Cara Menggunakan Twitter Space Untuk Bisnis, Tingkatkan Reputasi Brand!

cara menggunakan twitter space untuk bisnis

Tak hanya menghubungkanmu dengan orang-orang dari penjuru dunia, kamu juga bisa menerapkan cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis agar reputasi brand kosmetikmu kian meningkat.

Pengguna internet pasti sudah tidak asing dengan ngobrol dengan stranger atau orang yang tidak dikenal. Bahkan dengan topic yang spesifik, kalian bisa ngobrol dengan santai di ruang online. Atau lebih tepatnya kegiatan ini bisa dilakukan di Clubhouse. Platform digital yang berupa audio dan digunakan untuk ngobrol.

Namun sayang, Clubhouse sangat ekslusif dan hanya bisa digunakan untuk pengguna IOS saja. Namun Twitter telah memberi solusinya. Untuk menyaingi Clubhouse, mereka membuat fitur Twitter Space. Hampir sama dengan Club House, namun fitur ini bisa digunakan semua perangkat.

Mulai dari IOS hingga android. Bahkan tidak ada batasan ruang obrolah dalah topic tertentu. Semua orang bisa ikut gabung dan nibrung. Untuk lebih jelasnya mengenai Twitter Space,ikuti artikel ini hingga selesai.

Apa itu Twitter Spaces?

Twitter Space merupakan platform digital terbaru yang digagas oleh Twitter untuk streaming ngobrol online. Ruang obrolan suara ini biasa disebut Space. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa penggunaan Twitter Space hampir sama dengan Clubhouse.

Bahkan konon katanya Twitter Space dibuat untuk menyaingi Clubhouse. Fitur yang satu ini baru diluncurkan pada Mei 2021 lalu. Saat dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Sejak hari pertama diluncurkan, minat pengguna terhadap Twitter Space pun sangat tinggi.

 Bahkan setiap harinya ada jutaan ruang obrolan yang aktif. Pembahasannya pun beragam. Tergantung host atau diskusi setiap kelompok. Dalam proses obrolannya, Twitter Space akan dipandu oleh host. Yang mana untuk menjadi host di Twitter Space harus mempunyai follower lebih dari 600.

Untuk bergabung dalam obrolan di Twitter Space pun cukup mudah. Tinggal klik obrolan yang kamu minati dan bergabung. Hal ini sangat berbeda dengan system Clubhouse yang menggunakan invite only. Jadi menggunakan Twitter Space tentu lebih fleksibel.

Itulah yang menjadi alasan bahwa Twitter Space diincar oleh para marketer sebagai salah satu platform promosi. Nah, sebenarnya apa sih manfaat Twiiter Space untuk bisnis? Simak artikelnya ini hingga selesai ya. Happy reading!

Manfaat Menggunakan Twitter Spaces untuk Bisnis

Selain untuk eksis di Twiiter, ternyata fitur yang satu ini juga mempunyai beragam manfaat untuk bisnis loh. Bahkan penggunaannya pun dinilai sangat minim budget. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang baru memulai bisnis dan harus meminimalisir pengeluaran untuk promosi.

Berikut adalah manfaat Twitter Space yang perlu kamu ketahui.

 Membuat Event Jadi Lebih Mudah

Siapa bilang membuat event harus mahal? Dengan menggunakan Twitter Space kamu bisa membuat event dengan budget yang minim. Bahkan gratis. Untuk audiencenya pun lebih luas. Sebab tidak ditentukan oleh invite only atau hanya untuk yang mendapat undangan saja.

Namun semua pengguna boleh bergabung dan mengikuti obrolan online. Dengan aktif membuat event di Twitter Space, itu artinya komunikasi dengan audience akan semakin rutin. Sehingga hubungan baik antara penjual dan pembeli pun akan lebih terbangun.

Meningkatkan Reputasi Brand

Tak hanya minim budget saja, namun menggunakan Twitter Space juga berfungsi untuk meningkatkan reputasi brand atau brand awareness. Semakin aktif kamu di sosial media, semakin sering dan dikenal pula oleh audience.

Bahkan selain hubungan baik dengan para pelanggan yang akan kamu dapatkan, engagement sosial Twittermu pun juga akan semakin meningkat. Tentu hal ini menjadi sangat bagus untuk meningkatkan reputasi brand.

Merek akan semakin dikenal banyak orang, dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang kamu jalankan pun akan semakin meningkat.

Menambah Insight Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak ada batasan audience untuk bergabung di Twiiter Space. Siapapun bisa ikut bergabung. Termasuk kamu jika ingin bergabung ke dalam diskusi yang diadakan oleh brand kompetitor.

Eits, tunggu dulu. Mengikuti diskusi yang digelar oleh kompetitor ternyata cukup penting loh. Itu dapat menambah insight bisnis yang kamu jalankan. Sebab banyak sekali ilmu dan strategi yang akan kamu dapatkan untuk bersaing nanti.

Kamu pun bisa menggali beberapa informasi dari kompetitor. Seperti informasi produk, informasi penjualan hingga informasi pemasaran. Jadilah pendengar yang baik dalam acara tersebut.

Sebab segala informasi yang kamu dapatkan dari brand kompetitor itu akan membantumu dalam bersaing. Bahkan jika itu merupakan strategi yang cukup bagus, kamu juga bisa menerapkannya di bisnismu.

Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru

Manfaat cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis selanjutnya adalah untuk mendapatkan feedback seputar produk baru. Tentunya feedback sangatlah penting saat kamu meluncurkan produk baru. Dengan adanya feedback, kamu bisa menganalisa apakah produk yang telah kamu ciptakan diminati atau tidak.

Dengan menggunakan Twitter Space, kamu bisa mencapatkan feedback tersebut secara langsung. Buat obrolan atau tanya jawab tentang produkmu. Beri kesempatan para audience untuk berbicara dan berpendapat tentang produk yang telah kamu buat.

Cara itu akan menjadi sangat efektif. Sebab dengan adanya feedback secara langsung tersebut, kamu bisa langsung melakukan evaluasi produk dan memperbaikinya.

Itulah beberapa manfaat dari Twitter Space yang bisa kamu dapatkan untuk perkembangan bisnismu. Nah, kini saatnya kamu mengetahui contoh penggunaan Twitter Space untuk bisnis. Berikut penjelasan selengkapnya.

Contoh Penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis

Setelah melihat bergam manfaat dari Twitter Space, memang tak bisa dipungkiri bahwa platform yang satu ini memang cukup efektif untuk digunakan sebagai strategi marketing.

Buat kamu yang saat ini sedang aktif di dunia digital marketing, berikut adalah contoh penggunaan Twitter Space yang wajib kamu ketahui.

Thought Leadership

Dalam Twitter Space kamu bisa membuat thought leadership program atau event audio streaming bersama pakar. Kegiatan ini hampir sama dengan webinar. Yakni mengundang salah satu pakar untuk membahas topic-topik tertentu yang berkaitan dengan industri yang sedang kamu jalankan.

Untuk lebih berhemat, kamu bisa menunjuk salah satu orang di kantor yang ahli di bidang tertentu. Lalu kamu bisa menunjuknya sebagai host atau pakar dalam event yang kamu buat.

Tentu kegiatan ini akan sangat bermanfaat. Bahkan perusahaanmu juga akan dikenal lebih professional dan terpercaya dengan adanya pakar-pakar tersebut.

Question and Answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)

Selain berbincang dengan pakar, kamu juga bisa menggunakan Twitter Space untuk QnA. Event ini tentu memberi dampak yang cukup efektif untuk brandmu. Sebab kamu akan mendapatkan feedback secara langsung dari audience.

Dengan begitu kamu bisa langsung mengambil langkah dan strategi baru untuk produk barumu. Tak hanya itu, dengan QnA komunikasi dan hubunganmu bersama audience pun akan lebih terjalin. Komunikasi semakin erat.

Selain QnA, kamu juga bisa membuat AMA. Undang salah satu pulik figure yang berkaitan dengan brandmu.

Adanya public figure itu akan mengundang para pengikutnya untuk mengikuti event tersebut. Dan brand yang kamu jalankan bisa menjadi moderator. Sehingga sangat efektif untuk mengenalkan brandmu kepada para audience baru.

Kolom Komentar di Acara Live

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Twitter Space adalah membuka kolom komentar dalam suatu acara live. Jika ada acara live yang sedang seru, kamu bisa mengundang para audiens untuk berkomentar melalui Twitter Space.

Sebagai contoh, ada acara live tutorial make up. Nah, kamu bisa membuka kolom komentar di acara live tersebut dan mengundang para audience untuk berkomentar.

Peluncuran Produk

Twitter Space juga sangat efektif digunakan untuk peluncuran produk. Kamu bisa mengundang para pelanggan setia dalam peluncuran itu. Berikan semua infomasi secara detail mengenai produk baru yang akan kamu luncurkan.

Atau bahkan, kamu juga bisa memberinya diskon khusus dengan kode tertentu yang hanya bisa didapatkan melalui life itu. Bahkan kamu juga bisa menyuruh mereka untuk berpendapat tentang produk barumu.

Giveaway

Siapa sih yang tidak suka hadiah? Contoh ini bisa saja kamu gabungkan dengan peluncuran produk baru. Dengan adanya giveway, kamu bisa memberikan beberapa benefit kepada mereka yang mengikuti event tersebut.

Kamu bisa mengadakan kuis atau memberi mereka challenge tertentu sebagai persyaratan giveaway. Dengan begitu antusiasme para audience pasti akan lebih terpacu lagi.

Setiap hari Twiiter pasti selalu menyediakan berbagai macam hal yang trending. Nah, untuk mendapatkan banyak audience lagi, kamu bisa membuka diskusi dengan topic yang sedang trending. Dari sini kamu berpotensi akan mendapat audience yang baru.

Tak hanya demikian, mengadakan event ini juga berarti membuat bisnismu dinilai selalu update dan mengikuti tren terkini. Sehingga akan terkesan modern dan mengerti keinginan audience. Namun perlu diingat bahwa tidak semua yang trending dapat kamu gunakan sebagai topic diskusi.

Cukup yang berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan. Juga jangan mengambil topic diskusi yang sensitive. Karena akan sangat beresiko untuk ke depannya.

Konten Edukasi

Selanjutnya adalah konten edukasi. Dengan adanya konten edukasi ini kamu juga bisa membuka wawasan audience. Kamu bisa membuka obrolan dengan konten yang lebih edukatif. Misalnya tips merawat kulit agar tidak berjerawat.

Diskusi tersebut pasti akan memberi banyak manfaat terhadap pendengarnya.  Bahkan juga bisa lebih waspada dengan apa yang akan mereka lakukan.

Mengumpulkan Kritik dan Saran

Kritik dan saran merupakan aspek terpenting dalam kemajuan bisnis. Dengan adanya kritik dan saran, kamu bisa menyusun strategi baru untuk bisnis. Sehingga akan lebih baik untuk ke depannya.

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa menggunakan Twitter Space kamu bisa mendapatkan feedback secara langsung. Sehingga metode ini sangat praktis untuk mengumpulkan kritik dan saran.

Itulah beberapa contoh penggunaan Twitter Space. Nah selanjutnya bagaimana dong cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis? Berikut penjelasannya.

Cara Menggunakan Twitter Spaces untuk Bisnis

cara menggunakan twitter space untuk bisnis (1)

Setelah mengetahui beragam manfaat dan caranya, kamu pasti semakin tidak ragu menggunakan Twitter Space sebagai salah satu platform untuk promosi. Berikut adalah cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis.

Buat Ruang Obrolan (Spaces)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat ruang obrolan atau space. Klik dan tahan ikon Add di profile picture Twitter Anda, kemudian klik ikon Spaces. Setelah itu beri nama ruang obrolan, kemudian klik Start Your Space.

Setelah itu kamu bisa mengklik tombol kamera untuk mengaktifkan microfon. Kemudian klik ikon Options. Setelah itu klik Adjust Settings.

Setelah itu kamu akan menemukan pengaturan pembicara. Yakni ada tiga, everyone, people you follow dan only people you invite to speak. Agar pembicaraan dalam obrolan itu tidak berisik, kamu bisa memilih only people you invite to speak.

Atur Akses Pembicara

Untuk mengatur akses pembicara, kamu perlu masuk ke opsi awal dan memilih klik ikon People untuk masuk ke opsi pengaturan pembicara dan audiens. Kemudian klik Add Speaker. Lalu ketikkan username pembicara di kolom pencarian. Setelah itu, klik Invite.

Undang Audiens

Untuk mengundang audience, kamu perlu masuk ke opsi Space. Setelah itu klik Share dan pilih audience yang akan kamu invite. Ada tiga cara untuk mengundang audience, yakni invite via DM, share via Twitter dan copy link.

Memulai Spaces

Saat semua pengaturan sudah selesai, kamu pun bisa memulai Space. Saat obrolan telah mulai, kamu bisa mengatur giliran berbicara antar audience dengan cara klik ikon speaker. Jika ada audience yang ingin gabung, pasti ada notifikasi. Kamu bisa menolak atau menerimanya.

Kamu juka bisa menghapus audience dengan cara remove. Atau bahkan jika ada audience yang tidak sopan, kamu bisa mute atau mem-blocknya.

Mengakhiri Spaces

Hanya host yang bisa mengakhiri Space. Cukup klik End. Setelah itu, 30 menit kemudian Twitter akan menyimpan semua data obrolan. Selama menunggu, kamu juga bisa mengunduh transkip obrolan di Space.

Menerapkan cara menggunakan Twitter Space untuk bisnis kosmetikmu, bisa memberikan banyak manfaat. Termasuk meningkatkan awareness, menjangkau konsumen potensial, hingga menciptakan segmentasi pasar baru.

Mempelajari strategi pemasaran digital kini menjadi hal yang sangat penting. Apalagi, persaingan di industry kosmetik pun sangat tinggi. Tak hanya dengan brand-brand local, kamu juga harus bersaing dengan merk kosmetik luar negeri yang telah lama berdiri.

Memahami hal ini, Mash Moshem Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untukmu. Lewat menjaga dan meningkatkan kualitas produk, berinovasi dan terus melakukan riset, hingga memberikan berbagai media promosi untuk mendukung kegiatan pemasaranmu.

Karena, your success is our greatest achievement.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment