Syarat dan Cara Daftar Shopee Mall, Brand Cosmetic Owner Wajib Tahu

Sebagai seorang beautypreneur yang berbisnis dengan brand kosmetik sendiri, tentu kamu memerlukan banyak strategi untuk membuat brand tersebut dikenal dan diterima oleh masyarakat. Termasuk mengetahui syarat dan cara daftar Shopee Mall berikut ini.

Kamu pasti udah enggak asing dengan yang namanya Shopee, bukan? Well, marketplace yang belakangan ini meroket dan digemari masyarakat tersebut berpotensi besar untuk membuat bisnis kamu berkembang, lho.

Sebab, marketplace satu ini menyediakan banyak fitur menarik yang bisa menunjang kebutuhan promosi dan penjualan produk. Salah satunya, yang paling menguntungkan untuk brand owner, adalah Shopee Mall.

Lantas apa saja manfaat Shopee Mall untuk bisnis dan bagaimana cara daftar Shopee Mall yang mudah? Yuk, simak semua informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Peluang Berbisnis di Shopee

Shopee beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi dan digandrungi oleh masyarakat.

Karena selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, fitur paylatter yang mengiurkan, Shopee juga menyediakan berbagai jenis promo dan diskon untuk penggunanya.

Dilansir dari Databoks, pada kuartal kedua tahun 2021, Shopee menduduki peringkat kedua sebagai marketplace yang paling banyak digunakan setelah Tokopedia. Untuk lebih jelasnya, simak data yang ada di bawah ini.

Meski kalah dari Tokopedia, jumlah pengunjung bulanan Shopee juga tidak bisa dibilang kecil, yakni sebesar 127 juta pengguna.

Selain itu, dikatakan pula bahwa meski Tokopedia dalam grafik ini menempati posisi pertama. Namun, peringkat Tokopedia di Appstore dan Playstore masih kalah dengan Shopee, lho!

Nah, melihat banyaknya masyarakat yang menggunakan Shopee sebagai sarana mereka berbelanja online, tentu sebuah ketertinggalan kalau kamu juga tidak melebarkan bisnismu pada marketplace ini.

Tak hanya ramah pembeli, Shopee pun  banyak memberikan fitur dan penawaran untuk membantu meningkatkan pendapatan serta penjualan produk milikmu. Menarik, bukan?

Apa Itu Shopee Mall?

Sebelum membahas cara daftar Shopee Mall, ada baiknya buatmu untuk mencari tahu lebih detail mengenai fitur satu ini terlebih dahulu.

Shopee Mall merupakan toko pilihan dari Shopee yang dapat memberikan pelayanan terbaik dengan berbagai keunggulan pada pembeli. Termasuk, memberikan jaminan keaslian, kualitas produk atau merk yang diklaim, juga menjamin kualitas pelayanan toko.

Selain untuk pembeli, fitur ini tentunya memiliki banyak keunggulan bagi para seller atau pemilik brand. Misalnya memabntu meningkatkan kepercayaan konsumen, menaikkan kredibilitas toko, dan masih banyak lainnya.

Tentu dengan mendaftarkan toko kosmetik atau brand kecantikan yang kamu miliki di Shopee Mall akan memberikan banyak keuntungan. Sehingga kemajuan toko pun akan lebih terjamin!

Kriteria Seller di Fitur Shopee Mall

Karena sangat berpengaruh pada kredibilitas, Shopee Mall tidak bisa didapatkan begitu saja meski pun kamu telah memiliki brand kosmetik sendi. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan penuhi, misalnya kriteria penjual Shopee Mall berikut ini.

Jenis Badan Usaha

Kriteria pertama yang harus kamu lakukan untuk mendaftar Shopee Mall adalah jenis badan usaha. Maksudnya, kamu harus memastikan bahwa bisnis online kamu ini termasuk ke dalam badan usaha yang telah terdaftar secara resmi.

Misalnya telah berlabel PT, CV, Distributor, Firma, Koperasi, Persekutuan Perdata, Persero, Usaha Dagang, Persekutuan Umu, ataupun bisnis Individual.

Jenis Merk yang Dijual

Kriteria yang kedua adalah dengan memperhatikan jenis merk produk yang akan dijual. Shopee membatasi jenis merk yang bisa masuk di Shopee Mall seperti dalam daftar resminya berikut ini.

Nah, jika jenis merk dari bisnis kamu termasuk dalam dafatr di atas, maka kamu bisa segera mendaftarkan diri menjadi seller di Shopee Mall.

Kamu pun dapat melihat pembaruan data yang mungkin sewaktu-waktu dapat terjadi di halaman resmi Shopee Mall.

Dokumen-dokumen yang Harus Dilampirkan

Masih dalam kriteria yang perlu kamu siapkan untuk mendaftar Shopee Mall, dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan bisnismu juga menjadi salah satu yang termasuk di dalamnya, lho.

Yap! Ini dikarenakan pihak Shopee tidak akan sembarangan memberikan label Mall pada toko atau bisnis online kamu di lapak mereka.

Untuk itu, demi menjaga kualitas, memberikan garansi keaslian dan kenyamanan pada pembeli, Shopee mewajibkan pendaftar untuk mencantumkan beberapa dokumen berikut ini.

Syarat Operasional untuk Pendaftaran Shopee Mall

Selain memenuhi kriteria dan melengkapi dokumen yang dilampirkan di atas, kamu juga perlu memenuhi persyaratan operasional berikut ini untuk mendaftar Shopee Mall. Simak baik-baik semua syaratnya, ya!

  1. Toko atau bisnis kosmetikmu harus punya lebih dari 25 jenis penawaran atau produk.
  2. Memiliki presentase chat yang dibalas, setidaknya lebih dari 75 persen.
  3. Penilaian toko atau bisnis online harus di atas 4.5
  4. Memiliki lebih dari satu pesanan atau transaksi pembelian.
  5. Tingkat pesanan yang tidak terselesaikan atau Non-Fulfillment Rate (NFR) harus kurang dari lima persen.
  6. Keterlambatan pengiriman produk / Pesanan atau Late Shipment Rate (LFR) harus di bawah lima persen.
  7. Jumlah produk pre-order pun harus diperhatikan, yakni di bawah 20 persen dari total jenis produk atau penawaran yang ada.
  8. Toko atau brand tidak pernah mendapat point penalty atau sanksi dari pihak Shopee.
  9. Selalu mengikuti standar, kriteria, dan syarat untuk mendaftarkan produk/toko/brand di Shopee Mall.

Biaya Shopee Mall

Tentu untuk membaut bisnis online kamu terdaftar sebagai Shopee Mall, tentu ada biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk Shopee Mall ini ada dua jenis biaya, yakni biaya admin dan biaya pembayaran Shopee Mall, yang juga bakalan dijelaskan dalam uraian berikut ini.

Biaya Admin

Jenis biaya yang pertama adalah biaya admin, yang dihitung dari total pesanan terselesaikan. Biaya admin yang dikenakan ini sebesar 1%, 3%, ataupun 5%, yang akan disesuaikan dengan jenis produk terjual.

Biaya admin ini tidak termasuk dalam biaya ongkir, diskon prpduk, atau voucher diskon yang kamu setting sendiri. Nantinya, biaya admin ini akan diambil lewat pemotongan secara otomatis dari Sistem Shopee, ketika dana hasil penjualan produk telah muncul di Saldo Penjual.

Sebagai gambaran, berikut besaran potongan biaya admin sesuai dengan jenis produk yang terjual. Perhatikan baik-baik ya, Beautypreneurs!

Biaya Pembayaran

Jenis biaya yang kedua adalah biaya pembayaran, di mana akan dihitung ketika pesanan telah terselesaikan. Besaran biaya pembayaran yang diambil adalah 1,5% untuk berbagai jenis produk yang dijual di Shopee Mall.

Biaya pembayaean ini tidak termasuk ongkir, voucher diskon atau diskon produk yang kamu setting sendiri sebelumnya.

Cara Daftar Shopee Mall untuk Penjual dan Brand Owner

Setelah mengetahui apa saja kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan, maka kamu sudah siap untuk tahu cara daftar Shopee Mall bagi seller.

Langkah-langkahnya cukup mudah kok, Guys. Kamu hanya perlu mengikuti step by step-nya berikut ini!

Mengisi dan Melengkapi Formulir Pendaftaran

Langkah pertama dalam cara daftar Shopee Mall adalah dengan mengisis dan melengkapi formular pendaftaran dari pihak Shopee.

Kamu bisa mendapatkan formular pendaftaran Shopee Mall di sini.

Lakukan Pengisian Data yang Dibutuhkan

Ketika formular sudah terbuka, maka kamu akan diminta pengisian data yang dibutuhkan secara rinci. Mulai dari merk produk, alamat lengkap, nama brand kosmetik atau bisnis kamu, juga nama PIC dari brand kamu, nomor yang dapat dihubungi, mengunggah lpgo brand, dan banyak lainnya.

Pastikan semua kolom data ini kamu isi dengan benar dan lengkap. Sehingga proses seleksi pun akan dapat berjalan dengan baik dan kamu bisa segera terdaftar Shopee Mall.

Kalau sudah, kamu bisa mengirim data yang kamu masukkan dengan meng-klik tombol kirim.

Masa Seleksi Shopee Mall

Setelah cara daftar Shopee Mall sebelumnya telah selesai kamu lakukan, maka langkah selanjutnya tinggal menunggu proses seleksi dari Shopee.

Pihak Shopee akan memeriksa semua dokumen serta kualifikasi dari toko maupun brand kosmetik kamu. Jika dinyatakan lolos, pihak Shopee akan menghubungimu maksimal dalam tujuh hari setelah formular diisi dan dikirim.

Pelatihan On Boarding dari Shopee

Kalau brand atau toko online kamu telah dinyatakan lolos, bianya pihak Shopee juga akan mengadakan pelatihan onboarding yang berkaitan dengan sistematika dan pengaturan Shopee Mall, lho.

Jadwal pelaksanaannya sendiri akan diinformasikan secara langsung oleh pihak Shopee.

Sudah berhasil? Kalau sudah, kamu bisa langsung ikut pelatihan onboarding yang nantinya akan diinformasikan dan diselenggarakan oleh pihak Shopee.

Keuntungan Memiliki Akun Shopee Mall Bagi Pebisnis

Meski bagi beberapa orang mendaftar akun Shopee Mall terasa merepotkan. Tapi, fitur marketplace satu ini sangat menjanjikan untuk kemajuan brand kosmetik atau bisnis online kamu, lho.

Penasaran apa saja keuntungan memiliki akun Shopee Mall bagi pebisnis dan brand cosmetic owner? Yuk, simak daftar lengkapnya dalam uraian berikut ini!

  1. Mendapatkan Key Account Manager, yang bisa mendampingi bisnismu dan berdedikasi untuk memberikan saran-saran terbaik demi meningkatkan penjualan atau transaksi produk secara maksimal.
  2. Brand atau toko online yang telah terdaftar Shopee Mall akan masuk dalam skala prioritas dari konten yang ditampilkan pada halaman pencarian pembeli. Tentunya, dengan kata kunci yang relevan dengan produk yang kamu jual.
  3. Ada prioritas untuk mengakses fitur/promo khusus penjual Shopee Mall. Ini tentu akan membantu meningkatkan penjualan serta brand awareness produk tersebut dalam periode tertentu.
  4. Kamu dapat prioritas untuk mengakses ke semua fitur atau promo terbaru dari Shopee.
  5. Akun yang telah tedaftar Shopee Mall berkesempatan untuk mencoba berbagai fitur baru, mendapatkan informasi terkait promosi-promosi teranyar Shopee dibandingkan penjual lainnya.
  6. Kamu juga berhak mengikuti Shopee Markerting Solution, yakni kegiatan promosi dengan pilihan asset marketing yang sangat lengkap di bandingkan dengan tipe miliki penjual lainnya.

Nah, itu adalah berbagai syarat dan cara daftar Shopee Mall yang mungkin belum kamu ketahui secara rinci. Apakah kamu tertarik mendaftarkan brand atau bisnis onlinemu sampai dapat Shopee Mall?

Meski terdaftar sebagai akun Shopee Mall, strategi pemasaran yang kamu lakukan tetap enggak boleh kendor, lho.

Karena pada dasarnya ketika memasang penjualan secara online, ada banyak aspek yang harus kamu perhatikan agar dapat menarik minat konsumen. Misalnya dengan menyediakan foto, video, dan katalog produk sebaik mungkin.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu menyediakan berbagai keperluan promosi tersebut. Mulai dari pembuatan foto dan video product, company profile, katalog, brosur, juga FAQ.

Tak hanya itu, kami pun menyediakan kegiatan Webinar edukatif gratis dan eksklusif untuk brand owner, yang membahas berbagai informasi seputar strategi pemasaran dan digital marketing.

Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan proses branding dan membuat brand kosmetikmu lebih mudah untuk berkembang.

Nah, apakah kamu sudah tertarik untuk maklon di Mash Moshem Indonesia? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading
kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment