Rambut Rontok dan Kering? Ini Manfaat Serum Rambut yang Harus Kamu Ketahui

manfaat serum rambut untuk atasi rontok

Pernah dengar kalimat, rambut adalah mahkota perempuan, enggak? Well, kalimat ini sebenarnya berarti bahwa rambut merupakan salah satu hal yang dapat menunjang penampilan kita.

Emang, sih, enggak cuma perempuan. Laki-laki juga banyak yang pede dan suka mengubah-ubah gaya rambut mereka demi selalu terlihat menawan.

Sayangnya mengubah-ubah gaya rambut dengan menggunakan catokan dan melalui proses kimiawi, bisa membuat rambut kita tidak sehat. Hasilnya rambut jadi rusak dan rontok.

Karena masalah inilah akhirnya banyak merk-merk kosmetik menciptakan berbagai produk perawatan rambut atau hair treatment. Mulai dari sampo, hair mist, conditioner, hingga hair serum.

Salah satu produk hair treatment yang cukup diminati adalah hair serum. Terbuat dari berbagai nutrisi, vitamin dan mineral, hair serum bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut kita.

Untuk orang yang suka gonta-ganti gaya dan warna rambut, hair serum tentu sangat dibutuhkan. Sebab produk satu ini juga bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat proses kimiawi serta paparan sinar matahari.

Meski baik untuk menjaga kesehatan rambut, kita enggak boleh asal pilih dan pakai serum rambut secara sembarangan.

Sama halnya dengan memilih skincare, kamu juga harus memperhatikan kandungan dan kecocokan serum tersebut dengan kondisi rambut serta kulit kepalamu.

Nah, biar kamu bisa memilih dengan bijak, enggak ada salahnya untuk cari tahu lebih banyak tentang serum rambut di bawah ini.

Berbagai Manfaat Serum Rambut

produk hair treatment (4)

Sebelum menggunakan produk kecantikan tertentu, biasanya kita akan menimbang kandungan dan manfaat dari produk tersebut. Begitu juga saat akan mencoba produk serum rambut.

Sebab semua orang memiliki masalah kesehatan rambut yang berbeda-beda. Ada yang kulit kepalanya lembap dan rawan beketombe, juga ada yang kering sampai rambutnya mudah rontok.

Dengan memilih serum rambut yang tepat, maka semakin efektif juga cara kerja serum rambut itu dalam memperbaiki dan menyehatkan kembali rambutmu.

Nah, manfaat serum rambut sendiri sangat beragam. Penasaran? Yuk, simak ulasan ini sampai habis!

Mampu Melindungi Rambut dari Polusi dan Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Serum rambut merupakan produk perawatan rambut yang kaya akan kandungan baik untuk rambut, misalnya silikon, asam amino, dan ceramide.

Silikon dalam produk ini berperan sebagai pelapis yang membantu melindungi batang rambut dari ppaparan sinar matahari dan polusi.

Enggak sampai di sana, penggunaan serum rambut juga sangat berefek pada kecantikan rambut kita. Yakni membuatnya tampak berkilau dan lembut.

Membuat Rambut Kembali Sehat

manfaat serum rambut (5)

Pernah enggak, kamu memperhatikan mengapa setelah memakai serum, rambut kita jadi terlihat lebih kalem dan berkilau?

Well, hal ini dikarenakan dalam serum rambut terdapat berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk menghidrasi folikel.

Alhasil batang rambut jadi kuat dan enggak mudah patah.

Misalnya asam amino dan ceramide, kedua kandungan serum ini dapat membantu melumasi bagian batang rambut yang rusak akibat proses kimiawi.

Seperti saat kamu sering mengecat rambut, meluruskan dan mengeritingnya.

Meski enggak benar-benar bikin kembali sehat seperti sedia kalai, penggunaan serum wajah bisa meminimalisir dan mencegah kerusakan pada rambut secara berkelanjutan.

Efektif Mencegah Rambut Rontok dan Kebotakan

manfaat serum rambut (1)

Siapa, sih, yang enggak resah kalau punya rambut yang gampang rontok? Apalagi kalau helai yang terjatuh itu jumlahnya banyak banget.

Bayang-bayang rambut jadi menipis dan botak pun seringnya menghantui. Dan bikin kita jadi kelabakan memilih-milih berbagai produk perawatan rambut yang baiknya digunakan.

Nah, kamu bisa bernafas agak lega, nih. Pasalnya serum  rambut juga bisa mencegah kerontokan rambut.

Sebab kandungan dalam serum rambut sangat baik untuk menjaga kekuatan akar dan batang dari rambut kita.

Enggak hanya itu, bahkan penggunaan serum berkandungan vitamin E dan B7 bisa merangsang pertumbuhan folikel rambut baru, lho.

Membuat Rambut Indah Berkilau

produk hair treatment

Serum rambut biasanya dibuat dari beberapa minyak esensial. Cairannya pun cenderung pekat dan kental.

Hal inilah yang membuat serum dapat memberikan kesan kilau pada rambut kita. Selain itu, kondisi ini pun sebenarnya menunjukkan bahwa batang rambut telah dilumasi dengan baik. Sehingga mencegah rambut jadi makin kering dan mudah patah.

Mencegah Munculnya Uban

Pernahkah kamu menemukan sehelai atau dua helai uban di antara helai-helai rambutmu? Padahal secara usia, kamu masih bisa dikatakan muda.

Well, kondisi ini sebenarnya sangat umum terjadi. Karena penyebab munculnya uban itu ternyata enggak cuma karena faktor usia.

Bisa karena adanya paparan sinar matahari berlebihan, polusi, kurangnya nutrisi dalam tubuh, hingga kondisi rambut yang rusak.

Penggunaan serum rambut secara rutin dapat mengatasi masalah satu ini.

Sebab dalam serum rambut terdapat berbagai asupan vitamin, mineral, serta oksigen untuk menyehatkan akar dan batang rambut.

Tak hanya itu, serum rambut juga dapat membantu mempertahankan warna asli rambut. Dan melindunginya dari dampak buruk paparan sinar matahari serta polusi udara.

Berbagai Nutrisi yang Idealnya Ada dalam Serum Rambut

bahan alami skincare untuk mata panda

Sama halnya dengan serum wajah, dalam hair serum juga terkandung nutrisi dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Pada umumnya, serum rambut dibuat dengan bahan dasar air. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kulit kepala dan akar rambut untuk menyerap kandungan yang ada.

Untuk mendaptkan serum rambut yang ideal, kamu juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan kandungan apa saja yang digunakan dalam formulanya.

Sebagai gambaran, berikut beberapa kandungan yang baiknya digunakan dalam formula hair serum.

Biotin

Nutrisi pertama yang idealnya ada dalam serum rambut adalah biotin. Kandungan ini sangat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut.

Dikenal juga sebagai vitamin B7, biotin termasuk salah satu vitamin B-kompleks. Yang jika dilarutkan dalam air dan diaplikasikan ke rambut akan dapat menjaga kesehatannya.

Biotin merupakan nutrisi yang cukup populer digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut. Tidak terkecuali dalam berbagai formula produk hair serum.

Vitamin D

Ternyata selain populer karena manfaatnya untuk kesehatan tulang, vitamin D rupanya juga dapat berperan penting untuk merawat rambut kita.

Vitamin D dapat dibilang memiliki peran yang cukup beragam untuk mendukung fungsi tubuh kita. Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan kulit, hingga merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kemampuan vitamin D dalam menumbuhkan folikel rambut baru ini menjadikannya mampu mengatasi masalah rambut rontok.

Enggak hanya itu, beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa serum dengan kandungan vitamin D ini mampu meminimalisir keparahan masalah kebotakan rambut.

Vitamin E

Enggak hanya baik untuk merawat kulit kita, vitamin E rupanya juga bisa menjaga kesehatan rambut, lho.

Vitamin E merupakan salah satu kandungan yang dapat bekerja sebagai antioksidan. Hal inilah yang akhirnya membuat vitamin E mampu mencegah kerusakan pada rambut kita.

Terlebih yang disebabkan oleh paparan radikal bebas dan stressor lingkungan lainnya. Enggak hanya itu, vitamin E juga bisa membantu merangsang produksi keratin pada tubuh untuk menghentikan kerusakan rambut.

Vitamin C

Salah satu fungsi utama vitamin C adalah untuk membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Yang rupanya juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut kita.

Vitamin C juga dinilai mampu mencegah ketombe akibat kulit kepala yang kering, serta menghambat tumbuhnya uban di usia dini.

Enggak cuma itu, kandungan ini juga penting untuk menjaga folikel rambut tetap sehat. Sehingga kerontokan rambut dapat dihindari.

Zinc

Nutrisi lainnya yang bisa kamu tambahkan saat akan maklon hair serum adalah zinc. Sebab nutrisi yang satu ini bisa menjaga dan merawat kesehatan rambut.

Zinc utamanya sangat baik untuk mengatasi masalah kerontokan rambut dan kebotakan. Hal ini dikarenakan zinc mampu mengatur pertumbuhan folikel rambut baru.

Enggak hanya itu, zinc rupanya juga dapat menjaga terbentuknya minyak pada rambut dan memelihara kesehatan folikel rambut kita.

Karena sangat penting untuk rambut kita, kekurangan zinc rupanya juga menjadi pemicu masalah penipisan dan kerontokan rambut.

Protein Rambut

Nutrisi dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi pun sebenarnya sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Sebab karena dalam makanan itulah sebenarnya nutrisi alami itu bisa kita dapatkan.

Salah satunya yakni asupan protin untuk rambut. Kekurangan protein pun bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan pada rambut kita.

Mulai dari rambut jadi kusam, rapuh, rontok, hingga dapat menimbulkan kebotakan.

Dengan menggunakan serum rambut yang kaya protein, asam amino dan panthenol, kamu bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan rambut tersebut.

Sebab kandungan-kandungan ini dipercaya sangat efektif untuk membuat rambut lebih halus, kuat, dan tampak lebih berkilau.

Asam Lemak Omega-3

Kandungan lainnya yang bisa kamu tambahkan dalam formula maklon hair serum adalah asam lemak omega-3.

Kandungan ini dapat membantu menstimulasi pertumbuhan foliker rambut dan kelenjar minyak, yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki kesehatan kulit kepala kita.

Minyak Esensial

lemon essential oil

Minyak esensial adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam berbagai formula produk kecantikan. Mulai dari perawatan wajah, tubuh, produk wewangian, bahkan produk-produk hair treatment.

Dalam formula serum rambut pun kita juga bisa menemukan kandungan minyak esensial, lho. Hal ini karena enggak sedikit jenis minyak esensial yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.

Di bawah ini ada beberapa contoh minyak esensial yang dikenal karena kemampuannya untuk menjaga dan memperbaiki kondisi rambut kita.

Minyak kelapa

coconut oil

Minyak kelapa atau yang sering dikenal dengan coconut oil ini merupakan salah satu minyak esensial yang baik untuk rambut.

Penggunaan serum dengan kandungan minyak kelapa bisa membantu melembutkan dan melumasi rambut yang kering serta kusam.

Enggak hanya itu, rambut pun akan tampak berkilau, sehat dan kuat.

Minyak almond

Penggunaan minyak almond dalam kandungan serum rambut bisa membantu untuk memberikan kelembapan pada kulit kepala.

Minyak cendana

Rambut yang kering dan kusam menunjukkan kalau ada yang salah dengan kondisi rambutmu. Penggunaan serum berkandungan minyak cendana akan efektif untuk mengembalikan kelembapan pada rambut dan kulit kepala.

Minyak chamomile

Minyak esensial chamomile adalah jawaban buat kamu yang merasa rambutmu tampak kusam dan kurang menarik. Sebab penggunaan serum berkandungan ini bisa menambah kilau dan kelembutan pada rambut.

Minyak clary sage

Merasa rambutmu tipis dan sering rontok? Well, serum berkandungan minyak clary sage ini bisa membantu menjawab masalah itu.

Sebab jenis minyak esensial satu ini sangat berguna dalam membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menstimulasi kulit kepala.

Minyak geranium

Minyak geranium memang memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk memperkuat batang rambut kita. Penggunaan serum dengan kandungan ini akan sangat cocok untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kering.

Minyak jojoba

Minyak esensial lain yang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut adalah minyak jojoba. Penggunaan serum dengan bahan dasar ini akan mampu membantu mengembalikan kelembapan pada rambut.

Enggak hanya itu, minyak jojoba juga dapat menambah nutrisi dan menstimulasi kulit kepala. Hasilnya rambutmu bakal jadi lebih sehat dan kuat.

Minyak lavender

minyak lavender

Wanginya yang menenangkan, membuat minyak lavender sering digunakan dalam berbagai produk wewangian dan aroma terapi.

Namun rupanya minyak lavender menyimpan khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan rambut kita. Yakni berguna untuk membuat rambut tampak berkilau dan mengendalikan ketombe.

Minyak serai

Adanya ketombe bikin kulit kepala jadi gatal dan kadang bau apak. Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa percaya dirimu.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir. Sebab serum dengan kandungan minyak serai ternyata bisa membantu mengurangi ketombe pada rambut dan kulit kepala kita.

Tips Memilih Serum Rambut yang Cocok Untukmu

rambut mengembang

Meski memiliki beraga fungsi, sayangnya memilih serum rambut enggak bisa sembarangan juga, lho.

Karena dengan memilih serum rambut yang tepat, masalah kesehatan rambut dan kulit kepalamu akan dapat diatasi dengan efektif.

Nah, agar enggak salah pakai, berikut beberapa tips untuk memilih serum rambut yang cocok untukmu.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Rambutmu

Manfaat serum untuk menjaga kesehatan rambut memang sangat beragam. Mengingat dalam satu formula produk serum rambut, banyak sekali nutrisi dan vitamin yang dipakai.

Namun, setiap produk serum rambut biasanya memiliki fungsi utamanya masing-masing. Misalnya ada yang memberikan kelembapan pada rambut, atau justru ada yang mengontrol kadar minyak kulit kepala.

Nah, kalau sudah begitu, yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan produk serum rambut itu dengan kebutuhan serta jenis permasalahan yang kamu alami.

Perhatikan Kandungan dalam Serum Rambut

Meski secara umum setiap merk perawatan rambut akan mengklaim bahwa produk mereka sangat aman digunakan. Tapi enggak sedikit juga orang yang kurang cocok menggunakan produk-produk tersebut.

Hal ini disebabkan setiap kondisi rambut dan kulit kepala orang itu berbeda-beda. Termasuk juga kepekaan mereka dengan bahan-bahan aktif tertentu.

Untuk itu, kamu harus lebih jeli dalam memilih produk serum rambut. Pahami kandungan-kandungan apa saja yang akan menyehatkan rambutmu, dan juga sebaliknya.

Cara Menggunakan Serum Rambut yang Benar

hair serum product (3)

Penggunaan serum rambut yang salah bisa berakibat pada efek yang dihasilkan, lho. Bahkan pada beberapa kasus malah tidak akan menunjukkan tanda-tanda perubahan apapun.

Untuk itu, enggak ada salahnya untukmu mengetahui cara menggunakan serum rambut yang benar di bawah ini.

Aplikasikan dari Ujung Rambut

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa kulit kepala juga perlu diberi serum. Sayangnya anggapan ini enggak sepenuhnya benar, lho.

Karena meskipun serum memiliki berbagai manfaat untuk menjaga batang dan akar rambut, namun tidak dengan kulit kepala kita.

Oleh sebab itu, akan lebih baik langsung mengaplikasikan serum pada batang rambut. Mulai dari bagian ujung hingga ke tengah.

Pemakaian serum rambut di kepala hanya akan meningkatkan risiko kulit jadi berminyak. Hasilnya ketombe pun bisa saja muncul.

Jangan Dibilas, ya, Say!

Hair serum dapat langsung diaplikasikan, tanpa perlu dibilas. Kamu hanya perlu membiarkannya menyerap dengan sempurna, sebelum melanjutkan menata rambut dengan catokan atau hanya menyisirnya.

Dapat Digunakan pada Rambut Basah

Banyak yang salah sangka dan sering menunggu rambut kering terlebih dahulu sebelum menggunakan serum.

Padahal serum bisa bekerja lebih maksimal pada rambut yang setengah basah. Cukup aplikasikan serum mulai dari ujung rambut hingga ke atas, kemudian keringkan seperti biasa.

Menciptakan Produk Serum Rambut dengan Brand Sendiri

cara membuat liptint dari lidah buaya

Well, kamu telah mengetahui bahwa serum rambut memiliki banyak manfaat dan karena itu cukup populer digunakan.

Hal ini tentunya juga bisa mempengaruhi dan membuka peluang berbisnis di bidang kosmetik. Kamu bisa membuat brand sendiri dan menciptakan produk serum rambut sesuai dengan formula yang kamu inginkan.

Bersama PT Mash Moshem Indonesia, kamu enggak hanya bisa maklon shampo, tapi juga bisa membuat serum rambut sendiri.

Enggak perlu membangun pabrik, menyusun formula sendiri, dan bersusah payah memasarkannya. Karena kami bisa membantumu melakukannya.

Karena pabrik kosmetik kami telah memiliki izin CPKB tingkat A dari Badan POM, maka sudah bisa dijamin bagaimana kualitas dan keamanan dari produk kosmetik yang kamu buat bersama kami.

Gimana, kamu tertarik?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading

Leave a Comment