Kandungan Cinnamyl Alcohol dalam Kosmetik, Apakah Aman untuk Kulit?

Cinnamyl Alcohol dalam Kosmetik

Kandungan alcohol dalam kosmetik kadang kala menjadi perhantian tersendiri, yang membuat kita bertanya-tanya mengenai keamanannya untuk kulit. Well, meski begitu penggunananya dalam kosmetik sangatlah umum. Misalnya Cinnamyl Alcohol, apakah kamu sudah pernah dengar sebelumnya?

Ketika membeli produk kosmetik, apakah kamu pernah memperhatikan bahan-bahan apa saja yang ada dalam label kemasannya? Dari label tersebut, barang kali kamu dapat menemukan berbagai kandungan yang asing di lidah dan mungkin susah untuk kamu lafalkan

Cinnamyl Alcohol adalah salah satunya, yang terdengar asing dan menjadikan banyak dari kita waspada hanya karena kata ‘alcohol’ di belakangnya. Terlebih pada tiap kemasan produk sangat jarang ditemui adanya penjelasan detail mengenai bahan-bahan pendukung seperti itu.

Memahami keresahanmu akan terbatasnya informasi mengenai kandungan tertentu, kami merangkumkan berbagai semua hal penting soal Cinnamyl Alcohol dalam kosmetik.

Penasaran ap aitu Cinnamyl Alcohol? Serta apa peranannya dalam formulasi kosmetik dan apa manfaatnya untuk kulit? Keep reading!

Apa Itu Cinnamyl Alkohol?

Sebelum membahas manfaatnya, pertama kamu perlu tahu apa, sih, Cinnamyl Alcohol itu? Nah, kandungan ini merupakan senyawa organic (berasal dari karbon) yang serung ada dalam produk kecantikan, serta berperan sebagai pewangi.

Menurut Byrdie, meski merupakan senyawa organic, kandungan ini pun banyak diproduksi secara sintesis karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Bahan ini dapat kamu temukan dengan mudah dalam berbagai produk wewangian, kosmetik ataupun skincare yang mengandung aroma tertentu juga memilikinya.

Karena pada dasarnya penggunaan Cinnamyl Alcohol dalam kosmetik adalah untuk memberikan aroma khusus pada produk kecantikan. Misalnya pada parfum, produk mandi dan perawatan tubuh lainya, produk anti-penuaan, bahkan deodorant.

Cinnamyl Alcohol mengandung ekstrak kayu manis dan balsamic, sehingga aromanya mirip dengan aroma bunga yang manis dan kuat. Ketika menggunakannya ke dalam formula produk, bahan ini bisa memberikan aroma yang kuat, manis, dan menyenangkan.

Baca Juga: Jenis Alkohol Denat dalam Skincare, Apakah Berbahaya Buat Kulit?

Manfaat Cinnamyl Alcohol untuk Kulit

Cinnamyl Alcohol dalam Kosmetik

Sebelum lebih jauh membahas manfaat Cinnamyl Alcohol untuk kulit, ada hal yang harus kamu ingat baik-baik, bahwa bahan ini umumnya selalu disertai dengan peringatan.

Melansir dari Byrdie, Cinnamyl Alcohol memiliki risiko menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit. Meski demikian, bahan ini kemungkinan lebih aman daripada beberapa bahan pewangi lainnya yang umunya ada dalam kosmetik. Klaim ini tentu saja telah melewati studi klinis, bahkan Cinnamyl Alcohol terbilang tidak beracun dan tidak menimbulkan iritasi.

Namun, ada pula penelitian lain yang justru menyebutkan hasil yang bertentangan. Beberapa ahli kulit bahkan menganjurkan pasiennya untuk menghindari penggunaan produk dengan kandungan fragrance apapun ketika kulit mereka dalam kondisi sensitive dan terlalu kering.

Lebih lanjut, menurut Byrdie, berikut ada beberapa manfaat kandungan Cinnamyl Alcohol dalam kosmetik untuk kulit.

Memberikan Aroma yang Menyenangkan

Karena memang bertindak sebagai pewangi atau pemberi aroma pada formula kosmetik, manfaat utama Cinnamyl Alcohol tentu adalah memberikan aroma khas pada kulit pengguna. Lebih spesifik lagi, aroma yang Cinnamyl Alcohol ini serupa dengan bunga enceng gondok.

Menghidupkan Kembali Sel-Sel Kulit Kepala

Selanjutnya, Cinnamyl Alcohol juga cukup populer untuk merangsang sel-sel kulit kepala. Bahkan bahan ini pun dapat membantu menghilangkan kotoran, namun tanpa membuat minyak alami yang ada hilang atau menjadikan rambut terlalu kering.

Sehingga, ketika menggunakan Cinnamyl Alcohol sebagai bagian dari formulasi produk perawatan rambut akan memberikan beberapa keuntungan tersendiri.

Hingga kini, banyak ahli yang masih belum benar-benar memberikan klaim mereka soal manfaat Cinnamyl Alcohol dalam kosmetik. Karena memang fungsi kandungan ini adalah sebagai pelengkap formulasi kosmetik dan bekerja sebagai bahan ‘decorative’.

Efek Samping dari Cinnamyl Alkohol

Mirip dengan bahan perawatan kulit lain yang bekerja sebagai fragrance, Cinnamyl Alcohol juga memiliki potensi untuk menyebabkan iritasi serius pada pengguna. Khususnya bagi mereka dengan kulit yang cenderung sensitive dan kering.

Masih dari Byrdie, Pakar Kecantikan dr. Engelman menyebutkan bahwa kandungan ini bisa menyebabkan reaksi kulit seperti kemerahan, benjolan, iritasi, rasa tidak nyaman, dan gatal-gatal.

Lebih lanjut, ia juga merekomendasikan untuk orang-orang dengan kulit sensitive dan kering agar menghindari produk dengan fragrance. Terlebih pada produk-produk yang harus diaplikasikan secara topical, seperti krim, losyen, serum, dan berbagai produk perawatan lainnya.

Cara Menggunakan Cinnamyl Alcohol dalam Kosmetik dengan Aman

Cara terbaik untuk menggunakan cinnamyl alcohol adalah sebagai bahan dalam produk perlengkapan mandi. Karena kemampuannya mengiritasi, yang terbaik adalah memasangkannya dengan bahan-bahan menenangkan yang dapat menangkal atau membalikkan iritasi kulit yang mungkin terjadi.

Beberapa jenis bahan ini termasuk ceramide, niacinamide, dan lidah buaya. Semua bahan tersebut tergolong sebagai humektan yang bisa menenangkan, menyegarkan, dan memberikan sensasi dingin pada kulit.

Saat menggunakan cinnamyl alcohol dalam perawatan kulit, pengguna juga perlu menghindari penggunaan produk dengan kandungan yang sama kerasnya. Seperti retinoid, vitamin C, asam glikolat, sulfat, dan beberapa jenis pewangi lainnya.

Mengombinasikan bahan-bahan tersebut secara bersamaan hanya akan membuat efek dan potensi alerginya semakin besar. Bahkan, bisa menimbulkan gejala iritasi yang cukup serius. Well, kamu harus benar-benar mengawasi hal ini, ya!

Nah, sementara kalau untuk orang dengan kulit sensitive, ada baiknya untuk menghindari Cinnamyl Alcohol sama sekali. Karena potensi muncul alergi ataupun iritasi jadi semakin besar.

Membuat Skincare yang Aman untuk Kulit

Beautypreneurs, setelah kamu memahami apa itu Cinnamyl Alcohol dalam kosmetik, peranannya, efek dan manfaatnya untuk kulit, apakah kamu terpikirkan menggunakan bahan ini dalam produkmu?

Well, penggunaan pewangi dalam produk perawatan kecantikan bukan hal baru lagi. Bahkan pada kosmetika yang sudah mengantongi izin edar dan berklaim aman untuk masyarakat gunakan. Pertanyaannya, lantas apakah semua produk tersebut benar aman?

Tentu saja, Beautypreneurs. Ketika memformulasikan kosmetik, takaran bahan-bahan atau kandungan yang ada tertakar sedemikian rupa. Sehingga, ketika produk diaplikasikan tidak akan menimbulkan dampak buruk pada pengguna.

Selain itu, formulator kami di Mash Moshem Indonesia, juga melakukan riset pada bahan-bahan pewangi alami organic yang memiliki potensi iritasi jauh lebih rendah dari bahan-bahan sintesis.

Dengan demikian, kami bisa menciptakan berbagai produk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit dengan aroma yang khas, unik, dan menarik, namun tetap aman untuk digunakan masyarakat.

Enggak percaya? Kamu bisa hubungi tim pemasaran kami dengan menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di laman Contact Us.

Diskusikan apapun konsep-ide produk, budget yang kamu miliki, bahan yang kamu inginkan, dan berapa jumlah produk yang ingin kamu buat bersama tim kami. Well, see you!

About Author

Related posts

Leave a Comment