Punya 300 Juta Pengguna, Ini Cara Menggunakan Quora untuk Bisnis

cara menggunakan quora untuk bisnis (2)

Ketika menjalankan sebuah usaha, apalagi merintisnya dari nol, kamu harus bisa meyusun strategi marketing bisnis yang efektif. Misalnya menggunakan berbagai jenis media sosial dan pemasaran yang ada di Internet. Termasuk lewat cara menggunakan Quora untuk bisnis.

Platform tanya jawab yang popular beberapa tahun lalu ini, menyediakan kesempatan bagi penggunanya untuk berbagai informasi apapun seputar topik yang mereka minati.

Mulai dari hal-hal kecil soal kehidupan sehari-hari, tips dan trik kecantikan, cerita horror dan music, hobi, hingga bebagai pengetahuan dasar dan bisnis.

Pokoknya hanya dalam satu platform ini kamu bisa menemukan beragam pengguna dari berbagai ketertasikan/minat. Kamu juga bahkan bisa menemukan kolega, informasi penting mengenai bisnis, hingga mempromosikan usaha yang kamu rintis dalam platform ini.

Wah, terdengar menjanjikan, bukan?

Ssebenarnya telah banyak pebisnis yang menggunakan Quora untuk mempromosikan usaha mereka. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Bagaimana Quora Bisa Jadi Tempat Ideal untuk Mempromosikan Bisnis?

Sebelum terlalu jauh membahas bagaimana cara menggunakan Quora untuk bisnis. Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana mungkin platform tanya jawab ini bisa membantu mempromosikan usahamu, bukan?

Sejak dirilis pada tahun 2010 silam, Quora telah mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Platform ini berada pada peringkat ke-57 di dunia dan memiliki lebih dari 300 juta pengguna.

Kira-kira apa yang membuat masyarakat suka menggunakan platform ini? Well, jika dibandingkan dengan platform sejenis, Quora memiliki keunggulan dari keberagaman penggunanya, topik yang disajikan, juga interfernsi pengguna terbaik.

Nah, bisa kita bayangkan bahwa Quora ini serupa ruangan besar yang menaungi berbagai jenis kelompok orang dengan minat yang beragam. Mereka dimungkinkan untuk saling bertukar informasi, kegiatan, tips, atau berbagai hal yang mereka miliki sesuai dengan minat/topik yang diikuti.

Lantas apa hubungannya dengan bisnismu?

Menyadari betapa besarnya pengguna Quora, hal ini memberikan peluang tersendiri untukmu memperkenalkan usaha atau brand-mu kepada masyarakat luas.

Tentu tidak dengan pemasaran langsung (hard selling), melainkan dengan sedikit demi sedikit membangun persepsi mereka untuk memahami karakteristik dan tujuan usahamu.

Cara menggunakan Quora untuk bisnis ini bisa sangat efektif dan efisien, kalau kamu bisa menemukan kelompok pengguna yang tepat serta mampu mengomunikasikan keunggulan perusahaanmu dengan baik.

Cara Menggunakan Qoura untuk Bisnis

cara menggunakan quora untuk bisnis (2)

Setelah mengetahui bagaimana peluangnya, kamu pasti sudah tidak sabar untuk menggunakan Quora sebagai media pemasaran dan branding perusahaanmu, bukan?

Well, tanpa banyak basa-basi lagi, simak cara menggunakan Quora untuk bisnis berikut ini, yuk!

Mulai dengan Mengisi dan Melengkapi Profil

Langkah pertama dalam cara menggunakan Quora untuk bisnis adalah dengan melengkapi profil akun-mu. Hal basic ini memang kerap kali diremehkan, padahal sebenarnya sangat berpengaruh pada penilaian audience.

Profil akun yang dibuat dengan baik akan menunjukkan kredibilitasmu. Sehingga bisa memudahkan audience Quora yang membutuhkan jawaban professional untuk menemukan profilmu.

Setidak-tidaknya, profil Quora yang bagus ini haruslah memiliki foto profil atau logo perusahaan yang terlihat jelas. Juga memuat tentang sedikit deskripsi pekerjaan, minat, maupun usaha apa yang tengah kamu tekuni saat ini.

Dalam profil ini, kamu juga bisa mencantumkan link Website jualanmu atau profile bisnismu. Dengan begitu audience bisa memahami dan menganggap jawabanmu kredibel.

Mencari Pertanyaan Sesuai dengan Bidang Usaha

Cara menggunakan Quora untuk bisnis selanjutnya adalah dengan mencari pertanyaan sesuai dengan bidang usaha. Pokoknya jangan asal pilih, ya!

Quora merupakan platform tanya jawab yang sangat besar dan bertahan lama. Beberapa platform sejenis yang dikeluarkan dalam kurun waktu yang sama, bahkan tidak bisa bertahan selama Quora.

Karena jangkauannya luas, kamu juga harus memahami bahwa penting untuk menentukan topik yang sesuai dengan bidang usahamu dan target pasar. Dengan demikian, kegiatan promosi yang kamu lakukan tidak akan sia-sia.

Selain itu, ketika kamu bisa memilih pertanyaan yang tepat sesuai bidang keahlianmu, maka jawaban yang kamu beri pun akan lebih kredibel.

Akan lebih baik untuk memilih pertanyaan dengan banyak pengikut, namun belum memiliki banyak jawaban. Sehingga kamu bisa menjadi yang pertama untuk memberikan solusi ataupun informasi tersebut. Ini akan membuat jawabanmu jadi pilihan teratas kian besar.

Selain itu, menjawab pertanyaan dengan pengikut besar pun akan membuat orang-orang tertarik dengan akunmu. Tak hanya meningkatkan kunjungan, bisa jadi mereka juga akan menantikan banyak informasi dari akunmu.

Dengan begitu engagement akun akan semakin besar, mengingat pertanyaan Quora kerap kali muncul sebagai jawaban pada mesin pencarian Google, lho.

Berikan Jawaban yang Relevan dan Efektif

Setelah memilih pertanyaan yang sesuai dengan bisnismu, memberikan jawaban yang relevan dan efektif adalah cara menggunakan Quora untuk bisnis selanjutnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika mempromosikan bisnis-mu di Quora kamu tidak bisa melakukannya secara langsung. Karena pada dasarnya forum ini digunakan untuk bertukar informasi dan tips.

Sebab itu, saat menemukan pertanyaan yang tepat kamu pun enggk boleh asal menjawab dan menyisipkan promosi secara sembarangan.

Hal ini hanya akan membuat pembaca meragukanmu dan mengabaikan jawaban yang kamu beri. Alih-alih dengan ‘paksa’ memasukkan promosi, kamu bisa menjadikan produkmu sebagai sumber rujukan atau rekomendasi dengan halus.

Misal dengan menceritakan pengalaman penggunaannya, sesuaikan dengan kebutuhan penanya, dan banyak lainnya.

Berikan Detail Unik dan Khas pada Jawabanmu

Cara menggunakan Quora untuk bisnis satu ini bisa kamu lakukan dengan membagikan pengalaman pribadimu, atau hal-hal yang kamu ketahui tapi jarang banyak orang mengerti.

Pengalaman-pengalaman ini bisa membuat pengikutmu kian bertambah, karena mereka akan menganggap kontenmu menyenangkan dan unik.

Buat Pertanyaan Sendiri

Kalau kamu ingin memberikan suatu informasi tentang bisnismu, namun tak kunjung menemukan pertanyaan yang sesuai. Kamu enggak perlu khawatir, Beautypreneurs!

Karena kamu bisa membuat pertanyaan sendiri kemudian membuat konten jawabannya sendiri juga. Well, ini bisa dicoba kalau akunmu tergolong baru.

Langkah ini bisa memberikan beberapa keuntungan buatmu, misal mudah mengatur feeds, email blast ke orang-orang yang mengikuti topik buatanmu, juga akses pencarian untuk orang yang mencari pertanyaan serupa.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Quora untuk Bisnis

Sekilas cara menggunakan Quora untuk bisnis terasa sangat mudah dan sederhana. Tapi jangan terjebak dalam zona nyaman, Beuatypreneurs!

Sebagai seorang pengusaha kamu harus memperhitungkan kendala apapun yang ada dan kemungkinan menghadangmu. Termasuk saat kamu menggunakan platform tanya jawab ini sebagai media promosi brand atau bisnismu.

Sebab itu, sebelum memulai cara menggunakan Quora untuk bisnis penting buatmu memperhatikan hal-hal berikut ini agar kontenmu maksimal.

Catat semuanya dan jangan ada yang terlewat, ya!

Kutipan dari Website / Media Social Bisnis

Pertama, masukkan kutipan dari website atau media social milik perusahaanmu ketika menjawab pertanyaan. Langkah ini bisa membantu meningkatkan trafik website, ketika audience Quora merasa ingin mengetahui informasi yang kamu berikan secara utuh.

Meski begitu, kamu juga harus memastikan bahwa domain website perusahaanmu ini harus terlihat ‘kredibel’. Dengan begitu, audience juga akan bisa menangkap kesan profesionalitas dalam akun website perusahaanmu.

Selain menyisipkan link dalam konten jawaban, lewat Quora kamu pun bisa mencantumkannya lewat footer atau catatan kaki.

Di sesi ini kamu juga bisa memberikan call to action (CTA) kepada audience untuk mengunjungi dan membaca website/media sosial perusahaanmu.

Pingin tahu cara bikin Call To Action (CTA) yang memikat? Simak langkahnya di sini!

Lakukan Soft Selling

Mempromosikan bisnis di Quora tidak bisa dilakukan secara langsung (hard selling), platform ini lebih cocok digunakan untuk membangun image perusahaan secara bertahap. Yakni lewat jawaban-jawaban yang relevan dan tidak mengandung spam pada topik yang akan kamu balas.

Karena kalau menjawab pertanyaan secara asal dan menyisipkan promosimu secara berlebihan, pengguna akan merasa terganggu. Justru mereka akan melaporkan kontenmu sebagai Spam, lho.

Perhatikan Sumber Konten

Ketika kamu memberikan jawaban berupa saduran dari Website lain, maka kamu harus degan jelas mencantumkan sumber informasi tersebut dalam kolom jawaban. Tak perlu menyisipkan link atau sejenisnya, kamu harus menuliskan nama laman/jurnal/sumber tersebut dengan jelas.

Hal yang sama juga kalau kamu memasukkan gambar maupun video ke dalam jawaban tersebut. Kamu harus mencantumkan dari mana asal video/gambar tersebut diambil.

Ketika sumber tidak jelas, serta gambar tidak berkaitan dengan pertanyaan atau jawaban yang kamu buat. Maka konten tersebut dapat ditandai sebagai spam.

Well, itu adala cara menggunakan Quora untuk bisnis yang bisa kamu coba terapkan. Enggak hanya untuk jual beli, kamu juga bisa menggunakan tips ini untuk meningkatkan awareness pada brand kosmetik-mu, lho.

Sebenarnya ada banyak cara mempromosikan brand kosmetikmu secara digital. Kamu bisa memaksimalkan semua media ini untuk mendorong penjualan dan membuat konsumen lebih mengenal produkmu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment