Jangan Biarkan Kotor, Ini Dia Cara Membersihkan Brush Makeup dengan Benar

cara membersihkan brush makeup (1)

Bagi para pecinta kosmetik penggunaan brush dan alat kecikan lainnya pasti bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan bisa dibilang brush makeup adalah salah satu barang wajib yang harus dimiliki oleh para beauty enthusiast.

Kok, bisa? Yap! brush makeup digunakan sebagai aplikator untuk menyapukan berbagai produk riasan wajah. Baik itu eyeshadow, blush on, bahkan ada juga brush yang khusus dibuat untuk meratakan foundation.

Meskipun sering digunakan, sebagian besar masih merasa malas membersihkannya. Ladies, penting bagi kita untuk rutin membersihkannya. Mengapa? Brush makeup yang sering digunakan tanpa dibersihkan secara rutin akan berakibat buruk bagi wajah jika dipakai secara terus menerus.

Lantas, apa saja dampak buruknya bagi wajah kita dan bagaimana cara membersihkan brush makeup dengan benar? Yuk, simak baik-baik penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Dampak Buruk Menggunakan Brush Makeup Kotor pada Wajah

cara membersihkan brush makeup (4)

Malas membersihkan brush makeup memang tak jarang kita lakukan. Seringkali kita menggunakan brush makeup yang kotor karena sisa kosmetik yang kita gunakan sebelumnya.

Tanpa kita sadari, hal tersebut justru menimbulkan berbagai macam dampak buruk bagi wajah kita lho. Apalagi jika kita terus-menerus menggunakannya. Pasti dapat menimbulkan masalah serius bagi wajah kita.

Berikut dampak buruk penggunaan brush makeup kotor yang perlu kamu ketahui, Ladies.

Membuat Kulit Mudah Berjerawat dan Berkomedo

Brush makeup yang jarang dibersihkan akan menyebabkan timbulnya bakteri. Bayangkan saja bila bakteri pada brush ini mengenai  muka kita, apa yang akan terjadi? Yap! Bakteri-bakteri tersebut dengan mudah akan menempel pada wajah kita sehingga akan membuat wajah kita berjerawat.

Tidak hanya itu saja, ketika kita memakai brush yang masih terdapat sisa kosmetik akan menyebabkan kulit kita menjadi berminyak bahkan muncul komedo yang mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan brush tersebut dapat menyumbat pori-pori pada wajah kita sehingga kotoran sisa makeup menumpuk dan mengganggu pernafasan pori-pori kita.

Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Infeksi Bakteri

Berdasarkan pendapat beberapa dokter kecantikan,  brush yang terlalu sering dibiarkan kotor tanpa dilakukan pembersihan dapat menyebabkan munculnya bakteri yang dapat menimbul infeksi staph pada wajah kita.

Apa sih sebenarnya infeksi staph ini? Bagimana gejalanya? dan apa dampaknya bagi wajah kita?

Sesuai dengan namanya, infeksi staph disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang terdapat pada kulit wajah kita.

Gejala infeksi ini berupa munculnya kemerahan pada kulit wajah dan wajah menjadi bengkak. Apabila dibiarkan maka akan meradang dan mengakibatkan timbulnya bisul, impetigi dan selulitis pada kulit kita.

Wah, enggak kebayang kalau wajahmu jadi begini? Tentunya kita tidak mengira bahwa masalah kecil dapat menimbulkan dampak besar bagi kulit wajah kita.

 Jadi, jangan tunggu sampai wajah terinfeksi, Ladies. Segera bersihkan brush kalian agar terhindar dari bakteri penyebab infeksi staph.

Dapat Menyebabkan Adanya Iritasi pada Kulit

Bulu-bulu lembut pada brush akan menjadi lebih kaku dan kasar jika sisa makeup yang sering digunakan dibiarkan  menumpuk. Nah, kalau dipaksakan digunakan maka dapat menyebabkan kulit wajah menjadi perih dan iritasi.

Kulit wajah kita memiliki lapisan kulit yang tipis dan sangat sensitif terhadap benda kasar, termasuk brush yang sudah tidak lembut lagi. Sehingga, pemakaian brush tersebut dapat menimbulkan kulit wajah kita menjadi terasa gatal, kemerah-merahan dan perih.

Jadi,  stoppenggunaan brush yang sudah rusak pada kulit kamu, Ladies. Agar kulit wajah kita terhindar dari infeksi.

Membuat Alat Makeup Jadi Lebih Mudah Rusak

Suatu barang jika tidak dirawat dengan baik maka akan cepat rusak, begitu juga dengan brush makeup. Apabila kuas tersebut jarang dibersihkan dan dipakai secara terus menerus maka dapat mempengaruhi usia pakainya lho.

Lama-kelamaan bulu kuas akan semakin rontok dan tidak layak digunakan. Padahal jika rutin dibersihkan dengan cara yang benar, brush dapat bertahan lebih lama. Sehingga kamu tidak perlu menggantinya dengan yang baru dan tentunya dapat menghemat pengeluaran juga, Ladies.

Bikin Hasil Riasan Wajah Enggak Maksimal

Brush atau kuas yang kotor juga dapat mempengaruhi hasil makeup kita lho, Ladies. Bagaimana bisa?

Kuas yang kotor biasanya terdapat berbagai macam sisa kosmetik yang telah kita gunakan sebelumnya. Nah, hal ini menyebabkan makeup yang kita aplikasikan menjadi tidak maksimal karena sisa kosmetik tersebut ikut tercampur dan merusak makeup yang kita aplikasikan.

Misalkan, ketika kita menggunakan brush untuk eyeshadow. Tentu saja tidak hanya satu warna yang ingin dicoba untuk mempercantik diri kita.

Kebanyakanorang sering memakai brush yang sama untuk warna yang berbeda dengan alasan tidak ingin terlalu ribet. Akibatnya, warna yang kita digunakan sebelumnya tercampur dengan warna lain dan mengakibatkan hasil makeup tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Cara Membersihkan Brush Makeup dengan Benar di Rumah

cara membersihkan brush makeup (3)

Terdapat berbagai macam cara untuk membersihkan makeup kita, Ladies. Tentunya sebagaian besar memilih cara yang praktis, efektif dan efisien untuk menghemat waktu dan tenaga. Salah satunya dengan menggunakan brush shampoo.

Saat ini banyak produk sampo khusus yang dibuat sebagai bagian dari cara membersihkan brush makeup.

Bahkan beberap merek kecantikan menciptakan inovasi baru untuk pembersih brush makeup yaitu sampo yang berupa semprotan. Karena cara penggunaannya yang cukup mudah, membuat sampo ini menjadi pilihan utama.

Akan tetapi cara membersihkan brush makeup satu ini hanya dapat memberikan efek sementara. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk mencuci brush makeup secara menyeluruh dan menggunakan sabun.

Nah Ladies, untuk bahan dan langkah-langkahnya ikutin di bawah ini ya.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai cara membersihkan brush makeup dengan benar, mari siapkan terlebih dahulu berbagai alat dan bahan yang akan kamu pakai. Misalnya sebagai berikut ini:

  • Mangkuk kecil atau wadah apapun yang kamu miliki.
  • Sampo bayi/sabun cair/castile soap/ atau produk sejenis.
  • Air hangat
  • Handuk ataupun kain bersih yang memiliki tekstur lembut dan tidak terlalu banyak berserat.

Langkah Mencuci Brush Makeup dengan Tepat

Setelah sebuah bahan dan alat yang diperlukan telah kamu siapkan, maka kamu bisa langsung mempraktikkan step by step cara membersihkan brush makeup dengan benar di rumah berikut ini.

  1. Rendam brush makeup menggunakan air hangat, lalu bilas diair yang mengalir untuk merontokkan sisa kosmetik yang menempel. Bersihkan kuas secara menyeluruh  tanpa menyentuh kepala kuas agar tidak merusak bentuk kuas.
  2. Isi mangkuk kecil yang telah disiapkan dengan air hangat dan sampo, kemudian aduk. Gunakan untuk mencuci brush, lalu putar-putar brush dengan lembut pada telapak tangan hingga bersih.
  3. Bilas kuas sekali lagi di bawah air yang mengalir. Jika diperlukan ulangi langkah di atas hingga brush makeup benar-benar bersih.
  4. Keringkan brush dengan handuk atau kain kering dan bersih lalu rapikan bulu-bulu brush.
  5. Brush yang sudah kering siap dipakai kembali.

Perlu kalian tahu,  untuk membersihkan brush makeup yang digunakan di area mata dapat dilakukan minimal dua bulan sekali. Sedangkan brush untuk penggunaan di bagian wajah yang lain dapat dibersihkan  maksimal satu bulan sekali.

Menjaga kebersihan alat makeup yang kita gunakan memanglah penting. Bahkan hal kecil seperti brush makeup dapat menimbulkan dampak yang buruk bila tidak dibersihkan.

Maka dari itu, kamu harus rutin menerapkan cara membersihkan brush makeup ini agar wajah kita tehindar dari berbagai macam masalah kulit. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Setelah mengetahui cara membersihkan brush yang tepat seperti langkah di atas, tentunya kalian dapat dengan mudah melakukannya sendiri di rumah. Mudah dan yang penting menghemat biaya karena brush dapat dipakai kembali dalam waktu yang lama.

So, Ladies. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

Leave a Comment