Simple Banget, Intip Cara Berbisnis di Telegram dan Tips Suksesnya Berikut Ini

cara berbisnis di telegram

Tak hanya dapat kamu manfaatkan untuk berkomunikasi dan berbagai kabar, media sosial juga bisa jadi alat promosi dan penjualan yang efisien. Semua jenis media sosial, termasuk Telegram bisa digunakan untuk berbisnis.

Menggunakan Telegram memungkinkanmu terhubung dengan lebih banyak pembeli, yang berminat dan tertarik dengan bisnismu. Selain itu, media sosial ini pun memungkinkanmu untuk mengirim konten promosi dalam berbagai jenis, baik visual, audio, maupun audio-visual.

Kamu mungkin belum begitu familiar dengan casra berbisnis di Telegram. Mengingat Facebook, Instagram, dan aplikasi Meta lainnya masih menguasai pasar.

Meski begitu ada banyak manfaat atau keuntungan sendiri yang akan kamu dapatkan dengan berbisnis di Telegram, lho. Mulai dari kemudahan berkomunikasi dengan konsumen, konten yang bervariasi, dan banyak lainnya.

Nah, pertanyaannya bagaimana cara berbisnis di Telegram dengan efektif dan efisien? Langsung simak penjelasan lengkapnya lewat ulasan ini, yuk!

Apa itu Telegram?

Telegram pada dasarnya adalah aplikasi chatting yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan, foto, video, audio, dan file atau dokumen yang terenkripsi. Menariknya, kamu bisa mengirim file dengan besaran yang lebih beragam.

Misal konten video dengan resolusi tinggi dan besaran file hingga Giga Byte (GB). Dengan begitu, kamu bisa menyisipkan video promosi, foto brosur, dan media promosi lainnya dengan kualitas terbaik.

Tak hanya itu, penggunaan Telegram untuk bisnis ini juga bisa membantu komunikasi antara penjual dan pembeli menjadi lancar. Kamu bahkan bisa membangun grup/channel khusus untuk membahas mengenai brand/bisnis yang kamu miliki.

Aplikasi yang diunduh lebih dari 100 juta kali ini sebenarnya banyak digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan usaha mereka. Karena dengan basis pengguna yang luas, kamu selalu bisa menjangkau dan menemukan calon konsumen baru yang potensial.

Cara Berbisnis di Telegram yang Efektif dan Efisien

Dengan besaran penggunanya, cara berbisnis di Telegram pun terbilang sangat potensial. Kamu pun bisa mengaplikasikannya dengan mudah lho, Beautyprenuers!

Nah berikut ini cara berbisnis di Telegram yang bisa kamu coba. Yuk, simak baik-baik!

Bergabunglah dengan Grup Jualan di Telegram

Langkah pertama dalam cara berbisnis di Telegram adalah bergabung dengan grup jualan. Ya, seperti yang kamu tahu ada banyak grup yang bertebaran di Telegram, termasuk grup jual beli. Umumnya untuk masuk ke dalam grup ini tak perlu persyaratan khusus dan rumit.

Nah, lewat grup jualan inilah kamu bisa menawarkan produk atau brand kosmetikmu kepada orang-orang yang bergabung. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau konsumen yang tepat dan memperoleh calon pembeli baru.

Agar cara berbisnis di Telegram ini berjalan maksimal, pilihlah grup yang masih aktif dengan jumlah followers cukup besar. Karena semakin besar pengikutnya, maka semakin besar juga peluang promosi yang kamu lakukan berjalan efektif.

Buat Grup Khusus untuk Brand/Bisnismu

Selain mengikuti grup yang sudah ada, kamu bisa membuat grup bisnis sendiri, lho. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan kesan eksklusif dan lebih professional pada brand kosmetikmu. Apalagi dalam satu grup Telegram dapat memuat hingga 200 ribu anggota.

Kamu bisa mengirimkan undangan kepada konsumen setiamu, rekan, ataupun followers di media sosialmu untuk turut bergabung dalam grup tersebut. Janjikan bahwa kamu pun akan meng-update berbagai informasi soal promo dan diskon khusus dalam grup bisnis tersebut.

Aktiflah untuk Memberikan Informasi

Langkah selanjutnya adalah aktif memberikan informasi dalam grup, baik yang kamu ikuti atau buat sendiri. Tak melulu soal brand atau produk yang kamu jual, informasi ini bisa berkaitan dengan tips pembelian produk, memilih jenis yang cocok dengan kebutuhan, dan banyak lainnya.

Dengan begitu, anggota grup tidak akan merasa bosan dengan postingan yang kamu buat. Mereka pun akan lebih nyaman untuk membicarakan atau menanyakan berbagai informasi yang kamu bagikan tersebut.

Langkah ini juga sangat dianjurkan ketika kamu belum memiliki grup sendiri dan berpromosi di grup jualan orang lain. Maka, kamu tidak akan terkesan hanya memberikan spamming jualan, tapi juga bisa membangun relasi yang baik dengan anggota yang lain.

Gunakan Keyword yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah menggunakan keyword yang tepat sebagai nama grup atau channel. Cara berbisnis di Telegram ini akan memudahkan audience menemukan grup jualan yang kamu buat dan ikuti.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memasukkan topik-topik promosi nantinya dengan nama grup tersebut. Dengan begitu, konsumen bisa langsung memahami apa yang kamu tawarkan, promonya, dan keuntungan yang akan mereka dapatkan.

Buat Channel Telegram

Selain grup, kamu juga bisa membuat channel khusus sebagai cara berbisnis di Telegram. Uniknya, fitur ini memungkinkan sang pemilik atau pembuat hanya dapat melakukan komunikasi satu arah. Jadi audience yang mengikuti channel tersebut hanya akan mendapatkan infor yang kamu bagikan saja.

Dengan kata lain, audience tidak bisa memberikan komentar atau tanggapan lain pada konten yang kamu bagikan. Untuk itu, sebelum membuat channel sendiri untuk brand kosmetikmu, kamu perlu membangun komunitas tersendiri sehingga memiliki banyak pengikut.

Kemudian, kamu bisa langsung melakukan promosi produk jualan atau brandmu dengan pesar broadcast di channel tersebut.

Maksimalkan Fitur Chat Bot atau Chat Otomatis

Cara berbisnis di Telegram selanjutnya adalah dengan memaksimalkan fitur chat bot atau chat otomatis. Ini bisa kamu pakai untuk membalas chat konsumen sesegera mungkin, sehingga konsumen bisa lebih sabar untuk menunggu balasanmu selanjutnya.

Namun, ada baiknya untukmu tidak meninggalkan keluhan konsumen dengan balasan otomatis. Karena, mereka bisa saja merasa tersinggung dan terabaikan. Akhirnya, bisa saja konsumen akan meninggalkan review/komentar yang buruk mengenai pelayananmu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Komentar Negatif dari Konsumen

Aktifkan Fitur Keamanan Akun

Keuntungan menggunakan Telegram untuk berbisnis adalah adanya fitur keamanan akun. Kamu bisa menggunakannya dalam bisnismu juga, lho!

Dengan begitu kamu bisa melakukan kegiatan promosi dan jualan dengan lebih aman. Tak perlu takut mengalami peretasan dan lain sebagainya.

Manfaatkan Opsi Pengiriman Dokumen

Cara berbisnis di Telegram selanjutnya bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan opsi pengiriman dokumen. Langkah ini cocok untuk kamu gunakan bila perlu mengirim dokumen atau konten promosi dengan ukuran file yang besar.

Tentu ini akan memberikan kualitas gambar dan video lebih besar, jernih, dan berkualitas tinggi. Akhirnya konsumen bisa mendapatkan gambaran yang lebih memuaskan mengenai produk jualanmu di Telegaram tersebut.

Menciptakan Konten Promosi yang Menarik

Orang-orang menghabiskan waktu mereka di Telegram tak hanya bertukar informasi secara verbal. Melainkan, suka menonton hiburan atau konten-konten yang menarik.

Karena itu, cara berbisnis di Telegram selanjutnya adalah menciptakan konten promosi yang menarik dan tepat sasaran. Dalam hal ini kamu harus bisa menyediakan berbagai media pemasaran trendi dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jika Telegram mendukung pengiriman file berukuran besar, maka kamu bisa mengirim konten promosi berupa video dan foto. Tanpa takut bahwa file ini akan terkompres dan ukurannya menjadi lebih kecil.

Tahukah kamu, Mash Moshem Indonesia juga menawarkan berbagai layanan aftersales di samping produksi kosmetik. Termasuk membuta berbagai media promosi yang menarik untuk strategi pemasaran brand kosmetikmu.

Mulai dari pembuatan video company profile, foto dan video produk, pembuatan brosur dan katalog, FAQ, dan masih banyak lainnya.

Jalin Komunikasi dan Hubungan Baik dengan Anggota Grup

Langkah selanjutnya adalah menjailin komunikasi dan hubungan yang baik dengan anggota grup jualan. Cara berbisnis di Telegram ini sangat penting, demi membuat semua anggota grup merasa nyaman dan memiliki hubungan yang baik denganmu.

Untuk menciptakan suasana akrab dan nyaman ini, kamu bisa berbagi cerita, pengalaman, motivasi dan semangat, membagikan quotes, serta aktif memberikan respons ketika ada pengguna lain yang memulai obrolan atau sapaan.

Konsisten

Pada dasarnya ketika memulai sebuah usaha dari nol, kamu perlu bersikap konsisten dan pantang menyerah. Karena enggak sedikit dari pebisnis baru yang menyudahi perjuangan mereka hanya karena hasil yang ada tak begitu besar.

Ketidaksabaran ini membuat mereka memutuskan mengakhiri usahanya bahkan sebelum menunjukkan perkembangan yang pasti. Padahal, kesuksesan ini enggak bisa didapatkan secara instan. Kamu perlu melakukan promosi yang konsisten dan berulang.

Sehingga masyarakat dan calon konsumen bisa mengenali serta menerima brand kosmetikmu.

Nah, Beautypreneurs itu adalah berbagai cara berbisnis di Telegram yang efektif dan efisien. Apakah kamu berniat menerapkannya untuk bisnis kosmetik yang kamu rintis?

Well, semoga berhasil, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment