meningkat.

Untuk membuat caption Instagram yang menarik, kamu bisa cek tips-nya di sini!

Manfaatkan Otomatisasi

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan otomatisasi. Kamu bisa memanfaatkan fitur otomatis Instagram untuk videomu. Sehingga kamu tidak perlu pusing dan riber untuk memikirkan bentuk dari video tersebut. Misalnya seperti format hingga durasi yang ditentukan oleh Instagram.

Lihat kompetisi

Melihat kompetisi juga sangat penting dilakukan untuk melihat apa yang sedang tren. Kamu bisa melihat video kompetitor untuk mendapatkan inspirasi. Tak hanya itu, kamu juga bisa memasukkan tren yang sedang hype untuk meningkatkan performa videomu. Sebab dengan mengikuti tren, itu juga berpotensi untuk menambah berbagai awareness dan reach.

Jadilah Original

Meskipun mengikuti trend  dan melihat video kompetitor, kamu harus tetap menjadi diri sendiri atau original. Sebab dengan begitu masyarakat akan lebih mudah dalam mengenali brand atau bisnis kosmetikmu. Bangunlah ciri khas tersendiri, mulai dari visual hingga gaya bahasa yang kamu gunakan dalam konten tersebut.

Memecahkan Masalah

Orang cenderung akan menyukai konten yang bersifat memecahkan masalah. Buatlah konten video seinteraktif dan seinformatif mungkin. Buatlah audience seolah terbantu memecahkan masalah setelah melihat video yang telah kamu buat.

Konsisten

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah konsisten. Dengan konsisten kamu akan mudah dikenali banyak orang. Selain itu algoritma Instagram juga akan mudah menegnali konten yang kamu buat.

Konsisten ini mencakup dalam segala hal. Yakni jadwal pengunggahan, bentuk konten dan masih banyak lainnya. Dengan konsisten ini nantinya akan terbangun yang namanya cirri khas.

Nah, itulah beragam tips yang pelu kamu lakukan untuk menggunakan Instagram Video Ads. Selain tips ini, kamu bisa menyimak berbagai tips lain seputar pemasaran digital dan bisnis kosmetik di laman Berita Terkini.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment