Customer Driven Marketing Strategy, Pengertian dan Penerapannya

customer driven marketing strategy

Ketika menciptakan sebuah strategi pemasaran, posisi konsumen atau audience memiliki peranan yang cukup besar. Karena, untuk merekalah konten tersebut diperuntukkan. Untuk itu, mempelajari customer driven marketing strategy sangat perlu kamu lakukan demi membuat konten pemasaran yang efektif dan mengutungkan.

Memiliki data referensi yang akurat adalah salah satu modal utama saat membuat kampanye iklan ketika akan melakukan proses pemasaran. Dengan adanya data referensi, kamu akan dengan mudah untuk melakukan penentuan target pemasaran yang tentunya tepat sasaran.

Saat melakukan pengambilan data, pada umumnya proses pemasaran akan lebih sering mengambil keputusan untuk menggunakan dua jenis data, yaitu data customer driven marketing strategy dan data informed. Namun, dalam artikel ini akan lebih fokus untuk mengulas customer data driven marketing strategy.

Customer driven marketing strategy merupakan strategi yang sering pebisnis besar untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, strategi ini lebih efektif untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan par apelanggan (customer loyalty).

Untuk lebih jelas memahami customer driven marketing strategy, kamu dapat menyimak penjelasan berikut.

Apa Itu Customer Driven Marketing Strategy?

Customer driven marketing strategy merupakan strategi marketing yang lebih berfokus menargetkan kepada pelanggan tertentu.

Proses kerja dari strategi ini adalah perusahaan akan mencari tahu perihal apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut, kemudian data tersebut akan dijadikan acuan untuk membuat produk.

Jadi kedepannya produk yang akan di produksi akan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan, hal ini akan membuat pelanggan menjadi merasa puas saat menggunakan produk tersebut.

Menerapkan strategi ini akan membuat kamu menjadi lebih efektif, terutama ketika ingin mendapatkan pelanggan yang loyal. Hal ini dikarenkan brand dari produk tersebeut terkesan peduli dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Customer driven marketing strategy merupakan strategi yang lebih memfokuskan keinginan pelanggan. Dalam praktiknya, memang menerapkan hal ini sangat tidak mudah, apalagi ketika ingin membuat produk yang dibuat sesuai dengan keinginan para pelanggan.

Namun jika kamu berhasil menerapkan strategi ini di dalam bisnismu, kamu akan menjadikan perusahaan kamu menjadi lebih banyak mendapatkan kepercayaan para pelanggan menjadi lebih loyal.

Elemen dalam Penerapan Customer Driven Marketing Strategy

Berikut ini adalah beberapa elemen penting untuk menerapkan customer driven marketing strategy yang wajib kamu perhatikan saat menjalankan startegi ini seperti;

Menargetkan Pasar Yang Tepat

Menggunakan customer driven marketing strategy merupakan salah satu strategi pemasaran yang jitu untuk mencapai target segemen pasar yang sudah ditentukan.

Untuk menjalankan elemen ini, kamu perlu melakukan kerja riset terlebih dahulu agar bisa mengetahui pelanggan tipe apa yang akan kamu target untuk pemasaran.

Kamu juga perlu untuk mengetahui karakter demografis seperti halnya pekerjaan, jenis kelamin, sampai usia.

Jika kamu semakin banyak mendapatkan informasi, justru akan lebih memudahkan kamu untuk merancang strategi untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan.

Memahami dan Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Di bagian elemen ini akan lebih berfokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Disini kamu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencari tahu perihal apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut.

Agar kamu tidak kesulitan, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti melakukan kegiatan wawancara secara langsung ata survei.

Dari hasil kegiatan tersebut dapat kamu bisa menjadikannya sebagai acuan untuk membuat produk untuk memenuhi ekspektasi para pelanggan.

Akan tetapi, kamu jangan lupa untuk memperhatikan feedback dari pelanggan. Kamu harus memantaunya terus agar bisa mengetahui pengalaman apa yang di dapatkan oleh pelanggan setelah menggunakan produkmu.

Hal ini akan sangat bergunaka untuk kamu, karena bisa memberikan dampak berupa peningkatan kualitas produk.

Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan adalah salah satu strategi yang cukup tepat. Maka dari itu adanya customer service akan sangat membantu untuk memperkuat perusahaan saat melayani pelanggan.

Terjalinnya perusahaan dengan pelanggan akan lebih memudahkan pelanggan saat membutuhkan bantuhan atau disaat mereka memiliki keluhan.

Maka dari itu hadirnya customer service akan sangat membantu perusahaan untuk meningtkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Libatkan Pelanggan dalam Proses Pemasaran

Ketika pelanggan memiliki hubungan emosional dengan brand, disinilah salah satu letak keunggulan dari customer driven marketing strategy.

Hal tersebut pastinya akan sangat menguntungkan brand yang bisa memanfaatkan strategi marketing dengan adanya bantuan dari pelanggan.

Terciptannya loyalitas pelanggan terhadap produk ini karena adanya kepuasan pelanggan terhadap produk tersebut. Di sini bukan tidak mungkin pelanggan akan menjadi loyal dan mendukung brand tersebut.

Selain itu, dengan adanya dukungan dari pelanggan ini secara tidak langsung juga akan menciptakan promosi reflektif. Yang artinya, pelanggan akan mempromosikan produkmu pada orang-orang di sekelilingnya tanpa ada permintaan dari pihakmu.

Biasanya pelanggan seperti ini akan sering merekomendasikan produk dari brand yang mereka sukai, dari mulut ke mulut.

Dengan hal ini brand akan lebih dikenal luas oleh masyarkat, sertsa citra brand juga akan menjadi lebih positif.

Strategi Menerapkan Customer Driven pada Bisnis

berikut ini merupakan beberapa strategi untuk merepkan customer driven seperti;

Berorientasi Pasar

Pada poin ini, produsen akan lebih memperhatikan kebutuhan dan minat dari pelangganmu saja. Produk yang kamu buat pun nantinya hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan pasar. Untuk mengetahui kebutuhan pasar di sini kamu sangat penting untuk berinvestasi dalam riset.

Kamu bisa memulainya dengan meriset prefensi, daya beli, gaya hidup dan lain sebagainya. Strategi ini sangat berlaku untuk produk yang didistribusikan untuk umum yang sangat bersinggungan dengan persaingan produk-produk global.

Pahami Customer Value

Kamu akan membutuhkan kemampuan berkomunikasi dua arah serta kemampuan untuk menganilisis informasi pasar jika ingin memahami customer value.

Semua informasi pasar yang akurat akan menjadi salah satu kunci utama untuk memenangkan persaingan, apalagi jika kamu bisa menggabungkan kemampuan perusahaan dengan nilai pelanggan.

Peluang untuk berdagan akan semakin banyak jika kamu semakin banyak menemukan titik temu di antara penjual dengan kebutuhan pembeli.

Manfaatkan Review dan Komentar Pelanggan Sebagai Promosi UGC

Pada poin ini, kamu akan menampung semua kritik dan saran dari para pelanggan produk kamu. Untuk memulainya kamu bisa menggunakan beberapa platfrom media sosial dan juga website.

Dengan adanya kolom komentar atau kotak saran, pelanggan akan dapat mereview dan mengevaluasi produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga dapat mengajak pelanggan agar mereka mau meriview produk kamu dengan menggunakan video. kamu bisa memulainya dengan cara melakukan give away dan memberi hadiah kepada pelanggan yang mau meriview produk yang kamu tawarkan.

Gunakan Promosi yang Dipersonalisasi

Strategi menerapkan customer driven marketing selanjutnya adalah menggunakan promosi yang dipersonalisasi. Maksudnya, konten promosi dari bisnismu nantinya harus sesuai dan relevan dengan kebutuhan konsumen.

Misalnya, ketika target pasar yang ingin kamu raih adalah para remaja. Maka, promosi tersebut harus sesuai dengan kondisi sosial, minat, dan kebutuhan personal target pasarmu.

Mempromosikan nilai produk yang kurang relevan justru tidak akan menarik minat audience. Misalnya, karena mengandung Vitamin C, lantas kamu menonjolkan manfaat antiaging dalam produkmu. Yang mana, tentu tak akan terjadi pada remaja, bukan?

Menentukan Ciri Pembeda pada Produk dan Brand

Tujuan dari menentukan ciri pembeda adalah untuk memenmukan letak perbedaan sebuah produk. Hal ini untuk menyesuaikan persaingan pasar, di mana produk selalu lebih unggul di dalam persaingan pasar.

Produk yang kamu miliki akan menjadi lebih unggul saat bersaing, jika kamu bisa mendapatkan informasi pasar yang kemudian kamu olah untuk menentukan strartegi.

Kamu juga harus mengecek, sudahkah produk yang kamu tawarkan ini memuliki nilai unik yang akan jadi pembeda dari produk pesaing.

Jadi itulah penjelasan terkait customer driven marketing strategy serta cara-cara yang tepat untuk menerapkannya pada bisnis yang kamu jalankan.

Kamu harus ingat ya, Beautypreneurs, kunci kesuksesan untuk menerapkan customer driven marketing strategy adalah dengan memberikan pengalaman yang istimewa kepada pelanggan prdouk kamu.

Namun, selain itu, kamu juga harus bisa memberikan produk terbaik untuk pelangganmu. Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat produk kosmetik dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan target konsumenmu.

Karena tim formulator kami juga selalu berinovasi dan melakukan riset, kamu bisa menciptakan produk kosmetik sesuai dengan tren kecantikan yang populer di kalangan beauty enthusiast. Menarik, kan?

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment