Sertifikasi Vegan Kosmetik, Manfaat dan Potensinya untuk Bisnismu

sertifikasi vegan kosmetik

Sadar enggak sih, belakangan persaingan di pasar kosmetik menjadi begitu kompetitif. Enggak hanya dengan brand kosmetik local, para pengusaha juga harus berhadapan dengan merk luar negeri yang sudah memiliki penggemar setia mereka sendiri.

Karena itulah Beautypreneurs, kamu harus bisa membuat produk kosmetik yang unggul dan memiliki daya saing tinggi. Misalnya, lewat jaminan kualitas dan sertifikasi produk.

Nah, ngomogin soal sertifikasi produk, kamu pasti sudah tak asing dengan yang namanya sertifikat vegan kosmetik. Apalagi belakangan produk-produk dengan label vegan, cruelty-free, dan sejenisnya lagi diburu masyarakat.

Dalam industry kosmetik sendiri sertifikasi vegan kosmetik ini digunakan untuk mengontrol penggunaan bahan-bahan hewani dalam kosmetika. Sehingga, formulasi produk pun hanya menggunakan bahan-bahan nabati.

Meski tidak wajib ada dalam brand kosmetikmu, sertifikat vegan kosmetik ini bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnismu, lho!

Apa saja? Langsung simak ulasan lengkap soal syarat, definisi, dan manfaat sertifikasi vegan kosmetik berikut ini!

Apa Itu Sertifikat Kosmetik Vegan?

Seiring dengan kebutuhan akan tinggi, masyakarat menyadari bahwa kualitas produk yang mereka gunakan perlu diperhatikan. Termasuk apa saja manfaat, efek samping, hingga bahan-bahan dalam produk kosmetik tersebut.

Hal ini kemudian membuat para produsen kosmetik kian kreatif dalam mengembangkan produk mereka. Termasuk untuk memenuhi keinginan konsumen yang peduli akan keselamatan hewan serta para pelaku vegan.

Sertifikat vegan kosmetik sendiri merupakan bukti bahwa tidak ada bahan hewani yang digunakan dalam proses produksi atau formulasi kosmetik. Lebih dari itu, sertifikasi ini pun mencakup tindak kekerasan pada hewan, seperti proses pengujian pada hewan.

Terlebih industry kosmetik memang menjadi salah satu industry yang kerap menggunakan hewan sebagai bahan uji. Sertifikasi ini tentu serupa angin segar dan harapan baru para pecinta binatang untuk menggunakan produk yang lebih ramah terhadap makhluk hidup lainnya.

Selain alasan tersebut, ketika melihat dari sisi komersialnya, pasar kosmetik vegan juga diperkirakan akan meningkat dan mengisi sebagian besar dari pasar kosmetik. Bisa kamu bayangkan betapa potensial dan menguntungkannya jika memiliki sertifikasi ini untuk brand kosmetikmu?

Ingin tahu lebih detil soal kosmetik vegan? Baca ulasan lengkapnya di sini!

Syarat Sertifikasi Vegan Kosmetik

Beautypreneurs, memahami betapa besar permintaan pasar pada kosmetk vegan, kamu pasti tertarik untuk mendaftarkan produkmu.

Well, enggak ada salahnya untuk mencoba. Apalagi ada banyak lembaga sertifikasi legal Internasional, yang bisa memberikan sertifikasi resmi dan terpercaya pada produk kosmetikmu.

Namun, sebelum benar-benar mendaftarkannya, kamu juga harus tahu seperti apa kriteria yang umumnya harus dimiliki sebuah kosmetik vegan di bawah ini.

Struktur Produk Vegan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah struktur kosmetik vegan yang akan kamu produksi. Bahwa, semua struktur produk termasuk komponen, alat bantu pemrosesan kosmetik, hingga percobaan/pengujian formula juga tidak boleh menyakiti atau menggunakan hewan.

Komponen produk yang dimaksud adalah bahan-bahan dalam formula. Termasuk bahan-bahan mentah, produk setengah jadi (seperti minyak esensial/minyak pembawa), fragrance, pengawet, dan bahan lainnya dalam kosmetik.

Tak hanya itu, kamu pun harus memperhatikan bahwa dalam proses pembuatan kosmetika ini juga tidak diperkenankan menggunakan hingga mengindikasikan penyiksaan pada hewan. Apalagi pengujian pada formula yang belum seimbang/jadi.

Selain itu, produsen pun harus memastikan bahwa ketika membuat kosmetika tidak mencampur penggunaan mesin. Atau paling tidak membersihkannya terlebih dahulu, sehingga bisa meminimalisir adanya kontaminasi bahan non-vegan dalam kosmetik.

Karenanya, beberapa lembaga sertifikasi pun menyebutkan bahwa sebaiknya proses pengetesan pada hewan (jika ada) dilakukan pada proses paling akhir.

Persyaratan Bahan dalam Kosmetik Vegan

Bahan-bahan yang termasuk terlarang dalam kosmetik vegan adalah bahan-bahan hewani. Beberapa lembaga sertifikasi vegan Internasional menyebutkan beberapa kriteria berikut ini:

  1. Bahan dari hewan laut, baik ikan dan biota sejenisnya tidak diperbolehkan.
  2. Tidak boleh menggunakan aroma yang berasal dari hewan
  3. Larangan penggunaan bahan yang terbuat dari susu ataupun olahannya.
  4. Bahan dari telur dan olahannya juga tak boleh.
  5. Madu, royal jelly, propolis, bees wax (lilin lebah) pun tidak boleh.
  6. Penggunaan pewarna hewani, pengawet, ragi, enzim juga seharusnya tidak boleh.
  7. Produk tidak diperbolehkan oleh GMO (Genetically Modified Organism) atau mengandung konten, (Tingkat kontaminasi maksimum 0.1%)
  8. Tidak boleh merupakan produk, bahan, atau bahan tambahan bukan hewan yang diproduksi dengan produk hewan yang diolah dengan menggunakan produk hewan atau digunakan sebagai faktor produksi dalam tahapan proses produksi.
  9. Tidak ada bahan pembawa, aditif atau bahan yang berasal dari hewan
  10. Produk kulit hewan, bulu kambing, produk wol domba, ulat sutera, dll. tidak ada produk hewani nonpangan juga
  11. Tidak boleh ada ramuan hewani, secara langsung maupun tidak langsung.

Manfaat Sertifikasi Vegan Kosmetik

Pendaftaran sertifikasi vegan memang enggak mudah, karenanya banyak brand owner yang kurang melirik sertifikat ini untuk brand kosmetik mereka. Terlebih sifatnya yang tidak wajib ada atau tidak menjadi syarat pengedaran produk.

Padahal ada banyak manfaat sertifikasi vegan kosmetik, lho. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini ya, Beautypreneurs!

Menjaga Kualitas Produk Kosmetik

Manfaat sertifikasi brand kosmetik selanjutnya adalah membantu menjaga kualitas produk. Apalagi kini masyarakat sangat selektif ketika memilih produk yang akan mereka gunakan.

Kosmetik vegan dapat memberikan jaminan bahwa formula produk berasal dari bahan-bahan nabati, yang memiliki klaim lebih aman dan ramah buat kulit.

Memberikan Tambahan Nilai Jual Produk

Tren produk kosmetik kini menunjukkan bahwa masyarakat telah beralih dari produk kosmetik berkandungan kimiawi ke penggunaan bahan-bahan alami, organic, dan vegan.

Ada banyak scenario yang membuat hal ini terjadi, termasuk kepercayaan konsumen bahwa produk herbal dan organic ini memiliki sifat yang lebih ramah buat kulit. Tak hanya itu, produk yang terbuat dari bahan alami pun tidak akan menghasilkan limbah dan merusak lingkungan hidup.

Nilai yang sama pun ada dalam kosmetik vegan, terlebih bagi konsumen yang sangat peduli mengenai kelestarian makhluk hidup lain, vegan kosmetik adalah pilihan yang sangat ideal untuk mereka.

Karenanya dengan menambahkan sertifikasi vegan kosmetik pada brand-mu, kamu bisa memberikan tambahan nilai jual produk.

Memiliki Segmentasi Pasar yang Spesifik

Veganisme telah menjadi gaya hidup popular di kalangan masyarakat. Orang-orang dengan gaya hidup vegan memilih produk-produk yang tidak menggunakan hewan untuk apapun yang mereka gunakan. Seperti makanan, style, hingga berbagai kosmetika.

Ketika menyematkan label vegan pada brand dan produk kosmetikmu, maka kamu bisa menjangkau segmentasi pasar yang lebih spesifik. Yakni pada orang-orang vegan yang membutuhkan produk non-hewani dalam kosmetik mereka.

Kesempatan Menembus Pasar Kosmetik Internasional

Hingga kini, memperoleh sertifikasi vegan kosmetik bukanlah hal yang mudah kamu lakukan. Karena lembaga-lembaga sertifikasi kredibel masih banyak ditemukan di luar negeri. Persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi ini pun tak kalah rumit dan detilnya.

Karena itu, manfaat sertifikasi vegan kosmetik untuk brand skincare selanjutnya adalah membantu bisnismu menembus pasar kosmetik internasional. Dengan pangsa pasar yang lebih luas dan minat yang bertambah dari tahun ke tahun.

Cara Membuat Kosmetik Non-Hewani Bersertifikasi Vegan

Beautyprenuers, menyadari bahwa pasar kosmetik vegan cukup menjanjikan untuk bisnismu. Mash Moshem Indonesia menawarkan jasa maklon kosmetik dengan sertifikasi vegan untukmu.

Kamu bisa bebas memilih bahan-bahan organic apapun yang kamu butuhkan ke dalam formulasi skincare vegan. Tak hanya itu, kami juga bisa membantumu memproduksi berbagai jenis kosmetik sesuai dengan kebutuhan dan strategi bisnismu.

Tak perlu khawatir soal kualitas produk, karena kami memiliki tim RND yang selalu melakukan inovasi dan penelitian untuk mengembangkan formulasi kosmetik terbaik. Karenanya produk skincare vegan yang kamu hasilkan dengan kami akan memiliki mutu dan kualitas tinggi.

Gimana, sudah tertarik untuk membuat brand kosmetikmu bersama kami? Langsung klik di sini untuk membuat janji temu!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment