Tips Merekrut Reseller yang Berkualitas untuk Meningkatkan Bisnis Kosmetikmu!

cara merekrut reseller berkualitas

Memiliki reseller yang berkualitas akan membantu para pemilik bisnis agar bisa mengembangkan dan memperluas pangsa pasar hingga mencapai profit yang berlipat ganda. Tak hanya itu, reseller juga akan membantu meningkatkan penjualan dan memenuhi target yang sudah ditentukan. Lalu bagaimana cara merekrut reseller yang berkualitas?

Para memiliki brand bisa mempercayakan produk mereka untuk dijual oleh reseller berkualitas ini. Tentunya carilah reseller yang bisa dipercaya karena akan membantu pengembangan bisnis kamu. Terutama untuk kamu yang sedang melakukan bisnis kosmetik, jangan salah pilih reseller, ya!

Namun, bagaimana caranya untuk bisa merekrut reseller yang berkualitas untuk meningkatkan bisnis kosmetikmu? Nah, kami kasih tips menarik untuk menentukan reseller berkualitas untuk perkembangan bisnismu! Simak artikel ini ya!

Cara Merekrut Reseller Berkualitas untuk Brand Kosmetikmu

Beautypreneurs, reseller, distributor, dan agen adalah alat pemasaran yang sangat efisien untuk brand kosmetikmu. Karena merekalah yang akan membantu mempromosikan, menjual, dan menyalurkan produkmu hingga ke tangan konsumen akhir.

Karenanya, ketika akan merekrut reseller kamu enggak boleh asal-asalan. Penting untuk memilih reseller kosmetik yang berkualitas dan bertanggung jawab pada produk dan brand milikmu.

Lantas bagaimana cara merekrut reseller berkualitas yang dimaksud? Cek langkahnya berikut ini, ya!

Kenali Reseller Potensial dengan Baik

Yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah kenali reseller potensial kamu dengan baik dan cermat. Kamu bisa memulai untuk mencari tahu latar belakang mereka, gali sebanyak mungkin informasi calon reseller tersebut.

Seperti, meminta identitas calon reseller, latar belakang yang mereka punya, melihat social media yang mereka kembangi, ataupun pengalam kerja yang mereka miliki. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa reseller tersebut tidak akan merugikan bisnis kamu,

Terlebih, jika reseller kamu memang melek teknologi, hal tersebut akan sangat menguntungkan, karena jangkauan konsumen akan jauh lebih luas.

Pastikan Produk Kosmetik yang Kamu Jual Adalah Produk Berkualitas

Biasanya para reseller akan memposisikan dirinya sebagai konsumen saat mencari supplier. Jadi pastikan produk kosmetik yang kamu jual merupakan produk yang bagus dan juga memberikan pelayanan yang baik pada mereka.

Tentunya para reseller ini akan memilih calon supplier yang bagus dalam pelayanan, fast respond, dan memiliki produk yang digemari. Sehingga kamu juga perlu memberikan yang terbaik untuk calon reseller kamu.

Perlu diingat jika reseller akan membantumu mengembangkan bisnis, sehingga jangan sampai membuat mereka kabur dan gak betah. Jangan sampai reseller kecewa dengan pelayanan yang kamu berikan ataupum kamu memberikan produk yang buruk. Karena jika itu terjadi, para reseller tidak akan segan-segan mencari supplier baru. Jangan sampai hal tersebut kamu lakukan, ya!

Ingin tahu bagaimana cara jadi supplier kosmetik? Cek langkah dan tip suksesnya di sini!

Pastikan Produk yang Kamu Miliki Merupakan Market Potensial

Memulai sebuah bisnis tentunya harus dipikirkan matang-matang, jadi saat kamu ingin berjualan produk kosmetik, pastikan produk kamu merupakan market potensial.

Jadi, meski kamu punya produk berkualitas tapi tidak market potensial, maka reseller juga akan berpikir dua kali untuk membeli produk kamu. Karena jika produk tidak market potensial, maka produk kamu akan sulit dijual dan tidak laku di pasaran.

Produk yang sudah memenuhi kriteria ini, maka reseller juga akan datang dengan sendirinya. Apalagi produk kosmetik masih memiliki peran besar dan banyak peminat, jadi usahakan produk kamu tidak kalah dengan yang lainnya.

Beri Tahu Benefit Apa Saja yang Akan Didapatkan

Selain kamu yang butuh reseller berkualitas, perlu diingat bahwa para reseller ini juga akan selektif memilih supplier yang menguntukan untuk mereka. Kamu perlu merayu calon reseller dengan benefit yang akan mereka dapatkan, dengan begitu reseller bisa memilih kamu sebagai supplier.

Keuntungan tersebut meliputi harga yang terjangkau, karena kamu akan bersaing dengan supplier yang lainnya. Kemudian pemberian diskon untuk reseller yang membeli produk dalam jumlah banyak.

Kamu juga bisa memberi benefit berupa bonus, tiket liburan, bingkisan, dan hadiah lainnya jika penjualanmu mencapai target. Hal-hal seperti itu bisa membuat reseller tertarik untuk bergabung dengan kamu dan membeli barang dengan jumlah yang besar.

Karena sudah sewajarnya jika reseller memilih brand yang memberikan banyak keuntungan untuk mereka.

Carilah Reseller yang Menguasai Produk yang Dijual (Product Knowledge)

Selanjutnya untuk cara merekut reseller yang berkualitas kamu harus mengamati apakah reseller tersebut memiliki product knowledge atau tidak. Tentunya hal tersebut sangat perlu kamu pertimbangkan karena produkmu bisa tersampaikan dengan baik pada customer.

Jadi, saat ada pembeli yang menanyakan produk kosmetikmu, maka resellerbisa mejelaskan secara rinci kelebihan dari produk yang kamu jual. Sehingga customer juga bisa tertarik dan akhirnya membeli produk kosmetikmu.

Dengan menguasai produk kosmetik secara mendalam, reseller akan menambah jumlah pembeli dan meningkatkan omzet yang kamu dapatkan. Jadi, harus selektif memilih reseller, ya!

Memiliki Modal

Baik dari kamu atau pihak reseller, keduanya harus memiliki modal usaha yang cukup. Ketika memiliki modal yang cukup, kamu tidak perlu memikirkan atau mengkhawatirkan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan.

Kamu juga harus perhatikan jika reseller tidak memiliki beban keuangan, agar kamu bisa memberi penawaran yang lebih banyak kepada mereka.

Jika pihak reseller memiliki modal yang banyak, maka kamu bisa menjual lebih banyak produk-produk unggulan tanpa ragu.

Jadikan Reseller Sebagai Patner Bisnis

Pada point ini, kamu perlu menempatkan diri sebagai teman bisnis dengan para reseller. Karena jika kamu bertindak sebagai bos, maka para reseller tidak segan-segan untuk meninggalkan kamu.

Anggap saja mereka adalah salah satu tim marketing kamu, dan perlakukan mereka sebaik mungkin sebagai mana kamu memperlakukan tim-mu sendiri.

Tidak lupa, kamu juga harus siap mencengar segala keluh kesah dan masalah mereka nantinya. Segala bentuk komentar ataupun keluhan yang bersangkutan dengan produk kosmetikmu.

Kamu juga perlu memberikan tips strategi penjualan, menyiapkan marketing kit seperti katalog produk, video produk, dan lainnya. Intinya kamu perlu menjalin hubungan yang baik dengan para reseller ini.

Karena kerjasama dengan reseller, artinya kamu telah menjalin hubungan mutualisme. Reseller akan berkontribusi dengan perkembangan jual dari produk kosmetikmu, dan kamu juga memberikan keuntungan pada mereka.

Mencari Ilmu dan Pengalaman

Cara merekrut reseller yang berkualitas selanjutnya adalah pertimbangkan orang yang memiliki keinginan mencari ilmu dan semangat belajar bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu pertimbangkan. Karena, jika reseller memiliki semangat berkembang, maka hal tersebut bisa membantu perkembangan bisnismu.

Mereka akan belajar bagaimana memaksimalkan penjualan, mencari sebanyak-banyaknya informasi untuk mengembangkan jualannya. Sehingga saat reseller berhasil menggaet banyak customer, tentunya pembelian akan produkmu juga akan meningkatkan.

Jadi, tidak ada salahnya kamu mencari keuntungan dari semangat para reseller. Karena juga akan menguntungkan kamu sebagai supplier produk mereka.

Reseller Harus Menguasai Media Sosial

Reseller yang menguasai media sosial bisa menjadi nilai plus untuk bisnis kosmetikmu. Tidak perlu diragukan lagi jika pengaruh media sosial sangat besar untuk orang-orang yang melakukan bisnis.

Dari media sosial, kamu bisa tahu bentuk komentar dan review mereka terhadap produk kamu, apakah mereka menyukainya atau tidak. Hal ini bisa menjadi akses komunikasi yang efektif antara kamu dengan customer.

Kamu juga bisa melihat komentar mengenai pelayanan yang resellermu berikan pada pembeli. Jadi dari komentas positif dan negatif, kamu bisa memilih apakah akan meneruskan bekerja sama dengan mereka atau tidak.

Dan jika reseller yang bekerja sama denganmu bisa menguasai media sosial dengan baik, maka dapat meningkatkan penjualan dari produkmu juga.

Mengetahui Tren dan Pasar

Saat kamu bermitra dengan reseller yang update tren maka akan sangat menguntungkan untuk kamu. Terlebih para reseller bisa memberikan referensi tentang produk apa saja yang sedang nge-hits di pasaran.

Cara merekrut reseller yang berkualitas ini penting untuk memastikan bahwa produkmu dapat menjangkau konsumen baru dan pasar yang luas.

Memiliki Grub / Support yang Bagus

Yang terakhir, untuk cara merekrut reseller yang berkualitas, kamu bisa membuat grup atau komunitas. Grup ini akan mendunkung keberlangsungan bisnis dan menyamakan tujuan bisnis yang kalian jalani.

Karena, dalam menjalankan bisnis, kamu perlu menjalin komunikasi yang baik dengan para reseller. Sehingga, saling mendukung dan memberikan support yang baik akan menjadi salah satu hal yang harus ada dalam kemitraan kalian.

Nah, itulah beberapa tips merekrut reseller yang berkualitas untuk meningkatkan bisnis kosmetikmu. Karena reseller akan meningkatkan penjualan, maka kamu perlu mempertimbangkan hal-hal di atas untuk memilih reseller.

Dengan adanya reseller, kamu juga bisa menjangkau costumer lebih luas, karena setiap reseller memiliki peminatnya masing-masing.

Berhasil tidaknya kamu meningkatkan penjualan, sangat bergantung dengan sumber daya manusia, yang di sini merupakan reseller. Sehingga reseller yang berkualitas, maka kamu bisa mengoptimalkan bisnis yang sedang kamu jalani.

Jadi, harus selektif untuk mencari reseller ya!

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai cara merekrut reseller berkualitas untuk bisnis kosmetikmu! Semoga bisnis yang kamu jalani bisa lebih berkembang! Dan semoga artikel ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk kamu yang sedang mencari reseller. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment