Branding Kosmetik

11 Kriteria Website User Friendly yang Harus Kamu Tahu

kriteria website user friendly

Beautypreneurs, tahukah kamu bahwa memastikan website bisnismu memiliki kriteria user friendly bisa berpengaruh besar pada keberhasilan SEO. Bahkan, ketika kamu mendesainnya dengan baik dan terstruktur, langkah ini bisa mengurangi angka bounce rate pada toko online-mu. Kok bisa?

Banyak pebisnis baru yang berpikir bahwa hanya dengan menulis artikel sebanyak-banyaknya bisa membuat peforma Website bisnis mereka optimal. Padahal, pengalaman pembaca ketika mengakses halaman artikel, landing page, dan berbagai fitur lainnya juga memegang peranan besar.

Bayangkan saja, ketika kamu asik membaca artikel di laman tertentu, sayangnya ketika meng-klik beberapa fitur ternyata tak tersedia. Atau tampilan gambarnya bikin sakit mata, loading lambat, ketika kamu beralih akses lewat mobile.

Tentu pengalaman tidak mengenakkan ini akan membuatmu merasa tak nyaman, kemudian langsung keluar halaman artikel. Kamu tentu tak mau audience website bisnismu mengalami hal yang sama, bukan?

Karena itu, agar kamu bisa menyajikan konten terbaik dan memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan, ada baiknya untuk membuat Websitemu sesuai dengan kriteria user friendly.

Lantas apa itu Website User Friendly? Serta bagaimana manfaatnya untuk bisnismu dan cara membuatnya? Baca artikelnya sampai habis biar kamu tahu, Beautypreneurs!

Apa Itu Website User Friendly

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui perihal apa itu user-friendly walaupun familiar dengan nama tersebut.

User friendly merupakan sebuah kondisi dimana kamu dapat mempergunakan sesuatu dengan nyaman dan mudah. Baik itu dalam menggunakan website, sistem operasi dan juga software.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna yang sedang mencari informasi yang penting dan juga menampilkan hasil pencarian halaman seperti yang diharapkan oleh pengguna.

Di dalam desain website user friendly setiap pengunjung dapat dengan mudah untuk menemukan informasi yang akan mereka inginkan dengan cepat di berbagai macam perangkat termasuk smartphone, komputer dan juga tablet.

Pentingnya Website User Friendly untuk Bisnis

Kehadiran dunia bisnis secara online diawali dengan memiliki sebuah website bisnis. Jika website bisnis efektif untuk digunakan maka setiap pengunjung web akan merasa puas dan juga senang.

Hal ini akan menumbuhkan minat pengunjung untuk membeli jasa atau produk yang akan ditawarkan oleh website bisnis, seperti website user friendly.

Website user friendly sangat ramah untuk para pengguna sehingga kamu tidak perlu belajar dengan waktu yang cukup lama.

Dengan adanya website friendly kamu akan membuat website menjadi menarik dimata pengunjung dan juga akan memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang mereka cari.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan website user friendly seperi;

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna atau biasa disebut sebaai user experience merupakan salah satu poin penting yang wajib kamu perhatikan saat membuat website seperti menggunakan website bulder.

Di zaman sekarang ini penggunaan smartphone sudah semakin meningkan. Tidak sedikit dari masyarakat sudah menggunakan smarthphone untuk membantu kegiatan dan aktivitas mereka termasik membeli produk online.

Jika website yang kamu miliki ini sudah moblie friendly, setiap informasi yang akan kamu distribusikan akan sangat mudah diakses oleh para pengguna smartphone.

Hadirnya website yang ramah dengan ponsel seluler bisa memberikan call to action (CTA) dengan jelas dimana hal ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan konverai pelanggan.

Memengaruhi Rangking di Mesin Pencari

Salah satu search engine Google bisa mempertimbangkan untuk mengecek apakah website yang kamu gunakan sudah mobile friendly atau belum.

Selain itu, kamu bisa mengecek apakah website yang kamu gunakan sudah digunakan di berbagai macam perangkat dengan menggunakan tools yang tepat seperti halnya melalui situs STMetrix.

Agar website kamu berpeluang muncul di pencarian teratas, kamu bisa memulainya dengan mempelajari core web vital yang berisi kumpulan metrik websit yang sudah Google tentukan.

Di sini Google akan menetapkan kumpulan metrix itu tadi sebagai bagian dari indikator rangking pencarian terbaru, atau populer juga sebagai page experience.

Kenyamanan Pengguna

Jika kamu sudah memiliki website yang dapat pengguna akses melalui smartphone, kamu sudah dapat meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat.

Kehadiran website yang ramah dengan smartphone dapat menambah kredibilitas brand bisnis dan juga posisi bisnis kamu sebagai salah satu sumber yang terpercaya saat menyediakan informasi kepada pelanggan dan pengguna internet.

Setiap pelanggan akan cenderung mencari tools, produk dan juga layanan yang dapat membantu kamu meningkatkan kenyamanan mere3ka.

Adanya website yang bagus bisa membantu para pengguna internet untuk dapat mengakses informasi yang mereka perlukan ketika mereka bisa lebih nyaman.

Website yang sudah user friendly akan membantu bisnis menarik lebih banyak lagi pelanggan virtual. Agar user ecperienc website kamu dapat meningkat, kamu bisa menggali informasi dengan membaca artikel ini.

11 Kritetria Website User Friendly yang Harus Kamu Tahu

kriteria website user friendly

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari website user friendly. Jika kamu membuat website untuk toko online kehadiran web user friendly dapat mebantu kamu untuk meraih keuntungan yang lebih cepat.

Hal ini dikarenakan website sangat mudah didatangi dan digunakan oleh pengunjung terutama saat ingin mendapatkan barang yang diinginakn.

Begitu juga berlaku dengan blog personal, website portofolio dan juga company profile. Setiap aspek user friendly akan membantu setiap pengunjung website untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Berikut ini adal 11 kriteria mengenai website user friendly seperti

Nama Domain yang Mudah Diingat

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat membuat website user friendly adalah memilih nama domain. Hal ini karena akan dapat mempengaruhi sektor kemudahan saat mengakses situs website.

Kamu dapat menggunakan nama domain yang sangat mudah pengguna ingat, terutama untuk para pengguna internet dan calon pelanggan.

Nama domain ini nantinya akan kamu sesuaikan dengan jenis website yang akan kamu buat.

Dengan penggunaan nama domain yang mudah diingat akan membuat website menjadi ramah dengan pengunjung. Selain itu juga akan memudahkan para pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Nama doamain yang memorable ini kedepannya dapat menarik para pengguna internet agar bisa kembali ke website kamu, lho!

Mudah Diakses

Mudah diakses adalah salah satu kriteria dari website user friendly. Kamu dapat mengecek uptime website untuk memastikan hal ini. Uptime pada sebuah situs web merupakan waktu situs atau bisa disebut sebagai layanan web yang tersefia bagi para pengguna di durasi waktu tertentu.

Di sini pemilik website akan cenderung memilih hosting yang bisa memberikan jaminan uptime tinggi agar bisa membuat website yang user friendly.

Cepat Diakses

Suatu website bisnis harus memiliki daya akses yang cepat dan mudah. Jadi kamu harus memastikan bahwa tidak akan mengesampingkan website yang kamu miliki.

Hal ini dikarenakan website yang memiliki waktu loading yang lama akan membuat website kamu ditinggalkan banyak pelanggan.

Selain itu kamu juga harus mengerti bahwa pengguna internet tidak akan menghabiskan waktu hanya untuk menunggu loading sebuha website.

Pengguna internet akan langsung mengalihkannya ke website lain yang memiliki waktu loading lebih cepat karena waktunya bisa lebih efisien.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu gunakan agar website kamu bisa memiliki waktu loading yang cepat dan fantastis seperti mengatifkan caching wordpress, meminimalisir pengguna plugin dan membatasi jumlah konten pada setiap halaman.

Kamu harus memastikan juga bahwa website kamu tidak mengalami down yang dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung.

Struktur Website Jelas

Struktur website yang jelas adalah salah satu kriterie web user friendly. Dengan ini kamu bisa membantu para pelanggan untuk menjelajahi situs web dengan mudah dan praktis.

Agar website user friendly kamu menjadi menarik, kamu harus dapat menyusun konten ke dalam bentuk sub-kategori dengan sesuai dan tepat.

Kategori ini bisa kamu atur lagi dalam bentuk menu.

Menu Navigasi yang Efektif

Navigasi memiliki hubungan erat dengan struktur website. Jika struktur web adalah ruang-ruang untuk menyimpan beberapa konten maka navigasi merupakan pintu pembuka kamar untuk pengunjung agar dapat mengakses konten menjadi lebih mudah dan cepat.

Untuk membuat navigasi yang efektif kamu bisa mencaba beberapa tips berikut sepertti menggunakan keyword yang menamai navigasi, memastikan tidak ada missing link di laman website dan memiliki struktur website yang rapi dan tertata.

Karena link masih sepaket dengan navigasi situs web dan struktur website, kamu tidak dapat memisakannya dengan kriteria website yang ramah dengan para pengguna.

Link tidak hanya berhenti pada konteks untuk di klik saja namun harus bisa mengarahkannya kepada pengunjung konten lain di dalam satu website.

Kemudian kamu juga dapat memanfaatkan link untuk menambah relebansi konten dengan cara melalui backlink.

Agar link di dalam website dengan mudah pengunjung kenali, kamu bisa mengikuti aturan format umum untuk membuatnya seperti anchor tex di dalam bentuk keyword dan menggunakan format bold.

Baca Juga: Cara Membuat Anchor Text untuk Optimasi Situs Website Bisnismu

Konten Berkualitas

Memiliki konten yang berkualitas merupakan kriteria selanjutnya dari website user friendly. Di sini kamu tidak hanya sekedar membuat konten, akan tetapi kamu juga harus memperhatikan kualitasnya.

Kamu bisa memastikan berkualitas atau tidaknya suatu konten adalah dengan cara memperhatikan susunan informasi yang apakah sudah membantu para pengunjung konten sudah dapat memahami konten dengan mudah atau belum.

Cukup banyak website yang menggunakan struktur dan susnan inforamsi model piramida terbalik saat membuat konten.

Dengan menggunakan susunan ini kamu wajib memberikan informasi yang paling penting di awal pembukaan konten. Dan kemudian menyusun detail pendukung di bagian selanjutnya.

Tampilan yang Sama di Berbagai Browser

Setiap individu pastinya mempunyai preferensi dan juga opsi ketika memilih browser. Di sini kamu pastinya wajib memperhatikan hal ini, karena tampilan browser juga akan memberikan pengaruh terhadap para pengguna.

Setiap search engine pasti akan memiliki kode spesifik yang membuat tampilan di satu browser dengan satu browser yang juga berbeda.

Pemilik web juga haru dapat mengurangi perbedaan ini agar user ecperience dan juga tampilan tidak jauh berbeda dengan berbagai macam browser lain.

Call to Action yang Jelas

Mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin merupakan bentuk tujuan akhir dari pembuatan website user friendly.

Maka dari itu kamu harus selalu memperhatikan call to action (CTA). Susun tujuan kamu dengan jelas apakah kamu akan mengajak pengguna untuk menuju halaman tertentu dan mengarahkan mereka untuk mengisi form atau bahkan mengahaj mereka untuk membeli produk yang kamu jual.

Ingin tahu bagaimana cara membuat call to action yang menarik untuk artikelmu? Simak di sini.

Desain Responsif dan Kompatibel

Membuat website yang user-friendly merupakan sebuah usaha untuk dapat menarik banyak pengguna.

Saat ini tidak sedikit orang lebih nyaman menggunakan smarphone dari pada komputer untuk mengakses internet.

Maka dari itu hadirnya situs website harus kompatibel dan responsif sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalu berbagai browser dan perangkat.

Kombinasi Warna yang Sesuai

Warna menjadi bagian yang paling penting di dalam user friendly. Kombinasi warna yang sesuai dapat membangun pengalam untuk mengakses situs web yang menyenangkan.

Cukup banyak website yang menggunakan warna dominan yaitu putih. White space di dalam webstie dapat meningkatakn kepercayaan dan juga reputasi pada bisnis.

Kemudian dominasi warna putih juga dapat menonjolkan objek tertenu. Di sini kamu dapat mempertimbangkan penggunaan warna tersebut sebagai background foto produk milikmu. Hal ini dapat membantu kamu untuk mencuri perhatian para pengunjung website.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah penjelasan mengenai 11 kriteria Website user friendly yang mungkin belum kamu tahu. Menerapkan kriteria ini pada halaman bisnis brand kosmetikmu, maupun toko online yang kamu kelola, bisa memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung.

Mereka tak hanya akan berhenti dengan melihat satu konten artikel saja. Melainkan terdorong untuk menjelajahi berbagai fitur dan pengalaman menarik yang kamu tawarkan dari Website tersebut.

Selain informasi mengenai kriteria Website user friendly ini, kamu juga bisa menemukan berbagai tips pemasaran digital, SEO Optimization, branding merk kosmetik, dan jasa maklon lewat halaman Berita Terkini.

Oh, iya, jangan lupa tinggalkan pertanyaan, komentar, ataupun tanggapanmu di bawah, ya!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011