60+ Contoh Kalimat Call to Action yang Menjual untuk Bisnis, Apa Saja?

contoh call to action (CTA) yang menjual

Hai, Beautypreneurs! Dalam dunia pemasaran digital, kamu pasti udah enggak asing lagi dengan Call to Action (CTA), bukan? Kalimat yang kerap ada dalam konten promosi ini berperan penting untuk membujuk audience agar bertindakan sesuai tujuan pemasaran, lho. Karena itu, kali ini kita akan membahas contoh kalimat Call to Action yang menjual dan menarik untuk bisnismu. Penasaran, kan?

Penggunaan kalimat Call to Action (CTA) ini dapat kita temui di berbagai bentuk konten promosi, termasuk yang ada di media cetak maupun media online. Seperti yang kita singgung di awal, CTA berperan untuk menggiring audience melakukan tindakan tertentu sesuai dengan tujuan promosi.

Dengan kata lain, elemen ini menjadi ujung tombak konten promosi demi menghasilkan konversi atau transaksi penjualan.

Karena nilai pentingnya ini, CTA tidak bisa kamu buat secara asal-asalan. Bahkan, ketika konten promosimu sudah dibuat dengan desain semenarik mungkin, tanpa adanya CTA yang memikat dan menjual hal itu akan sia-sia.

Sebab, audience hanya akan melihat gambar tanpa melakukan tindakan nyata yang bisa memberikan konversi bagi bisnismu. Sayang, bukan?

Nah, lantas seperti apa contoh kalimat Call to Action yang menjual dan menarik tersebut? Baca terus ulasan ini sampai habis, biar kamu enggak ketinggalan informasinya!

Sekilas Soal Call to Action (CTA)

Sebelum membahan contoh Call to Action (CTA) yang menjual untuk bisnismu, enggak ada salahnya untuk flashback sedikit dan memahami kembali mengenai apa itu CTA dan mengapa elemen ini begitu penting.

Well, Call to Action (CTA) merupakan kalimat atau klausa singkat yang kerap ada dalam konten pemasaran/iklan. Tujuan dari penggunaan CTA ini adalah untuk mendorong atau memengaruhi pembaca iklan yang kamu buat untuk segera mengambil tindakan yang kamu inginkan.

Penggunaan CTA ini tak terbatas pada media pemasaran yang kamu gunakan. Kamu bisa melekatkan CTA pada konten pemasaran di media cetak seperti koran, brosur, maupun media promosi luar ruangan lainnya. Atau bisa juga pada konten promosi digital marketing, seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Pembuatan CTA ini umumnya disesuaikan dengan tujuan konten promosi. Seperti, apakah mengajak konsumen mengunjungi halaman tertentu, melakukan transaksi, membuka email, atau berlangganan dan menjadi member.

Intinya, apapun tujuannya CTA ini harus kamu tulis semenarik dan seefisien mungkin agar pembaca mau melakukan tindakan yang kamu inginkan. Dengan begitu, konten promosi yang sudah kamu rencanakan dengan matang dan kamu buat, tidak akan jadi sia-sia.

60+ Contoh Kalimat Call to Action (CTA) untuk Bisnis yang Menjual

Memahami bagaimana pentingnya kalimat CTA dalam konten promosi bisnismu, kami merangkumkan contoh-contoh Call to Action dari berbagai sumber untukmu.

Dengan begitu kamu bisa memiliki gambaran bagaimana cara membuat CTA yang menjual dan menyesuaikannya dengan kebutuhan serta tujuan konten promosimu.

Untuk mempermudah, contoh ini terbagi sesuai dengan tujuannya. Kamu juga bisa menerapkan cotnoh-contoh kalimat Call to Action ini di berbagai media promosi yang kamu miliki. Baik media promosi cetak dan luar ruangan, maupun media sosial marketing.

Nah, langsung saja berikut ini ada 60+ contoh kalimat Call to Action yang menarik dan menjual untuk bisnismu. Catat, ya!

Contoh kalimat Call to Action (CTA) untuk Memberikan Informasi Lanjutan

Pertama ada contoh kalimat Call to Action (CTA) yang bertujuan menggiring audience atau pembaca untuk mencari informasi lanjutan dengan mengarahkannya pada halaman tertentu.

Sebagai contoh, simak tangkapan layar email marketing dari Google berikut ini, ya.

contoh cta detail

Dari gambar tersebut kamu bisa menemukan kalimat ajakan untuk membantu audience mendapatkan informasi yang mereka inginkan, yakni “Pelajari Lebih Lanjut”.

Tujuan dari kalimat CTA ini untuk mempermudah audience atau pembaca menemukan materi yang tepat dan penjelasan lebih lanjut soal penawaran yang kamu buat. Karena itu, jenis ini merupakan bentuk promosi yang sangat lembut (Soft selling), sehingga tak ada bentuk dorongan yang terlalu keras atau kentara.

Jenis ini sangat bagus untuk menawarkan informasi gratis dan mengarahkan lebih banyak pengunjung pada halaman landing Website bisnismu.

Selain contoh di atas, masih ada beberapa kalimat CTA serupa yang bisa kamu inovasi dan kombinasikan sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti yang ada dalam list berikut ini:

  1. Cari tahu lebih banyak
  2. Pelajari lebih banyak
  3. Simak caranya di sini
  4. Tonton
  5. Tonton sekarang
  6. Kunjungi Sekarang
  7. Buka halaman ini
  8. Berlatihlah sekarang
  9. Kunjungi laman
  10. Dapatkan notifikasi email
  11. Bergabung dalam list email
  12. Langsung mulai (hanya butuh 20 detik)
  13. Gabung dengan komunitas
  14. Ambil langkah selanjutnya
  15. Bagaimana cara memulai
  16. Bagaimana cara membeli produk
  17. Bagaimana cara mengecek info penjualan
  18. Ambil hadiahmu
  19. Santai. Satu klik saja untuk memulai transaksimu
  20. Klaim voucher di sini
  21. Check it out
  22. Jelajahi sekarang

Contoh Kalimat Call to Action (CTA) untuk Mempelajari Detail Penawaran

Kalau yang pertama membantu mempermudah audience untuk mendapatkan informasi yang tepat. Maka, contoh Call to Action (CTA) selajutnya yang akan kita bahas ini berkaitan dengan detail penawaran produk atau bisnismu.

Jenis ni sangat cocok untuk kamu yang ingin membawa audience mengunjungi halaman penawaran produk, promosi, dan lainnya. Sebagai contoh singkat, simak News Letter dari Grab berikut ini.

contoh cta

Dari News Letter tersebut terdapat kalimat, “Klik di sini untuk mendapatkan informasi penawaran lebih lanjut…”. Kalimat CTA ini mencoba menggiring audience untuk menyelidiki lebih jauh apa saja penawaran yang ditawarkan oleh Grab lewat News Latter tersebut.

Kalau kamu perhatikan, letak CTA ini berada di bagian paling bawah setelah beberapa CTA yang langsung melakukan transaksi. Mengapa begitu?

Ini karena Grab mencoba untuk meraih audience yang menginginkan infomasi lebih rinci mengenai penawaran mereka. Yang mungkin tidak dapat mereka sampaikan secara rinci pada beberapa CTA lainnya.

Selain CTA yang digunakan oleh Grab di atas, ada beberapa contoh kalimat Call to Action serupa yang bisa kamu gunakan dan inovasikan berikut ini.

  1. Detail penawaran
  2. Klik untuk detail produk
  3. Kelik di sini untuk penjelasan lebih lanjut
  4. Lihat daftar penawaran
  5. Lihat daftar produk dan diskon
  6. Dapatkan detailnya di sini
  7. Pelajari promo 11.11 Brand X di sini
  8. Apa saja promo hari ini?
  9. Preview penawaran hari ini
  10. New Arrival
  11. Free or premium? – get a full features comparison
  12. Thinking of upgrading? – estimate your X premium bill
  13. More info
  14. Search now

Contoh Call to Action untuk Menawarkan Promo Gratis

Selanjutnya, ada contoh Call to Action untuk menawarkan promo gratis pada konsumen dan target pasarmu. CTA ini cukup banyak digunakan untuk menggiring datangnya traffic pada landing page atau email.

Beberapa contoh kalimat Call to Action yang cocok untuk tujuan ini antara lain:

  1. Dapatkan Gratis
  2. Klaim Produk Gratismu
  3. Konsultasikan Bisnismu – Gratis
  4. Produk apa yang cocok untuk kulitmu? Konsultasi gratis di sini!
  5. Klik di sini dan dapatkan promonya
  6. Dapatkan voucher gratis di sini
  7. Ongkir Mahal? Klaim Gratis Ongkir di Sini

Contoh Kalimat Call to Action untuk Menggiring Audience Menjalin Komunikasi

Tipe CTA ini paling sering ada dalam halaman landing page Website bisnis. Namun bukan berarti kamu tidak menemukannya di media sosial ataupun lewat Newsletter, ya.

Contoh Call to Action ini sangat cocok untuk membuat audience menjalin komunikasi, meningkatkan engagement di media sosial, dan meningkatkan hubungan baik dengan konsumen.

Sebagai contoh, simak tangkapan layar dari laman landing page Mash Moshem Indonesia ini, ya.

contoh kalimat call to action

Dari tangkapan layar landing page Mash Moshem Indonesia di atas, ada CTA “Konsultasi Gratis”, lengkap dengan tombol/ikon WhatsApp dan Log Call setelahnya. Dengan begitu, pembaca yang ingin berkonsultasi langsung berkaitan dengan jasa maklon akan mengklik ikon tersebut untuk mengubungi tim yang ada.

Beberapa contoh CTA yang bisa kamu gunakan untuk tujuan ini  antara lain:

  1. Hubungi sekarang
  2. Konsultasi GRATIS
  3. Berikan tanggapanmu di kolom komentar
  4. Telpon sekarang!
  5. Butuh bantuan? Hubungi tim kami!

Contoh Kalimat CTA Hard Selling

Kalau pada beberapa jenis CTA sebelumnya menggunakan teknik softselling, maka contoh berikutnya berkaitan dengan teknik hard selling. Artinya, CTA ini bertujuan untuk mendorong terjadinya konversi dari pengunjung landing page menjadi pembeli potensial.

Sebagai contoh, kamu bisa menyimak contoh gamabr poster yang dilampirkan Sociolla pada Newsletter-nya berikut ini.

contoh cta hardselling

Dalam poster tersebut terdapat tombol CTA yang dapat pembaca klik, yakni “SHOP NOW”. Tujuannya, tentu saja untuk menggiring audience segera berbelanja. Simak contoh CTA serupa dalam daftar berikut ini.

  1. Beli sekarang
  2. Penuhi keranjangmu!
  3. Tambahkan pada kerangjang
  4. Pesan sekarang
  5. Checkout Yuk!
  6. Pilih produkmu di sini

Contoh Kalimat CTA untuk Penawaran Terbatas

Selanjutnya adalah cotnoh kalimat CTA untuk penawaran dan promosi terbatas. Tujuannya untuk membuat pembaca atau audience segera bertindak sesegera mungkin, setelah mendapatkan Newsletter, notifikasi pesan langsung, dan sebagainya.

Beberapa contoh CTA yang dapat kamu gunakan dan kreasikan untuk jenis ini antaralain:

  1. Hanya hari ini!
  2. Klaim vouchermu sampai 27 Desember!
  3. Limited time offer, Don’t Miss It!
  4. Hanya untuk 50 pembeli pertama
  5. Pesan sekarang untuk gratis ongkir
  6. Promo dalam batas waktu tertentu
  7. Jangan sampai ketinggalan!
  8. Save the Date!

Nah, Beautypreneurs, itu adalah 60+ contoh Call to Action (CTA) yang menjual untuk bisnismu. Kamu bisa menerapkan dan menginovasikan berbagai CTA di atas untuk membuat promosi serta branding merk kosmetikmu kian maksimal.

Hal yang perlu kamu ingat, bahwa untuk membuat CTA ini kamu bisa mengombinasikannya dengan jargon, menyesuaikan dengan karakter brand dan minat audience.

Kamu bisa mempelajari berbagai elemen digital marketing lainnya secara mendetail dalam laman Berita Terkini. Atau jangan lupa untuk terus memantau berbagai informasi bisnis kosmetik dan maklon kosmetik lainnya di media sosial Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment