Biar Makin Kece, Ketahui Jenis Pomade yang Cocok dengan Jenis Rambutmu

jenis pomade

Kata siapa cuma perempuan yang peduli banget sama penampilan? Sekarang ini banyak kok, para lelaki yang sudah mulai sadar dan memperhatian penampilan mereka. Dan enggak ada yang salah dari itu, karena menjaga penampilan juga bisa menambah nilai lebih pada karaktermu.

Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang adalah penataan model rambut mereka. Enggak hanya untuk perempuan, para lelaki juga senang menata rambut mereka agar lebih stylish dan terlihat rapi. Nah untuk mendapatkan itu, mereka biasanya menggunakan pomade.

Well, sebenarnya gaya rambut klimis dan rapi dengan pomade ini sempat lama tidak menarik perhatian. Namun akhir-akhir ini kembali marak digunakan dan jadi tren fasyen tersendiri.

Ya memang sih, Guys. Kalau rambut ditata rapi dan stylish gitu, nilai diri kita juga bakal lebih terlihat. Misal memunculkan karakter yang dewasa, profesional dan rapi.

Karena kembali jadi tren dan diminati kembali, akhirnya banyak brand kosmetik yang memproduksi pomade dengan berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Bahkan enggak sedikit juga, brand kosmetik baru yang turut membuat produk kosmetik untuk cowok satu ini.

Nah, tahukah kamu, kalau ternyata pomade itu ada beberapa jenis dan memiliki fungsinya masing-masing? Dan karena itu pula, kamu enggak bisa sembarangan memilih jenis pomade tertentu. Salah-salah malah bikin rambutmu lebih kaku, mudah berketombe atau bahkan sampai mengalami kerusakan

Untuk menghindari kesalah itu, kamu bisa nih baca ulasan di bawah berikut sampai habis. Agar tahu, jenis pomade mana  sih yang cocok untuk rambutmu dan nyaman untuk diaplikasikan.

Jenis Pomade Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

jenis pomade (2)

Saking ngetrennya, berbagai merk dan jenis pomade menjamur di pasaran. Habis gitu, kalau mau beli juga kadang bingung. Apakah merk A lebih bagus dari B? atau apakah jenis C lebih cocok dari D?

Untuk menjawab kegalauanmu soal memilih jenis pomade yang cocok untuk rambutmu dan nyaman dipakai. Silakan baca uraian soal jenis pomade berdasarkan bahan dasar pembuatannya di bawah ini ya, Guys!

Pomade Oil Based

Jenis pomade yang pertama adalah pomade oil based atau yang berbagan dasar minyak. Tahu enggak sih? Jenis pomade yang satu ini memiliki terbilang sangat tahan lama ketika digunakan. Tatanan rambutmu bakalan tetap rapi meski kepala dalam keadaan berkeringat, bahkan saat teterpa guyuran hujan sekalipun.

Oleh sebab itu, pomade dengan bahan dasar minyak akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Juga untuk kamu dengan model rambut yang panjang, tebal dan agak susah diatur. Pomade jenis ini akan membuat rambutmu rapi dan jadi lebih mudah untuk ditata.

Kelebihan

Telah dijelaskan sebelumnya, kalau pomade dengan bahan dasar minyak bisa sangat awet, meski rambut jadi basah karena keringat atau guyuran hujan.

Tak hanya itu, ketika menggunakan pomade dengan jenis ini, rambutmu juga enggak akan mudah kering dan kaku. Karena sifatnya yang agak lembab, malah bikin rambutmu jadi lebih lemes dan bisa ditata ulang dengan mudah

Kelemahan

Sayangnya nih, pomade yang satu ini bikin rambut jadi sulit dibersihkan. Hal ini karena sifat pomade oil based yang cenderung keras dan lembab. Akhinya kotoran dan debu juga lebih mudah menempel di rambut.

Oleh sebab itu saat menggunakan pomade dengan jenis oil based, kamu harus keramas berulang kali dan menggunakan sampo khusus pomade. Tapi untuk keawetannya, bisa dibilang cukup worth it ya, Guys.

Pomade water based

Jenis pomade yang kedua adalah pomade water based, atau yang berbahan dasar air. Berbeda dengan pomade oil based, water based memiliki tekstur yang hampir sama seperti gel. Meski memiliki tekstur yang solid, namun jenis ini cukup mudah diaplikasikan pada rambut kamu.

Pomade berbahan dasar air memberikan kesan ringan saat dipakai. Namun sayangnya tidak terlalu tahan lama, dan mudah hilang kalau terkena air. Sehingga pomade ini lebih cocok digunakan untuk kalian yang bekerja atau beraktivitas lebih sering di dalam ruangan.

Kelebihan

Karena ringan, pomade dengan berbahan dasar air lebih mudah dibersihkan. Kamu juga enggak perlu menggunakan jenis sampo tertentu, dan cukup dengan sekali keramas saja sudah hilang.

Kekurangan

Kekurangan pomade dengan jenis water based ini adalah memiliki daya tahan yang rendah. Misalnya saat kepalamu basah karena keringat atau terkena hujan, pomade bisa luntur dan akhirnya tatanan rambutmu bisa rusak.

Oleh sebab itu, pomade ini cocok digunakan untuk aktivitas harian yang ringan. Dan kalau kamu mau datang ke acara tertentu yang resmi atau memakan waktu lama, oil based mungkin lebih cocok untuk kamu gunakan.

Pomade dengan jenis ini juga bisa membuat rambut lebih kering, hasilnya kamu enggak bisa sering-sering menata ulang rambutmu seperti saat menggunakan pomade oil based.

Mix Based Pomade

Jenis pomade yang ketiga adalah mix based pomade, atau yang berbahan dasar campuran. Maksudnya pomade ini merupakan kombinasi dari bahan dasar dua pomade sebelumnya, yakni air dan minyak.

Selain itu, mix based juga sering diartikan sebagai pomade yang saat dipakai menimbulkan kesan tahan lama seperti saat memakai oil based. Namun dengan keuntungan, jauh lebih mudah dibersihkan sama seperti menggunakan water based pomade.

Kelebihan

Kelebihan pomade yang berbahan dasar campuran ini adalah daya tahannya yang tinggi dan kemudahannya dibersihkan. Jadi meski dapat bertahan cukup lama, rambutmu masih dapat dibersihkan dengan mudah, selayaknya ketika kamu memakai water based pomade.

Kekurangan

Kekurangan yang ada dalam pomade jenis ini adalah daya serapnya yang cukup rendah. Sehingga kamu harus memastikan rambutmu dalam keadaan kering terlebih dahulu. Agar jenis pomade dengan mix based ini lebih mudah diserap oleh rambutmu.

Jenis Pomade Berdasarkan Karakteristiknya

jenis pomade berdasarkan karakteristik

Selain berdasarkan bahan dasar yang digunakan, pomade juga dibedakan sesuai dengan karakteristiknya. Yang secara umum dibagi menjadi tiga, yakni heavy, medium dan light pomade.

Heavy Hold Pomade

Pomade dengan karakteristik heavy atau berat, biasanya agak sukar untuk dicolek. Dan ketika diaplikasikan juga cukup sulit, karena jika sembarangan maka pomade tidak akan rata di rambutmu dan malah jadi gumpalan-gumpalan.

Pomade dengan karakteristik ini juga membuat rambutmu jadi lebih keras. Warna rambutmu juga akan terlihat natural dan tidak terlalu berkilau seperti saat menggunakan pomade dengan karakteristik yang ringan.

Medium Hold Pomade

Pomade dengan tipe medium hold sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang menginginkan pomade yang simpel dan mudah digunakan. Akan tetapi tetap mampu memberikan ketahanan yang cukup lama.

Pomade dengan karakteristik ini biasanya memiliki tekstur yang lumayan lembut, tapi sudah terasa pada dan solid. Proses perataan ditangan juga tidak sesulit tipe heavy hold.

Dengan demikian, meski agak berat proses perataan juga jadi lebih mudah.

Ligt Pomade

Light pomade adalah tipe pomade dengan karakteristik yang ringan. Pomade ini sebenarnya cocok digunakan untuk orang-orang yang menyukai penampilan klasik dengan rambut klimis dan mengkilap.

Pomade dengan tipe ini memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah diratakan di tangan. Hal ini membuat light pomade jadi sangat mudah diaplikasikan.

Tips Memilih Pomade Berdasarkan Jenis Rambutmu

jenis rambut

Nah kamu udah tahu tiga jenis pomade berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Mulai dari oil based, water based, hingga mix based pomade.

Namun jenis pomade bukan jadi satu-satunya pertimbangan yang harus kamu perhitungkan sebelum mencoba atau memakai produk hairstyle yang satu ini. Yang lebih penting, kamu harus sesuaikan dengan jenis rambutmu juga ya.

Rambut lurus dan tipis

pada dasarnya, rambut dengan tipe ini akan cocok dengan semua jenis pomade. Rambut lurus juga cenderung lebih mudah untuk diatur dan ditata sesuai gaya yang diinginkan.

Meski demikian, bukan berarti kamu bebas dalam memilih pomade. Karena sekali lagi, kamu harus ingat kalau jenis rambutmu itu tipis. Jadi jangan sampai kamu terlalu sering memakai pomade dengan karakteristik yang keras, susah diaplikasikan dan banyak banget menjambak rambut ketika dipakai.

Karena dengan terlalu sering menggunakan pomade yang demikian itu, bisa-bisa rambut kamu rontok dan malah bikin tambah tipis.

Pomade yang cocok untuk rambut lurus dan tipis di antaranya adalah water based light pomade, oil based light pomade, oil based medium pomade.

Rambut lurus dan tebal

rambut lurus tebal

Keuntungan besar buat kamu yang memiliki tipe rambut ini. Karena rambutmu yang lurus akan memudahkan kamu diatur, dan volume yang tebal akan membuat rambutmu tidak mudah rontok dan rusak.

Untuk jenis rambut ini pomade yang cocok digunakan adalah water based pomade (semua tipe), oil based pomade (semua tipe).

Rambut bergelombang

Jenis rambut ini tidak terlalu sulit untuk diatur, bahkan bisa cukup mudah mengikuti model rambut lurus.
Ketika kamu tidak terlalu ingin mengubah gaya rambutmu, maka pomade water based atau dengan karakteristik light lebih disarankan.

Namun kalau kamu ingin mengubah gaya rambutmu dan ingin efek yang lebih tahan lama, kamu bisa memakai pomade dengan karakteristik medium hingga heavy.

Rambut keriting

rambut keriting

Untuk rambut dengan jenis ini kamu bisa gunakan pomade dengan karakteristik heavy hold. Dengan ketahananya yang lama, akan membuat rambutmu lebih mudah kamu atur sesuka hati.

Apalagi rambutmu yang tebal juga akan memberi keuntungan lebih. Penggunaan pomade juga tidak akan terlalu banyak dan menimbulkan dampak yang sangat buruk untuk rambutmu.

Tips Tambahan Menggunakan Pomade

tips memilih pomade sesuai jenis rambut

Setelah mengetahui jenis pomade berdasarkan bahan dasar dan karakteristiknya. Juga bagaimana cara memilih sesuai dengan jenis rambutmu. Maka, enggak ada salahnya juga untuk mengetahui hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika memakai pomade di bawah ini.

Pastikan agar rambut kamu rajin dibersihkan

Saat menggunakan pomade (apalagi yang oil-based), kotoran akan mudah menempel di kulit kepala dan berpotensi menjadi ketombe.

Siapkan Sampo khusus pembersih pomade

apabila kamu ingin memakai pomade dengan jenis Oil Based Pomade, maka kamu harus menyiapkan waktu lama untuk menghilangkan pomade dengan sempurna. Tentu sampo khusus untuk membersihkan pomadenya, karena ketahanan pomade oil based di rambut lebih tinggi dan susah dihilangkan.

Gunakan water based pomade saat rambut kering

Hal ini perlu kamu lakukan untuk membuat efek pomade water based lebih optimal dan terlihat. Karena pomade akan lebih terserap saat rambutmu kering.

Gunakan oil based pomade saat rambut agak lembab

Karena teksturnya yang agak keras, sebaiknya gunakan saat rambutmu dalam keadaan agak lembab. Agar pomade lebih mudah diratakan ke seluruh bagian rambut.

Jika kamu gunakan ketika rambutmu dalam keadaan kering, maka resikonya rambutmu bisa rusak bahkan rontok.

Nah itu adalah beberapa tips tambahan yang bisa kamu praktikkan ketika menggunakan pomade. Kalau ada tips lain yang kamu ketahui dan tidak tertera di atas, kamu bisa beri tahu kami lewat kolom komentar, ya!

Oh ya, sebenarnya untuk memilih jenis pomade tertentu. Kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhanmu. Misalnya untuk bisa mengubah gaya rambutmu dan lebih awet, maka gunakan yang heavy hold.

Sementara kalau kamu hanya ingin menghasilkan efek rapi dan berkilau cukup gunakan ligt pomade atau water based pomade.

Udah dulu ya, semoga tips-tips di atas dapat berguna untuk kamu. Jangan lupa share, comment dan like, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment