11 Jenis SEO Tools dari Google dengan Fitur Menarik, Apa Saja?

jenis seo tools google

Tak hanya menyajikan informasi lengkap dari berbagai topik, sumber, bahasa, wilayah, dan ketertarikan. Google memenuhi kebutuhan pelaku bisnis dengan menyediakan berbagai jenis tools SEO untuk mengoptimalkan peforma toko online mereka.

Berbisnis online memang kian menjanjikan, sebab pertumbuhan pengguna Internet juga makin tinggi dati tahun ke tahun. Namun, jumlah kompetisi yang ada pun sama besarnya juga.

Sehingga, ketika menjalankan bisnis secara online, kamu perlu menerapkan strategi optimasi yang tepat agar mampu menjangkau konsumen dan menciptakan transaksi.

Sebagai platform pencarian terbesar di dunia, Google menyadari kebutuhan penggunanya dalam menjalankan bisnis. Karena itu, Google menciptakan berbagai jenis tools yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan peforma toko online.

Penasaran apa saja jenis tools Google untuk SEO yang bisa kamu coba gunakan? Langsung simak kesepuluh jenisnya berikut ini, ya!

11 Jenis Tools SEO Google

Memutuskan membuat toko online untuk brand atau bisnis kosmetikmu adalah langkah awal yang tepat agar bisnis bisa berkembang. Namun, menjalankannya tanpa strategi yang matang hanya akan membuang waktu belaka.

Google menawarkan berbagai jenis tools SEO buatan mereka sendiri untuk mempermudah pebisnis memasarkan produk mereka. Kamu juga perlu mengenal dan mengetahui tiap jenis tools SEO Google berikut ini.

Google Keyword Planner

Pertama ada Google Keyword Planner, yang akan membantumu meneliti berbagai jenis kata kunci yang relevan dengan niche toko kosmetikmu.

Lewat jenis tools SEO Google satu ini kamu juga bisa mendapatkan data tingkat kompetisi kata kunci, volume penggunanya, data statistic bulanan, dan nilai iklan.

Google Analytics

Jenis tools SEO Google yang kedua adalah Google Analytics, yang memungkinkanmu untuk mengecek bagaimana peforma toko online atau halaman website brand kosmetikmu secara realtime.

Alat keluaran Google ini menyajikan data yang sangat lengkap. Tak hanya menghitung arus keluar-masuk pembaca/audience Website. Melainkan mengakumulasi lama mereka di sana, tindakan/aktivitas yang pengunjung lakukan, data konten paling popular, kecepatan muat halaman, hingga demografi audience.

Lewat alat ini pun kamu dapat membandingkan tiap data yang ada berdasarkan metrik terentu seperti waktu, tiap jenis konten, jenis audicen, serta melihat konten mana yang paling efisien untuk menghasilkan konversi.

Ingin tahu lebih banyak soal Google Analytic dan fungsinya untuk bisnis? Cek di sini!

Google Advanced Image

Tools SEO Google selanjutnya adalah Google Advance Image, yang mempermudahmu menemukan gambar terbaik dalam membuat konten penjualan.

Kamu mungkin mengira, pembacaan struktur SEO ini hanya lewat susunana bahasa atau topik dalam konten tersebut. Padahal konten visual, seperti gambar dan video berperan sama pentingnya. Malah, mungkin bisa menjadi pendongkrak ranking dan pengunjung konten tersebut.

Alat satu ini bisa membantumu menemukan gambar untuk konten-konten yang kamu buat. Kamu bisa melakukan pencarian dengan menambahkan beberapa kata kunci terkait, memperhatikan kesesuaian gambar dengan niche konten dan lainnya.

Selain pilihan gambarnya yang beragam, keunggulan lainnnya dari Google Advanced Image adalah sifatnya yang gratis. Menarik, bukan?

Google Search Console

Selanjutnya ada Google Search Console, yang menawarkan layanan untuk melakukan analisis internal kekuatan Website dan konten-konten yang kamu buat.

Jenis Google SEO Tools ini juga dapat membantu pengguna untuk memeriksa pengindeksan konten, mengompimalkan situs, menyajikan data click through rate (CTR), perkembangan konten dan trafik dari bulan ke bulan.

Data ini akan membantumu mengetahui seberapa besar efektifitas konten yang kamu buat, serta bagaimana sudahkah caramu mengolah konten tersebut tepat.

Google Website Optimizer

Jenis Google SEO Tools selanjutnya adalah Google Website Optimizer, yang bisa memabntumu dalam menguji konten Website. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan halaman dan pengalaman pembaca secara lebih mudah.

Alat ini juga bisa membantumu dalam menguji semua elemen yang ada sebagai kode HTML untuk website, seperti font yang kamu gunakan, judul, gambar, atau call to action yang kamu sematkan dalam halaman konten Website tersebut.

Kamu mungkin sudah cukup familiar dengan tools Google satu ini. Sebab Google Trends sendiri memberikan kemudahan untukmu melakukan riset tren dan produk popular, sehingga mempermudah untukmu menyusun konsep produk yang akan dijual.

Nah, jenis tools SEO Google ini bisa kamu gunakan untuk mengalisis topik popular yang berkembang di masyarakat. Bahkan, kamu bisa melihat bagaimana perkembangan topik tersebut dari tahun ke tahun, serta menyesuaikannya dengan bahasa yang digunakan dan daerah tertentu.

Data atau grafik yang disajikan oleh Google Trends ini diakumulasi dari jumlah pencarian dan penggunaan kata kunci tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Bisnis, Ikuti Langkahnya!

Google Ad Planner

Selanjutnya ada Google Ad Planner yang merupakan cara paling umum digunakan oleh para pebisnis untuk menciptakan keuntungan dari toko online mereka.

Lewat tools ini kamu bisa memperkirakan dan merencanakan iklan terbaik untuk halaman Website brand kosmetikmu. Misalnya mengatur penempatan iklan terbaik, memutuskan kisaran anggaran, memilih iklan kata kunci yang tepat untuk bisnismu, dan menghitung tawaran dengan lebih mudah.

SEOQuake

Jenis tools SEO Google selanjutnya adalah SEOQuake, yang bisa kamu akses juga di Add Ons dan Firefox. Fungsi utama alat ini membantu pebisnis untuk mengoptimalkan dan mempromsoikan situs atau toko online mereka dengan lebih baik.

Google AdWords Traffic Estimator

Selanjutnya adalah Google AdWords Traffic Estimator bisa membantu pebisnis untuk memperkirakan nilai kata kunci untuk suatu iklan.

Dengan begitu, pebisnis dapat mengetahui seberapa besar persaingan kata kunci yang ditargetkan tersebut, jumlah pencarian bulanan, serta berbagai keyword yang disarankan.

Jika hasilnya kurang memuaskan, kamu bisa memilih beberapa alternatif dengan mengklik kelompok kata kunci yang kamu inginkan. Data yang sama juga akan terpapar secara otomatis.

Kamu juga bisa menggunakan Google Insights for Search, yang sekilas mirip dengan Google Trends. Alat ini menyediakan wawasan tren pencarian yang ada dalam mesin pencari Google.

Dalam jenis tools SEO Google ini memberikan reprensentasi data tren dari berbagai negara. Sehingga memungkinkan pebisnis untuk mengetahui tren tertentu di suatu wilayah dari berbagai kategori.

Tentu, hal ini akan memudahkanmu merumuskan strategi pemasaran dan developing produk yang potensial dengan kebutuhan target pasar.

Google Tag Manager

Last but not least ada Google Tag Manager yang dibuat untuk memudahkan pengeloaan tag pada sebuah toko online atau Website.

Tag sendiri merupakan script atau kode yang berada pada bagian head HTML yang digunakan untuk melakukan tracking pada aktivitas kunjungan Website atau situs bisnis kamu.

Penggunaan Tag ini dapat mengetahui bagaimana jumlah kunjungan datang ke Website, juga link apa yang paling banyak mendapat klik, serta produk apa yang akhirnya audience beli.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah 11 tools SEO Google yang perlu kamu ketahui. Semua tools ini dapat kamu akses dan gunakan dengan mudah dalam mengembangkan pemasaran digital brand kosmetikmu.

Apa kamu tertarik untuk mencobanya? Kasih tahu kami lewat kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment