Cara Membuat Anchor Text untuk Optimasi Situs Website Bisnismu

cara membuat anchor text

Era digital yang semakin modern membuat semua pekerjaan menjadi serba online. Tentu kamu tidak heran jika banyak usaha yang beralih memanfaatkan media online, dan salah satu bagian yang berhubungan dengan itu ialah SEO (Search Engine Optimization). Salah satu elemen yang sangat penting dalam SEO adalah anchor text, sudah pernah dengar?

Beautypreneurs, untuk membuat brand kosmetikmu mampu bersaing di pasar kosmetik Tanah Air, tentu kamu harus menyiapkan strategi yang tepat. Baik itu dari pemasaran digital maupun saat melakukan pemasaran langsung.

Website dan SEO adalah alat yang sangat penting ketika kamu memasarkan brand kosmetikmu dengan strategi digital marketing. Nah, untuk dapat mengoptimalisasi kedua hal tersebut, kamu perlu memaksimalkan tiap elemen optimasi yang ada, termasuk anchor teks.

Adanya elemen ini akan membantu link penjualanmu terdeteksi dengan mudah oleg Google. Bahkan kalau kamu bisa mengetahui strategi penggunaannya yang tepat, bukan tak mungkin Website jualanmu akan terletak pada halaman pertama dan jadi rekomendasi utama Google. Menarik, bukan?

Nah, biar tak makin penasaran, langsung pelajari sebenarnya apa itu anchor text, serta apa saja manfaat dan cara membuatnya yang tepat untuk Website bisnismu dalam ulasan berikut ini!

Apa itu Anchor Text?

Sebelum itu, pernahkah kamu membaca artikel di sebuah situs dan menjumpai kata berwarna lain? Biasanya kata berwarna itu juga lebih tebal dibanding kata lainnya. Kemudian ketika kata tersebut di klik maka akan ada situs lain yang terbuka. Nah, jika kamu pernah menjumpainya, maka itu lah yang dimaksud dengan anchor text.

Mudahnya, anchor teks merupakan sebuah kata pada website yang berisi tautan atau link untuk mengarahkan pembaca ke website lain jika di klik. Tautan tersebut tentunya masih relevan dengan halaman sebelumnya. Peran anchor teks tidak hanya membantu user, link label tapi juga membantu SEO dalam memahami konten secara spesifik agar lebih meluas.

Link label tersebut cukup memengaruhi SEO, dikarenakan search engine selalu menjalankan indexing untuk mengkategorikan aset online, nantinya aset tersebut akan dijadikan rekomendasi bagi pencari user. Jadi jika kata kunci relevan dengan user dengan suatu web maka halaman web tersebut nantinya akan keluar di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman pencarian.

Itulah mengapa link label menjadi salah satu elemen penting untuk menilai relevansi pada halaman website. Hal tersebut juga berlaku pada internal link maupun backlink untuk membantu menjalankan link building.

Pelajari Juga: Panduan Lengkap Seo untuk Pemula, Trik Biar Toko Online Kian Ramai

Mengapa Anchor Text Penting?

Setelah mengetahui apa itu anchor text, tentu kamu akan bertanya-tanya mengenai seberapa penting anchor text. Pada prinsip Google, anchor text berperan sebagai deskripsi isi sebuah konten. Jadi, semakin banyak orang yang mengunjungi laman tersebut maka akan semakin relevan konten dengan yang dicari pengguna internet. Inilah yang dimaksud jika anchor text memiliki peran penting dalam SEO terutama di mesin pencarian Google.

Semakin banyak orang yang mengklik pada anchor text di laman website maka posisi website pada mesin pencarian akan semakin bagus. Oleh sebab itu, pemilihan kata yang akan digunakan sebagai anchor text sangat penting karena akan memengaruhi pengguna agar mau mengklik dan berpindah menuju laman selanjutnya. Fungsi utama dari anchor text sendiri adalah sebagai tolok ukur terhadap relevansi sebuah konten dalam mesin pencarian.

Macam-macam Anchor Text

Terdapat banyak macam anchor text, berikut macam dan penjelasannya.

Branded

Sesuai dengan namanya, anchor  text branded ini maksudnya menggunakan nama dagang dari suatu brand. Selain itu, anchor teks branded juga terbilang aman digunakan karena merujuk pada merk itu sendiri.

Anchor text branded ini nantinya akan mengarah pada situs resmi brand langsung, jadi kata yang digunakan untuk anchor text bisa menggunakan nama brannya.

Generic

Berbeda dari jenis anchor text branded, generic menggunakan sebuah petunjuk sebagai teksnya. Selain itu, jenis link satu ini dapat berupa CTA (Call to Action) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaannya.

Kata yang paling sering digunakan dalam generic anchor teks tentu sering kamu jumpai, seperti ‘klik di sini’.

Exact-Match

Exact-match anchor text merupakan teks yang dibuat peris dengan keyword yang digunakan begitupun pada URL yang dicantumkan.

Partial-Match

Hampir sama dengan exact-match, partial-match anchor ini menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama serta dapat terdeteksi oleh algoritma Google sebagai bagian isi dari konten website.

Selain itu, pada jenis partial-match ini biasanya merupakan hasil pengembangan dari kata kunci utama yang ingin nantinya ingin kamu masukkan ke dalam mesin pencarian.

Sedangkan untuk naked link sendiri merupakan jenis anchor text yang ditulis persis dengan link tersebut. Namun sebenarnya, naked link ini terbilang kurang user-friendly jika daripada beberapa jenis anchor text lainnya.

Images

Selain dalam teks, kamu juga bisa menggunakan anchor teks dalam bentuk gambar. Mungkin kamu akan berfikir, bagaimana bisa gambar ini kamu gunakan sebagai anchor teks. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mengganti kalimat alt teks gambar tersebut sesuai dengan anchor teks yang kamu inginkan.

Dengan begitu, pihak Google akan membaca all text gambar tersebut. Namun jika kamu tidak memasukkan all text maka foto tersebut akan terbaca dengan ‘no text’.

Cara Membuat Anchor Text

Setelah membaca ulasan sebelumnya, mungkin kamu akan tertarik untuk membuat anchor tekssendiri. Tentu kamu bisa mencobanya, cara membuat anchor teks pun terbilang mudah.

Namun, sebelum membuatnya, kamu perlu tips serta cara yang tepat agar tidak terkena penalti dari pihak Google dan tentunya dapat mengoptimasi SEO.

Yuk! Langsung simak caranya berikut ini, ya!

Gunakanlah secara efisien

Maksud dari menggunakan anchore teks secara efisien ialah dengan memberikan informasi pada pengguna internet dan mesin pencarian Google. Hal itulah yang menjadi fungsi utama anchor teks.

Hal yang harus kamu lakukan yakni carilah kata kunci yang benar-benar mendeskripsikan konten yang akan kamu buat. Maka gunakanlah kata kunci yang tepat dan efisien, jika perlu tidak usah panjang. Jadi bisa membuat anchor tekssecara singkat.

Tautkan konten yang relevan

Sesuaikan antara anchor teks dengan konten tautan yang akan di hyperlink guna membantu meningkatkan ranking di mesin pencarian Google, karena hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan traffic blog.

Namun apabila konten yang kamu tautkan tidak relevan maka pembaca tidak akan minat. Selain itu, tidak relevansi konten juga dapat membuat bounce rate website menjadi tinggi, yang menandakan bahwa artikelmu atau konten yang kamu buat tidak berhasil memikat minat audience.

Untuk mempelajari lebih jaub soal Bounce Rate dan cara menguranginya, kamu bisa klik di sini.

Gunakan berbagai macam anchor text

Selain membuat anchor teks secara efisien dan tepat. Menggunakan macam-macam anchor text juga baik untuk dilakukan.

Namun, jika menggunakan anchor txt secara berulang-ulang nantinya akan terdeteksi oleh Google sebagai hal yang tidak wajar. Dengan kata lain juga akan sistem anggap upaya mencurangi sistem ranking. Dan hal itu dapat memicu penalti dari pihak Google.

Maka solusinya adalah mencoba untuk menggunakan berbagai macam anchor text yang ada.

Pakai sinonim kata kunci

Selain menghindari penggunaan anchor teks berulang, hal yang perlu kamu hindari lainnya adalah menghindari kata kunci yang berulang, dan kamu bisa menggantinya dengan menggunakan sinonim dari kata kunci.

Cara tersebut dapat kamu gunakan untuk menghindari over-optimization yang berakhir pinalti dari Google. Penggunaan sinonim untuk anchor teks tersebut dapat Google deteksi, dan dapat menciptakan konten pengalaman bagi pengguna secara optimal.

Mengurangi penggunaan generic anchor text

Meski kamu bebas menggunakan berbagai macam anchor text tapi jangan terlalu sering menggunakan generic anchor  text karena generic kurang mencerminkan apa yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca.

Hal itu juga akan membuat Google sulit memahami link yang kamu cantumkan dalam generic anchor teks.

Maksimalkan halaman dengan topik mendalam

Tips lain agar dapat menggunakan anchor teks secara benar adalah dengan memaksimalkan halaman dengan topik mendalam.

Salah satunya dengan menggunakan kata kunci yang mungkin membuat pembaca ingin mencantumkan maksud lain namun masih relevan dengan topik kata kunci.

Natural

Selain menggunakan kata kunci yang tepat dan anchor teks, kamu juga perlu menggunakan bahasa yang alami atau natural dalam setiap artikel.

Hal itu juga akan membuat pembaca dapat menangkap informasi yang ingin kamu sampaikan pada konten tersebut. Jadi jangan sampai memaksakan kata kunci atau anchor teks di tempat yang tidak sesuai.

Nah, itu adalah berbagai hal mengenai anchor text yang mungkin belum kamu ketahui dengan rinci. Elemen dalam SEO ini merupakan hal yang cukup penting untuk membuat kontenmu masuk dalam halaman pertama dan memiliki ranking bagus di hasil pencarian Google.

Dengan demikian, Website bisnismu pun akan lebih mudah masyarakat temukan, sehingga mampu membawa lebih banyak traffic dan meningkatkan brand awareness.

Selain tips ini, kamu juga bisa menemukan berbagai artikel berisi tips branding dan pemasaran digital lainnya untuk brand ataupun bisnis kosmetikmu di laman Berita Terkini. Dengan begitu, brand kosmetikmu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan makin populer di kalangan masyarakat.

Setuju enggak? Jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya, Beautyrprenueur!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

cara mengatasi perang harga saat berbisnis online (1)

Cara Mengatasi Perang Harga saat Berbisnis Online, Pemula Wajib Tahu!

Setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk mengambil hati konsumen, salah satu caranya adalah dengan melakukan penurunan harga. Namun, sebagai pengusaha baru, kamu juga harus memahami dan mengerti cara mengatasi perang harga saat berbisnis online. Nah, di sini perang harga...

Continue Reading
outbound marketing untuk brand kosmetik

Cara Menerapkan Strategi Outbound Marketing untuk Brand Kosmetik

Pemasaran produk menjadi salah satu poin penting dalam sebuah bisnis. Strategi pemasaran produk yang tepat akan mengantarkan perusahaan mencapai kesuksesan penjualan. Misalnya dengan menerapkan strategi outbound marketing untuk brand kosmetik milikmu. Dalam hal ini, tujuan setiap perusahaan pasti menggaet...

Continue Reading

Leave a Comment