Suka Pakai Kutek? Ini Dia Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Berkilau!

cara merawat kuku agar sehat dan berkilau

Apakah kamu termasuk orang yang suka banget pakai kutek? Mau di kuku jari tangang, hingga kuku jari kaki juga menggunakan warna-warna yang lucu, elegan, dan menggemaskan.

Sayangnya, harus diakui memakai kutek terlalu sering juga bakal mempengaruhi kesehatan kuku kita. Apalagi kalau saat memakai kutek, cara yang kita lakukan itu kurang tepat.

Misalnya saat kerap menggonta-ganti warna kutek, mengelupas paksa dengan mengikir kuku, juga terlalu sering membersihkan kutek dengan aseton.

Tindakan ini akan membuat kondisi kuku tidak sehat, lho! Alhasil bukannya cantik, kuku kita jadi tidak sehat dan malah tidak gemas lagi.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, sebenarnya banyak cara juga yang bisa dilakukan untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan kuku meski suka memakai kutek.

Kira-kira apa saja, ya? Kepoin artikel ini sampai habis, ya!

Ciri-ciri Kuku dalam Keadaan Tidak Sehat

kuku tidak sehat

Ladies, apa kalian tahu apa saja tanda-tanda kuku jari kita enggak sehat? Apakah warnanya berubah ataukah ada yang berbeda dengan teksturnya?

Nah, sebelum jauh membahas soal cara merawat kuku agar sehat dan berkilau. Ada baiknya bagimu untuk mengetahui ciri-ciri kuku dalam keadaan tidak sehat, dengan begitu perawatan yang tepat bisa segera diberikan.

Well, ini dia ciri-ciri kuku dalam keadaan tidak sehat! Ada yang kamu alamin enggak?

Tekstur Kuku yang Berubah

Kuku jari sebenarnya terdiri dari lapisan protein yang juga disebut dengan keratin. Kuku kita bertumbuh dari bagian bawah kutikula dan biasanya memiliki permukaan yang halus, tanpa gelombang ataupun alur apapun.

Kondisi kuku kita juga bisa dilihat dari teksturnya, apakah mengalami perubahan atau tidak. Pada kuku yang bermasalah biasanya akan terasa bergelombang atau cekung.

Berwarna Kuning

Tanda yang paling mudah terlihat adalah warna kuku yang berubah kekuningan. Inget, ya, ini bukanlah warna alami kuku. Sebab kuku kita juga memiliki warna dan konsistensi yang seragam dan bebas dari noda, juga perubahan warna.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk terlalu sering menggunakan kutek. Bahan kimia yang terlalu keras dalam kutek akan mempengaruhi kesehatan kuku, dan lambat laun bisa mengubah warna alami kuku.

Ada Noda pada Permukaan Kuku

Ciri kuku yang tidak sehat lainnya adalah dengan munculnya noda pada permukaan kuku. Noda ini bisa berupa garis hitam atau coklat, noda putih, dan lain sebagainya.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kuku secara alami memiliki warna yang seragam dan tidak memiliki noda.

Kuku Terpisah dari Alas Kuku

Sebab, kuku yang lepas sudah pasti tidak akan bisa ditempel kembali. Dan butuh waktu sekitar 4 hingga 6 bulan sampai kuku bisa bertumbuh lagi.

Duh, kan ngeri banget? Lepasnya kuku ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya terlalu sering melakukan manikur, jamur, dan banyak lainnya.

Berbagai Penyebab Kuku Bermasalah

cara merawat kuku (3)

Selain karena kutek, sebenarnya ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan kuku kita bermasalah, lho. Termasuk kebiasaan-kebiasaan yang seringnya kita anggap remeh.

Mau tahu apa saja? Cek sama-sama, yuk!

Suka Menggigiti Kuku

Kata siapa cuma anak kecil yang suka menggigiti kuku jari mereka? Enggak sedikit orang dewasa yang juga masih melakukan kebiasaan kurang baik ini, lho.

Padahal suka menggigiti kuku bisa merusak kuku, dari bentuknya yang jadi kasar dan membuat kulit di bawahnya juga bisa rusak.

Menggunakan Cat Kuku Berbahan Akrilik

Sebenarnya menggunakan cat kuku sah-sah saja dilakukan. Asalkan kamu pahami dulu bahan-bahan apa saja yang ada dalam produk cat kuku yang ingin kamu gunakan.

Sangat disarankan untuk menghindari cat kuku yang berbahan akrilik, sebab bahan ini akan menutupi permukaan dan pori-pori kuku.

Yang jika digunakan dalam jangka waktu terlalu lama akan membuat kuku mudah rusak ataupun patah. Tak hanya itu, warna kuku jarimu juga bakalan berubah warna jadi kuning dan tampak kusam.

Penggunaan Aseton

Yang suka sekali dengan kutek pasti tahu banget apa itu aseton. Yap, aseton adalah cairan pembersih kuku yang terbuat dari bahan kimia dan sudah pasti akan merusak kuku bila terlalu sering digunakan.

Penggunaan aseton yang terlalu sering juga sangat berpengaruh pada permukaan kuku, bisa saja membuatnya jadi kasar dan warna alaminya memudar.

Akhirnya kuku pun akan jadi menipis dan rapuh. Untuk itu enggak ada salahnya bagimu untuk menggunakan pembersih kuku alami.

Kuku Terlalu Sering Terkena Air

Terlalu sering dan lama terendam air juga bisa membuat kuku kita jadi lebih rapuh, lho. Ini disebabkan karena banyaknya air yang masuk ke lapisan bawah kuku dan membuat permukaannya jadi lebih menipis.

Oleh sebab itu, bila kamu sering mencuci piring atau baju dan mengharuskan tanganmu berendam lama di air, maka lebih baik untuk menggunakan sarung tangan plastik.

Dengan begitu kuku jari dan kulit tanganmu tidak akan menjadi kasar, serta kesehatannya tetap terawat.

Mengikir Kuku

Tahukah kamu, kalau mengikir kuku juga bisa menyebabkan masalah pada kuku kita? Yap, meski kebiasaan ini jadi bagian dari perawatan, namun jika dilakukan terlalu kasar juga bisa berpengaruh buruk untuk kesehatan kuku.

Bukannya halus, permukaan kuku akan jadi lebih menipis, mengelupas, bahkan terbelah. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak mengikir kuku dengan cara bolak-balik dan jangan terlalu ditekan.

Berbagai Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Berkilau

cara merawat kuku agar sehat dan berkilau

Nah, kamu telah mengetahui ciri-ciri dan penyebab kuku jari menjadi tidak sehat. Apakah kamu merasa ada dari salah satu hal yang disebutkan di atas yang kamu alami?

Jika ada dan kamu merasa kondisi kukumu sedang bermasalah, jangan panik dulu. Sebab, Ladies, kamu bisa mengembalikan dan menjaga kesehatan kukumu dengan beberapa cara merawat kuku agar sehat dan berkilau di bawah ini!

Potong Kuku dengan Benar

Memotong kuku juga ada aturannya, lho, Ladies. Jangan asal pendek, namun idealnya digunting tidak sampai melewati tepi bagian putih kuku.

Sebab jika memotong kuku terlalu pendek dan melewati tepiannya, bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Enggak hanya itu, hal ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan kuku yang salah.

Untuk itu, baiknya kamu memotong kukumu dengan mengikuti lekuk kuku, supaya pertumbuhan kembali kuku akan benar dan tidak menekan bagian daging.

Jangan Terlalu Sering Mengganti Warna Kuteks

kuteks

Siapa, sih, yang enggak tergoda untuk menggunakan kutek yang warna-warni nan menggemaskan itu?

Yakin banget, deh, kalau banyak dari kita yang rela berlama-lama dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk ke salon hanya demi memasang kutek.

Sayangnya, terlalu sering mengganti warna kutek dan memakainya dalam waktu yang lama tidaklah disarankan. Sebab, bisa membuat kukumu tidak sehat dan rapuh.

Agar tidak terjadi masalah pada kuku jarimu, maka cukup ganti warna kutek paling tidak selama 2-3 bulan sekali. Bahan kimia pada kutek dan aseton, dapat merusak warna alami kuku serta mengiritasi jari-jari tanganmu.

Tak hanya itu, kutek yang memiliki warna lebih gelap ternyata semakin besar juga kuku dan jarimu terkena iritasi.

Perawatan Kuku Menggunakan Bahan-bahan Alami

bahan alami moisturizer

Selain menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah pada kuku, kamu juga bisa merawat kesehatan dan kecantikannya menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di rumah.

Mengoleskan Minyak Zaitun

minyak zaitun untuk kecantikan

Enggak hanya baik untuk perawatan rambut dan kulit, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kuku, lho. Sebab dalam bahan alami satu ini terkandung banyak nutrisi dan senyawa antioksidan yang mampu memperbaiki kutikula kuku.

Cara merawat kuku agar sehat dan berkilau dengan minyak zaitun juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke ujung kuku atau di sela-sela jari tangan.

Kemudian pijat dengan lembut, supaya nutrisi minyak zaitun menyerap sempurna dan dapat bekerja optimal untuk menjaga kesehatan kuku.

Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum kamu tidur, ya. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa melakukannya dengan rutin.

Lidah Buaya

manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk mempercantik diri memang sangat luar biasa. Tak cuma buat rambut dan kulit, bahan alami satu ini rupanya juga bisa membantu merawat kesehatan kuku kamu, lho.

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan aloe vera mampu membuat kukumu tampak lebih sehat dan mengkilap secara alami.

Cara merawat kuku agar sehat dan berkilau dengan lidah buaya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan gel lidah buaya yang masih segar untuk dioleskan ke kuku jari tangan maupun jari kaki.

Setelah itu, tunggu selama 15-30 menit agar nutrisi dalam lidah buaya dapat terserap dan bekerja secara optimal. Selanjutnya, kamu bisa membilas jari-jarimu dengan menggunakan air hangat.

Jeruk Nipis

masker organik jeruk nipis

Segala jenis asam, seperti jeruk nipis dan lemon, bisa kamu manfaatkan untuk merawat kuku. Sebab zat asam alami di dalamnya dapat membuat kuku jadi lebih putih dan cerah.

Penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan daging jeruk nipis atau lemon di atas permukaan kuku selama beberapa menit.

Setelah itu bilas dengan air hangat. Cara merawat kuku agar sehat dan berkilau ini akan memberikan sensasi menyegarkan dan membuat kuku kamu lebih sehat.

Kulit Semangka

Siapa sangka kulit semangka yang biasanya kita remehkan ini rupanya jadi salah satu bahan alami yang ampuh merawat kesehatan kuku?

Yap, kulit buah semangka dipercaya dapat membantu membuat kuku tampak lebih sehat, cantik dan berkilau.

Kamu hanya perlu menggosokkan kulit semangka ke seluruh bagian kuku dengan merata. Setelah itu, biarkan sampai mengering dan barulah bersihkan dengan air dingin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan kuku dengan bahan alami ini selama 2 hari sekali.

Berbagai perawatan yang telah disebutkan sebelumnya enggak hanya membuat tampilan kukumu jadi semakin cantik dan berkilau. Melainkan bisa juga menghilangkan berbagai kotoran dan sel-sel kulit mati di sekitar jemari.

Perawatan-perawatan yang disebutkan di atas juga memungkinkan untuk membuat kondisi kuku yang bermasalah menjadi lebih baik. Yakni dengan memperkuat kuku yang rapuh, melembutkan kutikula, dan mengembalikan warna alami kuku.

Nah itu adalah berbagai hal tentang kesehatan kuku yang perlu kamu ketahui. Mulai dari apa saja tanda-tanda kuku bermasalah, penyebabnya, hingga cara merawat kuku agar sehat dan berkilau.

Mudah dan sederhana, kan? Yuk, coba praktekkan di rumah dan jaga kesehatan kukumu mulai dari sekarang, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment