Efek Buruk Hair Dryer untuk Rambut dan Cara Mengatasinya

efek buruk hair dryer (2)

Hair dryer sudah bukan barang baru lagi bagi para perempuan. Gimana enggak? Alat pengering rambut ini sangat membantu memangkas waktu yang diperlukan untuk menata rambut sehabis keramas.

Namun, tahukah kamu efek buruk hair dryer untuk rambut dan kulit kepala? Atau efek yang ditimbulkan akibat  pemakaian yang kurang tepat? Nah agar lebih jelasnya, ikuti penjelasan berikut.

Efek Buruk Hair Dryer untuk Rambut dan Kulit Kepala

efek buruk hair dryer (1)

Penggunaan hair dryer atau pengering rambut yang tidak sesuai aturan dan secara terus-menerus dapat menimbulkan berbagai macam dampak yang kurang baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

So, apa saja efek buruk penggunaan hair dryer yang terlalu sering? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Merusak Batang Rambut

Bagi kamu yang menggunakan hair dryer atau pengering rambut setiap hari, lebih baik pertimbangkan lagi sebelum menggunakannya. Why? Penggunaan hair dryer setiap hari dapat membuat rambut kamu terkena panas secara terus-menerus.

Hair dryer yang kita gunakan menghasilkan panas yang dapat membuat suhu air yang ada di rambut meningkat. Akibatnya, gelembung-gelembung bersuhu tinggi di batang rambut terbentuk yang menyebabkan batang rambut rusak. Nah, hal inilah yang membuat rambut kamu menjadi rapuh dan mudah patah.

Coba kamu bayangkan,  apa yang terjadi jika setiap hari rambut kamu terkena panas bersuhu 50-60 derajat Celcius dari hair dryer?. Belum lagi rambut kamu terpapar panas sinar matahari ketika keluar rumah, pastinya rambut menjadi semakin kering.

Maka dari itu, diperlukan perawatan rambut ekstra. Selain itu, penting juga untuk membatasi penggunaan hair dryer karena paparan panas yang dihasilkan oleh alat tersebut dapat merusak batang rambut. Bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan hair dryer. Hanya saja mengurangi penggunaan misalkan digunakan hanya pada saat terburu-buru atau saat mendesak saja.

Tekstur Rambut Menjadi Kering

For your Information, panas yang dihasilkan oleh hair dryer secara tidak langsung juga dapat menyerap kelembapan rambut bahkan nutrisi yang ada disetiap helai rambut kamu juga ikut terserap.

Tidak hanya itu saja lho, mengeringkan rambut menggunakan hair dryer juga dapat membuat warna alami pada rambut semakin memudarkan sehingga tampilan rambut akan menjadi lebih kering dan kusam. Tentunya rambut menjadi semakin rusak apabila diabaikan begitu saja.

Maka dari itu, setelah habis keramas jangan biasakan langsung dikeringkan dengan hair dryer. Alangkah baiknya biarkan rambut kamu mengering dengan sendirinya sehingga rambut terhindar dari efek buruk hair dryer.

Menimbulkan Efek Overheating Pada Kulit Kepala

Kebanyakan orang belum mengetahui suhu berapa yang cocok untuk kulit kepala mereka. Apabila kamu menggunakan hair dryer tanpa mengontrol suhu yang tepat untuk kulit kepala kamu, maka akan terjadi efek overheating atau sensasi terbakar pada kulit kepala.

Sangat disayangkan, banyak orang yang tidak menyadari efek tersebut. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis dan gaya rambut kamu sebelum menggunakan hair dryer sebagai pengering rambut. Sehingga dapat mengatur suhu yang tepat bagi rambut kesayangan kamu.

Pada umumnya suhu pengering rambut yang ideal bagi rambut normal sekitar 45 derajat Celcius.

Kutikula Rusak

Kutikula rambut merupakan lapisan yang terletak pada lapisan paling luar rambut kita. Kutikula berfungsi untuk melindungi korteks agar kilau dan tekstur rambut tetap terjaga sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit rambut.

Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat merusak lapisan kutikula. Suhu panas hair dryer membuat kutikula kering dan rusak. So, tidak heran jika rambut kamu mudah berketombe bahkan lebih parahnya lagi bisa terserang penyakit rambut lainnya.

Membuat Rambut Terlihat Lebih Kusam

Seperti yang kamu ketahui, panas yang berlebihan pada rambut menyebabkan kelembapan alami pada rambut kita akan semakin hilang. Nah, hal ini juga yang akan berdampak rambut kamu. Rambut akan menjadi kering dan tampak sangat kusam karena kehilangan nutrisi dan kelembabannya.

Bagaimana? Masih ingin menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut? Mulai sekarang pertimbangkan kembali sebelum rambut cantik kamu rusak.

Tapi kalau sudah terlanjur rusak bagaimana? Berikut solusi untuk mengembalikan kesehatan rambut akibat hair dryer.

Cara Mengembalikan Kesehatan Rambut yang Terdampak Hair Dryer

Penggunaan hair dryer secara terus menerus bisa membuat kesehatan rambut memburuk. Untuk itu, berikut beberapa cara mengatasi rambut rusak karena hair drayer yang perlu kamu tahu.

Simak baik-baik, ya, Ladies!

Menggunakan Shampo dengan Ekstrak Moisturizing

Sampo sebagai pembersih rambut berperan penting dalam mengembalikan kesehatan rambut. Pakailah sampo yang sesuai dengan keadaan rambut kamu rusak. Gunakan sampo yang mengandung moisturizing agar rambut kamu lebih lembab.

Asal kamu tahu, keramas yang terlalu sering ternyata membuat rambut kamu tidak semakin bersih lho. Justru, hal ini akan membuat akar rambut kamu menjadi lebih mudah lepek. Tak hanya itu, rambut kamu juga akan terasa kering dan kasar di bagian batang rambut.

So, tidak perlu keramas setiap hari. Cukup keramas dua hari sekali agar rambut kamu tidak bertambah rusak sehingga sulit ditangani.

Gunakan Masker Rambut dengan Rajin dan Teratur

Penggunaan masker juga dapat digunakan sebagai salah satu solusi lho. Dengan menggunakan masker membuat rambut rusak jadi lebih sehat lho.

Tak perlu pusing, cukup gunakan masker alami yang mudah dijumpai dan yang pastinya aman bagi rambut kamu. Gunakan masker alami yang terbuat dari lidah buaya, alpukat, atau madu. Agar hasil maksimal, lakukanlah secara rutin minimal dua kali seminggu agar rambut kamu kembali halus.

Jangan Lupakan Kondisioner, Ya!

Penggunaan kondisioner sangat diwajibkan bagi kamu yang memiliki rambut rusak. Rajinlah memakai kondisioner setiap sehabis keramas.

Cara pemakaiannya cukup mudah kok. Cukup gunakan pada bagian tengah rambut hingga ke ujung, kemudian diamkan selama beberapa menit agar kondisionernya dapat meresap. Setelah itu tinggal bilas rambut kamu dengan bersih ya.

Gunakan Vitamin untuk Mencegah Kerontokan Rambut Jadi Parah

Selain kondisioner, vitamin rambut juga memiliki peran penting lho dalam merawat rambut kamu yang rusak. Vitamin rambut ini pada umumnya berbentuk minyak yang memudahkan dalam pengaplikasiannya.

Kandungan dalam vitamin rambut ini yang nantinya akan mengembalikan kesehatan rambut kamu. Gunakan dalam keadaan rambut masih setengah kering atau sebelum tidur ya, agar vitamin rambut dapat bekerja dengan maksimal.

Sebaiknya Hindari Penggunaan Alat Styling Sementara

Seperti yang kamu tahu, rambut yang rusak rentan terhadap panas alat penata rambut. So, alangkah baiknya kamu mengurangi penggunaan alat tersebut, seperti hair dryer. But, jika terpaksa menggunakannya, pastikan kamu menggunakan serum atau heat protector sebelum menata rambut kamu. Kenapa? Sebab serum atau heat protector dapat mengurangi dampak buruk alat tersebut.

Lengkapi Perawatan Rambut Ini Menggunakan Hair Oil

Well, solusi yang terakhir yaitu menggunakan minyak rambut. Minyak rambut ini dapat kamu aplikasikan pada kulit kepala sebelum atau sesudah keramas.

Dengan menggunakan hair oil berfungsi untuk mengembalikan nutrisi dan kelembapan alami yang hilang pada kulit kepala kamu. Apalagi setelah mengalami over heating dari hair dryer. Maka dari itu, hair oil ini juga direkomendasikan bagi kamu yang memiliki rambut rusak.

Setelah mengetahui efeknya,  tentunya kita juga semakin bijak dalam menggunakan hair dryer bukan? Boleh saja memakai hair dryer, namun jangan berlebihan ya karena efek yang ditimbulkan lebih besar dari manfaat yang kita dapatkan. So, gunakan seperlunya agar rambut tetap sehat dan cantik. 

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment