Cara Membuat Google Discovery Ads untuk Bisnis, Bermanfaat!

google discovery ads adalah

Di era teknologi yang serba canggih ini sebagian besar kehidupan manusia dilakukan secara digital. Begitupun dengan promosi. Beragam platform digital menjadi solusi untuk memasarkan sebuah produk. Salah satu platform yang menawarkan hal tersebut adalah Google.

Search engine terbesar di dunia tersebut menyediakan berbagai platform yang didukung dengan tools canggih untuk membantu para pebisnis mempromosikan produknya. Salah satu fitur tersebut adalah Google Discovery Ads.

Fitur ini merupakan andalan para pebisnis untuk memasarkan produknya. Bahkan Google sendiri mengklaim bahwa dengan menggunakan Google Discovery Ads, pengguna internet dapat menemukan produkmu dalam kurun waktu 24 jam.

Dengan fitur ini pula kamu bisa produk yang kamu promosikan bisa langsung pada audience yang ingin kamu tuju.

Namun buat kamu yang belum paham sama sekali dengan Google Discovery Ads ini tidak perlu khawatir. Sebab di artikel akan menjelaskan secara detail tentang fitur Google Discovery Ads.

Seperti apa? Baca sampai selesai ya.

Apa Itu Google Discovery Ads?

Merupakan jenis pemasaran visual yang diutamakan untuk mobile dan akan muncul sesuai dengan perilaku pengguna. Secara sederhananya, Google Discovery Ads adalah cara mudah bagi pebisnis untuk memasarkan produk sesuai dengan target yang ditentukan.

Dengan menggunakan Google Discovery Ads, Google akan menampilkan iklanmu pada orang-orang yang cenderung menyukai produkmu. Hal itu bisa terjadi dikarenakan Google akan dengan mudah menggenali pengguna tersebut berdasarkan kebiasaan yang mereka lakukan di internet.

Mulai dari penelusuran apa saja yang pernah dilakukan, aplikasi apa saja yang pernah di download hingga tempat apa saja yang pernah kamu kunjungi berdasarkan peta. Dengan begitu Google akan dengan mudah mengetahui perilaku pengguna lalu menyinkronkannya dengan produk yang kamu promosikan.

Dengan cara tersebut potensi produkmu untuk dibeli orang pun akan semakin tinggi. Apalagi Google juga akan menargetkan audience di seluruh platform yang langsung terafiasi dengan Google. Seperti Gmail, G-Maps, YouTube, hingga situs-situs yang lainnya.

Tentu saja dengan hal itu, promosi yang kamu lakukan akan sukses besar. Sebab audience yang akan dituju pun juga sangat luas. Namun bagaimana sih cara kerja dari Google Discovery Ads itu sendiri? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Kerja Google Discovery Ads

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Google Discovery Ads merupakan sarana pemasaran yang cukup efektif di era yang serba digital ini. Selain dapat menembus pengguna yang banyak, dengan menggunakan Google Discovery Ads juga dapat meningkatkan penjualan.

Karena alih-alih menjawab permintaan dari user, fitur yang satu ini dapat meningkatkan demand produk dari user. Meskipun demikian, kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara kerja fitur pemasaran dari Google satu ini.

Selain itu ada juga langkah-langkah yang harus dilakukan oleh para marketer jika ingin menggunakan strategi yang satu ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ya.

Merencanakan Kampanye

Yang harus dilakukan pertama kali oleh para marketer ketika ingin menggunakan fitur yang satu ini adalah merencanakan kampanye. Buatlah konsep dari produk yang ingin kamu promosikan. Mulai dari bentuk penawaran, visualisasi, targeting, menetapkan anggaran, tanggal dimulai kampanye hingga berakhirnya.

Rencana dengan matang ini akan membantumu memahami dan menyusun strategi untuk ke depannya. Dengan begitu kamu akan lebih tahu tujuan yang akan kamu lakukan pada Google Discovery Ads ini. Dari strategi penawaran tersebut, secara otomatis akan ditetapkan berdasarkan jumlah pelanggan yang terkonversi.

Targeting

Dengan merencakan kampanye yang matang, kamu juga bisa melakukan targeting dengan jelas. Siapa audience yang ingin kamu tuju. Dari segi targeting ini kamu bisa menargetkan audience dari berbagai segmen. Mulai dari gender, minat, demografi secara terperinci.

Selain itu kamu juga bisa menargetkan orang berdasarkan cara mereka berinteraksi dengan perusahaan. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantumu untuk melebarkan sayap pasar yang lebih luas.

Apalagi target audience yang sesuai juga akan semakin meningkatkan konversi. Sehingga potensi penjualanmu semakin meningkat pun akan semakin tinggi.

Pembentukan Ads

Selanjutnya proses kerja terakhir dari Google Discovery Ads adalah pembentukan iklan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menggunggah gambar dengan kualitas tinggi. Mulai dari logo hingga judul iklan harus terlihat dengan jelas. Dengan begitu iklanmu akan dengan apik terbaca oleh audience.

Setelah semua hal tersebut sudah siap, Google Discovery Ads pun akan segera bekerja. Yakni dengan menyebarluaskan produkmu pada audience yang sudah kamu sesuaikan dengan target. Google akan terus nenampilkan iklan tersebut hingga mendorong para audience untuk melakukan konversi.

Hal tersebut dicapai melalui machine learning dan algoritma Google yang berporos pada aktivitas pelanggan. Mulai dari situs web apa saja yang mereka kunjungi hingga video apa yang sering mereka tonton. Sehingga iklan yang kamu pasang akan selalu menghantui mereka di setiap menjelajah internet.

Itulah beberapa cara menggunakan Google Discovery Ads. Selain itu ada juga beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan fitur Google yang satu ini. Apa saja? Simak artikel ini sampai habis ya.

Kelebihan Google Discovery Ads

Sebelumnya memang telah dijelaskan bahwa Google Discovery Ads ini membawa beragam manfaat untuk bisnismu. Apalagi Google sendiri sudah mengklaim bahwa hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, iklanmu bisa langsung tertuju pada audience yang kamu targetkan.

Selain itu juga masih banyak dan beragam kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan fitur pemasaran Google satu ini. Berikut daftar dan penjelasannya:

Jangkauan Luas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Google merupakan mesin pencarian terbesar di dunia. Hampir semua penduduk di bumi ini menggunakan Google ketika akan mencari segala informasi. Tak hanya itu, Google juga memiliki afiliasi yang sangat luas.

Mulai dari Youtube, Gmail, Peta, G-Drive dan masih banyak lainnya. Termasuk semua situs-situs yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan Google Discovery Ads, Google akan membawa promosimu ke semua afialiasi yang ada.

Tentu saja dengan hal tersebut kamu bisa menjangkau audience yang lebih luas. Bahkan tidak terbatas, jarak, ruang dan waktu. Apalagi jika kamu ingin menargetkan audience international, maka Google Discovery Ads adalah solusinya. Kamu bisa menyesuaikan spesifikasi audience berdasarkan demografi.

Materi Iklan yang Beragam dan Relevan

Selain jangkauan yang luas, kamu juga akan mendapatkan materi iklan yang beragam dan relevan. Mulai dari materi video, gambar, foto hingga teks untuk promosi. Materi iklan yang beragam juga bisa membuat kontenmu makin beragam. Sehingga tidak terkesan monoton.

Selain beragam, materi iklan juga lebih relevan. Dengan materi relevan yang sesuai dengan audience akan lebih diminati. Sebab audience akan merasa tertarik di dalamnya. Juga merasakan kedekatan dengan iklan yang kamu buat.

Sehingga potensi untuk membangun koneksi dengan audience akan semakin tinggi. Bahkan mereka pun juga akan loyal terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Dorong Tindakan Pada Audiens yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Discovery Ads akan sangat membantumu untuk menjangkau audience sesuai dengan target. Oleh karena itu kelebihan fitur Google yang satu ini juga dapat mendorong tindakan pada audience yang tepat.

Jika iklan yang kamu buat sesuai dengan target, maka potensi penjualan semakin meningkat pun akan semakin tinggi. Sebab apa yang kamu tawarkan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Nah, itulah beragam kelebihan yang akan kamu dapatkan ketik menggunakan Google Discovery Ads. Hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah ragam format Google Discovery Ads. Berikut penjelasan selengkapnya.

Ragam Format Google Discovery Ads

Google Discovery Ads memiliki dua format. Yakni Standart Discover Ads dan juga format Discovery Carousel Ads. Untuk menggunakan dua format ini kamu harus menyiapkan materi kampanye. Gunanya untuk diuji Google terlebih dahulu. Sebab beda format, beda pula materi yang harus dipersiapkan. Berikut penjelasannya.

Standard Discovery Ads

Format pertama adalah standart discovery ads. Untuk menggunakan format yang satu ini ada beberapa materi yang harus kamu siapkan. Yakni Uniform Resource Locator (URL), image, headline, deskribsi, nama bisnis, dan call to action. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Uniform Resource Locator (URL)

Uniform Resource Locator (URL) digunakan untuk mengarahkan pengguna ketika mengklik iklan yang kamu buat. Alangkah lebih baiknya kamu bisa membuat link yang langsung tertuju pada produk atau tempat pembelian. Dengan begitu pembeli tidak akan perlu repot untuk mencari tokomu. Mereka pun bisa langsung melakukan pembelian.

Image

Google Discovery Ads dapat membuat para pengguna internetnet berhenti berselancar ketika melihat iklan. Nah di sinilah peran image berlangsung.  Pastikan gambar yang kamu pasang sangat menarik dan membuat mereka tertegun pada iklanmu. Gunakan foto dengan resolusi yang besar. Sehingga lebih terkesan professional.

Headline

Headline berfungsi sebagai judul yang akan ditempatkan pada bagian paling atas. Setidaknya kamu bisa menyiapkan lima headline dengan maksimal 40 karakter.

Deskripsi

Deskripsikan produkmu semenarik mungkin. Buatlah kalimat persuasive yang membuat mereka langsung ingin melakukan pembelian. Kamu bisa memasukkan deskripsi singkat ini setidaknya 90 karakter.

Nama Bisnis

Sematkan nama bisnis bersama produk yang kamu jual. Sebab dengan cara tersebut orang akan dengan mudah menemukan dan mengingat bisnismu.

Call To Action

Pilihan yang satu ini bersifat opsional. Kamu bisa menambahkan CTA untuk pengguna. Namun ketika kamu tidak ingin menambahkannya juga tidak jadi masalah.

Format selanjutnya adalah Discovery Carousel Ads. Berbeda dari format sebelumnya yang hanya dapat mengunggah satu gambar saja, dengan format carousel ini kamu bisa mengunggah hingga 10 gambar. Namun perlu diketahui bahwa format ini juga memiliki peraturan tertentu.

Yakni kamu tidak bisa mengunggah materi dengan bentuk yang berbeda. Misalnya kamu ingin mengunggah gambar dengan format portrait dan landscape secara bersamaan, itu tidak bisa. Jika kamu menggunakan format portrait, semua harus portrait. Begitu juga dengan landscape.

Itulah dua format yang terdapat dalam Google Discovery Ads. Lantas bagaimana sih cara menargetkan iklan kampanye pada Google Discovery Ads? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Bagaimana Targeting Kampanye Iklan Google Discovery Ads

Berbeda dengan fitur iklan Google yang lain seperti Google Ads dan Display Network, Google Discovery Ads memiliki algoritma dan juga system yang berbeda.

Fitur Google yang satu ini bisa menargetkan audience sesuai yang kamu inginkan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menargetkan kampanye iklan pada Google Discovery Ads.

Remarketing

Dengan remarking kamu bisa menargetkan audience sesuai dengan action yang pernah mereka lalukan. Seperti mengunjungi sebuah website, video-video yang ditonton hingga pencarian yang sering mereka lakukan di Google. Menggunakan remarking juga membantu pengunjung untuk mendapatkan solusi produk dari permasalahan mereka.

Detailed Demographic

Selanjutnya adalah detailed demographic. Yakni kamu bisa menargetkan audience sesuai dengan lokasi demografi mereka. Ini sangat cocok jika kamu ingin menyasar wilayah tertentu. Sehingga promosi yang kamu lakukan bisa langsung tertuju ke mereka.

In-Market Audience

In-Market Audience membantumu untuk menuju audience sesuai dengan pengguna yang mencari produk tertentu. Dengan demikian produkmu bisa menjadi salah satu yang akan direkomendasikan oleh Google.

Live Events

Dengan menggunakan penargetan ini kamu bisa mendapat pelanggan yang akan mengadakan sebuah event. Seperti menikah, memulai bisnis dan masih banyak yang lainnya.

Affiniti and Custome Intent

Penargetan ini akan menagetkan audience sesuai dengan history pencarian yang telah mereka buat.

Itulah beberapa penargetan yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan Google Discovery Ads. Selanjutnya adalah bagaimana sih cara membuat Google Discovery Ads? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Membuat Google Discovery Ads

Setelah mengetahui definisi, kelebihan serta apa saja penargetan dalam fitur ini, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat Google  Discovery Ads. Berikut adalah langkah atau cara yang harus kamu ikuti.

Langkah 1

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi Google Dasboard. Kemudian klik tanda + berwarna biru pada halaman Campaign.

Langkah 2

Setelah itu pilih tujuan yang kamu inginkan. Seperti Sales, Leads, atau Website Traffic, atau alternatifnya. Namun jika kamu ingin melewati tujuan kampanye juga tidak jadi masalah.

Langkah 3

Pilih tipe iklan ‘discovery’. Kemudian klik continue.

Langkah 4

Pilih nama campaign serta bahasa yang ingin kamu gunakan nantinya.

Langkah 5

Pilih biaya harian dan strategi bidding.

Langkah 6

Pilih ‘additional setting’ jika kamu tiba-tiba suatu saat nanti menginginkan campaign tersebut berhenti sebelum waktunya.

Langkah 7

Buat ad grup pemirsa. Ini akan sangat membantumu untuk menemukan banyak audience. Semakin banyak grup yang kamu buat. akan semakin banyak pula pemirsa yang akan kamu dapatkan.

Langkah 8

Upload discovery ads yang kamu buat.

Langkah 9

Kamu akan melihat review dari iklan yang telah kamu buat. Namun jika kamu masih belum merasa puas dengan iklan tersebut, kamu bisa kembali ke langkah sebelumnya dan memperbaiki yang lain.

Langkah 10

Klik continue dan selesai. Iklanmu pun telah berhasil ditayangkan.

Seperti yang telah diketahui bahwa menggunakan fitur pemasaran ini akan membuatmu menemukan lebih banyak konsumen lagi. Sebab fitur Google yang satu ini dapat membantu mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Tentu saja strategi yang satu ini akan sangat efektif untuk membantu kemajuan bisnis yang sedang kamu jalankan. Bahkan bisa juga penjualan akan semakin meningkat.

Nah, itulah pengertian tentang Google Discovery Ads yang perlu kamu ketahui. Bagaimana untuk Beautypreneurs, apakah kamu siap menggunakan strategi yang satu ini untuk memasarkan brand kosmeitkmu?

Selain fitur ini, kamu bisa menemukan berbagai strategi dan tips digital marketing lainnya di laman Berita Terkini. Atau kamu bisa menunggu konten menarik kami di official YouTube account Mash Moshem Indonesia. See you!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment