Biar Makin Efektif, Ini Cara Memilih Serum Wajah Sesuai Jenis Kulit

cara memilih serum sesuai jenis kulit

Bagi para beauty lovers, face serum tentunya bukan hal baru lagi. Mengingat produk perawatan wajah satu ini memiliki banyak kegunaan dan sangat ampuh merawat keremajaan kulit wajah penggunanya.

Face serum mulai dikenal sejak kemunculan beauty steps ala Korea Selatan. Lama kelamaan, karena memberikan hasil yang signifikan pada kulit, serum wajah pun kian diminati oleh beauty lovers.

Serum wajah sendiri memiliki banyak jenis dan dibuat dengan bahan yang berbeda-beda. Nah, Untuk membuat hasilnya kian optimal, kamu perlu menyesuaikan jenis serum yang kamu gunakan dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu.

Well, tanpa banyak basa-basi simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Sekilas Tentang Serum Wajah

kandungan skincarae

Serum wajah merupakan salah satu produk kecantikan yang dirancang khusus menggunakan bahan-bahan aktif yang mampu merawat kecantikan kulit secara optimal.

Karenanya, fungsi serum untuk wajah pun sangat beragam. Mulai dari menutrisi, menyehatkan, mengatasi masalah kecantikan tertentu, hingga melawan terbentuknya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Bahkan penggunaan serum pun diklaim ampuh memberikan perbedaan besar pada penampilan kulitmu, yakni dengan merangsang proses regenerasi sel, memperkuat skin barrier, hingga kulit jadi lebih glowing.

Tak hanya digandrungi karena fungsinya, serum pun memiliki konsistensi yang cukup mudah menyerap dalam kulit, sebab berbasis air.

Cara Memilih Serum Wajah Sesuai Jenis Kulit

cara memilih serum sesuai jenis kulit (2)

Pernahkah kamu merasa, saat menggunakan produk perawatan wajah tertentu hasil yang kamu dapatkan tak begitu maksimal?

Ya, bisa jadi yang salah bukan pada produk yang kamu gunakan, melainkan ketidaksesuaian dengan jenis kulit wajahmu.

Sebab, pada dasarnya tiap orang memiliki jenis dan permasalahan kecantikan yang berbeda. Bisa jadi serum wajah tertentu bisa cocok dengan satu orang, namun tidak dengan orang lainnya.

Karenanya akan sangat penting untuk mengetahui cara mememilih serum wajah sesuai jenis kulit wajah. Penasaran bagaimana caranya? Simak tip-tip berikut ini!

Kulit Berjerawat

skincare untuk kulit berjerawat

Adanya jerawat di wajah enggak hanya akan mengganggu penampilan, malahan bisa juga menimbulkan rasa tidak nyaman dan peradangan pada kulit.

Jerawat sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti produksi minyak wajah yang berlebihan, infeksi bakteri, hingga penyumbatan pori-pori kulit.

Nah, cara memilih serum wajah sesuai jenis kulit berjerawat adalah dengan menyesuaikan kandungan yang ada dalam formula produk.

Kalau kamu memiliki masalah jerawat dan wajah yang cenderung berminyak, kamu bisa memilih serum dengan kandungan salicylic acid, vitamin C, dan hyaluronic acid.

Pertimbangkan juga serum yang memiliki tekstur ringan, karena akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak menimbulkan masalah baru ataupun memperburuk jerawat.

Kandungan salicylic acid dan vitamin C pada serum pun disinyalir mampu mengurangi efek kemerahan, maupun peradangan pada jerawat. Bahkan kedua bahan ini juga diklaim mampu membantu proses penyembuhan jerawat, lho.

Tak perlu khawtir iritasi, sebab salicylic ascid adalah salah satu jenis BHA yang cukup banyak direkomendasikan para ahli kecantikan untuk merawat kulit berjerawat. Sebab, sifatnya yang cukup lembut dan tidak akan mengiritasi kulit.

Selain itu, hyaluronic acid pun dapat membantu menenangkan kulit dan menjaga kulit terhidrasi dari dalam. Sehingga, bahan ini bisa membantu menyeimbangkan sifat eksfoliatif dari vitamin C maupun salicylic acid.

Kulit Berminyak

pelembap kulit

Kulit yang berminyak selalu ditandai dengan kilap berlebih pada wajah. Jenis kulit satu ini pun sangat rentan terkena jerawat, komedo, dan membuat riasan tidak bisa bertahan lama ketika diaplikasikan.

Nah, untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, sebaiknya pilih serum wajah yang pas agar wajah terlihat lebih sehat dan tampak tidak terlalu kusam.

Cara memilih serum wajah sesuai jenis kulit berminyak adalah menggunakan prduk dengan kandungan ceramide, marine, protein, green tea seed oil, hyaluronic acid, hingga tea tree oil.

Kandungan-kandungan tersebut akan mampu mengontrol kelembapan wajah dengan baik, tanpa harus membuatnya jadi terlalu kering hingga dehidrasi.

Misalnya, ceramide, marine, protein, dan hyaluronic acid, memiliki manfaat hidrasi kulit dari dalam keluar. Sehingga tidak akan menambah kelembapan atau volume minyak pada permukaan kulit.

Sementara itu, kandungan tea tree oil dan green tea oil, yang sangat kaya akan antioksidan, akan mampu bekerja mengangkat minyak berlebih dari kulit. Tanpa membuatnya teriritasi atau jadi terlalu kering.

Kulit Kering

kulit kering dan dehidrasi

Siapa bilang kulit yang kering dan bebas kilap juga bisa dikatakan kondisi yang ideal? Padahal keadaan ini menujukkan bahwa kultimu kekurangan cairan dan butuh kelembapan ekstra agar tidak ada masalah lain yang muncul.

Tak hanya itu, bahkan kondisi ini biasanya menyebabkan kulit susah menerima berbagai nutrisi maupun kandungan yang ada dalam skincare.

Kulit kering cenderung memiliki ciri warna kulit yang kusam, terasa kasar dan ketat, hingga penampilan garis halus maupun kerutan tampak lebih jelas pada kulit.

Hal-hal yang mempengaruhi kulit kering adalah perubahan cuaca, misalnya terlalu dingin atau terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung.

Untungnya, fungsi utama dari serum wajah adalah melembapkan. Karenanya, kamu cenderung leluasa dalam memilih jenis serum sesuai kebutuhan kulitmu.

Agar manfaat menghidrasi ini jadi kian optimal, pilih produk serum wajah yang berbahan dasar humektan, emollient, dan antioksdian. Sebab ketiganya mampu mengikat cairan yang ada dalam jaringan kulit dan mencegahnya menghilang.

Tak hanya itu, kandungan emolien dalam serum pun diketahui ampuh memberikan lapisan kelembapan ekstra pada kulit. Sehingga dapat memaksimalkan fungsi kulit dalam menghadapi berbagai dampak buruk lingkungan.

Untuk hasil yang kian optimal, kamu bisa mengaplikasikan toner terlebih dahulu agar wajah lebih lembap, sebelum menggunakan serum wajah untuk kulit kering.

Kulit Kombinasi

skincare untuk kulit kering

Merawat kulit kombinasi emang agak ribet, mengingat tipe kulit satu ini memiliki dua jenis kulit sekaligus. Yakni bagian kering pada area pipi, juga bagian berminyak di sekitar dagu, hidung, dan dagu.

Nah, untuk merawat kulit kombinasi ini kamu perlu menggunakan serum dengan khasiat untuk menghidrasi yang cocok untuk digunakan semua jenis kulit.

Ada baiknya, pilih juga serum yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide yang bertekstur ringan, namun tidak menambah minyak berlebih pada wajah.

Atau kamu bisa mengombinasikan jenis serum yang berbeda pada wajahmu, sesuai area kering dan berminyak yang ada.

Kulit Normal

membantu memelihara kesehatan tubuh

Kulit normal merupakan jenis yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang. Sebab tipe kulit satu ini umumnya bertekstur lembut, halus, tidak mudah teriritasi, maupun bermasalah dengan jerawat.

Jenis kulit ini juga terbilang tidak terlalu membutuhkan perawatan intensif, karena fungsi kulit telah berjalan normal.

Namun, kamu bisa tetap menggunakan serum yang kaya akan nutrisi dan bisa mendukung fungsi kulit agar lebih optimal. Kamu bisa memilih produk yang berkandungan vitamin E, kolagen, dan niacinamide.

Perpaduan keempat kandungan itu akan membantu mengoptimalkan kecantikan alami wajahmu. Di mana, kandungan vitamin E bisa bekerja sebagai antioksidan sekaligus menutrisi kulit wajahmu.

Sementara kolagen, dapat memelihara keremajaan kulit dengan membuatnya selalu kecang, juga menghalau keriput dan garis halus muncul di wajah kamu.

Niacinamide akan membantu merawat dan membuat kulitmu lebih cerah alami. Bahan ini pun memiliki sifat yang menenangkan, nonkomedogenik, serta tidak akan membuat kulit teriritasi.

Setelah melihat berbagai cara memilih serum wajah seusai jenis kulit di atas, apakah kamu selama ini menggunakan serum wajah yang tepat?

Memilih sebuah produk kecantikan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau kamu memiliki tipe kulit wajah yang cenderung sensitif atau justru mengalami masalah kecantikan tertentu.

Untuk itu, ada baiknya bagimu selalu memperhatikan kebutuhan dan jenis kulit dalam memilih produk perawatan apapun.

Selain akan membantu produk bekerja dengan lebih optimal, hal ini pun akan meminimalisir terjadinya berbagai dampak buruk atau alergi kosmetik yang diakibatkan ketidakcocokan kandungan dengan kulit.

Well, sampai sini dulu ya, pembahasan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat membantumu dan menjawab pertanyaanmu. Semoga beruntung dan jangan lupa coba praktekkan tips di atas, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment