Cari Tahu Jenis dan Manfaat Penggunaan Face Primer Berikut Ini, Yuk!

face primer

Buat kamu yang sering menggunakan riasan wajah pasti udah enggak asing dengan yang namanya face primer, bukan? Yap! Produk satu ini merupakan andalan dan pilihan terbaik untuk membantu mempertahankan riasan dalam waktu yang lama.

Face primer umumnya digunakan sebelum memakai make up, fungsinya untuk membantu mempersiapkan kulit wajah agar riasan bisa menyatu di kulit dan dapat memberikan tekstur sempurna.

Penggunaan primer ini tidak terlalu berlebihan, pakai secukupnya dan seperlunya untuk menutup seluruh kulit kamu.

Berbeda dengan foundation produk ini bisa membantu ‘memperbaiki’ kondisi kulit atau teksturnya, agar make up dapat menempel dan bertahan di kulit dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, foundation bekerja sebagai alas bedak yang bisa mengunci tampilan riasan wajah dan membantu menonjolkan warna riasan yang digunakan.

Nah, meski hampir semua face primer memiliki fungsi yang sama, tapi kamu juga enggak bisa memilihnya secara sembarangan. Kamu pun harus menyesuaikan dengan tipe dan jenis kulit wajah kamu.

Biar kamu enggak salah pilih, simak ulasan mengenai manfaat face primer untuk riasan wajah dan berbagai jenisnya berikut ini.

Manfaat Face Primer untuk Riasan Wajah

manfaat face primer

Sebelum membahas berbagai jenisnya, kamu terlebih dahulu harus mengetahui apa saja manfaat face primer bagi riasan wajah dan kulit kamu.

Sebab, sebelum membeli produk pun akan lebih baik untuk meneliti manfaat dan efek yang diberikannya pada kulit wajahmu terlebih dulu.

Membantu Melembapkan dan Mempersiapkan Kulit Wajah

Kadang memakai pelembap saja tak akan cukup untuk mengatasi kulit wajah yang terlalu kering, kondisi ini tentu tidak menguntungkan buatmu kalau mau menggunakan riasan wajah.

Sebab, kulit yang terlalu kering tidak akan mampu mengunci riasan dalam waktu yang lama. Sehingga akan menimbulkan efek retak-retak pada foundation atau riasan wajah.

Nah, untuk memberikan tambahan kelembapan ini kamu bisa menggunakan primer yang bisa memberikan kelembapan tambahan. Dengan demikian, riasan akan dapat lebih menempel dan terkunci dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Membuat Warna Kulit jadi Tampak Rata

Mungkin selama ini kamu hanya mengandalkan concealar dan foundation untuk meratakan warna kulit, namun terkadang teknik ini menimbulkan kesan yang terlalu tebal atau bahkan tak dapat menyatu dengan warna aslinya.

Nah, face primer bisa memberikan hasil yang lebih baik. Kamu bisa memilih jenis primer yang bisa membuat warna kulit merata, dengan demikian hasil yang didapatkan tetap sesuai keinginan namun perbedaannya tidak akan sangat signifikan.

Sehingga kesan yang dilihat pun tidak akan teralalu berlebihan. Kamu bisa menggunakan produk ini untuk menutupi mata panda, bintik hitam bekas jerawat maupaun luka di kulit.

Membantu Menutupi Pori-pori Wajah

Manfaat lainnya dari penggunaan face primer ini akan membantu menutupi pori-pori yang besar pada kulit. Pori-pori besar akan membuat produksi sebum meningkat, akhirnya kulit akan jadi lebih berminyak.

Kondisi ini tentu akan membuat make up susah untuk menyatu pada kulit dan rawan luntur. Well, kalau gini mana bisa stay on seharian?

Untungnya, primer bisa membantu menutupi pori-pori wajah. Kamu bisa pilih jenis yang diformulasikan khusus untuk menangani masalah ini, tak hanya menutup pori-pori primer juga akan membuat tekstur kulit jadi terasa kian lembut.

Ini jelas akan membuat riasan jadi terlihat lebih optimal dan cetar sepanjang hari!

Dapat Mengurangi Minyak Berlebih

Selain kulit yang terlalu kering, produksi minyak wajah yang keterlaluan juga bisa bikin make up luntur dan enggak awet. Biasanya bagian yang paling banyak mengeluarkan minyak berlebihan adalah di area T-zone.

Kamu bisa memilih primer dengan jenis mattifying primer yang bisa membantu menahan minyak berlebih pada kulit. Sementara, jika kamu memiliki tipe kulit wajah kombinasi, kamu bisa menggunakan dua jenis primer sekaligus.

Gunakan mattifying primer hanya untuk area kulit yang berminyak, agar riasan wajah yang kamu gunakan pada area tersebut tidak mudah luntur.

Membuat Kulit Satu Tingkat Lebih Cerah

Sama halnya seperti foundation dan cocealar, penggunaan primer pun bisa membantu meningkatkan tone kulit wajah kamu, yakni membuatnya satu tingkat lebih cerah.

Untuk memberi efek yang sedikit glowing seperti make up khas idol K-Pop, kamu bisa menggunakan primer dengan jenis illuminating. Tipe primer ini akan menyamarkan warna kusam dan bagian-bagian yang tampak kering, serta gelap di wajah kamu.

Jenis Face Primer dan Kecocokannya pada Kulit Wajah

jenis face primer

Setelah membaca berbagai manfaat penggunaan primer untuk mempertahankan dan mengoreksi riasan wajah yang kamu pakai. Kamu pasti udah enggak sabar ingin membeli dan mencoba mengaplikasikannya, bukan?

Nah, biar kamu bisa segera coba dan menggunakan face primer yang tepat, kenali berbagai jenis face primer dan cara kerjanay berikut ini.

Bluring / Pore-minimizing Face Primer

Jenis primer yang pertama adalah bluring atau pore-minimizing face primer, jenis ini bekerja baik untuk membantu menyamarkan dan memperhalus pori-pori wajah.

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah dengan pori-pori wajah besar, atau kulit yang tampak kasar dan gampang berminyak. Jenis primer satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan.

Bluring atau pore-minimizing face primer diformulasikan dengan kandungan yang dapat mengisi pori atau kerutan yang ada, sehingga membuatnya tersamarkan dan bikin tekstur wajah tampak lebih mulus.

Biasnya jenis primer satu ini dibuat dari bahan polymer ataupun silicone, yang keduanya dapat mengisi celah pori sehingga dapat menghasilkan tampilan kulit yang lebih lembut, halus, dan bebas pori-pori besar.

Well, bahkan bluring primer ini pun akan membantu menyamarkan tanda penuaan yang ada di wajah. Seperti garis halus, kerutan, maupun keriput di ujung mata dan bibir.

Mattifying Face Primer

Memiliki kulit yang telrlau berminyak kadang bisa jadi cobaan tersendiri, apalagi ketika akan menggunakan riasan wajah. Dijamin, deh, riasan ini enggak bakalan bisa tahan seharian!

Karena minyak yang berlebihan akan membuat konsistensi dari riasan wajah susah menyatu dengan kulit. Untungnya, dengan menggunakan primer tipe mattifying kamu bisa mengatasi masalah satu ini.

Mattifying akan membantu mencegah wajah jadi terlalu berminyak, mengunci make up agar dapat bertahan lebih lama, dan memberikan efek matte pada riasan wajah.

Tentu untuk memiliki make up yang tahan dalam waktu yang lama, kamu perlu untuk melakukan touch up. Tapi kalau pakai mattifying dulu sebelum menggunakan riasan wajah kamu tak perlu terlalu sering touch up.

Colour Correction Primer

Selanjutnya ada jenis color correction primer yang akan membantu membuat kulit wajah jadi lebih rata. Ini cocok baget kalau kamu bermasalah dengan wajah yang kusam ataupun warna kulit tidak merata akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Primer jenis ini akan bekerja menggunakan konsep roda warna, yakni tiap warnanya akan membantu menyamarkan ataupun menghapuskan warna berlawanan.

Sebagai contoh, untuk warna hijau akan membantu menyamarkan warna kemerahan, sementara warna pink akan bekerja untuk meminimalisir tampilan mata panda.

Jenis primer ini tentu cocok buatmu yang bermasalah dengan warna kulit tak merata, namun enggan menggunakan foundation atau makeup terlalu terbal. Karena, hanya dengan satu produk ini dan penggunaan yang terlalu besar warna tak rata ini bisa diatasi.

Illuminating Face Primer

Apakah kamu memiliki kulit yang kusam, kering, dan tampak tak bercahaya? Bahkan ketika menggunakan foundation ataupun concealer sekaligus, rasanya masalah ini enggak akan bisa disamarkan?

Nah, kalau begitu kamu harus coba penggunaan illuminating primer, deh. Sebab jenis primer satu ini dapat membuat hasil make up yang tampak glowing dan lebih dewy.

Produk ini diformulasikan dengan berbagai kandungan yang bisa membuat kulit tampak bercahaya, juga membuatnya lebih halus. Kamu bahkan bisa hanya menggunakan primer ini tanpa memakai foundation, dan hasilnya bakalan tetep perfect!

Hydrating Face Primer

Satu lagi jenis primer yang perlu kamu tahu, yakni hydrating face primer. Seperti namanya, produk ini bisa membantu melembapkan dan mengunci hidrasi pada kulit.

Selain berminyak, wajah yang terlalu kering pun akan berdampak sama buruknya untuk riasan yang kamu gunakan. Seperti membuat riasan serupa retak-retak, hasil foundation yang tak rata, atau bahkan membuat hasilnya tampak kasar.

Nah, karenanya buat kamu yang memiliki jenis kulit kering, bisa banget menggunakan hydrating face primer. Tak hanya mampu menghidrasi kulit dan mengunci make up agar tahan lama, produk ini pun bisa membuat wajah kamu jadi terasa lebih halus.

Nah, itu adalah beberapa hal mengenai face primer yang mungkin belum kamu ketahui. Termasuk berbagai manfaatnya buat kulit dan jenis-jenisnya.

Kamu bisa memilih produk yang karakteristiknya sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah kamu. Dengan menggunankan produk yang tepat, riasan wajah yang kamu pakai akan dapat bertahan lebih lama.

Ngomongin soal face primer, nih, kamu juga bisa membuat produk kosmetik satu ini dengan brand kosmetikmu sendiri. Yap! Sama siapa lagi kamu membuatnya kalau bukan dengan Mash Moshem Indonesia.

Formulator kami telah menyiapkan sampel face primer yang bisa kamu jadikan rujukan untuk membuat produk ini. Kalau kamu ingin menambahkan efek atau sifat tertentu dalam produk, kamu hanya perlu mengonsultasikannya kembali bersama tim kami.

Ah! Pasti kamu menunggu dan bertanya-tanya bagaimana cara maklon kosmetik dan membuat face primer dengan brand sendiri bukan? Well, kami tunggu telepon darimu, lho!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment