Yuk, Coba 6 Langkah Mudah Lakukan Hair Spa Sendiri di Rumah Ini!

cara hair spa sendiri di rumah

Terkadang setelah melakukan kegiatan berhari-hari, ada kalanya kamu merasa lelah dan ingin beristirahat, bukan? Saat waktu luang tersebut sudah ada, mungkin kamu ingin menghabiskan waktumu di rumah aja dan merawat diri sendiri tanpa harus pergi-pergi lagi. Misalnya dengan cara hair spa sendiri di rumah.

Setelah berkegiatan di luar rumah dari waktu ke waktu, rambutmu mungkin telah terpapar banyak sekali debu, kotoran, ataupun radikal bebas yang menempel pada rambut. Rambut yang kotor bisa menyebabkan rambut dan kulit kepalamu menjadi rusak dan bau.

Nah, saat kamu memiliki waktu luang ini kamu bisa menghabiskannya di rumah! Dan salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kesehatan rambut adalah dengan cara melakukan hair spa sendiri.

Perawatan rambut ini jangan sampai kamu abaikan ya, karena rambut sendiri sudah menjadi salah satu bagian yang wajib kamu rawat. Saat kamu rajin melakukan perawatan hair spa, tentunya akan memeberikan efek yang baik bagi kesehatan rambutmu.

Karena perawatan hair spa sendiri bisa kamu lakukan di rumah dan tidak perlu ke salon. Yuk, coba ikuti 6 langkah mudah lakukan hair spa sendiri di rumah! Simak penjelasan di bawah ini ya!

Cara Melakukan Hair Spa Sendiri di Rumah

Hair spa sendiri adalah salah satu kegiatan perawatan rambut yang penting untuk mengembalikan keindahan dan kesehatan rambutmu. Karena, rambut juga bisa merasa capek setelah mengalami styling, terkena debu, atau radikal bebas yang kurang ramah untuk kesehatan rambut.

Jadi, kamu juga perlu nih mempertimbangkan perawatan rambut yang mudah, saat kamu males banget untuk mengunjungi salon. Karena kamu dengan mudah melakukan hair spa sendiri di rumah dan gak perlu ribet.

Kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari melakukan hair spa ini, dan tentunya menggunakan produk-produk yang tepat ya! Nah, sekarang yuk ikuti 6 langkah mudah lakukan hair spa sendiri di rumah! Let’s gooo!

Pilihlah Produk Hair Spa yang Sesuai dengan Kondisi Rambutmu

Langkah pertama melakukan hair spa sendiri di rumah adalah dengan memilih sendii produk perawtaan yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Kamu tidak boleh sembarangan memilih produk hair spa-mu ya, karena kamu juga harus melihat kondisi dari rambutmu sendiri.

Kamu bisa cek apakah kondisi rambutmu sedang kering, lembab, terlihat kusam atau tidak, dan juga apakah rambutmu dalam kondisi yang rontok atau patah.  Nah, karena kondisi setiap rambut berbeda-beda, maka kamu harus menentukan produk perawtaan rambut yang perlu kamu gunakan saat melakukan hair spa di rumah.

Kamu harus mencari produk yang cocok untuk hair spa ini, karena akan membuat rambutmu menjadi lebih sehat dan terawat dengan baik. Kamu juga bisa membaca formulasi yang terkandung di dalamnya, apakah bahan-bahan pada produk bisa membantu menyehatkan rambutmu. Atau justru kandungannya bisa merusak rambut karena kurang cocok dengan kondisi rambutmu.

Jadi, kamu harus lebih teliti ya dalam memilih produk hair spa yang ingin kamu pakai. Gak pengen kan rambutmu justru rusak dan jadi rontok karena salah pilih produk. Duh jangan sampai deh!

Buatlah Suasana Kamar Mandi Sesuai dengan Mood

Langkah mudah melakukan hair spa sendiri di rumah yang kedua dengan membuat suasana kamar mandi sesuai dengan mood-mu. Karena tujuan spa adalah memberikan relaksasi pada tubuhmu, pastikan kamu fokus saat melakukannya.

Kamar mandi adalah tempat paling cocok saat kamu ingin melakukan hair spa atau melakukan perawatan rambut. Jadi, sebisa mungkin siapkan suasana rileks di kamar mandimu atau sesuaikan dengan perasaan hatimu saat itu.

Kamu bisa putar playlist lagu favorit, bisa meredupkan lampu, kemudian menyalanan diffuser atau pewangi ruangan yang kamu suka. Intinya kamu bisa membuat susasana yang nyaman dan suasana yang kamu sukai saat melakukan hair spa.

Lakukan Pijatan pada Kulit Kepala dan Hangatkan Rambut

Saat suasana pada tempat spamu sudah siap, kamu bisa memulai melakukan pijatan pada kulit kepalamu. Kamu bisa menggynakan minyak kelapa ataupun minyak zaitun untuk memudahkan kamu saat mulai memijak kulit kepala.

Kagiatan memijat kulit kepala ini berguna untuk melancarkan sirkulasi darah ke kepala dan bisa meningkatkan pertmbuhan rambut, loh! Dengan memijat kulit kepala, kamu bisa merileksasikan otot-otot yang tegang di area kulit kepala.

Setelah memijat kulit kepala, kamu bisa meredamkan handuk ke dalam air hangat, dan bungkus rambutmu dengan handuk tersebut. Hal ini dilakukan selama lima hingga 6 menit, dengan begitu pori-pori pada kulit kepala bisa terbuka. Dengan membungkus rambut dengan handuk hangan, minyak yang kamu pakai untuk memijat rambut bisa terserap pada kulit kepala dengan sangat baik.

Pastikan Kamu Membersihkan Rambut Dengan Baik

Langkah ke keempat melakukan hair spa sendiri di rumah yaitu pastikan kamu membersihkan rambutmu dengan baik. Setelah kamu melakukan pijatan dan membungkus rambut dengan handuk hangat, rambut akan terasa lebih rileks dan tenang.

Kemudian kamu bisa mulai menyalakan shower dan mulai mencuci rambutmu dengan shampo. Gunakan produk shampo yang sudah kamu pilih tadi untuk membersihkan sisa minyak dan kotoran yang menempel pada rambut.

Pastikan untuk menggunakan air dingin atau air dengan suhu runagan, karena air yang terlalu panas bisa membahayakan akar rambut kamu.

Nah, setelah melakukan keramas, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambut. Pemakaian kondisioner ini akan memberikan perawatan ekstra pada rambutmu, dan tentunya memperbaiki rambutmu yang rusak akibat styling.

Pemakaian kondisioner bisa dimulai dari batang hingga ujung rambutmu ya!  

Gunakan Hair Mask

Setelah menggunakan shampo dan kondisioner, kamu harus membilas rambutmu terlebih dahulu. Nah, untuk memaksimalkan step-step dari hair spa ini, kamu bisa mengaplikasikan hair mask untuk mengembalikan kesehatan rambutmu.

Pastikan kamu memilih produk hair mask yang sesuai dengan kondisi rambutmu ya! Pemakaian hair mask ini juga tergolong sangat mudah. Kamu bisa langsung mengaplikasikan hair mask pada rambut hingga merata, kemudian diamkan beberapa menit.

Saat dirasa sudah cukup, kamu bisa bilas hair mask hingga bersih dengan air mengalir. Pada langkah ini, rambut kamu akan ter-recharging dengan baik dan menghilangkan capek pada rambut dan kulit kepala. Memakai hair mask juga akan membantu memberikan perawatan yang maksimal dan membantu menutrsi rambut dengan sangat baik.

Jadi, jangan lupakan step ini saat kamu melakukan hair spa di rumah!

Akhiri dengan Menggunakan Serum

Langkah mudah melakukan hair spa sendiri di rumah yang terakhir adalah dengan mengakhiri step ini dengan menggunakan serum rambut. Setelah menyelesaikan semua langkah hair spa ini, pakailah serum pilihanmu sebagai rangkaian terakhirnya.

Kamu bisa mengaplikasikan serum rambut dari kulit kepala, kemudian pijat-pijat dengan lembut. Usahakan memakai serum rambut saat rambutmu sudah setengah kering ya! Jangan menggunakan hair dryer dan biarkan rambutmu kering dengan alami.

Jauhkan rambutu dari panasnya hair dryer karena rambutmu sudah berada dalam kondisi yang rileks. Jadi, mengeringkan rambut dengan udara saja adalah pilihan yang tepat untuk langkah akhir dari hair spa di rumah ini. Tidak perlu lagi membilas rambut, biarkan serum tersebut meresap sempurna pada rambutmu, dan memberikan nutrisi yang di butuhkan rambut.

Baca Juga: Rambut Rontok dan Kering? Ini Manfaat Serum Rambut yang Harus Kamu Ketahui

Nah, itulah beberpa langkah mudah melakukan hair spa sendiri di rumah. Jika kamu tertarik untuk melakukan hair spa sendiri, kamu bisa pasikan untuk melakukan tahapan-tahapan di atas ya! Karena melakukan hair spa di rumah, kamu tidak perlu repot keluar rumah ataupun menghabiskan biaya lebih di salon.

Jika bisa melakukan hair spa sendiri dan membuat waktu luangmu lebih berharga, kenapa tidak? Terlebih, melakukan hair spa dirumah ini tidak memerlukan produk-produk yang susah dan langkah melakukannya juga nggak ribet.

Cukup sampai di sini dulu ya artikel tentang langkah mudah melakukan hair spa sendiri di rumah. Jika kamu ingin menambahkan produk atau langkah-langkah yang lain, kamu bisa menuliskan komentar di bawah ini!

Terima kasih telah meluangkan waktu dan membaca tulisan ini ya! Semoga apa yang kamu baca bisa kamu aplikasikan di rumah dan memberi manfaat untuk kamu! See you at the next article, Guys! Bye!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

heat protection spray apa itu

Manfaat Heat Protection Spray, Cara Penggunaan, dan Komposisi Produk

Rambut sering kali dianggap sebagai salah satu hal yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Baik buruknya kondisi rambut akan merubah looks seseorang secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan rambutnya, mulai dari potongan rambut, warna rambut,...

Continue Reading