Penting Buat Kamu ! Cek BPOM Kosmetik Terlebih Dahulu Sebelum Membeli

Cek BPOM kosmetik terlebih dahulu sebelum membeli

Cek BPOM kosmetik adalah langkah aman yang wajib kamu lakukan sebelum membeli produk kosmetik. Setiap produk kosmetik yang beredar di pasaran harus memiliki ijin BPOM dari badan yang berwenang.

Jika kamu ingin membeli produk kosmetik, langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengetahui apakah produk tersebut sudah memiliki ijin BPOM resmi atau belum. Produk kosmetik yang memiliki ijin BPOM menandakan bahwa produk tersebut mempunyai legalitas dan boleh beredar di pasaran.

Banyak produk kosmetik yang tak memiliki ijin BPOM namun beredar di pasaran, ini tentu membahayakan bagi konsumen. Bahkan beberapa produk kosmetik dengan sengaja memalsukan ijin BPOM nya.

Ijin BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ) diterbitkan untuk produk obat dan makanan, termasuk produk kosmetik. Produk kosmetik yang sudah memiliki ijin BPOM, melalui banyak tahapan pengujian dari BPOM, hingga produk memenuhi standart ( peraturan perundang undangan ) dan layak beredar serta dikonsumsi oleh konsumen.

Cara Cek BPOM Kosmetik Dengan Benar

Mengetahui apakah produk kosmetik sudah memiliki ijin BPOM atau belum sebenarnya cukup mudah. Ada dua acara utama untuk mengecek BPOM pada kosmetik, pertama mengecek BPOM produk kosmetik apabila sudah mengetahui nomor regristrasi produknya dan yang kedua mengecek BPOM produk kosmetik ketika belum mengetahui nomor regristrasi produknya.

Mengecek ijin BPOM dapat dilakukan secara online melalui web BPOM secara langsung atau dengan mengunduh aplikasi BPOM terlebih dahulu. Agar lebih paham, berikut langkah atau cara mengecek BPOM produk kosmetik yang benar.

Cara Cek BPOM Kosmetik Ketika Sudah Mengetahui Nomor Regristrasi

Langkah pertama untuk mengecek BPOM kosmetik yang sudah memiliki nomor regristasi adalah melihat nomor regristasi produk yang terdapat di kemasan produk kosmetik, biasanya terdapat di belakang atau bawah kemasan.

Setelah kamu mengetahui nomor regristasi produk tersebut buka situs web resmi BPOM atau aplikasi resmi BPOM. Pada halaman utama web BPOM masukkan nomor regristasi produk dan lakukan pencarian.

 

Setelah memasukan nomor regristasi produk kamu akan mendapatkan beberapa informasi dari produk tersebut mulai dari nama dan jenis produk kosmetik, tekstur produk hingga produsen dari produk kosmetik tersebut.

Periksa apakah nomor regristasi BPOM yang terdapat pada kemasan sesuai dengan informasi yang terdapat pada situs web BPOM yang kamu cari.

Apabila tidak sesuai atau nomor regristasi yang terdapat dalam kemasan tidak sesuai atau tudak muncul, ada kemungkinan produk tersebut belum lulus uji BPOM atau produk kosmetik tersebut memalsukan ijin BPOM nya.

Cara Cek BPOM Kosmetik Ketika Belum Mengetahui Nomor Regristrasi

Cara untuk mengecek ijin BPOM produk kosmetik ketika  belum mengetahui nomor regristrasi juga cukup mudah. Ketika kamu belum menemukan nomor regristrasi pada kemasan produk kosmetik, lakukan pencarian ijin BPOM pada we resmi BPOM atau aplikasi resmi BPOM menggunakan kata kunci produk. Kata kunci produk tersebut bisa dari nama produk atau merk produk yang tertera dalam kemasan, masukkan kata kunci tersebut dan lakukan pencarian.

 

Kamu akan mendapatkan informasi produk, termasuk nomor regristasi produknya. Cek juga apakah informasi pada web BPOM sesuai dengan produk yang akan kamu beli. Apabila produk yang kamu cari tak muncul maka bisa saja produk tersebut tak memiliki ijin BPOM. Hindari produk yang belum memiliki ijin BPOM karena memiliki resiko besar terhadap kesehatan.

Mengapa Harus Memiliki Izin Edar BPOM?

Setiap produk kosmetik yang beredar wajib memiliki ijin BPOM, hal ini mengapa penting setiap produk kosmetik wajib memiliki ijin BPOM antara lain agar produk yang beredar aman sesuai pengaturan, regulasi dan standart. Ijin BPOM dari sebuah produk menandakan produk tersebut sudah sesuai dengan peraturan dan regulasi, sehingga aman untuk digunakan oleh konsumen.

Produk yang memiliki ijin BPOM sudah melalui serangkaian pengujian mulai dari uji kandungan atau bahan produk kosmetik, apakah sesuai dengan regulasi perundang-undangan, misalnya tak mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia, atau mengandung zat narkotika.

Banyak sekali tahapan yang dilakukan sebelum ijin BPOM untuk sebuah produk dikeluarkan, tujuannya tak lain memastikan keamanan dan kelayakan produk bagi konsumen.

Baca Juga : Cara Tepat Daftar BPOM Untuk Produk Kosmetik

BPOM mempunyai wewenang untuk mengeluarkan ijin produk untuk semua obat dan makanan yang beredar di pasaran. Pastikan jika kamu ingin membeli obat atau makanan, produk yang kamu beli sudah memiliki ijin BPOM, jika sudah memiliki ijin BPOM produk tersebut sudah aman dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi.

Tips Memilih Kosmetik yang Aman

Sebelum membeli produk kosmetik ada beberapa tips memilih kosmetik aman yang bisa kamu lalukan, jangan tergiur dengan iklan produk yang menawarkan khasiat dan manfaatnya saja, cek apakah produk tersebut sudah aman untuk kamu gunakan, berikut tips memilih kosmetik yang aman.

1. Memiliki ijin BPOM

Kosmetik yang aman digunakan sudah memiliki ijin BPOM, sebelum membeli produk kosmetik lakukan pengecekan ijin BPOM pada produk kosmetik. Jika informasi produk sesuai nomor BPOM nya, produk tersebut sudah aman dan bisa kamu gunakan, jika belum memiliki ijin BPOM alangkah baiknya kamu mengurungkan niat untuk membeli produk tersebut.

2. Cek Komposisi Bahan

Tips berikutnya ketika akan membeli produk kosmetik adalah mengecek komposisi bahan kosmetik tersebut. Ada beberapa produk yang memiliki kandungan bahan yang mungkin memberikan efek kesehatan apabila digunakan/ dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Ini jadi pertimbangan juga, apakah kamu siap dengan resiko jika memakai produk tersebut. Jangan hanya tergiur produk yang memberikan hasil instant namun mengabaikan sisi kesehatannya. Jadi cek dulu komposisi bahan yang terdapat pada produk kosmetik yang akan kamu beli.

3. Tersertifikasi Halal

Bagi pendukuk Indonesia yang mayoritas beragama muslim, menggunakan produk yang halal adalah ketentuan yang mutlak. Produk kosmetik yang halal sudah memiliki label halal dari MUI, cek pada kemasan produk kosmetik yang akan kamu beli apakah sudah memiliki label halal atau belum. Kamu juga bisa mengecek apakah produk tersebut halal atau tidak memalui web resmi MUI.

Langkah mudah membuat produk kosmetik tanpa ribet mengurusi legalitas produk dengan jasa maklon kosmetik

Bagi kamu yang ingin membuat produk kosmetik dengan brand mu sendiri, sekilas cukup merepotkan jika harus mengurusi legalitas produk. Banyak tahapan yang harus dilalui agar produk mempunyai legalitas dan sesuai peraturan yang berlaku.

check bpom

Mengurus ijin BPOM atau sertifkasi halal pastinya membutuhkan banyak waktu, biaya dan tenaga. Namun kini tak perlu khawatir, sekarang sudah ada jasa maklon kosmetik yang bisa kamu andalkan. Maklon kosmetik tak hanya membantu memproduksi kosmetik yang sesuai dengan keinginanmu, tapi juga siap membantu menguruskan legalitas produk seperti ijin BPOM hingga sertifikasi halal MUI.

Pastikan kamu memilih jasa maklon kosmetik yang tepat sehingga produk yang kamu buat juga bisa dibuatkan ijin legalitas produknya. Jasa maklon kosmetik akan memberikan banyak keuntungan mulai dari segi biaya, waktu dan tenaga, karena tak perlu repot mengurus ijin legalitas lagi.

Mashmoshem Indonesia menjadi salah satu jasa maklon kosmetik yang memberikan pelayanan kepengurusan BPOM untuk produk kosmetik kamu, mulai dari daftar sampai selesai serta kamu bisa dengan mudah berkonsultasi mengenai legalitas produk kosmetik anda lainnya.

Pastikan memilih jasa maklon kosmetik yang berkualitas sebelum kamu memproduksi produk kosmetikmu, pastikan jasa maklon kosmetik juga bersedia mengurusi legalitas produk yang kamu buat. Untuk konsultasi mengenai legalitas produk kosmetik, kamu bisa langsung menghubungi layanan konsumen kami melalui tombol whatsapp dibawah ini.

Related posts

Leave a Comment