Kenali Ciri-ciri dan Bahaya Hand Body Lotion Abal-abal untuk Kulit Ini

hand body lotion abal abal

Belakangan ini produk kecantikan memang menjadi tren. Masyarakat telah sadar bahwa merawat tubuh memang sangat penting. Sehingga tak heran bahwa mereka berlomba-lomba memakai produk kecantikan atau kosmetik untuk merawat tubuh.

Mulai dari memakai pelembab, krim malam, face wash hingga hand body lotion. Selain menyehatkan, biasanya produk-produk tersebut menawarkan berbagai efek yang menggiurkan. Seperti putih, mulus hingga bisa mengubah kulit kusam menjadi cerah.

Bahkan ada juga beberapa produk kecantikan yang menawarkan efek-efek tersebut bisa didapat dengan waktu yang cukup singkat.

Bukan hanya hitungan hari atau jam, namun detik. Tawaran menggiurkan inilah yang berhasil membuat orang tertarik dan membeli produk tersebut tanpa mengetahui terlebih dahulu kandungan di dalamnya.

Bisa jadi produk tersebut mengandung bahan berbahaya. Bukannya menyehatkan kulit, namun justru semakin merusaknya.

Seperti fenomena hand body lotion abal abal yang belakangan ini sering muncul. Banyak produk lotion yang mengklaim dapat mencerahkan kulit seketika. Namun di balik hal itu mereka menggunakan bahan-bahan yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Hand body lotion abal abal ini bisa disebut sebagai jenis kosmetik illegal. Sebab tidak terdaftar dalam BPOM dan bahan-bahannya pun tidak sesuai standart yang telah ditentukan. Jadi sangat besar kemungkinan sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan bisa meningkalkan kecacatan seumur hidup.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami ulas bahaya hand body lotion abal-abal untuk kulit dan kesehatan. Supaya kamu bisa lebih waspada dan hati-hati dalam memilih kosmetik yang kamu inginkan. Be aware!

Bahaya Hand Body Lotion Abal Abal

Girls, sekali lagi kamu tidak boleh tertipu oleh iming-iming kulit cerah yang ditawarkan oleh hand body abal-abal. Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakannya, kamu harus mengecek terlebih dahulu bahan apa saja yang terkandung di dalamnya.

Sebab jika kamu nekat menggunakanya tanpa mengetahui kandungan tersebut berbahaya atau tidak, nanti akan berakibat fatal. Apa saja akibat bahaya yang ditimbulkan oleh hand body lotion abal-abal ini? Berikut daftarnya.

Iritasi Kulit

Bukannya kulit putih mulus yang didapat, namun justru kulit menjadi iritasi. Itulah bahaya pertama yang bisa ditimbulkan apabila kamu menggunakan hand body lotion abal-abal. Bahan-bahannya yang cenderung berbahaya dapat membuat kulit cacat permanen.

Misalnya jika kulit iritasi dan gatal akibat kandungan tersebut, kamu menggaruknya dengan sangat kencang hingga menimbulkan luka. Luka tersebut akan sulit hilang dan akan berbekas. Jadi, berhati-hatilah memilih produk kecantikan.

Mengikis Kulit

Selain dapat mengiritasi, penggunaan hand body lotion abal-abal juga dapat mengikis kulit. Kandungan merkuri dan bahan berbahaya lainnya dapat mengikis lapisan terluar kulit. Jika kulit terluar terkikis maka akan rentan terkena iritasi. Bakteri pun akan mudah masuk dan sangat rentan terhadap infeksi.

Kulit Terasa Panas dan Terbakar

Biasanya hand body lotion abal-abal akan mengusung merkuri sebagai bahan utama. Jika digunakan setiap hari dan dalam jangka waktu yang panjang akan sangat berbahaya. Bahkan saat pemakaian pertama pun sudah bisa diketahui.

Hand body abal-abal akan meninggalkan rasa panas dan terbakar pada kulit. Tak heran apabila beberapa hari setelah menggunakannya kulit akan merah-merah hingga mengalami pengelupasan. Tentu ini akan berdapak buruk nantinya. Sebab lapisan kulit akan terkikis dan semakin tipis.

Kulit Kering

Setelah kulit terasa panas dan terbakar, kelembapan alami di dalamnya pun akan semakin berkurang. Pengelupasan kulit tersebut menjadi bukti bahwa kulit sangat kering. Bahkan selain mengelupas, hand body abal-abal ini juga dapat meninggalkan efek kulit bersisik setelah pemakaiannya.

Hal ini dikarenakan kandungan merkuri yang terdapat pada hand body lotion abal-abal tersebut mampu menyerap kelembapan hingga bagian terdalam kulit. Sehingga tidak hanya lapisan luar saja yang tampak kering, namun juga seluruh bagian kulitmu.

Epidermis Menipis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa hand body lotion abal-abal ini dapat mengikis kulit. Hal ini membuat lapisan epidermis dapat terkikis. Padahal lapisan ini mempunyai peranan yang cukup penting bagi kulit.

Yakni untuk melindungi dari sinar UV dan bakteri agar tidak masuk lebih dalam ke lapisan kulit. Oleh karena itu jika lapisan ini terkikis, maka kulit akan sangat rentan terkena iritasi. Bahkan efek yang ditimbulkannya dapat bersifat permanen.

Bercak-bercak Merah

Eits belum berhenti di situ. Masih banyak lagi bahaya jika kamu menggunakan hand body lotion abal-abal. Salah satunya adalah timbul bercak-bercak merah atau serupa stretchmark. Tentu ini akan sangat mengganggu penampilan. Sebab biasanya efek ini akan timbul di area terbuka.

Seperti betis hingga tangan. Bahkan yang paling berbahaya lagi, efek samping ini cenderung menjadi yang paling susah dihilangkan. Bercak-bercak itu timbul seperti luka. Yang paling mengerikan, bercak itu bisa bersifat permanen. So guys, please be aware tentang kandungan produk yang kamu gunakan!

Melanin Kulit Berkurang

Bahaya yang ditimbulkan selanjutnya adalah hand body lotion abal-abal dapat mengurangi melanin pada kulit. Padahal melanin mempunyai fungsi yang cukup penting. Yakni mencerahkan dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Memang mungkin awalnya ketika kamu menggunakan hand body lotion ini kulitmu akan cerah. Namun jika kamu memakainya terlalu lama, kulitmu akan menjadi semakin kusam dan merah. Sehingga akan sangat menganggu penampilan.

Kanker Kulit

Masalah hand body lotion abal-abal ini bukan masalah sepele. Sebab jika kamu menggunakannya dalam waktu yang cukup panjang akan berdampak buruk pula. Yakni kamu bisa menderita kanker kulit. Kandungan-kandungan berbahaya tersebutlah yang menjadi sumber utamanya.

Kandungan tersebut akan mengikis kulit menjadi semakin tipis. Jika kulit semakin tipis, radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar UV akan mudah masuk ke dalam kulit dan dapat merusak sel-sel di dalamnya. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan kanker kulit.

Kerusakan Otak

Tak hanya dapat merusak kulit saja. Kandungan merkuri pada hand body lotion abal-abal juga dapar merusak otak. Sebab merkuri dapat merusak system syaraf yang ada dalam tubuh. Sehingga resiko kerusakan otak pun akan besar.

Gangguan Organ Dalam

Selain dapat merusak otak, penggunaan merkuri yang berlebihan juga dapat menganggu organ dalam tubuh. Seperti jantung, paru-paru, ginjal hingga saluran pencernaan. Apalagi untuk ibu hamil, ini akan sangat beresiko keguguran.

Nah biar nggak ketipu sama handbody abal-abal, kamu perlu mengetahui cirri-cirinya. Apa itu? Baca ulasan di bawah ya.

Ciri-ciri Hand Body Lotion Abal Abal

hand body lotion abal abal

Mengetahui betapa banyak dampak buruk penggunaan hand body lotion abal abal tersebut, pasti membuatmu ngeri. Agar kamu bisa menghindari penggunaan hand body lotion abal abal tersebut, simak ciri-cirinya berikut ini!

Warna Mencolok dan Mengkilat

Ciri pertama yang bisa kamu lihat dari hand body lotion abal-abal adalah warnanya. Biasanya warna hand body ini akan cenderung terang dan mengkilat. Sebab produk tersebut menggunakan warna tekstil yang sangat berbahaya.  

Lengket

Cara selanjutnya untuk mengetahui hand body lotion tersebut berbahaya atau tidak adalah melalui teksturnya. Jika tekstur hand body tersebut lengket dan cenderung sangat molor, maka produk tersebut patut untuk kamu curigai. Bahkan bisa juga terdapat gumpalan seperti adonan yang tidak tercampur dengan rata.

Bau Logam

Selain dari tekstur dan warna, kamu juga bisa mengenali hand body lotion abal-abal ini melalui baunya. Jika bau tersebut menyengat seperti logam, bisa dipastikan hand body tersebut mengandung bahan-bahan yang cukup berbahaya bagi kulit.

Efek Lebih Cepat

Setiap orang menggunakan produk kecantikan pasti menginginkan efeknya datang lebih cepat. Namun ternyata hal tersebut justru semakin berbahaya.

Jika kamu menggunakan hand body tersebut dan kulitmu dapat berubah cerah permanen hanya dalam hitungan hari, klaim ini perlu kamu pertanyakan. Sebab kandungan yang baik dalam sebuah produk akan bekerja secara perlahan.

Efeknya pun tidak bisa dilihat hanya dalam hitungan hari. Butuh beberapa minggu bahkan bulan. Itupun tidak dapa mengubah seratus persen warna kulit kita menjadi lebih cerah.

Itulah beberapa ciri dari hand body lotion abal-abal yang wajib kamu ketahui. Lantas sebenarnya kandungan apa saja sih yang berbahaya dalam hand body lotion? Berikut penjelasannya.

Kandungan Berbahaya dalam Hand Body Lotion Abal Abal

Agar tidak tertipu dengan hand body abal-abal yang marak beredar di pasaran berikut ini, alangkah baiknya kamu mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada hand body lotion abal abal. Berikut penjelasannya.

Merkuri

Bahan utama kerap para oknum nakal manfaatkan tersebut adalah merkuri. Bahan ini terbukti berbahaya jika digunakan dalam formula produk perawatan kulit atau kosmetika lainnya.

Merkuri merupakan jenis logam yang sering terdapat pada bebatuan, air, tanah hingga udara. Bahan ini juga banyak dikenal dengan sebutan air raksa.

Kandungan ini memang terkenal di kalangan produk pemutih. Sebab kemampuannya menghambat melanin pada kulit dapat menimbulkan efek cerah seketika. Padahal proses penghambatan melanin ini akan berbahaya pada kesehatan tubuh dan kulit jika terjadi secara berlebihan.

Tak hanya untuk tubuh, namun juga bagi kesehatan yang lain. Menggunakan merkuri setiap harinya dapat menimbulkan resiko penyakit otak, jantung, paru-paru, ginjal hingga saluran pencernaan. Bahkan kulitmu juga akan semakin tipis dan akan sangat rentan terhadap iritasi.

Hidrokuinon

Kandungan selanjutnya yang berbahaya dalam hand body lotion adalah hidrokuinon. Kandungan ini termasuk salah satu jenis obat yang penggunaannya harus berdasarkan resep dokter.

Namun karena kandungan yang satu ini sebagai zat yang mengurangi warna gelap, jadi banyak yang memanfaatkannya sebagai produk kosmetik.

Bahan yang satu ini juga dapat membantu menghambat pigmen hitam pada kulit. Sehingga kulit akan tampak semakin cerah. Meski demikian, kandungan yang satu ini tidak boleh sembarangan kamu gunakan. Jika takarannya tidak tepat, justru akan meninggalkan efek samping yang berbahaya.

Jadi alangkah baiknya jika kamu menggunakan bahan yang satu ini harus berdasarkan resep dokter. Selain itu kamu juga tidak  boleh sembarangan membelinya di pasaran. Sebab kandungan yang satu ini tergolong sebagai obat keras.

Baca Juga: Hydroquinone dalam Krim Wajah, Apakah Efek Buruknya untuk Kulit?

Steroid

Kandungan yang satu ini memang tergolong sangat popular dikalangan pecinta skincare. Biasanya produk yang menggunakan bahan yang satu ini akan memberikan efek instan pada penggunanya. Salah satunya adalah kulit cerah hanya dalam hitungan hari.

Namun tahukah kamu jika kandungan yang satu ini ternyata sangat berbahaya bagi kulit? Penggunaan produk dengan bahan yang satu ini akan meninggalkan efek ketergantungan. Jika kamu berhenti menggunakannya, kulitmu akan mengalami kerusakan.

Perlu kamu ketahui bahwa steroid sendiri adalah salah satu jenis obat peradangan. Obat yang satu ini dapat meninggalkan efek hypopigmentasi atau memutihkan.

Memang jika digunakan untuk beberapa hari saja, krim yang satu ini tidak akan terlalu meninggalkan dampak yang serius.

Tapi jika digunakan dalam waktu yang cukup lama, kulitmu justru akan meradang. Bahkan permasalahan kulit yang lain seperti jerawat, memerah hingga sensitive. Jadi sebisa mungkin hindari penggunkan hand body lotion dengan bahan yang satu ini.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai hand body lotion abal-abal. So,sekarang kamu harus pintar memilih produk kecantikan yang kamu pakai. Tidak semua yang instan itu baik. Be aware Girls!

About Author

Related posts

Leave a Comment